Pake Masker Aja Gak Mampu Cegah Virus Corona

pixabay.com


Senin, 2 Maret 2020 Presiden Indonesia, Joko Widodo telah merelease informasi bahwa dua orang di Indonesia telah terkena Virus Corona. 

Auto panik semua, adalah hal yang memang biasa terjadi pada manusia. Apakah kamu termasuk bagian orang tersebut?

Mengenal Virus Corona 

Singkat saja, karena begitu banyak informasi tentang virus ini. Namun, Virus Corona teridentifikasi pada tahun 1937, ditemukan pada tubuh unggas dan lama kelamaan menginfeksi hewan ternak lainnya. 

Virus Corona yang lagi happening saat ini awalnya ditemukan di Wuhan, China. Adalah Virus Corona ke-7 yang menginfeksi manusia, 2019-nCoV namanya.

Wow udah urutan ke-7 lho, berarti banyak donk jenis Virus Coronanya. Ke-7 Virus Corona ini diketahui dapat menginfeksi manusia. 

HCoV-229E (alpha coronavirus) 

Terdeteksi di tahun 1960, virus ini lebih mudah menyerang anak-anak dan orang lanjut usia. 

HCoV-NL63 (alpha coronavirus)

Kasusnya diketahui pada tahun 2004, dimana seorang bayi tujuh bulan di Amsterdam terinfeksi HCoV-NL63 

HCoV-OC43 (beta coronavirus) 

Virus ini adalah virus yang umum ditemukan di seluruh penjuru dunia, karena seperti flu dan yang umumnya menyerang saluran pernapasan. 

HCoV-HKU1 (beta coronavirus) 

Teridentifikasi positif terjangkit pada pasien di Hong Kong pada tahun 2005. Pasien yang terkena virus ini berusia 71 tahun. 

Severe Acute Respiratory Syndrome (SARS) 

Nama beken virus ini adalah SARS yang di tahun 2002-2003 mengakibatkan wabah diseluruh dunia. 774 kematian atau sekitar 9 persen pasien tewas karena SARS. 

Middle East Respiratory Syndrome-Corona Virus (MERS-CoV) 

MERS-CoV pertama kali diidentifikasi di Arab Saudi pada 2012. Hingga 1 Agustus 2013, terdapat 94 kasus MERSCoV dan 47 meninggal. Negara yang terjangkit: Saudi Arabia, Yordania, Qatar, Uni Emirat Arab, Inggris, Jerman, Perancis, Italia dan Tunisia. 

2019 Novel Coronavirus atau 2019-nCoV 

2019-nCov sampai saat ini menimbulkan kegelisahan bagi seluruh penduduk dunia. Menurut sumber dibanyak berita, jumlah korban meninggal akibat virus ini telah sampai 3.085 orang. Namun yang sembuh lebih banyak sekitar 45.581 orang. Jumlah orang yang terinfeksi virus ini masih didominasi oleh China, yang mencapai 80.026 orang. Dan sisanya adalah negara di Asia, Eropa, Amerika dan Afrika bagian utara.

pixabay.com


Seberapa efektivitas Masker Cegah Virus Corona 

Tidak dengan Virus Corona, sekalipun ada orang yang sakit sebaiknya wajib memakai masker. Apalagi orang yang sedang menderita batuk dan pilek. 

Orang yang sedang terinfeksi penyakit, termasuk Virus Corona harus memakai masker. Guna mencegah percikan atau droplet (tetesan kecil) dan cairan yang mengandung virus dari batuk atau bersin lepas ke udara begitu saja. Karena penyakit ini menular ke orang lain melalui udara atau juga dari percikan tersebut yang menempel antara satu orang dengan yang lain. 

Sedangkan bagi orang sehat, masker tidak perlu dipakai jika tidak berhubungan langsung dengan orang sakit. Hanya saja, penggunaannya akan membantu mengurangi risiko penularan. 

Lebih penting mana, memakaikan masker kepada 1 orang penderita, daripada memakaikan masker kepada 10 orang yang sehat? 

Sebaiknya yang masih sehat harus melakukan tindakan preventif apa sih? 



Menghindari Virus Corona dengan menjaga kebersihan 

Rajin mencuci tangan 

Mencuci tangan apalagi untuk orang yang melakukan aktivitas yang bersentuhan dengan orang lain. Cara mencuci tangan yang benar pun harus dianjurkan. Cucilah tangan secara teratur, terutama sebelum dan setelah makan, setelah menggunakan toilet, setelah menyentuh hewan, membuang sampah serta setelah batuk atau bersin dan disaat bersentuhan dengan orang (berjabat tangan dan lainnya). 

