Tulang Rusuk

Canva by ginanelwan.com



Dalam anatomi Tulang rusuk adalah tulang panjang yang melengkung dan membentuk rongga rusuk, tulang rusuk memiliki fungsi melindungi dada, paru-paru, jantung, hati, dan organ dalam lainnya di rongga dada. Pada manusia dan hewan mamalia, tulang rusuk terdapat hanya di bagian dada. Okay, stop (hehehe) saya bukan mau menulis artikel kesehatan ya, biar dokter saja..karena itu berat.

Makna dari kata “Tulang Rusuk” setahu saya berasal dari kisah nabi, banyak agama memaknai hal tersebut. Dalam Islam, riwayat nabi dan banyak hadist memahami bahwa “Perempuan tercipta dari Tulang Rusuk kaum Adam”.

Dalam ajaran agama lain seperti kristen pun makna ini begitu populer, bahwa Hawa yang mana seorang Perempuan diciptakan dari tulang Adam (seorang laki-laki), tafsir yang terjadi bahwa tulang yang dimaksud adalah rusuk. Hampir sama sih pemahaman antara kedua agama yang saya maksud di atas bahwa makna tulang rusuk diambil dari cerita Adam dan Hawa.

Ajaran agama yang kita anut memberi banyak makna-makna kiasan, sehingga banyak tafsir yang dilahirkan. Namun semua sama, memiliki tujuan yang mulia. Salah satunya adalah Tulang Rusuk, Dimana diumpakan seorang Perempuan atau wanita. Jadi, hi kamu wahai Perempuan, kamu diciptakan dari tulang rusuk laki-laki. Kurang lebih kalimat yang mudah dimengerti oleh kita semua seperti itu.

Well, kalau saya dan kamu tercipta dari tulang rusuk laki-laki...artinya sejak lahir kita telah memiliki satu orang laki-laki yang menjadi sumber harapan kita donk, saya artiin sih seperti itu. No worries karena setiap Perempuan sejak lahir telah dipasangkan dengan satu orang laki-laki. Jadi buat yang jomblo atau single, carilah tulang rusukmu.

Ada dua perspektif yang ingin saya bahas disini, pertama dari sumbernya (cerita nabi) bahwa perempuan yang tercipta dari tulang rusuk laki-laki, dinyatakan dengan sudah sepantasnyalah laki-laki bersikap lembut pada perempuan, tidak kasar dan harus mengerti.

Perspektif yang kedua adalah, saya mau gambarkan dalam sebuah kalimat “aku tercipta untukmu”, Yes! Jadi tak perlu galau, bagi yang jomblo masih ada kesempatan. Harus sama-sama meyakini, penantianmu pasti akan berbuah manis. Soal hal ini, secara agama telah dinyatakan ditambah lagi lirik-lirik lagu cinta juga menegaskan bahwa “aku disini untukmu..” “aku tercipta untukkmu” ngerti kan maksud saya?

Okay kita bahas yang pertama, sepantasnyalah laki-laki bersikap lembut pada perempuan, tidak kasar dan harus mengerti. Memang benar, laki-laki harus seperti itu. Jangan kasar dan kurang ngajar kepada perempuan, khususnya kepada pasanganmu.

Secara bentuk, tulang rusuk itu bengkok, disaat seorang laki-laki sering berkata kasar kepada pasangannya, apakah yang dipikirkan laki-laki itu? Apakah ingin membuat lebih bengkok lagi tulangnya sendiri? Mau pergi aja berantem, dibilang dikit aja marah, dan masih banyak lagi yang sebenarnya tidak harus terjadi.

Emosi bisa datang silih berganti diantara sepasang perempuan dan laki-laki, itu hal yang wajar. Tetapi buat laki-laki, tolong lebih berpikir untuk memperlakukan pasangannya, yaitu tulang rusukmu sendiri. Apakah yang kamu inginkan terus membengkokkan tulang rusukmu? Dan nantinya perlahan-lahan juga merusak semuanya. Karena tulang rusukmu adalah juga bagian dari badanmu. Think about it.

Yang kedua, untuk kalian yang belum memiliki pasangan saya saranin aminin kalimat ini “Perempuan tercipta dari Tulang Rusuk kaum Adam”, agama pun sudah menyatakan hal tersebut, jadi buat apa gusar? Untuk kamu yang baru putus, mungkin tulang mantanmu ga cocok, tetap semangat mencari rusuk yang pas. Untuk kamu yang memilih single, mencocok-cocokkan sebuah tulang rusuk memang begitu sukar, butuh ukuran yang pas di badan kamu dan jiwa kamu. Tentunya kita ga mau salah pilih, entah itu kelonggaran atau kesempitan bentuk tulangnya.

