Hijau Kampungku, KBA Rawajati


Sabtu, 7 Desember 2019 gue diberikan kesempatan oleh Astra, untuk melihat langsung KBA Rawajati yang berada di Jakarta Selatan, makacih Astra!
Pagi itu agak mendung sih, kalau anak jaman now bilang, gloomy on Saturday! Akhirnya sampai juga di KBA Rawajati. Gue bersama rekan blogger lainnya disambut dengan alunan marawis dari remaja masjid Rawajati, kok kepengen goyang-goyang sih padahal masih pagi, karena bunyi marawis bikin pen goyang aje. Kami pun masuk pada area KBA Rawajati dan mendengar sambutan dari Ketua RW setempat.


Tampak sangar dari bapaknya, namun ternyata very cool. Makanya udah paling bener kata pepatah, don’t judge a book by it's cover. Walaupun pak RW kumisan apalagi beliau mantan anggota TNI dengan gelar Mayor (inf). Pak Isnanto, sangat lembut memberikan sambutan. Makasih lho pak! Padahal awalnya gue deg-degan, kali aja kan diajak baris berbaris, “hormat grak, siap grak..” ternyata gue halu, hehe.


KBA Rawajati, Bir Pletok dan Tarian Kuda Lumping

Gue ama teman lainnya, di awal dijamu bir pletok. Asal tau aje, for the first time bagi gue meminum bir pletok. Dipikiran gue bir ini memabukkan, “aje gila masih pagi aja kita diajak mabok..” eh ternyata gak lho, rasa bir pletok mirip dengan rasa jahe, menyehatkan dan gak mengandung alkohol sama sekali. Cuman dari namanya aja, sangar. Ibu-ibu PKK KBA Rawajati lho yang buat, “duh bu ibu, kalian swag banget..” Cheers!


“Ning.,nang..ning..nung..” bunyi musik dan gue liat, adek-adek dari Paud  KBA Rawajati udah siap-siap mempersembahkan tarian paripurna kuda lumping, “hmmm...latihannya berapa lama ya dek?”
Gak terlalu merhatiin arti tariannya, gue lebih gemes ama ekspresi dan gerakan khas anak-anak Paud yang bikin pen nyubit. Good Job sayang-sayangku.


Nah, setelah yang sesi menghibur..kita masuk pada sesi serius, “hmm..ehem, test..test..cek 1, 2, 3” kalau namanya serius berarti gue harus pake bahasa baku atau biarin dari awal sampai akhir bahasanya ginian? Gini aja kali ye.

KBA Rawajati, Bank Sampah dan Green House

Begitu menyenangkan karena gue baru pertama kali diberikan kesempatan melihat proses pengelolaan sampah pada Bank Sampah, KBA Rawajati.


Disitu juga, gue ama temen-temen dipandu langsung oleh Ibu Sylvia Ermita, Ketua Pengurus Bank Sampah Percontohan KBA Rawajati. Menjelaskan sejarah berdirinya Bank Sampah dan proses pengelolaannya. Bu Sylvia sangat antusias menceritakan keterlibatan pemerintah dan para pihak, khususnya Astra yang terus membantu dan melanjutkan program-program yang ada di KBA Rawajati.
KBA Rawajati banyak memiliki prestasi salah satunya pernah dianugerahkan menjadi kampung agrowisata untuk percontohan.


Gue juga sempat masuk dalam Green House dan melihat tanaman-tanaman apotik hidup dan tanaman hidroponik.


Gue sempat berbincang dengan salah satu bapak yang bertugas pada green house tersebut. “Pak saya foto donk, nanti foto bapak masuk pada blog saya..” bapak itu senyum-senyum saja dan cekrek! Hestek no filter, hestek bukan kamera jahanam. Bapak terlihat natural seperti tanaman, keren pak!


KBA Rawajati, banyak tempat seru!
Setelah melihat proses pengelolaan sampah, proses komposting dan kegiatan daur ulang sampah oleh ibu-ibu PKK KBA Rawajati. Gue berkeliling di area lain, tepatnya di taman yang banyak pohon jati, yang merupakan salah satu ciri khas KBA Rawajati. Disitu ada taman lalu lintasnya dan lapangan basket.”Sangat teduh dan asri kampung ini..” , kata gue dalam hati.



