Cara Membuat Sambal Dabu-Dabu Khas Manado


Sambal Dabu-Dabu


Sambal, salah satu pelengkap lauk pauk. Orang Indonesia pasti doyan yang namanya sambal. Sambal dari daerah manapun pasti enak sih. Kamu suka sambal darimana?
Di daerah asal saya, Sulawesi Utara sambal khasnya adalah dabu-dabu. Kalau orang Manado atau warga Kawanua sering menyebutnya "dabu-dabu lilang" yang memiliki arti sambal yang dipotong-potong. Karena semua bahannya dipotong tipis dan dicampur menjadi satu.
Sambal dabu-dabu menjadi idola, bukan saja untuk orang manado tetapi semua orang suka sambal yang mirip dengan sambal matah khas bali.
Cara membuat pun sangat mudah dan praktis. Kamu bisa menyiapkan bahan-bahan membuat sambal dabu-dabu khas Manado

Bahan Membuat Sambal Dabu-Dabu Khas Manado

Siapkan bahan-bahan
  1. Tomat
  2. Bawang Merah
  3. Cabe Rawit
  4. Jeruk Nipis
  5. Minyak Goreng
  6. Garam

Sebagai catatan, jeruk yang dipakai untuk sambal dabu-dabu ini seharusnya "lemong cui" jeruk limau yang banyak dijual di pasar-pasar manado. Namun, bisa kok pakai jeruk nipis biasa. Cuman untuk lebih autentik, pakailah lemong cui.

·         Cuci bersih semua bahannya
·         Kemudian kamu tinggal mengiris tipis-tipis bawang merah
·         Tomat dipotong dengan bentuk dadu-dadu kecil
·         Cabe rawit diiris tipis
·         Lalu campurlah semuanya ke mangkok atau wadah
·         Kemudian diikuti memasukan perasan jeruk nipis atau lemong cui dan garam secukupnya sesuai selera.

Untuk lebih nendang lagi, minyak goreng kamu panasin, setelah itu tumpahin deh ke sambal dabu-dabu tadi. Selesai!

Sambal Dabu-Dabu Khas Manado Rasa Pedas, Segar Dan Gurih

Kamu akan menemukan rasa gurih, pedes dan fresh! Oh ya, kamu bisa memakai minyak goreng sisa menggoreng ikan. Cobain deh, pasti beda rasanya dan enak.
Sambal dabu-dabu ini cocoknya dinikmati dengan nasi hangat dan ikan goreng. Dicocol atau diaduk ama nasi, makannya lebih nikmati kalau pake tangan lho. Hehe. Kalau kamu gak terlalu doyan ikan, kamu bisa memadukannya dengan ayam goreng, tahu dan tempe. Sambal dabu-dabu ini juga bisa diaduk ama pete. Itu sih, tergantung selera masing-masing. Biasanya orang Manado atau warga Kawanua, menikmati dabu-dabu lilang dengan ikan cakalang goreng. Wuih, jadi kangen kampung halaman.
Setelah membaca artikel ini, dipersilahkan mencoba yah. "Torang samua basudara"

129 comments :

  1. Jadi ngiler kak, pengen nyobain sambal dabu² nya.
    Kalau sambalnya mirip² sambal matah si aku suka banget. Karena tekstur rasanya itu asem, gurih gitu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, ini enak apalagi dipasangkn dgn ikan, tahu dan tempe goreng. Maknyus pokoknya deh hehehee

      Delete
  2. Waah, cara membuatnya tidak terlalu sulit ya. Bisa dipraktekkan sendiri di rumah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba deh.. trs cerita ya kesini. Gampang kok..

      Delete
  3. Tidak digoreng ternyata ya mbak, cuma disiram minyak panas. Tidak pakai gula berarti ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ga ush pke gula sih mnurut saya. Tp klo mau pke gpp jg, tergabtung selera.