Dan yang terakhir, untuk kamu yang jomblo yang kepengen banget nemu tulang rusuk yang pas dan bisa menemani kamu sehidup semati. Yakinilah bahwa lirik lagu cinta “Tercipta untukmu” dari band Ungu. Ga perlu khawatir dan galau, terus mencari,,penggenapan bakal terjadi kok. Mungkin satu tahun lagi, sepuluh tahun lagi, sabar aja bro. Minum susu yang mengandung kalsium, agar tulangmu ga rapuh buat nunggu si tulang rusuk yang entah datangnya kapan,,,doa aja terus, atau mari kita doa sama-sama.

Saat lahir, rangka manusia terdiri dari sekitar 270 tulang (sumber dari om Wikipedia), semua menyatu menjadi bentuk-bentuk organ manusia dan ada juga bertugas untuk melindungi organ. Jadi, memang harus cari tulang rusuk Bro,,kalo loe tetap milih menjomblo aku kudu piye ? hahaha

Salam,
Tulang Rusuknya orang

55 comments :

  1. Kali2 aja jodoh kalean blum lahir. Jadi harap bersabar

    ReplyDelete
  2. Yang udah lama jomblo sabar nya ditambah lagi ya.. kali aja jodohnya masih dijagain orang.. hehe.. #justkidding

    ReplyDelete
  3. Wah tulang rusuknya mesti dicari kalo yang jomblo ya, atau sabar menanti aja?
    Semoga yang belum ketemu tulang rusuknya, bisa bertemu jodoh terbaik

    ReplyDelete
    Replies
    1. amin, didoain lho parajomblo sama mbak hidayah

      Delete
  4. Manusia itu diciptakan berpasang-pasangan. Jadi buat para jomlo, santuy aja, jodohnya aja. Kalo lama belum ketemu juga, boleh jadi ketemunya nggak di dunia, tapi di akhirat. Serius. Ada di Qur'an. Bener kata mbak gina, gausah gelisah gusar takut. Tawakal aja. Banyak berbuat baik, supaya dapat jodoh yang baik pula :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. katanya, jodoh adalah cerminan diri kita. Bukan begitu mbak?

      Delete
  5. Minum susu, makan bayam ya mbak biar kuat tulangnya. Jangan lupa berjemur biar vitamin D-nya aktif. Hehehe...

    Penutupnya bikin ngikik.

    ReplyDelete
  6. Jangan lama-lama galau, lebih baik memeprbaiki diri sambil berdoa. Insyaallah dia akan datang pada saatnya.

    ReplyDelete
  7. Tulang rusuk yang sudah lengkap, saling menjaga, jangan sampai patah.
    Tulang rusuk yang masih belum ketemu pasangan, semoga secepatnya menemukannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku masih punya beberapa teman yang masih sabar untuk menemukan tulang rusuk yang memang merupaka diciptakan untuknya. Semoga berjodoh.

      Delete
  8. Jadi semua pasti punya joodoh ya?
    Semoga yang belum ketemu segera ketemu, biar hidupnya makin lengkap.

    ReplyDelete
  9. Ngobrol imajiner gini emang seru ya?
    Kita bisa masuk ke pelosok bumi dan langit untuk memperbincangkan sesuatu. Kali ini tentang tulang rusuk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yes, saya suka bercerita dengan gaya seperti ini mbak. Apa yah namanya? hehe

      Delete
  10. Bener sekali ini, yang jomblo semangat ya, semoga segera ketemu tulang rusuknya
    Jika lengkap sudah maka jagalah:)

    ReplyDelete
  11. Hehe
    Menarik tulisannya mbak...
    Nggak perlu gusar ya mbak, karena pasti punya pasangannya tulang rusuknya...

