HUT Ke-47 Kerukunan Keluarga Kawanua


Kita tau bahwa pandemic ini berpengaruh diberbagai macam lini kehidupan dan juga terhadap kebiasaan-kebiasaan yang dilakukan oleh manusia.

Sudah 3 bulan Indonesia dilanda pandemic Covid-19, kegiatan hanya terpusat #dirumahaja. Bekerja, bersekolah, beribadah dan lainnya hanya dilakukan di rumah.

Kerukunan Keluarga Kawanua, Sabtu 13 Juni 2020 berhasil menuntaskan rangkaian perayaan HUT ke-47 dengan Ibadah Live Streaming dari 3 platform sosial media (youtube, facebook dan instagram), disiarkan langsung dan berlokasi di GPIB Paulus, Menteng Jakarta Pusat.

Flyer Acara HUT Ibadah KKK ke-47

Mengenal Kerukunan Keluarga Kawanua


Di bulan Juni 2020, Kerukunan Keluarga Kawanua atau disingkat dengan KKK memperingati hari lahir ke-47. KKK merupakan organisasi yang mempersatukan orang minahasa yang berpetualang atau disebut “Kawanua”. Tentunya diusia ke-47 bukan suatu hal yang mudah dicapai, banyak suka dan duka yang telah dilewati sehingga membuat KKK semakin jaya dan solid.

Dibawa kepemimpinan Dr. Ronny Sompie, S.H, M.H membuat KKK menjadi sebuah organisasi yang sangat informatif dan fungsional. Banyak kegiatan kemasyarakatan dilakukan oleh KKK.

Meskipun telah terjadi pandemic Covid-19, tidak menyurutkan semangat mapalus atau gotong royong dari para pengurus dan anggota KKK. Ini dibuktikan dari rangkaian kegiatan HUT ke-47 dan gabungan perayaan seperti Paskah, Kenaikan dan Hari Pentakosta di tahun 2020.


Turn Back Covid-19, tagline yang dipilih oleh Kerukunan Keluarga Kawanua di HUT ke-47


Tagline yang disematkan pada HUT KKK ke-47 ini begitu familiar, Turn Back Covid-19. Yaitu dukungan dari seluruh warga Kawanua baik yang berada di Jakarta, seluruh Indonesia dan dari luar negeri. Dukungan tersebut berupa promosi acara dan bantuan-bantuan yang diterima secara mapalus, ujar Sekjen DPP KKK Ayub Junus, MSc pada Sabtu 6 Juni 2020 di acara penyerahan bansos secara simbolis.

Dalam sambutannya, Sekjen Ayub Junus menyampaikan juga bahwa program kegiatan bantuan sosial dari KKK kepada warga Kawanua di Jakarta dan sekitarnya dalam masa pandemic Covid-19 ini adalah bentuk MEWUJUDNYATAKAN SI TOU TIMOU TUMOU TOU (manusia hidup untuk memanusiakan orang lain) yang adalah MISI dari Kerukunan Keluarga Kawanua dibawah kepimpinan Ketua Umum Dr. Ronny F. Sompie, SH, MH.

Turn Back Covid-19 pada acara HUT ke-47 KKK bisa juga diartikan dengan bersama-sama melawan Covid-19. Dibarengi dengan falsafah dan kearifan lokal yang dimiliki oleh para Kawanua yaitu Masawang-sawangan (saling menolong) & Matombo-tomboloan (saling menopang) masih melekat kuat dalam jiwa para Kawanua yang sudah merantau.

Ketua Umum KKK Ketua Umum Dr. Ronny F. Sompie, SH, MH beserta Pengurus KKK dan para pengisi acara Ibadah Online

Acara Puncak HUT Ke-47, Ibadah Online Paskah, Kenaikan, Pentakosta dan HUT ke-47 KKK


Setelah melalui rangkaian acara HUT ke-47 KKK, berupa pemberian bantuan sosial kepada warga kawanua di Jakarta dan sekitarnya, penyemprotan desinfektan pada rumah-rumah ibadah. Tibalah dalam acara puncak dengan melalukan Ibadah online Paskah, kenaikan, Pentakosta dan HUT ke-47 KKK.

Kepanitiaan acara ini dilaksanakan oleh para Kawanua yang berprestasi di Jakarta dengan Ketua Panitia Marsma TNI Donald Kasenda, ST, SIP, MM , Sekretaris Panitia Dr. Donald R. Pokatong, Ir, MSc dan Bendahara Panitia Ibu Debby Watuliu-Dumais serta dibawah arahan Brigjen Pol Dr. Tommy Winston Watuliu, MSi selaku Wakil Ketua Umum I DPP KKK.