Tidak sering mengusap-usap mata, hidung dan mulut 

Jika ingin mengusap sebaiknya mencuci tangan dengan baik dan benar. Namun, kalau pun melakukan kegiatan mengusap, sebaiknya menggunakan tissue. 

Menjaga daya tahan tubuh 

Tidur yang cukup, makan dan minun secara teratur. Juga bisa dengan mengkonsumsi suplemen dan vitamin sebagai pendukung kekebalan tubuh. 

Tidak bersalaman 

Salah satu penyebaran Virus Corona adalah melalui kontak dekat atau close contact dengan pasien yang sudah terinfeksi. Mulai membiasakan tidak bersentuhan dengan melakukan salam namaste atau cara salam india. 

Tidak keluar rumah jika gak penting-penting amat 

Meminimaliskan aktivitas ke luar rumah untuk saat ini, karena bukan hanya melindungimu namun juga melindungi seisi rumahmu.

48 comments :

  1. sebetulnya cara hidup sehat saja ya sudah cukup


    cuma bagi yg belum terbiasa mmg harus sering diingatkan

    nah kl yg sudah terkena, baru tindakan lain yg perlu dilakukan ya

    semoga ga mewabah di Indonesia

    aaamiiin

    ReplyDelete
  2. Kalau aku sekarang ini mncoba Perkuat imun dg rimpang3l2, jangan ujan2an dlu meski suka bgt, banyak minum.. Karena klondehidrasi dkit aja aku langsung demam

    ReplyDelete
  3. Banyak studi yang mengungkapkan bahwa selenium berguna untuk mencegah Corona ya Mba . Syukurnya di Indonesia ini banyak banget. Mulai ubi jalar hingga jahe.
    Dan Alhamdulillah suhu di kebanyakan kota di Indonesia terlalu panas untuk virus ini.
    Semoga kita semua sehat-sehat ya Mba . Aamiin

    ReplyDelete
  4. Aku lebih memilih memperbanyak makan buah dan sayur. Sementara nggak diet dulu deh, hahaaa
    Kalo urusan cuci tangan, sejak dulu aku tuh orang yang senang cuci tangan pakai sabun. Punya hand sanitizer tapi malah jarang dipakai. Paling dibawa kalo sedang keluar rumah misalnya

    ReplyDelete
  5. Terima kasih infonya. Semoga masyarakat juga mempertimbangkan sebelum melakukan aksi kalap dgn memborong masker dan hand sanitizer

    ReplyDelete
  6. Bagus tulisan nya. Kita emang harus banyak nulis tentang corona yang mengedukasi ya ?
    Agar hoax ketutup berita yang benar

    ReplyDelete
  7. Saya juga jadi pengen tertawa adanya fenomena orang Indonesia yang aksi borong masker bahkan sembako itu. Padahal mereka jelas sehat. Paranoid aja kali ya? Giliran orang yang beneran sakit membutuhkan masker kan kasihan mana mahal pula. Dari harga tigapuluhan ribu jadi empat ratusan ribu. Wadawwww...

    ReplyDelete
  8. Aku suka kalimat yg ini:
    "Lebih penting mana, memakaikan masker kepada 1 orang penderita, daripada memakaikan masker kepada 10 orang yang sehat?"

    Orang2 hanya panik aja tanpa logika, padahal gaya hidup sehat itu tetaplah yg terpenting. Kalau yg disrtok malah mie instan ya sama juga bohong. Menurut aku mendingan asup tubuh dengan nmakanan bergizi spt buah dan sayur, tetwp olahraga. Waspada boleh tapi jangan panik berlebihan lah

    ReplyDelete
  9. Mantap tulisannya mbak..
    Tipsnya sangat bermanfaat..
    Memang harus melakukan upaya preventif ya mbak thd corona ini

    ReplyDelete
  10. Indonesia ga beda dgn iran, sama" ga siap baik pemerintah maupun masarakatnya.

    ReplyDelete
  11. Yang sakit lebih diutamakanlah buat pakai masker.Cumaaaa sayangnya nih di masyarakat kita, yang sakit sering cuek aja batuk dan meludah sembarangan. Akhirnya nyebar ke yang sehat :( Baru kemarin banget nih ketemu yang begono di angkot.

