Digital Marketing, dilihat dari sudut pandang saya dan sumber lainnya

team-developer-app-730x511

Promosi atau pemasaran, identik dengan pengenalan produk dari produsen ke konsumen. Jaman now, yg diidentik dengan digital sepertinya semua berlomba-lomba untuk memperkenalkan produknya secara digital namun tanpa mengabaikan cara-cara konservatif atau cara lama seperti flyer, poster, spanduk atau mengadakan kegiatan door to door langsung kepada konsumen.

Kita masuk pada era digital, suka atau tidak kita harus mengadaptasi apa saja yg memberikan dampak positif utk majunya sebuah perusahaan . Salah satu caranya adalah, memperkenalkan produk yg ingin kita jual melalui sosial media ; facebook, twitter, whatsapp, instagram, youtube dan lainnya. Keuntungannya sangat banyak, salah satunya kita hanya cukup mengeluarkan modal kecil (kuota internet atau free wifi) saja kan? Kegiatan seperti  itu hanya low budget, namun dampaknya sangat luas. Apa salahnya sih? Gratis kok, tinggal gimana strategi kita dalam mengungah dan membuat konten secara menarik, singkat dan kekinian khas jaman now tentunya dengan narasi yg mudah dimengerti.

Cara lama tetap dipakai, tetapi cara baru juga harus "melek". Karena semakin banyak orang yang memiliki smartphone, semakin besar pula waktu yang mereka habiskan untuk melihat handphone mereka; sekedar lihat halaman facebook, kepo instastory teman atau status wa.

Apa itu Digital Marketing ?

Suatu usaha untuk mempromosikan sebuah merek dengan menggunakan media digital yang dapat menjangkau konsumen secara tepat waktu, pribadi, dan relevan. (Sumber : Google)

Media sosial sebagai salah satu senjata dalam menghadapi persaingan bisnis yang kian ketat tentunya menjadi bagian yang harus selalu diperhatikan. Pesatnya perkembangan media sosial dapat menjadi salah satu kunci kesuksesan bisnis bila dimanfaatkan secara maksimal. Bisnis yang memanfaatkan sosial media harus ikut berkembang secara dinamis mengikuti tren agar tidak ketinggalan zaman.

Hingga saat ini pun, media sosial masih menjadi idola bagi pengguna perorangan. Satu orang bisa memiliki banyak akun media sosial, terutama warga kota-kota besar. Facebook dan Instagram telah menjadi jejaring sosial yang paling digemari di sini. Penggunaannya pun beragam, mulai dari sekadar terhubung dengan banyak orang atau teman, hingga berbisnis atau jadi media untuk memasarkan produknya secara gratis. Media sosial yang merupakan salah satu elemen dari digital marketing itu menjadi strategi untuk promosi, menaikkan penjualan, juga awareness dan branding. Akan tetapi bukan berarti pemasaran tradisional sudah tidak dapat digunakan lagi, karena setiap pelaku bisnis memiliki promosi yang berbeda sesuai karakter produk mereka. Bagi para pelaku bisnis, menggunakan media sosial atau dunia online untuk digital marketing adalah sebuah pilihan yang tepat. Berikut ini beberapa manfaat yang bisa kita dapat melalui digital marketing:

Jenis Media Digital, apa saja ?

Saya akan membagikan jenis media digital yang menurut saya paling populer di Indonesia



  • Social Media : Facebook, Instagram.

  • Social Media Messanger : Whatsapp, Line, BBM, Facebook Messanger

  • Media konvesional : Radio, Tv, Billboard, Streaming.

  • Bisnis : G+ (Googleplus), Linkedin.

  • Game Online : Mobile legends, PUBG.

  • Komunitas : Kaskus, Detikforum.

  • Lainnya :Youtube, Twitter, Website, Blogspot, E-Book, E-Magazine.