Karena masih dalam situasi pandemic covid-19 dan PSBB, acara puncak HUT KKK ke-47 dilakukan dengan menggunakan protokol kesehatan yang sangat ketat, karena hanya dihadiri oleh pengurus tertentu KKK dan pengisi acara saja.

Live streaming Ibadah tepat dimulai pada pukul 17.00 Wib, serentak live di Youtube, Facebook dan Instagram. Dan disambut sangat antusias oleh para penonton diseluruh pelosok negeri, dibuktikan dengan banjirnya laman komentar dan likes disaat live streaming dilakukan.




Diisi dengan Sambutan, doa dan ucapan terima kasih dari Ketua KKK, Ketua Panitia dan pengurus juga diramaikan dengan nyanyian syukur dari para penyanyi dan pemain musik, Khotbah yang sangat menyentuh dari Pdt. Jeffrey W Ch Sompotan, STh, dan acara yang ditunggu-tunggu oleh para penonton ibadah online yaitu giveaway yang memberikan hadiah pulsa dan hp bagi penonton youtube dan facebook yang memberikan komentar menarik disaat berlangsungnya live streaming ibadah Ibadah online Paskah, kenaikan, Pentakosta dan HUT ke-47 KKK. Juga ada sejumlah hadiah giveaway pulsa untuk komentar terpilih di akun IG panitia @paskah2020_hut47_bansos_kkk. 

Disaat acara berlangsung, ada moment mengharukan dimana kabar duka dari Manado. Ibunda Ketua Umum KKK Dr. Ronny F. Sompie, SH, MH telah berpulang ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa. Turut berduka ya Pak, semoga amal ibadah ibunda diterima disisiNya, Amin.

 

50 comments :

  1. Turut berduka cita atas meninggalnya Ibunda Ketua Umum KKK Dr. Ronny F. Sompie, SH, MH. Semoga diterima disisi Tuhan serta keluarga yang ditinggalkan mendapat kesabaran,Amin.

    Serta ucapan selamat kepada Keluarga Kawanua HUT ke-47 semoga selalu rukun dan solid. Dan ditengah pandemi ini diberi kesehatan

    ReplyDelete
  2. semoga keluarga Kawanua kompak terus, diberikan kesehatan, dan selalu rukun yaa

    ReplyDelete
  3. Mantab nih,sudah ultah ke 47 aja. Semoga tambah rukun dan damai terus ya kak,makin kompak dan sehat terus.amiin.

    ReplyDelete
  4. selamat ulang tahun Ke-47 Kerukunan Keluarga Kawanua, semoga makin rukan dan erat kekerabatannya. Tetep penuhi protokol kesehatan ya kak perayaannya

    ReplyDelete
  5. turut berduka cita, semoga yang ditinggalkan bersabar. semoga rukun selalu, ya. yang penting pas kumpul tetap sesuai protokol kesehatan dan kita sehat selalu juga.

    ReplyDelete
  6. Turut berbela sungkawa.
    Bersyukur ya, masih bisa bersosialisasi di tengah keterbatasan interaksi saat ini.

    ReplyDelete
  7. Seru yaaa kalau ada acara kekerabatan sepeti ini. Berasa hangat banget buat para perantau di tanah sebrang. Aku merasakan banget nih kalau ada acara kumpul2 begini seneng banget karena berasa punya keluarga baru di tempat yg asing.

    ReplyDelete
  8. Pandemi membuat kita harus beradaptasi ya mbak..
    Seperti acara kerukunan kekuarga yang harus dibuat swcara online

    ReplyDelete
  9. Turut berduka. Pandemi COVID-19 ini memang membuat Kita belajar banyak hal. Semoga pandemi cepat berakhir, biar bisa beraktivitas tanpa rasa khawatir, meski sudah ada new normal tetap aja belum tenang kalau saya mau bepergian ke luar

    ReplyDelete
  10. Meski ga bisa dirayakan seperti tahun sebelumnya tapi tetap kompak, salut

    ReplyDelete
  11. Acara spt ini bisa mendekatkan. Saling menguatkan. Semoga terus sukses. Salut juga sampai ke 47 🙏🙏

    ReplyDelete
  12. pandemi tdk menghambat kerukunan ya mba terutama kerukunan di keluarga kawanua. salut.

