Cara Mengolah Ikan Cakalang Fufu

Google image


Cakalang adalah ikan laut. Ikan Cakalang banyak terdapat di daerah Sulawesi Utara. Warga Sulut, sangat familiar dengan ikan cakalang. Ikan cakalang dibuat fufu, yang artinya diasapin. Cakalang asap kamu bisa menyebutnya. Ikan cakalang fufu, diasapi kering dan dijual untuk oleh-oleh. Bagi kamu yang pernah bepergian ke daerah Sulut tepatnya di Manado, ada tempat khusus untuk berjualan cakalang fufu ini, untuk oleh-oleh. Harga ikan cakalang fufu biasanya dijual satu ikat seharga 75rb, yang artinya satu ekor ikan yang diasapi ditusukkan pada kayu bambu. Cara mengolah ikan cakalang fufu gimana sih? Baca sampai habis ya.

Ikan Cakalang Fufu, Untuk Oleh-Oleh

Google image

Ikan cakalang fufu ini bisa bertahan lama, sehingga kamu gak perlu khawatir busuk atau rusak. Bukan karena memakai pengawet yah, karena proses pengasapan ikan ini sangat lama, anti busuk-busuk club. Kamu hanya perlu memasukkannya ke dalam kulkas. Ikan cakalang fufu satu ekor itu besar lho, jadi kamu bisa potong beberapa bagian. Gak usah memasaknya sekaligus, jika penghuni rumah hanya keluarga kecil saja. Ikan cakalang fufu, bisa dipotong bisa pula disuir-suir.


Ikan Cakalang Fufu Disambelin

wixnemo

google image

Bagaimana mengolah ikan cakalang fufu, menjadi makanan? Kamu yang dari daerah lain pasti bertanya-tanya. Sangat mudah dan praktis kok. Biasanya warga Sulut, hanya menggoreng cakalang fufu tersebut dan dimakan dengan sambal dabu-dabu dan nasi anget. Ada juga yang membuat cakalang fufu dengan sambel. Kalau di Sulut makanan itu biasa disebut “cakalang sous”. Sous diartikan sebagai sambel, disous atau disambelin.

Cara Membuat Ikan Cakalang Fufu Sous

Siapkan bahan-bahan Cakalang Fufu Sous
1.       Ikan Cakalang fufu
2.       Bawang Merah
3.       Cabe Rawit
4.       Tomat
5.       Jeruk Nipis
6.       Minyak Goreng
7.       Garam
8.       Gula

Tahap pertama
Potong ikan cakalang fufu menjadi beberapa bagian atau bisa juga disuir-suir tergantung selera
kemudian ikan cakalang fufu dilumuri jeruk nipis
Goreng ikan cakalang fufu, gorengnya gak lama ya,,pokoknya jangan sampai gosong
Setelah itu angkat dan tiriskan, sisa minyak yang melekat pada ikan cakalang fufu

Tahap kedua
Cuci bersih semua bahannya
Kemudian kamu tinggal mengiris tipis-tipis bawang merah
Tomat dipotong dengan bentuk dadu-dadu kecil
Cabe rawit diiris tipis dan diulek
Panaskan minyak goreng secukupnya
Jika sudah siap, masukan irisan bawang merah ke dalam minyak ke wajan
Goreng bawangnya sampai terlihat garing atau merah
Kemudian masukan cabe yang sudah diulek
Tunggu beberapa saat, agar cabenya matang
Lalu kamu memasukkan tomat yang dipotong-potong dadu
Tunggu sampai semua masak, terlihat tomatnya layu. Namun ingat jangan sampai gosong yah
Setelah itu tambahkan sedikit air, untuk mengentalkan masakkan. Airnya dikit aja ya, satu sendok aja
Masukan garam dan gula secukupnya
Kemudian, lihat kalau udah masak dan bahannya telah tercampur dan rasanya sudah pas sesuai selera
Sentuhan terakhir adalah memasukan ikan cakalang fufu kemudian diaduk secara merata
Berapa lama? Gak lama, dengan api yang kecil kita aduk merata. Kira-kira waktunya satu menit saja
Dan akhirnya, makanan ikan cakalang fufu sous telah siap dihindangkan.
Setelah membaca artikel ini, dipersilahkan mencoba yah. "Torang samua basudara"

63 comments :

  1. Keliatannya enak banget yakk, pengen banget setelah pulang kampung nanti di akhir tahun bisa menikmati masakan ini hhuw.. suruh emak aja yang masak wueheheh ak mah gak bisa..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehehe. Enak lho ini. Makanan sederhana, tp bikin nagih

      Delete
  2. Sering makan ikan ini di RM Manado, tapi baru tau kalau bisa dijadikan oleh-oleh... nanti kalau ada teman tugas ke sulut...nitip ah...

