Semangat Pembangunan Pariwisata Aceh



Sabtu, 21 Desember 2019 bertempat di BPP Aceh (Badan Penghubung Pemerintah Aceh) Jakarta Pusat, diadakan acara Dialog Pembangunan Pariwisata dan Pameran Travel Mart. Acara ini merupakan Forum Silahturahmi masyarakat Aceh. Aceh Meusapat pernah juga digelar di bulan Juni 2019 adalah merupakan agenda rutin pertemuan dan dialog bersama Pemda Aceh, para pemangku kepentingan beserta warga dari Aceh dan masyarakat Aceh yang tinggal di Jakarta. Aceh Meusapat II dihadiri langsung oleh Plt Gubernur Aceh, Ir. Nova Iriansyah, MT.



Sebelum masuk pada acara Dialog,  Plt Gubernur Aceh, Ir. Nova Iriansyah, MT memberikan Pidato singkat untuk para peserta yang hadir. Pak Gubernur berpesan untuk semua orang Aceh dan orang yang mencintai Aceh ikut berkontribusi bagi kemajuan pariwisata di Aceh.

15 Program unggulan Pemda Aceh, salah satunya adalah pembangunan di sektor pariwisata dan pengembangan usaha kreatif masyarakat Aceh. Untuk itu, Pemda Aceh ingin mengembangkan potensi tersebut dan juga ingin mendengar aspirasi dari para pelaku usaha pariwisata dan masyarakat yang hadir pada acara Aceh Meusapat II.  Dengan adanya dialog kali ini diharapkan ada banyak ide, pemikiran dan gagasan yang lahir dan memberi masukan kepada Pemda Aceh untuk melakukan eksekusi dalam pembangunan pariwisata di Aceh.

Dialog Pembangunan Pariwisata, begitu menarik karena diisi dengan banyak pakar dan profesional dibidangnya, seperti; Yuana R Astuti selaku Dir Pengembangan Pasar Dalam Negeri, Kemenparekraf. Dicky Andriansyah, Key Account Manager Traveloka. Doto Yogantoro, Ketua Pengelola Desa Wisata Pentingsari Kendal dan MY Bramuda, Kadis Kebudayaan dan Pariwisata, Banyuwangi. Yang menarik bagi saya adalah pemaparan dari Kadispar, Banyuwangi yang begitu antusias membagikan pengalaman bagaimana Banyuwangi yang sebelumnya terpuruk dalam pelayanan, birokrasi dan pariwisata kemudian perlahan-lahan bangkit dan menjadi salah satu dari beberapa daerah di Indonesia yang memiliki kemajuan yang paling pesat diberbagai sektor; birokrasi terlebih khusus pada sektor pariwisata.

http://disbudpar.acehprov.go.id/

Disela-sela acara, tersedia juga makanan dan minuman khas Aceh. Saya sempat menikmati, Mie Aceh, Telur dadar khas Aceh dan Es Kopi Sanger yang merupakan Es kopi susu tarik Aceh. Begitu nikmatnya dan segarnya siang itu.


Semoga acara Aceh Meusapat II, memicu  semangat untuk semuanya dalam menyukseskan pariwisata di Aceh. Bersama sepakat harus optimis dalam melakukan pembangunan pariwisata di Aceh.


115 comments :

  1. Sukses untuk membangun pariwisata di berbagai daerah khususnya Aceh. Aceh banyak potensi wisata yang menarik.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tepat sekali mbak, harus ditingkatkan potensi dan pembangunannya

      Delete
  2. Semogaa makin banyak wisatawan datang ke Aceh. Aku salah satu yang kepengen ke Aceh juga, lhoo.. pantai2 dan kulinernya konon katanya menggodaaa :D

    ReplyDelete
  3. Saya sudah berkenalan dengan blogger Aceh, sejak sepuluh tahun lalu. Tahu mungkin Bang Yudi? Sejak di Multiply kami tukar cerita. Ingiiin banget main ke Aceh. Selalu blm ada kesempatan. Waktu acara RTIK dua tahun lalu batal juga. Semoga ada kesempatan main ke Serambi Mekkah ini. Amin...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dan saya juga blogger Aceh, loh, Teh Okti. Cuma udah lama ga domisili di Aceh. Hayuk, nanti kalo saya bikin open trip ke Aceh, ikutan ya, Teh! :)

      Delete
    2. Mbak okti semoga apak yg dicita-citakan tercapai ya.