    ReplyDelete
  12. Budaya hidup sehat di tempat umum jauh lebih penting utk pencegahannya ya, yang sakit sadar kalau dia sakit dengan memakai masker, yg sehat perkuat imun tubuh dan jgn jadi penimbun.
    Mudah2an sebaran virus ini segera mereda ya.

    ReplyDelete
  13. Iya banget, masker gak menjamin kita bebas dari corona. Yang penting jaga kesehatan dari dalam, dan menghindari kontak yang terlalu dekat dengan pasien. Semoga segera ada vaksinnya ya. Dan semoga semua segera berlalu.

    ReplyDelete
  14. Informasi dan edukasi penting kayak gini nih yg diperlukan saat ini. Utamakan gaya hidup sehat sih yang utamanya kan.. Lebih dari itu semoga kita dijauhkan dari wabah ini yah..

    ReplyDelete
  15. Komplit penjelasannya, jd tercerahkan
    Kita banyak panik sih huhu

    ReplyDelete
  16. semoga kita semua selalu dalam keadaan sehat, preventing ala saya jangan minum atau makanan yang bsa memacu batuk pilek, minum jamu kunyit seperti biasanya, dan sering sering cuci tangan pake sabun setelah datang dari luar rumah

    ReplyDelete
  17. Intinya kesehatan dari dalam diri kita ya. Baik fisik maupun rohani. Semoga saja kita semua terhindar dari penyakit tersebut. Saya juga bingung pagi ini tiba-tiba anak demam menggigil. Panas tapi katanya kedinginan. Semoga segera reda dan sehat kembali. Mkhon dianya semuanya...

    ReplyDelete
  18. Jadinya malah heboh ya, padahal kl knowledge udh cukup, tinggal ikhtiar hidup bersih dan sehat, doa, tawakal deh. Semoga virus ini segera lenyap

    ReplyDelete
  19. Intinya jaga kebersihan, jaga kesehatan. Ga usah panik, jangan stres.
    Gitu kan Mba?

    ReplyDelete
  20. Padahal cukup melakukan hal yang paling dasar, jaga kebersihan juga kesehatan ya mbk. Nggak perlu perlu banget pakek masker apalagi masker yg ala ala cosplay gt.

    ReplyDelete
  21. Inilah kenapa penting membaca cerdas ya.
    Jadi mendapat informasi dari sumber yang terverifikasi.
    Termasuk PR blogger juga nih, memberi edukasi.
    Corona memang luar biasa efeknya ya!

    ReplyDelete
  22. Infonya up to nb date Mbak. Thank you! Aslinya aku bingung liat respon netizen +62 ini.. lahkoq mbuhbisa sampai panic buying dan nimbun2 segala . Buat aku pribadi ikhtiarku sebatas jaga kesehatan, tingkatkan kebersihan dan daya tahan tubuh ..

    Semoga wabah Corona virus ini segera hilang dari dunia

    ReplyDelete
  23. Nah aku baru tahu ternyata sudah sejak lama ya mba ini virus yang sekarang udah yang ke-7 aja :) setuju yang sakit aja yang dipakein yah sekarang di sini malah panic buying bahkan dijadikan oknum buat penipuan jual masker *kZL

    ReplyDelete
  24. saling jaga kesehatan serta terpenting usahakan selalu cuci tangan sebelum dan sesudah berkegiatan yaa :D stay safe guys

    ReplyDelete
  25. Soal masker itu karena yang sehat malah pada borong, jadi ada aja yang ketipu loh sama toko online. Kalo udah gini namanya efek panik masal ya. Aku lebih memilih jaga kesehatan lebih maksimal. Kalo untuk nggak boleh sering mengusap wajah susah, kebiasaan suka nyari jerawat, ups

    ReplyDelete
  26. Iya yang terpenting jaga kebersihan sama daya tahan tubuh jd virus gak akan gampang masuk. Heran sama yang panic buying jd nya malah bikin org nimbun2 barang. Sedihnya krmn temenku ikut jualan hand sanitizer jd mihil jg, aku nanya katanya emang dapatnya dr pihak pertama jg mihil, duh

    ReplyDelete
  27. Iya mbak kita tidak bisa takut berlebihan terhadap virus ini akan tetapi lebih baik menjaga kebersihan diri dan lingkungan serta kesehatan seluruh anggota keluarga.

    ReplyDelete
  28. Saya sendiri ga berlebihan sih menanggapinya tapi tetep harus waspada dan untuk kebersihan dan jaga2 juga simole banget kaya biasakan cuci tangan ters pake masker. Kalau pakai masker ini memang sudah lama sih soale buat menghindari polusi ke wajah aja hehe.