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas bisa dijadiin oleh-oleh, awet kek ikan asin. Cmn ikan cakalang ini diasapi.

      Delete
  3. Baru tau kalau namanya ada tambahan fufunya. Kira hanya cakalang asap saja ��. Pernah beli di daerah Depok. Heran juga, hanya dengan diasap ikannya matang dan memnag tidak bau yang aneh-aneh. Yang ada bau asapnya.

    ReplyDelete
  4. Ya betul. Fufu artinya bhs indonesianya asap. Tpi satu trick lagi, klo ditruh di kulkas, sebelum di masak,,di kukus aja ga lama. Karena klo lngsung digoreng ntr ikang cakalangnya agak keras2 gmna gtu, ga ramah bagi para pemilik gigi yg rapuh hahaha

    ReplyDelete
  5. Wah itu photo-photonya bikin saya jadi lapar lagi, he he . .
    BTW, kalau ada acara masak-masak gini, saya pilih jadi bagian tester saja deh :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semua pun mau jd bagian icip2 lucu jg andah hihihi

      Delete
  6. pasti ikannya seger ya? ikannya cakalang bukan kemalen *aelah retjeh maapin

    aku bagian makan aja kak, kirimin dooong hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaha cekalang apa kemalen hahaja lucu jg ya andaah

      Delete
  7. Liat gambar aja sudah bikin ngilee, makasih mbak sudah share tentang car pembuatannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dicoba aja..bisa gnti ikannya dengan ikan yg ad aja. Mislkn ikan tongkol

      Delete
  8. menggiurkan!!!

    Sepertinya hampir ditiap daerah Indonesia punya olahan makanan ikan yang khas ya? Dan ikan cakalang ini salah satu yang berasal dari Sulut

    ReplyDelete
  9. Mbak.... kenapa sih bikin laper aja di postingannya. ahhaha. Udah pas bikin usaha katering ini mbak.. enak bgt meski dari foto doang aja keliatan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha. Karena saya suka makan, lumayan jg sih bisa masak. Enak ikan ini kak

      Delete
  10. Baca artikel ini siang-siang pas belum makan jadi ngiler, kayanya enak banget tuh yang ikan cakalang fufu dsambel disantap siang hari, ditambah lagi dengan minuman dingin makin seger.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Trus makannya jgn pake sendok..pake tangan aja smbil lesehan...santuy

      Delete
  11. Sepertinya setiap daerah di Indonesia punya olahan khas berbahan dasar ikan ya? Dan ikan cakalang fufu baru sekali ini saya dengar, ilmu baru hehhe

    ReplyDelete
  12. Sepertinya setiap daerah di Indonesia punya olahan khas berbahan dasar ikan ya? Dan ikan cakalang fufu baru sekali ini saya dengar, ilmu baru hehhe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ikan ini di pulau jawa susah dicarinya, cakalang byk hidup di perairan sulawesi dan maluku

      Delete
  13. Ini salah satu resep paling sering kubuat di dapur mba. Aku tambahin sedikit terasi yg dibakar sebentar untuk campuran sambalnya. Enakkkkk banget.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba, enak bener. Pada dasarnya ikan cakalang ini emang gurih dan khas rasanya. Mirip sama tuna, tapi kalo saya pribadi lebih prefer ke cakalang. Hehehe. Saya juga suka cakalang yang dibikin gulai asam pedas khas Padang. Mmm yummy.