    ReplyDelete
  12. Tulang rusuk oh tulang rusuk. Saya juga punya keyakinan bahwa setiaop tulang ada pasangannya (apaan sih), tapi sekali lagi itu hak prerogatif Tuhan mau mempertemukan kapan atau enggak mempertemukan atau bahkan memisahkan, yg penting berusaha aja semaksimal mungkin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sangat setuju dengan statement mbak. Toss dulu pake Teh botol (haha)

      Delete
  13. Aku jadi inget ade kelasku mba, meski dia ade kelas cuman usia kami sama..aku udah punya anak 2 tapi dia santai aja ga mau buru2 nikah sampai akhirnya dia bilang ingin mencari yang memang tulang rusuknya selama ini ya hubungannya ga lancar dan akhirnya dengan kesabarannya akhir tahun kemarin menemukan tulang rusuknya. emang kudu sabar ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. sabar yangtak terukur. Jodoh kan rahasia Ilahi ya

      Delete
  14. Mbaknya, sudah punya tulang rusuk yang jadi tulang punggung kan? Lama-lama kita bikin sop tulang mba wkwkwkkw

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mbaknya juga jangan duduk kelamaan, nanti tumpul tulang ekornya hahahahah. (sop buntut enak nih)

      Delete
  15. Tulang rusuk melindungi berbagai organ penting. Jadi kalau terus disakiti, nanti lama-lama berimbas ke organ penting ya, Mbak. Bikin sakiiittt :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya seperti itu analoginya mbak, tepat sekali

      Delete
  16. Ayooo, yg masih mencari dan belum menemukan tulang rusuknya harus lebih semangat doong ya ini. Si yang empunya tulang rusuk juga, emang enak gitu jalan pincang karena tulang rusuknya belum lengkap? Moga yg tulang rusuknya belum bertemu segera menyatu :)

    ReplyDelete
  17. Iyeess! Bahasan yang menarik nih.
    Kalau setiap kita perempuan terbuat dari tulang rusuk laki-laki, berarti tidak peru khawatir dengan yang jomblo ya...pasti akan ditemukan pemilik tulang rusuk yang tepat di waktu yang tepat.

    ReplyDelete
  18. Kalau bahas tulang rusuk tuh kedengarannya so sweet banget, yang jomblo semoga disegerakan jodohnya��

    ReplyDelete
  19. KAlau yang putus tulang rusuknya belumj cocok bener juga ya namanya belum jodoh. Nanti juga ketemu tulang rusuk yang cocok

    ReplyDelete
  20. Tulang rusuknya masih di tempat lain. Katanya entar kalo sudah jodohnya meskipun garam di laut asam di gunung ketemunya ya di kuali hahahahaha #kabuuuur

    ReplyDelete
  21. analgi tulang rusuk memang pas banget yaaa..semoga segera ketemu mba.. again, I do believe jodoh ngga akan ke manaa yaa

    ReplyDelete
  22. Hahahahha tulang mantan ga cocok , hihihi lucu ya mbak wkkwkw jaman skrg ada yg biasanya ttp memaksakan bertahan sama satu pasangan karena gengsi ke orang kearena sudah bertahun2 bersama padahal ga bahagia. Harusnya tulangrusuk itu tenang dna nyaman dipemiliknya

    ReplyDelete
  23. Saya rasa soal perempuan itu tulang rusuk lelaki hanya pengibaratan. Artinya, perempuan itu seperti tulang rusuk yang bengkok sehingga harus diperlakukan dengan hati2.

    ReplyDelete
  24. Hehee.. Temanya ringan dan unik. Buat tulang rusuk yg belum ketemu pemiliknya, mohon bersabar ini ujian.. Bagi tulang rusuk yang merangkap tulang punggung juga bersabar yah..

    ReplyDelete
  25. Yang bercerai, artinya tulang rusuknya enggak pas ya Mba? Hehehe
    Malah baru tahu setiap manusia terlahir dengan ratusan tulang rusuk

    ReplyDelete
    Replies
    1. menurut mbak gimana? tulisan di atas hanya bagi yang jomblo wkakaka

      Delete
  26. Memang ya tulang rusuk itu selalu diidentikkan dengan pasangan artinya laki-laki tulang rusuknya wanita sehingga harus memberikan perlindungan kepada wanita dan dari artikel Ini saya baru tahu ternyata tulang rusuk itu banyak sekali Setahu saya sih cuma yang terlihat itu saja

    ReplyDelete
    Replies
    1. menurut sumber ilmiah kedokteran katanya begitu hehehe

      Delete
  27. terkadang yang bikin susah ketemu tulang rusuk tuh diri sendiri. Itu pengalaman aku sih, hihi. Pas benteng diri sendiri terlalu tinggi jadi susah interaksi ma orang lain.

    ReplyDelete
  28. Jadi yang cocok , itu artinya yang tulang rusuknya pas ya hehe. KAlau yang ga pas jadinya ga cocok? Hehe, Kalau tulang rusuk dipaksain cocok juga takutnya patah ya.

    ReplyDelete

My Instagram

Made with by OddThemes | Distributed by Gooyaabi Templates