      Delete
  4. 1. Alhamdulillah, saya membaca ini posisi barusan makan nasi goreng :P
    2. Alhamdulillah lagi, saat saya tugas ke Manado dan Minahasa Selatan, berkesempatan makan ikan goreng dan bakar lengkap dengan sambal dabu-dabu ini.. Enak memang mbak..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wow, suprised banget ud pernah ke manado dan mencoba makanan-makanan mdo. Iya minsel itu beberapa jam jaraknya dr kota manado.

      Delete
  5. Wah aku juga suka bikin sambel dabu-dabu, tapi tanpa peresan jeruk sama siraman minyak panas.. ternyata resep lengkapnya gini ya..tfs.. klo bikin lagi ntar disempurnakan hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kak, resep aslinya bgni. Karena biar lebih gurih dan seger klo pke jeruk nipis

      Delete
  6. Sambal dabu-dabu ini apakah sama ya sama sambal ikan gurame di warung padang. Soalnya dari komposisi bahan sepertinya sama. Rasanya enak, bikin seger dan menghilangkan bau amis dari ikan bakarnya. Kalau beli pasti ikannya satu porsi, sambalnya tiga porsi hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Agak-agak miirip sih, cmn yg bedainnya perasan jeruknya. Biar beuh! Enak gurih sy sarankan pake jeruk khas manado. Bentuk jeruknya bulat kecil2

      Delete
  7. Ya ampun kupikir ini tuh sambal matah hahahaha

    Maap ya Mba salah sangka. Teman saya sering nih cerita makan dengan sambal yg disiram minyak panas, baru tau klo namanya dabu2.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Agak2 sama memang kak, dgn sambal matah. Hahaha cobalah hayooo

      Delete
  8. sudah terbayang sambal ini seger-seger gimana gitu, apalagi ditemani sepiring nasi hangat dan ikan bakar. makin membuatku semakin lapaaaaarrr... ternyata sambal ini cukup mudah dan praktis buat buk ibuk yang gak sempat ngulek cabe dan bawang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pas memang kak. Temen nasi anget, ikan dan tahu tempe. Klo suka pete, tinggal goreng petenya campur di sambel

      Delete
  9. boleh di Coba Geh resepnya. sepertinya cocok dilidah orang sumatera juga. kalo di daerahku khasnya sambal seruit.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya. Dicoba aja, sambal ini cocok utk semua lidah indonesia. Pen coba tuh sambal seruit, soalnya bru dgr. Sambal2 di Indonesia emang enak2 semua

      Delete
  10. aku suka nih makan pake sambal dabu dabu, ternyata cara membuatnya tidak sulit ya gak pake adengan ngulek hahaha. nasi+ikan bakar+sambal dabu... lezaaaatttt

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gak susah kak, ga perlu ngulek. Jadi amanlah buat org2 yg ga bisa ngulek hahaha.

      Delete
  11. Wah kalo liat fotonya kelihatannya sangat menggiurkan nih sambal.

    Nanti kalo ada waktu luang, boleh juga nih bereksperimen dengan resep ini.

    ReplyDelete
  12. Wah, ini sambal banyak tomatnya ya, Mbak? Jadi pengen cobain sambal dabu-dabu. Cuma kalau banyak tomatnya gak bisa tahan lama kali ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. makanya disiram minyak panas, jadi gak cepat basi

      Delete
  13. Apa sambal dabu-dabu dan matah hampir mirip ya? Tapi beda di tomatnya. Untuk rasa gak asam mbak kalau tomatnya banyak gitu?

    ReplyDelete
    Replies
    1. tergantung selera sih., kalau mau gak asem kurangi tomatnya. Kebetulan kalo saya doyan yang asem pedas

      Delete
  14. Yah...sayangnya saat ini harus mengurangi yg pedas .. padahal duku kalau ke RM Manado nyari nya yg ginian...