      Delete
  14. Asli ya, ikan ini dibumbu pedes pake nasi panas itu nikmat banget. Fix, kamu terlalu kak, bikin laper tengah malem nih. Sungguh teganya teganya teganya... kalo bikin lagi, jangan lupa kirim-kirim ya kak. Bisa-bisa kebawa mimpi nih masakan ikan cakalang ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kak kamu ngiler ikan cakalang atau udh lama gak dangdutan..hahaha

      Delete
  15. Aku pernah dapet abon ikan cakalang fufu dr teman yg tinggal di Manado. Rasanya khas yah...engga ada duanya. Ternyata prosesnya diasap gitu aja toh...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya ikan cakalang bisa jd abon, dan enak. Hehe

      Delete
  16. Jadi ingat pas baksos khitan di NTT. Malam-malam blusukan ke pasar malam buat nyari makan. Ternyata di pasar malam banyak yang menjual ikan bakar. Tapi sepertinya yang dimaksud ikan fufu di sini beda ya dengan ikan bakar yang di NTT?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jenis ikannya kali y yg berbeda. Ikan Cakalang byk di perairan sulawesi dan maluku

      Delete
  17. Langsung telan air liur. Wkwkwkwk....
    Resep kesukaan saya meski namana beda. Pakainya ikan tongkol bakar ala Jepara saja, yang ada. Tak ada yang jual cakalang, soalnya.
    Saya pernah eyel-eyelan dengan teman. Menurut saya cakalang itu ikan tongkol ambon yang kulitnya abu-abu. Teman saya mengatakan cakalang itu tuna. Tapi feeling saya, kami berdua benar hanya beda penyebutan saja. Mana yang benar, Mbak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cakalang memang klo dilihat mirip tongkol, tapi beda kak. Byk yg mengira tuna, cakalang dan tongkol itu sama, pdhl beda. Namun ketiga itu dari golongan ikan scombridae

      Delete
  18. Mengawetkan ikan dengan metode pengasapan memang terbilang apik. selain ikan awet juga ikan bisa bertahan lama. dulu pernah melihat proses pengasapan ikan, ternyata tidak semudah yang kita bayangkan. meskipun kelihatannya mudah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya. Awet bgt klo diasapin rasa amis pun hilang

      Delete
  19. Ikan cakalang sekilas kok mirip ikan kembung ya, tapi agak besaran.
    Ikan asap juga menjadi favorit orang jawa kak, karena cita rasa khas dari asap itu yang bikin ketagihan..

    ReplyDelete
    Replies
    1. ikan cakalang lebih mirip ikan tuna dan ikan tongkol mas

      Delete
  20. Saya belum pernah makan ikan Cakalang Fufu ini, apa ada diekspor ke Padang gak ya. Tapi kalau ikan asap yang lain pernah, cita rasa nya lain. Enak dan gurih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya ikan diasapin pasti enak dan bau amisnya hilang

      Delete
  21. ini ikan cakalang fufu pasti dagingnya renyah dan lembut.. apalagi di masak sesuai tips dari mba gina.. wah mau nyoba langsung saya di rumah namun bukan menggunakan ikan cakalang fufu

    ReplyDelete
    Replies
    1. klo gada ikan cakalang, tongkol atau tuna bisa dibuat resep yg ditulis di atas, hehhe

      Delete
  22. mbk gina ini suka kuliner bgt rupanyaaa yaa hihi. aku ngiler liat ikan fufu sambelannyaaaaa ya ampuunn

    ReplyDelete
    Replies
    1. kuliner dan makan,,makan...mpe genduts qiqiqiiq

      Delete
  23. Mampir ke sini pagi-pagi membuatku lapar hiks. Jadi ngiler deh membayangkan ikan cakalang fufu dimakan sama nasi ditambah sambal dabu-dabu. Sungguh menggoda itu foto ikan cakalang fufu yang dicampur sambal. makasih resep ikan cakalang sousnya. Semoga suatu hari nanti kubisa merasakan ikan cakalang fufu ini :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa dgnti pake ikan gorengdaerah asal aja, sambalnya digadoin ala resep di atas mas gilang

      Delete
  24. Aku literally ngiler nih Kak lihat Cakalang Fufu disambelin
    teringat rasanya pas makan itu di Makassar
    bikin nambah-nambah

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya kalau sulawesi pasti sdh pernah mencoba hehehe , you're so lucky

      Delete
  25. Harap perhatikan efek setelah membaca artikel ini. Membuat para pembaca kelaparan. Tolong dibuatkan give away dengan hadiah si cakalang fufu ini

    ReplyDelete
  26. Aku suka ikan cakalang tapi aku ga bisa ngolahnya. Dan aku klo beli udah mateng tinggal di olah jadi menu favorit.