Setelah capek berkeliling KBA Rawajati, gue rehat sejenak. Bersama satu teman blogger duduk pada warung kecil dan sempat memesan es jeruk yang dijual oleh seorang ibu tua rentah, letaknya pas di depan Fasilitas Terpadu (PKK, Paud, Posyandu) KBA Rawajati. Ada satu spot yang menurut gue memiiki pesan yang sangat touchable. Pesan itu adalah “Hijau kampungku” tertera pada satu pohon di area KBA Rawajati. Such a brilliant message, buat gue dan buat semuanya.


Terima kasih Astra, yang sudah memberikan kesempatan berharga buat gue dan teman-teman mengenal dan berkeliling di KBA Rawajati.

Video : KBA Rawajati

Dengan pesan yang mainstream gue sampaikan, untuk mengurangi pemakaian plastik dan lo semua bisa memisahkan dan membedakan mana sampah organik dan non organik. Akhir kata, thanks Astra. Gue akhirnya pulang menggunakan MRT, dan tau gak apa yang gue temuin? Nih dia.. #KitaSATUIndonesia #IndonesiaBicaraBaik



85 comments :

  1. KBA Rajawati tertata rapi dan hijau ya mba Gina.
    Btw, saya masih penasaran sama birthday pletok betawi.
    Suatu saat kepengen banget nyobain minuman hangat ala betawi ini ♥

    ReplyDelete
  2. KBA Rajawati ini kalau dibayangin bernuansa Betawi, ya?
    Seru sekali, Astra emang baik.

    ReplyDelete
  3. Hahaham. seru mba ! akupun pernah kaget sama temanku dikirimi bir peletok, duh gimana nih.. Diminum engga..? Ternyata minuman tradisional dan ngga ada alkoholnya.. Malah pengen lagi

    ReplyDelete
  4. Keren ya Kampung Rajawati ini. Saya pun mengunjungi KBA di Makassar, di kota saya. Dan lucunya, di daerah tempat tinggal saya hihi. Seru juga, kayak kampung Rajawati ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak banyak ad diseluruh wilayah indonesia

      Delete
  5. Bir pletok masih minuman yg membuatku penasaran krn baru tahu nama, lihat foto, dan nonton di tv.
    Betawi punye minuman unik ye, mpok haha.

    KBA Rajawali tampak bersih, hijau, dan teduh. Keren utk Astra yg sudah membina.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya aku pun amazed ada kampung di tengah kota jakarte

      Delete
    2. Kampung yg sangat menginspirasi. Apotik hidup ini kalau tidak bisa ada di setiap rumah, minimal ada di.satu wilayah seperti kampung ini.

      Delete
    3. jadi kita bisa ngambil obatnya ya mbak. Apalagi gretong hehe

      Delete
  6. Wah keren 😊 ASTRA memang konsisten membantu membangun negeri.
    Btw, saya penasaran banget sama bir pletok, gimana rasanya ya.. soalnya disini ga ada 😆

    ReplyDelete
  7. Keren ya kalau kampung-kampung di Indonesia seperti ini, kalaupun gak semua berharap banget tempat tinggal bisa seperti kampung rajawali ini. Kampungnya enak hijau, sejuk dan yang pentinng ramah anak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Apalagi di tengah kota. KBA Rawajati apalagi berada kampung di tengah kota jakarta

      Delete
  8. Hebat ya CSR nya Astra, banyak membina kawasan agar mandiri dalam banyak bidang

    ReplyDelete
  9. Iya. Astra memang konsisteb membangun negeri

    ReplyDelete
  10. Keren banget, andai semua kampung seperti kba Rajawati. Uh seger mata memandang

    ReplyDelete
  11. Wah asyik yah dapat kesempatan jalan-jalan di KB Astra. Keren deh konsep kampungnya yang hijau. Btw sempat kirain bir (minuman alkohol juga) ternyata cuma namanya yah yang sangar gitu, hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama mbak saya juga kira mengandung alkohol hehehe

      Delete
  12. Aku juga pernah dengar nama minuman bir pletok ini, tapi belum tahu wujud dan rasanya kayak gimana. Awalnya kirain semacam minuman keras gitu. Ternyata seperti jahe yaa

    ReplyDelete
  13. Keren ini kegiatan Astra, bisa belajar secara langsung bagaimana kiat untuk melestarikan alam perlu banget kita memisahkan sampah organik dan sampah non-non-organik.