    ReplyDelete
  13. Pandemi membuat harus beradaptasi banyak hal baru ya mba.
    Bapakku katolik, bingung karena pandemi ini harus misa online. Tapi lama-lama bisa juga

    ReplyDelete
  14. Meski berjauhan dan di masa pandemi, tapi kerukunan tetap dijaga ya, Mbak. Perayaan pun tetap memperhatikan protokol kesehatan.

    ReplyDelete
  15. Di masa seperti saat ini, kita masih dapat bersyukur acara keagamaan dapat diselenggarakan meski melalui online streaming. Yang penting tetep panjaitan doa agar keadaan kembali kondusif

    ReplyDelete
  16. Semoga covid ini segera berlalu, dan ibadah-ibadah kembali seperti sedia kala.
    Komunitas persaudaraan yang bagus. Umurnya pun sudah mencapai 47.

    ReplyDelete
  17. Sukurlah masih bisa online streaming ya Mbak. Semoga pandemi ini segera berakhir dan acara keagamaan bisa diselenggarakan seperti sedia kala. Kangen juga menyambung tali silaturahmi lagi... sehat dan sukses terus kerukunannya

    ReplyDelete
  18. Ikut berduka cita juga untuk ketua KKK atas kepergian Ibunda tercinta nya...
    Dengan kecanggihan teknologi saat pandemi pun kita masih bisa melakukan ibadah dengan khidmat ya

    ReplyDelete
  19. Jadi kangen kumpul-kumpul juga nih dalam acara formal. Biasa juga ada acara tiap pekan. AKhirnya digantikan dengan temu online.

    ReplyDelete
  20. Keren ya orang Minahasa, memiliki komunitas ketika tinggal di luar daerah. Jadi di mana-mana merasa tak sendiri. Apakah Kawanua tersebar di seluruh Indonesia Mbak? Membayangkan seandainya diadakan Kopdar Raya pasti rame ya

    ReplyDelete
  21. Tagline ini sangat saya suka "MEWUJUDNYATAKAN SI TOU TIMOU TUMOU TOU (manusia hidup untuk memanusiakan orang lain)". Bagaimana saat ini kita hidup banyak hanyak untuk diri sendiri, namun menganggap orang lain tidak ada artinya dan tidak diberi keadilan. Padahal kita harusnya saling memanusiakan.

    ReplyDelete
  22. Jadi inget temenku yang Katolik. Selama pandemi dia memilih bersenang-senang ikut ibadah dari gereja-gereja di berbagai penjuru dunia :)

    ReplyDelete
  23. Selamat ulang tahun ke-47 untuk kerukunan keluarga kawanua.. semoga makin kompak dan rukun ya.

    beruntungnya sekarang teknologi udh canggih ya.. jadi meski pandemi masih tetap bs merayakan secara online

    ReplyDelete
  24. Turut berduka atas meninggalnya Ibunda Ketua Umum KKK Dr. Ronny F. Sompie, SH, MH ya mbak. Suka dengan kerukunan seperti ini, jadi walaupun sesama perantau jadi serasa punya saudara di perantauan.

    ReplyDelete
  25. Semoga tetap rukun dan damai yaaa Mba Gin. Semoga lanjut terus sampai usia ke 48, 50, seabad, dan seterusnya.

    ReplyDelete
  26. turut berduka cita ya mba...semoga keluarga kawanua selalu kompak dan rukun. dengan virtual kita tetap bisa beribadah dg hikmat.

    ReplyDelete
  27. Turut berdukacita atas berpulangnya ibunda dari Ketua Umum KKK Dr. Ronny F. Sompie, SH, MH.

    Semoga kerukunan keluarga Kawanua tetap terjaga dan kompak selalu. Walaupun dengan virtual tetap bisa beribadah bersama yah kak

    ReplyDelete
  28. Turut berduka cita atas kepergian Ibu dari Dr. Ronny F Sompie.

    Wah, semula aku kira Kawanua itu nama salah satu suku di Indonesia, Kak. Senang nih, kalau kumpul begini. Rasa kekeluargaannya terasa banget, ya.

    ReplyDelete
  29. tetap berjalan lancar meskipun dilakukan secara online ya mba, yang penting semuanya selamat dan sehat.