    ReplyDelete
    Replies
    1. boleh-boleh aja cabe 1 aja,,,tergantung selera hehe

      Delete
  15. Siapkan bahan-bahan
    Tomat
    Bawang Merah
    Cabe Rawit
    Jeruk Nipis
    Minyak Goreng
    Garam

    yg pentin bahan di atas harus ada ya dan syukurnya ibu saya selalu masak juga sambal dabu dabu

    ReplyDelete
    Replies
    1. ibunya belajar darimana? atau berasal dari manado jugakah?

      Delete
  16. aku kemaren sempat nyobain sambal dabu-dabu ini kak disebuah resto, rasanya ada asem dari tomat dan jeruk lalu gurih dari garam dan gulanya. Tepatnya kemaren itu sambel ini aku coba bersama Gurame goreng

    ReplyDelete
    Replies
    1. apalagi dimakan pake tangan, duh pewe banget haha

      Delete
  17. Mirip sambal matah ya. Beda di jeruk kayaknya. Pernah ke desa Pengotan di Bali, dikasih irisan daun jeruk purut. Wangi...enak juga.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mirip emang ama sambel khas bali itu, bedanya dari perasan jeruknya

      Delete
    2. We want more.. we want more... Masakin lg dong Gin... Sambal matah dan sambal dabu-dabu tuh juara lah

      Delete
    3. nasinya banyak ya wkwkwkwkkwkwkw

      Delete
  18. loh mbak gina ini asal sulut toh,, wih sebagai sambal mania aku ngiler mbak,, enaknya dimakan bareng lauk apa aja ya sambal dabu2 itu

    ReplyDelete
  19. Nikmat banget nih...dabu - dabu ini favorit saya juga. Waktu tinggal di Ternate, saya mulai kenal dan ketagihan sambal satu ini. Di Ternate kadang ditambah daun kemangi dan terasi. sedapnyaa...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yah, benar. kalau saya tambahin daun kemangi, kalau terasi kurang suka saya hehe

      Delete
  20. Sambal dabu-dabu ini bahaya
    Bisa bikin lupa pas makan, lupa kalau udah habis nasi sepiring dan jadinya nambah-nambah terus
    Apalagi kalau ketemunya sama ikan segar. Huaaaa makin lahap deh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah mbak putu paham benar. Itulah yang saya lakukan, susah move on wkwkw

      Delete
  21. Sebagai orang yang nggak suka bawang, aku nggak bisa makan sambal dabu-dabu ini meski kabarnya memang enak banget kalau suka bawang ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ga usah pake bawang boleh kok, tapi kurang nendang emang

      Delete
  22. Sambal dabu-dabu memang lebih enak jika dimakan dengan ikan, Mbak. Kalau dengan ayam, meski enak tapi kurang menggigit.

    Saya belum pernah makan sambal dabu-dabu yang otentik. Pengen nyobain resep yang ini, aah...
    Ohya, di Jepara ada yang juag jeruk lemong cui ini. Pernah lihat tapi ga kepikiran beli. Kapan-kapan coba aaaah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah bahan udah lengkap, udah tau cara makannya tinggal eksekusi nih haha

      Delete
  23. Wah, langsung mau praktekin nanti di rumah. Sama ayam goreng sepertinya enak juga ya. .gampang dan lezat

    ReplyDelete
  24. baru tau ada namanya sambal dabu dabu, dilihat dari tulisan si penulis, saya tertarik untuk membuat sambal ini, sepertinya bakal kelihatan lezat jika dicampur dengan ayam goreng atau tahu goren

    ReplyDelete
  25. tadinya aku pikir itu sejenis ikan, ternyata sambal ya. Kalau masih seperti sambal matah aku masih mau lah. Karena emang murni sambal atau cabe. Kebanyakan orang juga banyak campuran merica

    ReplyDelete
    Replies
    1. sambal dabu-dabu aslinya gak pake merica. Iya, sambal ini enak, gurih, seger, pedes

      Delete
  26. Sambelnya bahannya dirajang2 aja ya nggak diulek kaya sambal biasa. Kebayang nih rasanya asem seger karena pake tomat dan air jeruk