Menurut Global Digital Report tahun 2018 yang dilansir oleh WeAreSocial  (perusahaan media asal inggris) yang bekerja sama dengan Hootsuite, menunjukkan banyak angka menakjubkan dari jagad digital dunia dan Indonesia pun masuk di dalamnya. Berdasarkan laporan Wearesocial, terdapat beberapa fakta mencengangkan. Diantaranya adalah tentang jumlah pengguna internet dunia yang telah mencapai 4,021 miliar orang. Ini artinya sudah lebih dari separuh manusia di bumi telah menggunakan internet.

Di Indonesia sendiri, dijelaskan bahwa jumlah pengguna internet di Tanah Air mencapai 132 juta orang. Jumlah tersebut menunjukkan bahwa setengah atau lebih dari 50% penduduk Indonesia telah bisa mengakses internet. Sementara di laporan yang sama dijelaskan dari ratusan juta pengguna internet di Indonesia tersebut 60% persennya telah mengakses internet menggunakan ponsel pintar (smartphone).

Dalam durasi, Indonesia dalam hal waktu penggunaan internet menempati peringkat keempat dunia dengan durasi rata-rata menggunakan internet selama 8 jam 51 menit setiap harinya. Dalam hal pertumbuhan pengguna sosial media sendiri, Indonesia merupakan negara ketiga terbesar dengan tingkat pertumbuhan mencapai 23% atau 24 juta pengguna dalam satu tahun terakhir. Hal tersebut terbukti dengan dua kota dari Indonesia menempati posisi sebagai dua kota dengan jumlah pengguna Facebook terbesar dunia, Yakni Bekasi dan Jakarta.


Media Sosial teraktif sepanjang 2017-2018 menurut Hootsuit, berdasarkan peringkat :



  • Youtube : 43% (Social Network)

  • Facebook : 41% (Social Network)

  • Whatsapp : 40% (Messanger/Chat app)

  • Instagram : 38% (Social Network)

Rata-rata pemakai internet di Indonesia siapa saja ?

Menurut Laporan Asosiasi Penyelenggaraan Jasa Internet Indonesia (APJII), survey Dalam survei ini, APJII menggunakan 2.500 responden dengan margin of error +- 1,96 persen dan level of confidence 95 persen dilakukan pada tahun 2017 di enam wilayah di Indonesia : Jawa, Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, Bali-Nusa, dan Maluku-Papua. Posisi pertama pengguna Internet di usia dan level ekonomi :



  1. 19 - 34 tahun : 49,52% (Pendiri startup atau konsumen digital)

  2. 35 – 54 tahun : 29,55% (Usia Produktif/mudah beradaptasi dengan perubahan)

  3. 13 – 18 tahun : 16,68% (Usia Remaja)

  4. Diatas 54 tahun : 4,24% (Orang tua)

Dari level ekonomi juga bisa dibedakan, di mana mayoritas pengguna internet berasal dari kelas menengah ke bawah. Dari 143 juta masyarakat Indonesia yang sudah terkoneksi internet,



  1. masyarakat kelas menengah kebawah : 62,5 Juta jiwa

  2. Masyarakat kelas atas : 2,8 Juta jiwa


Apa saja manfaat Digital Marketing untuk bisnis ?

Menghubungkan Konsumen di Internet

Setidaknya 80% konsumen menggunakan internet untuk memperoleh informasi mengenai produk barang atau jasa dengan lebih mudah dan nyaman.

Membangun Hubungan yang Lebih Menarik

  • Dengan strategi digital marketing, kita dapat lebih berinteraksi secara dunia maya dengan customer yang langsung dengan cepat merespon permintaan customer dalam percakapan dan menjangkau pelanggan yang potensial. Karena begitu banyak potensi untuk mencapai hasil yang lebih besar dan segmen customer yang lebih tertarget.

  • Dengan digital marketing, strategi yang kita rencanakan dapat dengan mudah menarik perhatian konsumen untuk mengetahui lebih jelas produk yang sedang dipromosikan. Tanpa batasan ruang dan waktu, selama orang bisa mengakses internet, produk kita akan mudah ditemui melalui berbagai media sosial yang saat ini banyak digunakan.