      Mbak Alika : yuk kita sama-sama ke aceh

      Delete
    3. Wah ternhyata teh Okti dulu mainannya MP juga. Bang Yudi keknya aku juga familiar sama nama ini. Menyenangkan sekali kalau bisa kesampaian trip ke Aceh ya mbak :D

      Delete
    4. semua berkumpul disini hehehe. Yuk Blogger ke Aceh apalagi klo ada yang sponsorin yah hehe

      Delete
  4. Es kopi sanger khas Aceh sampai sekarang masih blm bisa saya cicipi. Selain saya "musuhan" sama kopi juga di Cianjur susah untuk mendapatkannya. Semoga suatu waktu bisa mencoba es Sanger meski kopinya dibantu ganti dengan teh atau cokelat hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Klo dgnti sama teh jadi mirip teh tarik kok mbak

      Delete
  5. Semoga makin maju pariwisata di Aceh. By the way, mie aceh salah satu makanan favoriiit. Sukaa dengan rasa rempah pedasnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kmrn di acara itu, yg buat mie acehnya adalah orang asli aceh hehe

      Delete
  6. Saya juga punya teman di Aceh akan ettapi belum pernah kesana karena terbentur harga pesawat.
    tapi, kawan-kawan pada nyaranin via KL.
    Sayangnya, anak dan suami blm punya pasport.

    Bang Tengku,kawan saya sering sharing tempat-tempat indah dan kulinernya yang yahood.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kmrn sy sempat brtmu dgn orang travel aceh, yup betul mereka nyaranin ke KL dlu kemudian lnjut Aceh

      Delete
  7. Paksu kemarin sempet hampir sebulan di Aceh, akhirnya kami juga ikutan ke sana. Bukan hanya pariwisata tapi kulinernya juga juara. Bahkan sampe sekarag walaupun dah di Pekanbaru, masih kepincut dengan mie aceh dan kopi sangernya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Woww enaknya. Pengalaman seru y. Saya aja belum pernah ke Aceh mbak hehe

      Delete
  8. Acehhh..., salah satu destinasi yang pingin kudatangi sebelum ajal menjelang
    Sayang anakku gagal test di di sini.
    Semoga ada kesempatan lain

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aduh mbak. Ajak menjelang hehehe. Amin amin doa terbaik untuk mbak

      Delete
  9. pariwisata di Aceh memang keren2 mbak, dan masih banyak yang perlu dikembangkan baik lokasinya maupun infrastrukturnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener, makanya lagi terus ditingkatkan di tahun 2019 ini dialog meusapat sdh 2x dilakukan tggal eksekusinya dari pemda aceh utk meningkatkan pariwisata di aceh

      Delete
  10. Alhamdulillah, semakin banyak yang tertarik untuk datang ke Aceh. Pengalaman Mba ini bisa menjadi pedoman bagi wisatawan lainya yang masih ragu untuk datang ke Aceh.😁
    Nggak ada kendala kan mbak dengan polisi syariat Islam di Aceh? Hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pengalaman saya hanya mengikuti acara dialog di jakarta bersama pemda aceh dan orang-orang aceh di jakarta. Mengenai polisi syariat, saya tidak tau karena blm pernah kesana dan tdk dibahas di acara dialognya

      Delete
  11. Ternyata di Aceh banyak ya potensi wisatanya..
    Cuma beberapa teman yg hobi travelling itu agak ragu klo ke Aceh..
    Msh bingung ttg hukum syariat yg ada disana..
    Takut pas wisata kesana malah nglanggar hukum gitu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah saya pun berpikiran sama lho, stigma itu yg masih ragu untuk banyak wisatawan berkunjung ke Aceh. Semoga yg digaungkan hal-hal yang positif ttg Aceh ya

      Delete
  12. Wah, jadi nambah wawasan saya tentang aceh.. Satu2nya kuliner Aceh yang saya ketahui baru Mie Aceh itupun karena ada versi indomi nya, hehehe.. Semoga bisa mencoba mi aceh langsung dari asalnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di Jakarta sdh byk mbak mie aceh buatan asli orang aceh. Daerah Jaksel byk tuh

      Delete
  13. Akhirnya pemerintah semakin peduli dengan benefit yang ditawarkan sektor pariwisata, termasuk Aceh dengan geliat pertumbuhannya pasca tsunami. Moga nanti bisa mampir ke Aceh juga ah..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amin semoga mbak, saya pun berharap seperti itu. Bisa traveling ke Aceh dan Sabang

      Delete
  14. Dari semua propinsi di Sumatra, tinggal Aceh & Bengkulu yg belum kesampaian eksplor. Semoga ada rejeki bisa ke Aceh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amin mbak. Wow, di sumatera saya satu pun belum pernah. Mbak lebih beruntung hehe