    ReplyDelete
  30. Sekarang semua kegiatan agama dilakukan secara online ya, Mbak. Semoga aja pandemi segera berlalu. Turut berduka cita atas meninggalnya ibunda Ketua Umum KKK Dr. Ronny F. Sompie, SH, MH

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kerukunan Keluarg Kawanua bisa menjadi contoh di Indonesia, khususnya untuk kelompok-kelompok dan persatuan atau lembaga lainnya. Di tengah kondisi pandemi seperti sekarang ini, kita harus memberi contoh yg baik untuk masyarakat.

      Delete
  31. Wah ini kemarin live nya pas ulang tahun aku mbak. Telat nih aku tahu, padahal pengen banget nih nonton acara Paskah, Kenaikan dan Pentakosta ini kak.

    ReplyDelete
  32. Walaupun di tengah pandemi tapi tetap bisa menjaga kekompakan dengan acara live ya mba. Semoga selalu kerukunan dan kekeluargaan nya selalu terjaga

    ReplyDelete
  33. Membangun ikatan selama ini pastinya tidak mudah. Ada halangan dan tantangan yang harus di laluinya.
    Kawanua teruslah menjalin silaturahmi

    ReplyDelete
  34. Pandemi tak menghalangi kekompakan dlm bentuk kegiatan ini ya, bahkan jd hal baru. Semoga apapun yf terjadi selalu kompak selalu

    ReplyDelete
  35. Sudah mencapai 47 tahun ya. Semoga terus terjaga kekompakan dan kerukunan keluarga kawanua.
    Di dukung dengan semangat generasi selanjutnya.

    ReplyDelete
  36. Salut aku mbak dengan kekompakan seperti ini, meski pandemi nggak menghalangi kita untuk tetap silaturahmi ya

    ReplyDelete
  37. Wah usia yang lama bertahan. Smoga makin sukses dan berkah serta kompak selalu yaa. Keren euy 47 tahun!

    ReplyDelete
  38. Tetap bersatu meski ada di perantauan ya mba. Temanku yang kawanua juga gitu, masih sering saling support meski jauh di rantau.

    Ini pas nyoba baca berasa belibet aku mba : SI TOU TIMOU TUMOU TOU. Filosofinya keren ya agar tetap bersatu mendukung sesama keturunan Minahasa di rantau.

    ReplyDelete
  39. Kekompakan dan solidaritas yg tinggi patut ditiru. Apalagi dalam perantauan. Bagaimanapun kita memang saudara sebangsa dan setanah air juga

    ReplyDelete
  40. Oh Kawanua itu untuk warga Minahasa yang merantau ya. Pantes beberapa kali baca istilah Kawanua. Keren nih Kawanua

    ReplyDelete
  41. waaah sudah 47 tahun yaa mba...aku juga suka ketemu keluarga Kawanua kalau sedang penempatan di luar negeri

    ReplyDelete
  42. Saya senang dengan kumpulan orang orang yang mewadahi untuk beribadah. semoga makin rukun dan kompak. solidaritas yang dibangun ini akan membangkitkan semangat kita semua

    ReplyDelete
  43. Selamat Ulang Tahun ke 47 untuk kerukunan keluarga Kawanua semoga selalu kompak dan rukun

    ReplyDelete
  44. Ikut betduka ya kak atas berpulangnya ibunda Ketua Umum KKK.

    Btw...selamat ultah ke-47 KKK ya semoga selalu rukun dan berlanjut terus kekeluargaan smpi kapanpun. Sukses selalu...

    ReplyDelete
  45. Selamat ulang tahun untuk Keluarga Kerukunan Kawanua, semoga terus guyub rukun dan sukses selalu.

    ReplyDelete
  46. Pada akhirnya semua harus beradaptasi ya mb...meskipun di masa pandemi ibadah tetap berjalan dan saling menguatkan yaa...

    ReplyDelete
  47. Wabah ini memengaruhi semua lapis masyarakat, semua sendi kehidupan, semua aktifitas, semua kenormalan yang berlangsung dari tahun ke tahun tak bisa lagi dijalankan.

    ReplyDelete
  48. Semoga dengan wabah ini bisa kita ambil hikmahnya ya, Mbak Gin. Saya juga punya keluarga besar yang beragama selain muslim. Ibadah memang harus berjalan meskipun hanya lewat online. Anyway, HBD untuk Keluarga Kerukunan Kawanua, Tuhan Memberkati

    ReplyDelete

My Instagram

Made with by OddThemes | Distributed by Gooyaabi Templates