5 Band Indonesia Yang Ngetop di Tahun 90-an

Angkatan 90-an mana suaranya? Pasti lagi senyum-senyum tipis, apakah pas tahun tersebut kamu baru mengenal cinta? Cinta monyet di masa-masa sekolahmu? 


Untuk membangkitkan nostalgia kamu hai generasi 90-an, di bawah ini adalah 5 deretan Band Indonesia yang eksis di tahun 90-an. Band-band yang menghiasi playlistmu dimasa puber, mungkin ada salah satu band yang sering kamu request untuk diputar di radio.


https://www.ayiprima.com/2018/02/feeling-nostalgic-with-sheila-on-7.html
Sheila On 7

  • Sheila on 7 
Semua orang pasti familiar dengan semua lagu SO7 (Sheila on 7). Album pertama di tahun 1999, sangat sukses meraih perhatian. Dan, Anugerah terindah yang pernah kumiliki, J.A.P (jadikan aku pacarmu). Diikuti dengan album berikutnya yang begitu populer dengan lagu Sephia. Rata-rata semua lagu SO7 semua pasti tau dan gak asing ditelinga dari generasi 90-an sampai anak jaman now. 

Magnet SO7 ada pada vokalisnya, yaitu Duta. Sampai sekarang, mas Duta masih terlihat tampan dan berkharisma lho, suaranya pun masih terdengar sempurna. 

Saat ini Duta, Eros, Adam dan Brian masih eksis manggung dimana-mana. So, kamu termasuk sheila gank ga sih? Lagu SO7 yang paling membekas di hati kamu apa sih?

https://nasional.republika.co.id/berita/pubc26382/ormas-bubarkan-konser-base-jam-di-banda-aceh
Base Jam
  • Base Jam 
“Kadang ingin pergi, kadang ingin sendiri, sampai kini 'ku tak tahu pasti..aku hanya bisa bermimpi..” Pasti auto nyanyi dalam hati ya? Hahaha. Kamu pasti tau, ini penggalan lirik lagu band apa. Yup, Base Jam. Band dengan aliran Pop Rock, lahir di tahun 1994 dengan ciri khas Adon, sang vokalis berambut gondrong dengan suara tinggi yang khas. 

Jaman itu, anak cowok pen bergaya mirip Adon, cool dan gondrong. Ditambah lagi lagu-lagu Base Jam begitu membekas. Salah satunya lagu Pujangga, “Mungkin aku bukan pujangga, yang pandai merangkai kata..Kutak selalu kirimkan bunga, untuk ungkapkan hatiku..” 

Sayangnya, Base Jam redup perlahan-lahan, disertai keputusan Adon sang vokalis untuk hengkang dari Base Jam yang telah 25 tahun berkarya bersama Base Jam.

http://oto-biografi.blogspot.com/2012/03/sejarah-band-padi.html
Padi
  • Padi 
Band yang dikenal dengan lirik-lirik lagu yang romantis, ditambah melodi gitar yang membuat larut pendengarnya. 

Padi, band asal surabaya berhasil memulai debut pada penghujung tahun 90-an, melalui single Sobat. 

Berbeda dengan banyak band indonesia yang lainnya, pada Band Padi, Piyu sang gitaris adalah orang yang paling menjadi pusat perhatian. Petikan gitar dan aksi panggungnya, bikin para fans khususnya cewek, menjadi histeris. 

Beberapa lagu hits Padi antara lain; Semua tak sama, Kasih tak sampai, Begitu indah, Menanti sebuah jawaban, Mahadewi.

https://m.fimela.com/lifestyle-relationship/read/2229511/lagu-lagu-potret-yang-bikin-kamu-ingin-balik-ke-zaman-90-an
Potret
  • Potret 
“Bagaikan langit di sore hari, berwarna biru sebiru hatiku. Menanti kabar yang aku tunggu, peluk dan cium hangatnya untukku” Ini bukan lagu tiktok ya, aslinya dari Band tahun 90-an yaitu Potret. 

Potret adalah salah satu grup band indonesia yang dibentuk pada tahun 1995. Anggota grup band ini sangat minimalis, hanya 3 orang. Siapa yang gak kenal dengan pasangan Melly Goeslaw dan Anto hoed? Yah, mereka berdua adalah pentolan dari Band Potret. 