      Delete
  15. Sempet baca artikel di media daring tentang pariwisata Aceh, banyak yang ketakutan berwisata ke Aceh karena penerapan Perda Syariah. Padahal banyak yang bisa digali kan ya potensi wisatanya.

    salah satunya sih kulinernya. pernah makan mie aceh di surabaya yang ada kepitingnya itu enak banget, apalagi kalau makan di sana. pasti lebih enak karena bumbunya asli dr sana

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya pun masih berpikir demikian ttg perda syariahnya. Harus ada sosialisasu juga sih ya mbak. Wisatawan lebih mendenger konotasi ttg Perda syariah tsb

      Delete
  16. Aceh dan banyak daerah di Indonesia tentunya punya potensi sangat besar di sektor pariwisata. Alam daerah mana di Indonesia ini yang nggak cantik? Semuanya cantik.

    Khusus Aceh sendiri, mungkin secara global belum dikenal dunia. Masih kalau jauh dengan Bali. Tapi, melihat foto teman-teman yang pernah jalan-jalan kesana, MasyaAllah ... Aceh ini cantik sekali. InsyaAllah, sektor pariwisatanya akan berkembang pesat dan mengundang banyak wisatawan untuk datang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amin. Dengan diadakan dialog seperti Meusapat 2 semoga bisa memberikan angin seger pada sektor pembangunan khususnya pariwisata di Aceh

      Delete
  17. Alamnya eksotik dan banyak yang belum terkesplor, yuk, ke Aceh kita.
    Kulinernya juga khas dan banyak macamnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga ya mbak. Apalagi kalau gratis jalan-jalannya. Cus...berangkat, hehe.

      Delete
  18. Pulau, danau dan laut di Aceh cantik semua mesti di eksplorasi nih ... Biar menambah devisa negara

    ReplyDelete
  19. Makasih informasinya, saya jadi tau nih bahwa Aceh tuh potensi pariwisatanya besar dan memang banyak wisata alam disana yang cantik - cantik ya dan layak dijadikan destinasi wisata.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semua alam indonesia memang cantik dan auntentik.

      Delete
  20. Aceh memang memiliki potensi untuk dijadikan kota pariwisata yang lebih baik lagi. Semoga kelak ada kesempatan untuk saya berkunjung ke sana.

    ReplyDelete
  21. Sebagai kota Serambi Mekah dan bertitel istimewa Aceh memang penuh pesona ya, Mbak Gina. Saya selama ini baru bisa membaca dan menonton wisata Aceh. Semoga saya bisa segera ke sana. Pasti wisata Aceh akan semakin maju berkembang, apalagi Pemerintah di sana sudah sangat bersemangat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yup, harapannya menjadi semakin baik. Tinggal eksekusi dari pemda nih, semoga Aceh semakin maju.

      Delete
  22. Pernah dengar kalau di Aceh banyak lokasi pariwisata. Jadi penasaran, semoga semakin berkembang yaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amin. Semoga aceh semakin berkembang terutama di sektor pariwisata

      Delete
  23. Semoga dunia pariwisata di Aceh bisa berkembang pesat dan mampu mengundang banyak wisatawan untuk berkunjung, ya, Kak. Membaca postingan ini, ingatan saya kembali ke berbagai acara serupa yang pernah kami gelar di Aceh dulu. Aih, you make me kangen kampung halaman! :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh kampung halaman mbak y? Sekarang mbak tinggal dimana?

      Delete
  24. Aceh 😍 adalah tempat yang sangat ingin saya kunjungi mbak ❤️ tiap liat suasana Kota Aceh di layar tv atau dimana pun, selalu menambah rasa ingin saya mengunjungi tempat ini mbak 😊

    ReplyDelete
  25. Saya baru sekali minum kopi sanger. Ternyata, memang enak. Kalau mie Aceh memang favorit, deh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kopi sanger bagi saya enak dinikmati dingin heheh

      Delete
  26. Kopi sangernya Aceh ternyata seger yaa kak. Thank you kmrn sudah diajak hadir di acara Aceh Meusapat ya. Pengalaman baru buat saya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Enak donk kek sapa? Hahaha. Semoga sukses selalu ya kak

      Delete
  27. wah, semoga suatu saat nanti bisa menjejakkan kaki di Aceh juga nih.
    Sekarang baru sempat mencicip Mie Acehnya doang nih hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amin! Sama, saya pun berharap berkunjung ke Aceh untuk eksplor pariwisatanya

      Delete
  28. Aku agak sedih nih pas ke Aceh nggak sempat keliling, mba. Padahal pesonanya luar biasa indaah mbaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yg penting mbak sdh pernah pergi ke Aceh. Saya aja belom, hehe.