Membuat Lebih Hemat

  • Jika perusahaan yang memiliki sumber daya terbatas, pemasaran digital kemudian bisa membantu, tidak hanya menghasilkan generasi dan konsumen baru, namun juga membantu menghemat pengeluaran perusahaan.

  • Promosi untuk produk atau jasa melalui digital marketing sudah terbukti lebih murah dibandingkkan promosi konvensional menggunakan media cetak atau media penyiaran televisi. Biasanya promosi tersebut hanya bersifat komunikasi satu arah saja, sedangkan digital marketing ada banyak medium yang bisa digunakan, seperti; email, media sosial, dan iklan banner yang bersifat komunikasi dua arah.

Menjangkau Pengguna Mobile (Smartphone), Pemasaran digital membawa Anda memasuki area pasar raksasa, dan tak terbatas.

Mempersiapkan perusahaan untuk era internet of things.

Bahwa pada tahun 2020 diperkirakan adanya 26 miliar gadget, smartphone, tablet, jam tangan, kacamata, sepatu dan peralatan lainnya yang akan saling terhubung dalam ekosistem online secara global yang akan membentuk era Internet of Things. (https://www.progresstech.co.id/blog/manfaat-digital-marketing/)

71 comments :

  1. Klo Kita memanfaatkan teknologi digital dengan positif pastinya dampak ke Kita menguntungkan kyk YouTube, blog, instagram to tetap dgn bijak y

    ReplyDelete
    Replies
    1. yah yang penting fokus mau pilih yang mana hehe

      Delete
  2. Selama ini mayoritas saya memakai Media SOcial Bisnis yaitu Linkedin.
    Dan alhamdulillah, memang lebih dari 60% revenue dari Linkedin.
    Namun, sebagai usaha baru tahapannya tetap banyak.

    ReplyDelete
  3. Ternyata dengan digital marketing ini promosi produk/ merk jauh lebih hemat ya dan saat itu juga langsung sampai ke masyarakat. Media sosial ini persentasenya dekat2 40an % gitu paling tinggi adalah Youtube. Usia pertengahan sepertinya menempati angka paling banyak ya. Ibu2 pasti demen main socmed hihii buat usaha rumahan, blog dll oke bener ini :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. yup, tergantung kebutuhan, apalagi emak-emak

      Delete
  4. Buanyaaakk banget peluang yg bertebaran di kancah digital.
    Semuanya kembali kepada user, bisa memanfaatkan teknologi ini dgn bijak, atau enggak.
    Thanks for sharing ya Mbaaa

    ReplyDelete
  5. nah ini asyiknya, dilihat dari berbagai sudut. selain itu pastinya personal branding juga perlu ya kan ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu juga perlu, nanti dibahas pada tulisan berikutnya hehe

      Delete
  6. Di era yang serba digital ini pemasaran pun harus melalui media digital. Selain ekonomis tentu akan lebih efektif.

    ReplyDelete
    Replies
    1. karena rata-rata saat ini orang menghabiskan waktunya dengan hp

      Delete
  7. Era digital, semua serba digital. Tapi karena semua serba lewat sosmed, kita bisa berteman dengan banyak orang.

    ReplyDelete
  8. Jamannya udah apa-apa digital jadi kita kudu update terus jangan sampe tertinggal. Yg terpenting diambil manfaatnya aja yaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak woro, bijak memakai sosmed. Bener gak?