Potret juga dikenal dengan tingkah dan gaya sang vokalis yang begitu esentrik. Melly Goeslaw berhasil membawa Potret menjadi salah satu band yang paling populer di tahun 90-an. Melly juga dikenal sebagai motor dari band Potret, karena berhasil menciptakan banyak lagu disaat nge-band bersama Potret. 

Lagu-lagu yang up beat, pop rock adalah ciri khas Potret. Dengan lirik yang easy listening berhasil memikat pendengar. Salah dan Mak Comblang adalah lagu-lagu yang paling hits hingga saat ini. single berjudul Bunda pun berhasil melambungkan nama Potret. Sampai sekarang kamu masih mendengar lagu Bunda kan? Biasa sering diputar pas perayaan hari ibu, hehe. 

Potret masih ada lho, belum bubar. Hmm, kamu pasti termasuk dari bagian orang-orang yang menunggu debut terbaru band Potret kan? Ayo donk teh Melly.. 

https://republika.co.id/berita/mqs7ae/musik-naif-retro-habis
Naif
  • Naif 
Kalau ini mah sampai sekarang masih eksis yah, sama seperti eksistensi SO7. Naif awalnya terbentuk ditahun 1995. Mengusung musik retro plus penampilan jadul dari para personil, membuat Naif menjadi berbeda dan legit. 

Di tahun 1998, debut pertama mereka dengan judul Mobil Balap membuat Naif semakin banyak dikenal. Dan kemudian tambah ngetop pas kemunculan lagu Posesif lengkap dengan video clip yang esentrik, karena menghadirkan ratu waria sebagai modelnya. 

Naif bisa dibilang Band langganan pensi (pentas seni) anak sekolah di tahun 90-an sampai 2000-an. Lagu-lagu yang riang dan jenaka, ditambah aksi panggung yang kocak dari David sang vokalis membuat Naif jadi band yang anti mainstream.

Dari 5 Band di atas, mana yang menjadi Band favorite kamu. Lagu-lagu apa saja yang selalu kamu ingat dan bikin kamu turn back memori di tahun 90-an. Lagu jaman sekarang sih enak juga ya, tapi lebih gak bisa dilupain kalau lagu jaman dulu, lirik dan melodinya sederhana namun membekas di hati. Ciyeee.

58 comments :

  1. Favoritku semua itu bandnya, duh jadi auto nyanyi deh baca artikel ini, nostalgia ke jaman pensi SMA. Eh kalo di Manado ada pensi ga?

    ReplyDelete
  2. Favoritku dulu Ungu dan Dewa. Element juga. Tapi udah jarang kliatan kayanya

    ReplyDelete
  3. Daku demen sama lagu-lagu dari Padi soalnya waktu sekolah sering dimainkan ketika acara pentas seni. Naif juga familiar lagunya apalagi yang vespa 😁

    ReplyDelete
  4. Ini band-band yang hits pada masanya bahkan lagu-lagunya masih asik sampai sekarang. Rindu masa-masa sekolah jadinyaa, aku bahkan sering bongkarin youtube untuk sekedar kangen-kangenan sama lagu2 mereka mbak.

    ReplyDelete
  5. Ya ampun jadi bernostalgia. Favoritku SO7 tapi semua band di atas juga suka lagu-lagunya.

    ReplyDelete
  6. Ya ampun itu group band pada kemana ya? Sekarang mah di tv dangdutan doang 😊

    ReplyDelete
  7. Ini favoritku semua..hapal beberapa lagu mereka sampai sekarang. Yang tetap eksis SO7 ya..tetap berkarya hingga kini

    ReplyDelete
  8. Duh, membaca postingan ini berasa nostalgia, lagu2 dari Padi, So7 menemani perjalanan euy

    ReplyDelete
  9. Ini band band favoritkuuuu semuaaaa :)))
    Selalu sukaaa dgn lagu2nyaaa
    Apalagi PADI, kan sama2 arek Suroboyoooo

    ReplyDelete
  10. 1-3 idola banget Mba, meski lebih terasa idola saat tahun 2000an, soalnya tahun 200an baru pacaran hahaha.
    Rasanya lagu-lagu cinta mereka itu pas banget buat pacaran :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Btw salah fokus ama foto Teh Melly zaman dulu, uwow banget deh masih langsing banget hihihi.
      Kalau lagu potret memang kurang easy listening buat saya, masih lebih suka lagu karangan Melly buat dinyanyiin penyanyi lainnya :)

      Delete
  11. Sheila sama padi, suka banget, sampek ngapalin lirik lagu lagunya. Skrg pun masih suka dengerin lagu2 mereka.