    ReplyDelete
  27. Mbak itu ikan bisa diganti sama ikan lain gak? Aku tanya ibu kok ibuku gak tau ikan cakalang. Apa karena adanya cuma di sana aja ya?

    ReplyDelete
  28. Aiih auto ngidam. Keliatannya yummy banget. Ini yang biasanya ada di takoyaki itu ya. Saya belum pernah mengolah ikan ini. Pengen juga

    ReplyDelete
  29. bagi penikmat ikan, ikan cakalan bisa dikategorikan ikan favorit. Bagi saya yang bukan penikmat ikan, melihat orang makan ikan saja aku iri. Karena aku gak bisa makan ikan :v

    ReplyDelete
  30. wuah olahan khas sulawesi ya mba. aku belom pernah ih nyobain makanan dan ilahan dri sana. pengen banget nnti bisa ngerasain sndiri. dgn resep ini jadi gaperlu nunggu lama mba, krn bisa dicobain dirumah. tfs mba

    ReplyDelete
  31. Wah, bisa tahan lama ya. Pantesan bisa dijadikan untuk oleh2. Kalau di Aceh ada juga ikan seperti itu, kami sebutnya ikan kayu.

    ReplyDelete
  32. Baru dengar nama ikan ini. Dan belum pernah juga ke Sulut. Semoga suatu saat bisa merasakan masakan dan oleh2 khas Sulawesi Utara ini.

    ReplyDelete
  33. Keliatannya enak banget kak. Aku belum pernah makan cakalang asap ini. Apakah ada dijual online yah ☺☺

    ReplyDelete
  34. Ooh...
    Ini namanya ikan cakalang ya.
    Dj tempat saya suka ada, tapi sudah dalam bentuk ikan asing kering. Kami menyebutnya gesek.
    Enak banget emang saya paling suka disambal pedas asam manis.

    ReplyDelete
  35. Omaiiigoodddd... Mbaaaa, ayoo tanggung jawab!
    Saya dapatin ikan fufu enak di mana coba?

    Ini makanan favorit saya banget, maklum, saya lahir di Sulawesi Utara.

    MAsa kecil saya ya berteman dengan lauk ikan fufu ini.
    Sayangnya, sulit menemukan ikan cakalang fufu seenak di Sulut di tempat lain :)

    ReplyDelete
  36. Wah jadi ngeces ...
    Udah lama pingin nyoba masak ikan cakalang, eh dapat resepnya
    Terimakasih banget ya

    ReplyDelete
  37. Ya Allah..nikmat sekali ini.
    Di suguhin resep begini artinya disuruy eksekusi, hahahaha
    Diet apa kabar?

    ReplyDelete
  38. Wah mau coba. Tapi kalau pakai jenis ikan lain bisa kan? Di Cianjur tidak ada ikan cakalang (?) Adanya kakap, cumi, layur, barakuda dan bandeng

    ReplyDelete
  39. Wah, saya belum pernah makan ikan cakalang, nih. Namun, di sini banyak yg jual ikan fufu juga. Resepnya enak juga, kan kalau dimasak sama ikan lain, Mbak?

    ReplyDelete
  40. Huaaa enak banget nih pasti rasanya jadi lauk makan siang, disantap dengan nasi hangat. Heuheuheu..ngiler sayahhh

    ReplyDelete
  41. Wow, melihat ikan cakalang yang disambal (Cakalang Fufu Saus) itu, bikin ngiler, Mba! Langsung bikin aku laper. Dimakan dengan nasi putih hangat, mantab banget, itu! Btw, ikan Cakalang itu bahasa Indonesianya apa ya? Di Aceh ada ga, ya? Penampakan aslinya kurang jelas deh.

    Btw, resepnya ini jika ikannya diganti dengan ikan kering yang lain enak juga kali ya? Susah kan nyari ikan Cakalang di Bandung? Trims resepnya, Mba! :)

    ReplyDelete

My Instagram

Made with by OddThemes | Distributed by Gooyaabi Templates