      Delete
  29. Moga makin sukses Aceh dengan pariwisatanya yang makin eksis. Ku pernah ke Aceh taun lalu, sampe mabok kopi, mie Aceh dan ga kuaat sama panasny .

    Alhamdulillah puas mengelilingi aceeh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Beruntung sekali mbak ini. Nanti diceritakan donk di blog, pengalaman itu.

      Delete
  30. Aceh adalah salah satu destinasi wisata yang masuk list rencana kunjungan suatu hari nanti. Penasaran dengan pantai nya yang cantik dan eksotis semua. Bahkan aku punya novel yang setting lokasi nya di wilayah Aceh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bukan aku yang nulis, hihiii... maksudnya koleksi novel dengan setting lokasi Aceh tapi penulisnya bukan aku. Maaf ya jadi salah jelasinnya

      Delete
  31. Di zaman now pemerintah daerah mesti sering-sering menyosialisasikan program-program daerahnya ya. Ini baik sekali agar masyarakat melek informasi mengenai progress apa saja yg telah diraih Aceh. TFS

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bukan cmn sosialisasi tetapi dibutuhkan eksekusi sehingga bisa lebih baik lagi dalam pembangunan berkelanjutan mbak

      Delete
  32. Pulau , pantai dan laut Aceh cantik semuanya, mesti di explore nih ... Untuk pemasukan devisa negara. Untuk mie aceh kuliner yg terkenal untuk aceh

    ReplyDelete
  33. Potensi Aceh sebagai destinasi wisata emang besar apalagi sama pemerintah juga dijadikan destinasi "Bali Baru". Aceh yang unik dengan alamnya yang luar biaa, budaya, serta kulinernya pasti mampu menarik banyak wisatawan, tinggal pemasarannya digencarin.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yup betul! Dan juga sarana dan prasarana pariwisata di Aceh lebih ditingkatkan

      Delete
    2. Iya mbak soalnya potensial banget gtu ya? Trus dia istimewa juga dengan budaya relijiusnya gtu. Trus yang datang ke sana jg selalu respek sama budaya yang ada di sana

      Delete
  34. Usaha kreatif dan pariwisata memang sangat bagus prospeknya ya ke depan. Tak salah jika dua bidang ini menjadi konsentrasi perhatian pemda. Wah, mi aceh saya sangat suka :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya. Pemda mengacu pada program pemerintah pusat, bagaimana membangun ekonomi yang dipadukan dengan sektor kreatif

      Delete
  35. Sukses membangun pariwisata aceh lebih maju lagi ya mbak. Aku juga bru tahu kalau di aceh kaya pantai yang cantik dan eksotik itu. Ya karena dr pemerintah mungkin belum banyak sosialisasi ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak. Semoga segera Aceh berbenah ke arah lebih baik lg ya

      Delete
  36. Aku salfok sama acara makannya kak haha menunya sungguh menggugah selera 🀀

    Aceh ini salah satu destinasi impianku. Pinginnya sih 2020 bisa kesana. Sekalian sowan ke keluarga jauh juga. Selain ongkosnya lumayan mahal ya hehe cari waktu yang panjang biar bisa puas sampai ke Sabang

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya Makanannya enak-enak. Oh ya katanya kalau ke Aceh lebih murah dari JKT kita ke KL dulu.

      Delete
  37. wow, aceh...negeri yang pernah aku kunjungi th 2011. sekarang sudah mulai mengemas diri menjadi tempat wisata yang sangat indah ya. aku masih ingat waktu minum kopi nongkrong sama teman2. Pengen banget balik kesana lagi...semoga 2020 bisa kesana ya.

    ReplyDelete
  38. Sekarang sektor pariwisata memang lagi berkembang pesat ya kak. Tapi sayangnya tiket pesawat malah naik drastis :(

    Btw Aceh ini masuk bucket list aku juga loh

    ReplyDelete
    Replies
    1. kemarin sempat ketemu dengan orang travelnya, kiat dari jkt untuk lebih murah ke aceh adalah berangkat ke KL dulu lalu ke Aceh, selisih bisa sampai 500rb tiket pesawatnya hehe

      Delete
  39. Kuliner aceh ternyata banyak, mie aceh favoritku

    ReplyDelete
  40. Pingin ke titik 0 km di Aceh. Sama nikmati kuliner khas Aceh. Semoga pariwisata Aceh makin sukses ya mbak.