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak dirajang ajak, mudah kan. ayo eksekusi mencoba hehe

      Delete
  27. Cleguk! Seketika isi perutku bersorak minta makan siang. Pas banget nih, di depan mata sudah ada nasi hangat dan ikan goreng. Tinggal eksekusi sambal dabu-dabu aja, nih. Kan resepnya udah ada. Membayangkannya udah lapar berat. Berarti kombinasi, pedas, segar, dan asam gitu ya, Kak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya, bahan murah meriah. Cara buatnya juga easy hehehe

      Delete
  28. Ternyata lumayan gampiiilll ya :D
    Kapan2 aku mau coba praktikkan resepnya, semoga BERHASIL RECOOK :D

    ReplyDelete
  29. Kayaknya perpaduan antara sambal matah dan sambal korek ya, karena minyak panas disiram ke sambal. Hemmm langsung ngiler pengen praktek nih kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayoooo eksekusi donk, trus komen disini lagi hehe

      Delete
  30. Pasti segar banget ya ini rasanya. Walau aku tak suka pedas, tapi suatu saat boleh dicoba deh

    ReplyDelete
  31. Ini resep dambal yang perlu dicoba ini. Biasanya baru nyoba sambal kecap. Belum pernah yg ditambahin minyak, ngiler duluan ngebayanginnya, apalagi temannya ikan segar yg digoreng tidak terlalu garing. Makasih resep sambalnya mba.

    ReplyDelete
  32. Dicoba donk terus komen lagi disini ya

    ReplyDelete
  33. Belum pernah coba yang diiris-iris mbak, biasanya saya kalo bikin sambel selalu versi di ulek.
    Jadi pengen cobain resepnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya diiris atau gak dirajang aja..rasanya lebih nampol

      Delete
  34. Duh gina aku jadi ngeces bayangin sambal dabu-dabu kamu deh. Asem pedes pasti deh haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. apalagi makan sama ikan bakar atau ayam bakar hmmm , laper

      Delete
  35. Wah saya juga sering bikin nih
    Tapi namanya sambal matah
    Rupanya karena kita bersaudara, sambal boleh sama, nama lain lain ^^

    ReplyDelete
  36. Wah pedesnya pasti nampol sekali ya mba.. hehe.. saya gak berani nyobain Krn g doyan pedes hehe..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau pedes sesuai selera sih, suami saya gak suka pedes saya banyakkin tomat ama bawang saja hehe

      Delete
  37. Beli lemong cui apa kudu di supermarket ya atau tersedia di pasar tradisional? 😊 Jangan2 di warung sayur biasa dekat rumah ga ada wkwkwkw... Enak nih makannya pakai tangan, nasi panas, ditemani ikan cakalang wuiiih... nyam3x 😁

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau susah nyarinya mending pake jeruk nipis biasa, bisa kok mbak nurul hehe

      Delete
  38. Saya pernah beberapa hari lalu baru saja bikin ini, dimakan pakai ayam goreng. Enaaakk. Memang rasanya lebih fresh kalau pakai jeruk limau ya, Mbak. Lebih berasa aja gitu menurutku.

    ReplyDelete
  39. Nelen liur. Kelihatannya enak. Besok mau coba bikin dah. Terus makannya dicocol pake ikan ya Mbak? Mantaaap?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Boleh ikan, boleh ayam, tempe tahu, lalapan juga boleh pokoke sesuai selera aja dah haha

      Delete
  40. Ini sambal favorit aku lho meskipun aku orang surabaya,,
    Sambal ini enak dan gampang buatnya, apalagi buat aku yg g terlalu jago ngulek..
    Haha

    ReplyDelete
  41. Terima kasih resepnya mbak. Kalau makan di luar, kami sering banget tuh pesan ikan bakar dengan sambal dabu dabu seperti ini. Rasanya lezat sekali.