      Delete
  9. Ternyata Youtube masih sangat diminati masyarakat Indonesia, ya
    No wonder banyak anak yg cita2nya jadi YouTuber :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, anak jaman skg bukan lagi mau jadi dokter tapi lebih kepengen jadi youtuber hihihi

      Delete
  10. Mbak Gina, kl blog masuk media sosial gak ya...secara cm YT, FB, WA n IG aja yg ada persentase usernya. Dan YT megang banget ya. Nice share mbak, tfs yaa

    ReplyDelete
  11. YT yang tertinggi user nya ya. Digital marketing mmg jauh lebih murah dan jangkauannya lebih luas

    ReplyDelete
    Replies
    1. YT lagi happening semua orang ramai-ramai buat channel YT

      Delete
  12. Banyak banget emang ya keuntungan digital marketing terutama kalo sumber daya manusia gak banyak. Enakan promo via sosial media ya. Makanya start-up banyak yang bermunculan

    ReplyDelete
    Replies
    1. udah ERA digital, kita pun mau gak mau harus menyesuaikan

      Delete
  13. Infonya menarik sekali mbak... lengkap dan komprehensif. Terima kasih sharingnya :)

    ReplyDelete
  14. You Tube sekarang lagi naik daun. Soalnya sebagai sumber informasi paling kena ya. Ada visual dan suara. Semua media sosial bisa dicoba sih sebagai sarana marketing, supaya lebih mencapai sasaran.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya dan juga klo promote segmen produk dan pasarnya harus relate

      Delete
  15. Digital marketing lagi happening skrg..
    Dan yg lagi berkibar bgt tu youtube, secara orang lbh sering ntn youtube drpd tv

    ReplyDelete
    Replies
    1. YT lebih dari tipi begitulah slogan anak jaman now kwkwkwk

      Delete
  16. Memang harus kita sadari ya bahwa semakin banyak orang yang memiliki smartphone, semakin besar pula waktu yang mereka habiskan untuk melihat handphone mereka; sekedar lihat halaman facebook, kepo instastory teman atau status wa.

    Media untuk beriklan jadi lebih banyak apalagi HP senantiasa ada dalam genggaman. Peluang besar untuk berpromosi via internet.

    ReplyDelete
  17. Nah kebetulan saya sedang memikirkan mengenai topik digital marketing ini. Sekarang sudah ketemu yang lumayan lengkap tulisannya..memang sekarang era modern lengkap dg teknologi terdepan utk marketing.

    ReplyDelete
  18. Selama mengelola bisnis pelatihan saat ini, kami sama sekali nggak pernah menggunakan media konvensional, semuanya sudah memanfaatkan media sosial dan tentunya mouth to ear marketing alias alumni yang merekomendasikan. Dengan sasaran bisnis seluruh Indonesia dan juga luar negeri, sudah bukan waktunya lagi buat saya dan teman-teman sibuk mencetak brosur, flyer, dkk. Semuanya cukup memanfaatkan jaringan internet saja.

    Selain lebih mudah dan praktis, jangkauannya juga tentu saja lebih luas. Apalagi sesuai data, pengguna media sosial di negara kita memang sangat besar, kan?

    ReplyDelete
  19. Dengan benyaknya masyarakat yg mulai mengakses internet dan menjamurnya smartphone di era digital ini, memang digital marketing merupakan salah satu solusi mencapai goal target marketing perusahaan dengn biaya yg efisien.
    Nice sharing mb.

    ReplyDelete
  20. Dalam hal penjualan digital marketing salah satu yang bisa menaikkan penjualan, yuk kita gunakan internet untuj hal yg positif

    ReplyDelete
    Replies
    1. Apalagi untuk emak-emak blogger yang mencari rejeki di dunia internet, semangat ya!

      Delete
  21. Digital marketing mempermudah dan memangkas marketing cost
    Akhirnya hanya mereka yang kreatif yang sanggup bertahan
    Berbeda dengan era non digital yang mengandalkan fisik

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yup! Banyak telah lahir content creator di dunia digital saat ini, yang gak bisa bersaing bakal gugur secara otomatis

      Delete
  22. Betul banget mbak, digital marketing ini memang luar biasa perkembangannya. Bisa menjangkau semuanya dengan mudah dan biaya terjangkau.