    ReplyDelete
  41. Dari dulu, aku kepingin banget holiday ke Aceh ajak anak2ku, semoga ada kesempatan dan rezekinya :)

    ReplyDelete
  42. pengenn deh ke acehhh,, mbak gina,, ada artikel yg sharing perihal masalah wisata di aceh nggak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya ya. Masih mau dibuat mbak, banyak issue misalkan soal gender dan apalagi ya, hmm informasi ttg perda syariatnya mungkin.

      Delete
  43. Semoga tempat wisata Aceh makin pantai orang yang tau ya biar perekonomian disana juga makin bagus.

    ReplyDelete
  44. Kesukaan aku mie aceh hehehe enak banget bubunya & mienya beda dari varian mie yang ada di sini

    ReplyDelete
  45. Setelah tsunami beberata tahun lalu, Aceh terus menerus bangkit ya.. dan hingga ini pembangunan Aceh terus dilakukan khususnya sektor pariwata, bagaimanapun juga kemajuan suatu kota sangat ditentukan bagaimaa kota tersebut dapat mendiri menghasilkan pendapatan daerahnya sendiri salah satunya dari pariwisata

    ReplyDelete
    Replies
    1. dan terutama penduduknya sadar akan potensinya

      Delete
  46. Mbak aku udah lama banget enggak ke Aceh. Apalagi pengen banget lihat museum Tsunami. Aceh memiliki potensi wisata yang luar biasa.

    ReplyDelete
  47. Ehm... Aceh salah satu tempat wisata si Indonesia yg ingin saya kunjungi Mb
    Pengin lihat wisata sejarahny
    Dan ternyata sektor pariwisata memang dapat perhatian khusus y mb

    ReplyDelete
    Replies
    1. seluruh daerah di Indonesia lagi mengembangkan pariwisatanya, karena melihat ada beberapa daerah yang maju pesat khususnya di sektor pariwisatanya seperti Banyuwangi

      Delete
  48. Saya sering baca keindahan alam Aceh dan ingiiin bisa menikmatinya langsung. Semoga sektor pariwisata Aceh makin berkembang pesat ya mba..dan semoga saya bisa ke sana suatu saat nanti..

    ReplyDelete
  49. aku sudah lamaa banget pengen mengunjungi Aceh yang cantik..bagus memang tempatnya ya mba dan potensi pariwisatanya pun besar. Semoga 2020 bisa sampai

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama mbak, saya juga berharap bisa pergi di tahun 2020. Amin sama-sama ya

      Delete
  50. Wooww!! Tepat sekali hari ini saya sedang mengenang 15 tahun tsunami aceh yang terjadi tahun 2004 silam.πŸ˜„πŸ˜„

    Dan semoga kota banda aceh bisa menjadi kota yang maju dan pesat nantinya Amiin..πŸ˜„πŸ˜„

    ReplyDelete
  51. Wooww!! Tepat sekali hari ini saya sedang mengenang 15 tahun tsunami aceh yang terjadi tahun 2004 silam.πŸ˜„πŸ˜„

    Dan semoga kota banda aceh bisa menjadi kota yang maju dan pesat nantinya Amiin..πŸ˜„πŸ˜„

    ReplyDelete
  52. Wooww!! Tepat sekali hari ini saya sedang mengenang 15 tahun tsunami aceh yang terjadi tahun 2004 silam.πŸ˜„πŸ˜„

    Dan semoga kota banda aceh bisa menjadi kota yang maju dan pesat nantinya Amiin..πŸ˜„πŸ˜„

    ReplyDelete
  53. Penasaran dengan teh tarik khas Aceh plus telur dadarnya, sayang tdak dosertakan fotonya. Aceh kaya potensi pariwisata karena alam dan budayanya yang unik dan khas.
    Semigaa Aceh kian bagus pengembangannya.Lebih sering promosokan Aceh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya saking takjub dan lapar, lupa buat foto wkwkkww

      Delete
  54. Impian banget buat bisa ngunjungin Aceh, semoga suatu saat nanti diberikan rezeki dan umur untuk explore Aceh

    ReplyDelete
  55. bangkit dengan perkasalah ACEH mantap betul kebukti dengan destinasi pariwistanya ini ya mbak.

    ReplyDelete
  56. mantaf, terus kembangkan pembangunan pariwisata aceh.
    jadi makin banyak tempat-tempat yang menarik untuk dikunjungi.

    ReplyDelete

My Instagram

Made with by OddThemes | Distributed by Gooyaabi Templates