    ReplyDelete
  14. wuah ceritanya keliling kampung nih mba? seru ya mba....

    ReplyDelete
  15. Wow, komplit banget kan ceritanya seru ya ke KBA Rawajati 😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pagi-pagi ngebir pletok? Anda sungguh luarbiasa mba

      Delete
    2. eh bir pletok itu kan sehat. Anda mau?

      Delete
  16. Saya pasti senang kalau diminta bahas ini juga di blog
    Apalagi bisa banyak belanja ide di tempat seperti ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. yah betul mbak paket lengkap jalan-jalan ke KBA Rawajati

      Delete
  17. Wah..ada lapangan basket juga di dalam kampungnya? Aih, pasti seru banget itu. Udah gitu, ada apotek hidup yaa. Selain bisa dimanfaatkan oleh warga, juga bisa jadi sarana belajar tentang aneka tanaman yang bisa dijadikan obat ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. plus bank sampah dan proses komposting sampah

      Delete
  18. Wah keren nih KBA Rajawati, kampung inspiratif yang patut dicontoh oleh kampung lainnya. Pasti sebuah kesempatan berharga ya mbak diundang Astra untuk mengunjungi kampung yang tertata rapi dengan berbagai aktivitas nya yang bermanfaat. Semoga KBA Rajawati menjadi Pioneer kampung-kampung lain supaya berdaya guna dan mampu menggali kreativitas nya....

    ReplyDelete
    Replies
    1. KBA telah banyak tersebar di Indonesia, semoga semakin banyak lagi lahir KBA-KBA baru

      Delete
  19. Keren ya inovasinya dan kontribusinya buat warga dan juga buat lingkungan. Kampung jadi hijau dan sehat

    ReplyDelete
    Replies
    1. apalagi di tengah kota Jakarta yang at least udah jarang punya tempat yang asri dan natural

      Delete
  20. Ya ampyuuun, ASTRA ini kok SELALU ALWAYS SENANTIASA INSPIRING BANGETTT!
    Semua program ASTRA bikin daku berdecak kagum!
    Keren mantab jiwaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak, semoga akan ada CSR CSR lainnya yang membantu terciptanya ekosistem hijau

      Delete
  21. Kalau sudah berbicara ASTRA pasti terbaik deh smua yang di tangani nya..jd penasaran pengen kesana

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yuk! tempatnya di daerah pancoran jaksel mas verry

      Delete
  22. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  23. Ada bir pletok kaya di Bogor ya, Astra memang selalu memberi inspirasi . Omong-omong jalan-jalan ke tempat kece kok nggak ajakin aku siih, hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha, kemarin daftar di SMSC mbak tite, datang, sosialisasi, makan, pulang dan hasilnya blog kita diikutkan lomba

      Delete
  24. Senengnya diajak jalan-jalan ya mbak..
    Saya juga berharap di daerah tempat tinggal saya mulai mampu memilah sampah organik anorganik, kalo bs sampe ada bank sampah juga aamiin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amin, kita dorong semua warga melek akan lingkungan

      Delete
  25. Seneng banget ya kak bisa ikut andil dalam acara ini pasti banyak sekali masukan dan manfaat yang kita dapati

    ReplyDelete
    Replies
    1. Banyak banget, sebuah pengalaman seru deh pokoknya

      Delete
  26. Liat anak-anak performance pasti gemesin yaa!Mau cubit cubit hehe.. lihat apotek hidupnya jadi ingat ibuku yang pingin punya hidroponik

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya tingkah anak-anak bikin gemes, walau narinya gak beraturan. Oh yah aku jg pen buat hidproponik di rumah, tutornya banyak kok di youtube. Yuk

      Delete
  27. KBA Rawajati inspiratif banget yahh, Mbak Gina...ada bank sampahnya, kegiatan-kegiatannya macem-macem. Semoga bisa menular di smua tempat di daerah lain juga. Keren pake bangett