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba bikin sendiri di rumah mbak hehehe, sesuai selera dan murah meriah wkwkjw

      Delete
  42. Thanks for sharing resep Mbak Gina...suamiku suka banget sambel.
    Ada lagi apa ya yg ada ikan apa gitu khas Manado, kalau GoFood makan siang suamiku suka beli itu. Lain kali bagilah resep itu mbak..hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. nanti next blog aku share resep manado, ya haha

      Delete
  43. Ya ampiuunn asli ngeces dehh... sambal dabu-dabunya Manado enak banget ya.. tinggal digorengin ikan atau ayam hmm.. nambah deh makan nasi anget2... ups jangan lupa sayurnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. dan makannya gak usah pake sendok,pake tangan aja..,.lebih nampol haha

      Delete
  44. Mudah cara membuatnya jadi pengen saya bikin sambal dabu-dabu khas Manado selama ini paling bikin sambalnya sambal korek

    ReplyDelete
    Replies
    1. lebih mudah dari sambal korek mbak cara buatnya, dicoba donk trs aku tunggu komentarnya haha

      Delete
  45. Aku pengagum sambal lho mbak jadi pengen coba membuat sambal dabu0dabu khas Manado ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku tunggu report jika udah buat hehehehehe

      Delete
  46. Aku udah pernah nyobain mba sambal dabu-dabu ini di salah satu resto yang menjual aneka jenis masakan ikan. Emang jadi seger ya saat makanan disertai sambal dabu-dabu ini ketika menyantapnya. Ternyata gampang ya cara membuatnya. Di sini lemon cui agak susah nyarinya, bisa diganti dengan jeruk nipis aja kan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yah bisa jeruk nipis atau jeruk limau kita ganti, sesuai selera dan dapetnya aja mbak.

      Delete
  47. Sambal dabu-dabu dari dulu terkenal nikmat mbak, cuma saya belum tahu resepnya. Ijin copas ya mbak, kali aja saya bisa coba sendiri di rumah hehehehe....karena di Bali yang terkenal sambal matah, jarang ada yang jual sambal dabu-dabu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ditunggu lho eksekusinya, gampang kok buatnya hehe

      Delete
  48. hemmm...cara buatnya kelihatannya seberapa sulit. tapi kalau bukan tangan orang manodo pasti rasanya beda. hihihi...kapan2 aku coba bikin deh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha tau aja, biasanya gitu sih kalau bukan tangan orang asli jadi aneh, tapi coba donk hehe

      Delete
  49. Aduh ini dabu-dabu kesukaann aku mba. Makannya pakai ikan goreng dan nasi panas ya ampun enaknya. Makasih ya mba udah kasih inspirasi buatku masak sore ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. caranya mudah kan? murah meriah kenyang haha

      Delete
  50. Makanan khas Manado terkenal nih pedassnya. Apalagi sambalnya. Btw sambal dabu-dabunya ini praktis banget ya buatnya. Enak disantap dengan nasi dan ikan bakar. Duh, saya jadi auto lapar nih, hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. yuk, buat mbak....trus reply komennya susah apa mudah. haha

      Delete
    2. Hehe iya Mbak di rumah juga kalau buat ikan bakar sambalnya pasti bikin yang dabu2. Hehe mudah Mbak :)

      Delete
  51. Noted. Saya mau nyoba ah di rumah. Semoga minggu besok bisa langsung buat. Bahan-bahannya kayaknya ada di dapur saya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. bahan-bahannya pasti ada, emak-emak selalu nyetok, bawang, cabe, tomat, jeruk kan? hehe

      Delete
  52. Hm .. Yummy jadi laper nih... Mau coba akh dirumah ijin nyontek resepnya

    ReplyDelete
  53. Mantaaap nih resepnyaa mbaa.. aku juga suka sambal yang satu ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. udah pernah buat? ayoo kalau blm, segera dibuat