    ReplyDelete
    Replies
    1. cuman modal kreativitas dan jaringan internet

      Delete
  23. ternyata Youtube masih lebih unggul dari Facebook ya.
    emang lebih mudah kayaknya jual secara audio visual gitu ya. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Promosi dengan gambar dan suara,.lengkap dengan konten yang menarik

      Delete
  24. Dunia digital berkembang dengan pesat sekali ya termasuk digital marketing untuk memasarkan berbagai usaha atau produk. Sekarang punya usaha harus banget dipasarkan melalui digital gak mengandalkan offline saja

    ReplyDelete
  25. Sip banget mbak gina datanya jga bikin menarik untuk dibaca dan juga membaca peluang untuk meningkatkan digital marketing agar tertarget.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yup. Menentukan pasar, segmen dan medsosnya agar tepat sasaran

      Delete
  26. sepertinya ini kunjungan pertamaku deh di blog ini. Kenapa? Karena begitu masuk aku langsung terpana lihat fotomu di head blog ini. Mirip Rossa banget... eh tapi lalu intip nama blognya gina nelwan... berarti bukan rossa. Maaf atas kenorakanku. BTW, aku belum maksimal gunain you tube karena suami belum ngijinin main di you tube sih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tapi nama tengahku emang ROSSA mbak,, hehehe

      Delete
    2. waaahh... kebetulan yang pas... eh... ini bukan rossa yang artis kan ya?

      Delete
  27. Untuk digital marketing saat ini memang oenting banget ya karena masyarakat sudah melek sosmed dan mau ga mau para pelaku usaha harus ngikutin zaman.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau gak ikutin jaman, bakal gugur satu demi satu

      Delete
  28. Sekarang anak2 harus diajari nih ttg digital marketing. Bahkan harusnya kurikulum di sekolah juga mulai memasukkan materi ini nih dalam pembelajarannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya sangat setuju, kalo anak sekolah dasar atau TK mungkin pelajaran lebih ke praktek kreativitas agar otak terstimulus dan berpikir scra kreatif

      Delete
  29. Dunia makin maju, org2 skrg harus lebih sadar pentingnya digital marketing ini dan bagaimana aja sih caranya.. ..kmren jelasin ke temen klo blogger juga bagian dari penggunaan digital marketing eh aku malah dibully. Wkwk

    ReplyDelete
  30. Digital marketing ini ternyata peringkat pertama Youtube ya. Gak nyangka. Sy orang audio lebih senengnya main sosmed ig. Tapi belum bisa maksimalin banget padahal bisa mendulang rupiah yg lumayan lewat bisnis tuh hehe..

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau skg untuk audio lagi tren juga PODCAST mbak hehe

      Delete
  31. Saat ini pengguna smartphone udah banyak banget, hampir semua orang telah menggunakannya. Oleh karena itu penguasaan digital marketing sangat penting agar bisa menguasai segmen pasar yang tersedia

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pemetaan pasar juga penting dalam penjualan, misalkan segmen anak muda kita jualannya di YT atau IG

      Delete
  32. Aku masih menikmati soamed untuk seseruan nih mba.. termasuk digital marketing dengan segala kelucuannyaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Seseruan biar gak stress atau boring ya mbak?

      Delete
  33. wuah keren sekali data yg dikumpulkan
    namun mungkin akan lebih baik lagi bila disertakan infografis
    biar lebih gampang terbaca
    hehe

    ReplyDelete
  34. Sekarang memang era digital dan kita beruntung sekali karena era ini bisa membuka banyak pintu kesempatan. Asalkan dipergunakan secara positif yaaah..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yup betul tidak dipakai untuk menipu apalagi menyebarkan hoax

      Delete
  35. Wah youtube potensinya besar juga ya...Twitter gak masuk ya?hehe Sekarang emang media sosial jadi salah satu ujung tombak. Tak sedikit yang melakukan kesalahan di medsos berakibat fatal ke marketing bahkan sampai ke perusahaan secara keseluruhan ya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. mungkin research berikutnya twitter bisa masuk

      Delete

My Instagram

Made with by OddThemes | Distributed by Gooyaabi Templates