    ReplyDelete
  28. Oh ini salah satu binaannya CSR Astra ya mba.. Pengen main2 ke sana juga euy, belajar mengelola sampah rumah tangga

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yup, Dibina oleh Astra. KBA Rawajati berada di Pancoran, Jaksel

      Delete
  29. Adem nih kak seperti nya ke KBA Rawajati. Wajar aja dapat penghargaan kampung agrowisata. Boleh ke sana kalau gak lagi hujan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yah benar. Kalau hujan becek mbak....gak ojek hahaha

      Delete
  30. Di kampungku Bank Sampahnya kurang jalan. Ada beberapa, tapi masih bertahap banget. Senang deh kalau ada kampung kaya gini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ibu Pembina di KBA Rawajati juga bercerita, banyak warga yang belum konsisten memilah milah sampah.

      Delete
  31. KBA Rawajati sekarang sudah membenahi diri jadi kampung yang keren ya. sudah ada Bank sampah, kampung hijau, dan masyarakat yang produktif dan kreatif. Astra membina mereka dengan totalitas ya....keren banget deh.

    ReplyDelete
  32. I really appreciate all the changes made in those villages and city corners. Inspiring to see the empowered societies

    ReplyDelete
    Replies
    1. awareness is needed by everyone to preserve nature. KBA Rawajati is one example of a region that carries out the process of recycling waste

      Delete
  33. Di Medan juga ada KBA kak dan baru kemarin juga meliput kemari untuk mengangkat tokoh UMKM yang terkenal. Memang program Astra yang satu ini keren banget ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya dengan program astra #SatuIndonesia #IndonesiaBicaraBaik

      Delete
  34. Program Astra ini ikut serta menjaga lingkungan mudah2an masyarakat bisa menjaganya juga ya dan lebih banyak lagi daerah yang dibantu Astra .

    Aku suka beli bir pletok nih hangat rasanya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya semoga banyak lahir KBA KBA lainnya, Bir pletok di KBA rawajati free bagi para blogger saat itu hehe

      Delete
  35. Kba rajawati.. Baru denger.. Asik yaa program2 astra ini..

    Astra salah satu Perusahaan yg csr nya Bagus yaaa...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, ASTRA concern terhadap pembinaan lingkungan

      Delete
  36. Astra ini concern banget dengan perbaikan lingkungan dan kondisi masyarakat. Ikutan senang melihat banyak KBA tumbuh di berbagai tempat dan masyarakatnya makin berdaya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yes. Yang utamanya sih, kesadaran dalam memilah sampah dan mengelola kembali sehingga berguna

      Delete
  37. Semoga makin banyak desa yg seperti ini ya...terinspirasi desa keren seperti ini..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini bukan Desa mbak, ini Kampung..artinya perkampungan.KBA Rawajati berada, tepat di tengah kota Jakarta.KBA ; Kampung Berseri Astra

      Delete
  38. Luar biasa sekali program CSR dari Astra ini ya Dan saya yang bukan warga Jakarta selama ini berpikir Jakarta itu kekurangan tempat hijau tapi melihat kba rajawati keren.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masih kurang emang mbak, KBA Rawajati kalo gak salah hanya satu-satunya dari program ASTRA di Jakarta. Cmiiw

      Delete
  39. Wah salfok sama bir pletok hahahah kirain mengandung alkohol nyatanya jahe ya mba jadi penasaran pengen cobain sih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Namanya serem, tapi rasanya JAHE banget. Minuman kesehatanlah pokoknya

      Delete
  40. Kampung Rawajati ini memang pilihan terbaik untuk KBA ya mbak. Saya juga suka dengan program astra Bicara Baik ini mbak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. astra mendukung kegiatan lingkungan hidup, salah satu program CSR yang patut dicontoh

      Delete
  41. Ya ampuun udah lama ga minum bir pletok... KBA Rawajati ini bisa didatangi masyarakat umum ga ka?

    ReplyDelete
  42. Rawajati memang terkenal daerah yang bersih dan bebas sampah ya. Sampai² di buku pelajaran kelas 6 ada pembahasan tentang ini, tema masyarakat peduli lingkungan. Keren

    ReplyDelete

My Instagram

Made with by OddThemes | Distributed by Gooyaabi Templates