      Delete
  54. Wah boleh juga nih dicoba bikinnya di rumah.. Enaknya ini dicocol ssama ikan goreng ya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. plus nasi hangat, dan makan pake tangan lebih mantul

      Delete
  55. Jadi ingetbsama gurami dabu2 yg pernah aku coba sebelumnya nih mbakk, ternyata aslinya jenis sambal ya. Uenakk

    ReplyDelete
    Replies
    1. agak sama sih emang, coba bikin sendiri enak nampol

      Delete
  56. paling suka sama masakan yang pedas, seger, gurih lagi,, kayaknya cocok ini sabal dabu2nya di lidahku mbak,, hihi

    ReplyDelete
  57. Aku pernah buat sambal dabu2 gini mbak. Resep dabu2 manado gini boleh juga dicoba.

    ReplyDelete
  58. Aku suka banget sambal dabu2 buat makan ikan bakar. Sayang banget di jogja belum nemu ikan bakar yg jempol. Orang jogja sukanya goreng.

    ReplyDelete
  59. Aih Mbak GInaa, kesukaanku banget ini, Mamaku kan dari Gorontalo, sambal khasnya dabu-dabu begini juga.
    Kalo ada, wuih meski dengan nasi saja saya makan sambalnya bisa nambah terus nasinya, lho :D

    ReplyDelete
  60. Kakakku pernah tinggal di palu. Cerita soal sambal dabu-dabu ini. Dimakan sama ikan yang badannya kotak itu, ikan apa ya namanya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha ikan cakalang atau ikan tongkol deh klo gak salah mbak

      Delete
  61. Aku pas ke Manado ga tau deh ada sambal dabu-dabu ini mba, cuman 3 hari di Manado langsung sariawan karena semua makanan pedas wkwkwk wong pisang goreng aja dikasih sambal mantab :D

    ReplyDelete
  62. Menurut saya sambal dabu-dabu kurang pedas. Mungkin karena kami terbiasa makan pedas dengan cabe rawit langsung. Saya dan keluarga biasa makan sambal goang. Itu sih istilah di Sunda. Cabe rawit saja diulek cuma pakai garam dikit supaya menghaluskan rawitnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. klo pedas atau engga kan terngtung selera, diiris rawit yang banyak biar pedas hehe

      Delete
  63. Kesukaan suami saya nih. Kami pernah merantau di Manado Mba, dan dia suka banget sambel dabu-dabu. Tapi kalau di sana tuh rawitnya beda ya. Beda dengan rawit untuk makan gorengan. Lebih besar, lebih pedas dr cabe merah, tapi ga sepedas rawit, dan ukuran lebih kecil dari cabe caplak. Pas suami mutasi dan posisi saya sdh pulang duluan, sudah minta bawain cabe kering u ditanam di Lampung eh dia lupa haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya tipe cabenya beda...panjang langsing hehehe

      Delete
  64. Gampang banget ternyata cara bikin sambal dabu-dabu ya mbak tinggal dipotong & disiram minyak panas. Mirip masak sambal matah cuma pakai sereh. AKu lgs googling lemon cui loh penasaran kaya apa sih

    ReplyDelete
  65. lagi musim pete nih, jadi ada ide ngolah pete, salah satunya membuat sambal dabu dabu khas manado ini ya mbak, terlihat seger apalagi bikin sendiri... duh udah ngga sabar bikin sambel dabu dabu campur pete hehe

    ReplyDelete
  66. Ini tinggal nambahin in an asin Samantha nasi panas. Dietnya mulai besok aja hahahaha. Ini surganya Indonesia nih

    ReplyDelete
  67. Wah ternyata seperti itu ya sambal Dabu-dabu khas Manado. Kayaknya segerrr gitu yaa ada tomat dan jeruk nipisnya. Saya belum pernah ngerasain. Hehe. Jadi pengen coba bikin :)

    ReplyDelete

My Instagram

Made with by OddThemes | Distributed by Gooyaabi Templates