    ReplyDelete
  29. beener, tetep waspada tapi jgn berlebihan bahkan smpe bikin org lain gak nyaman dan merugikan org lain ya mbak,,, heran aku ma org2 ini,,,

    ReplyDelete
  30. Sejak ditemukan dua pasien yang terkena virus corona, makin ramaib erita hoaxc, info seperti ini sangat penting, tindakan preventif untuk kita semua, terima kasih, sharingnya

    ReplyDelete
  31. Tidak keluar rumah jika gak penting-penting amat

    Poin ini nih iya banget. Tapi agak sulit untuk orang-orang yang nggak terlalu betahan di rumah.

    ReplyDelete
  32. Aku sekarang jadi rajin cuci tangan mba Gin ahahah
    mengingatkan akan kesehatan ya dengan adanya virus ini mba.

    ReplyDelete
  33. emang sih pake masker tidak mencegah virus at all, tapi minimal kita menjaga tidak bersentuhan langsung dengan duara - tidak pegang pegang handle pintu kalo ga perlu, tidak usah slaaman ini juga membatu kalo kita ga suka sama orangnya bahahhahaahha ... (kesempatan baik)

    ReplyDelete
  34. Rajin cuci tangan pokonya ya kalau dari luar. Karena kita gak tau apa yang kita pegang di luar bersih atau kotor. Mudah-mudahan kita dilindungi ya..

    ReplyDelete
  35. Kalau dilihat dari tingkat bahayanya. Kira-kira mana yang lebih berbahaya antara MERS dengan Corona ini?

    ReplyDelete
  36. Nah itu dia, kalo lihat 19 patient virus covid-19 terkait dengan pasien 1 dan 2, atau ada jejak ke luar negeri /kenalan dari luar negeri.
    Lha kalo saya cuma ketemu tukang sayur dan pemilik warung sembako, ngapain ribet 😀😀😀

    ReplyDelete
  37. makin banyak yang kena, lebih harus jaga daya tahan tubuh dari hal simple hidup sehat

    ReplyDelete
  38. iya nih kita jangan terlalu panik dengan masuknya virus Corona di Indonesia, terlalu panik justru bikin kita gampang sakit karena panik membuat fisik jadi lemah, tetap pertahankan saja gaya hidup sehat.

    ReplyDelete
  39. Aku makin rajin minum air lemon atau air + cuka apel untuk menjaga kesehatan mba, lumayan ga gampang batuk pilek

    ReplyDelete
  40. Masyarakat terlalu panik sehingga menguntungkan penjual masker.padahal masih banyak yg lebih membutuhkan masker

    ReplyDelete
  41. Kalo pake cara hidup sehat dan pake cinta bisa gak kak menangkis si virus corona ini? Sehat selalu kakak syantik

    ReplyDelete
  42. Mba Gina kabar terbaru sudah ada 27 apa ya yang terjangkit sedih banget rasanya aku
    melihat berita di TV, ya Allah moga lekas hilang virus corona ini
    AKu juga lagi menghindari untuk bepergian jauh

    ReplyDelete
  43. berati semua tergantung pada gaya hidup sehat dan bersih ya kak. olah raga teratur juga bisa meningkatkan daya tahan tubuh.
    untuk masker sih, apalagi sekarang harus hati2 belinya
    yg sehat bisa sakit kalo beli masker gk steril :((

    semoga kita selalu dalam lindungan Tuhan. aamiin

    ReplyDelete
  44. Gaya hidup sehat dan olah raga bisa menjaga stamina tubuh kita. Oleh karena itu jaga pola hidup sehat. Saat ini masker memang banyak yg palsu karena saat ini banyak yg butuh masker. Semoga kita dalam kandungan yg maha kuasa ya ..

    ReplyDelete
  45. betul sekali mba, kita juga harus mengatasi dengan menjaga kondisi badan terus fit

    ReplyDelete
  46. Di kantor sampe disedian hand sanitizer, dan memang harus bener bener menjaga pola makan sehat, kebersihan juga.

    ReplyDelete
  47. Lebih baik mencegah, melindungi diri gpp.... Usahakan daya imun tidak turun

    ReplyDelete
  48. Semoga kita selalu sehat yah. Aamiin dilindungi, kebersihan paling penting dan jaga imun deh

    ReplyDelete

My Instagram

Made with by OddThemes | Distributed by Gooyaabi Templates