    ReplyDelete
  12. Hahhahaaa..aku idola banget sama semuanya dan pada jamannya emang ngehits banget.
    SAmpe sekarang kalo ada konsernya aku nontoooon, bhuahhaa.

    ReplyDelete
  13. Selain padi dan seila on 7 saya juga suka dewa Mbak. Ga masuk list ya Dewa disini? Hehehe...
    Lagu Kangen dan Kamulah satu-satunya sampai sekarang kalau kemping selalu kami lantunkan diiringi gitar

    ReplyDelete
  14. Wah suka semua dong
    Sayang, ga ada regenerasi band ya?
    Atau saya yang kudet?

    ReplyDelete
  15. Wah, aku sih suka semuanya. Susah banget kalau disuruh milih. Semuanya punya ciri khas dan istimewa. Di setiap band tersebut, ada lagu-lagu mereka yang jadi favorit banget buat aku. Ahhh, generasi grup band era 90an memang nggak ada matinya.

    ReplyDelete
  16. Favorit semua ini. Jaman kuliah suka dengerin lagunya SO7 buat penyemangat kala lagi banyak tugas.
    Pas lagi patah hati, dengerin Kasih Tak Sampai nya Padi terus sepanjang hari heheheh

    ReplyDelete
  17. Tambah lagi nih: Dewa 19 waktu vokalisnya masih Ari Lasso. Keren abis!
    Kahitna dan Java Jive juga lagi ngetop-ngetopnya tahun 90an itu.

    ReplyDelete
  18. Jadi kangen era 90an nihh 😆 semua band yg disebutin di atas saya suka semuanyaa ❤️ apalagi Sheila On 7, duh semua lagunya hits dan ikut meramaikan masa2 sekolah ❤️

    ReplyDelete
  19. Wahhh jadi ingat zaman SMA...
    Suka beli kaset2 mereka, so7 dan padi...

    ReplyDelete
  20. Sekarang sudah tidak seberapabterdengar ya gaung mereka, kalah sama lagu lagu dangdut masa kini sepertinya.

    ReplyDelete
  21. Waduh, ini sih band yang menyertaiku di masa-masa galau sama gebetan. Hahahaha... kurang Dewa, Gigi, Radja, Ada Band> Wkwkwk... duh jadi kepengen dengerin mereka lagi. Nyari ah si Spotify. :D

    ReplyDelete
  22. S07 jadi band yang mengiringi ku waktu lagi mengenal cinta, apalagi lagunya DAN dan sephia, bikin mewek kalo dengar lagunya

    ReplyDelete
  23. Jikustik, Caffeine, Stinky, Tic Band, The Fly, Peterpan, Naff. Duh banyak lagi yaaa mba. Jadi ingat masa lalu deh. Hehehe

    ReplyDelete
  24. Dari semua itu cuma Naif yang aku ga suka hahahaha.. aneh aja lagu dan liriknya :D.

    Tp yang lainnya, FAVORIT BANGETTTTT terutama SO7 pastinyaaaa :D.

    Kalo yg basejam aku sempet tuh mba, lagunya aku rekam berulang di kaset kosong. Jadi 1 kaset kosong itu dari awal Ampe akhir cuma lagu bukan pujangga hahahahaha. Saking sukanya :D.

    Eh sampe skr lagu2 mereka dan SO7 msh ada di playlist Spotify ku :D. Jd selalu aku dgr kalo di mobil terutama.

    ReplyDelete
  25. Bang favorit saya semua jaman SMA. Hehe... ketahuan umurnya lah. Sampai sekarang masih suka dengerin via jook atau spotify kalo tiba2 kangen masa2 remaja.

    ReplyDelete
  26. aku baru tau sih kalau yang nyanyiin lagu Bunda itu Potret. kupikir ya Melly Goeslaw

    yang terkenang dan lagunya khas banget jaman itu ya Naif
    rasanya jadul banget, hahaha

    ReplyDelete
  27. aku cinta bangeeet dengan Naif dan Potret mba..They are very good indeed! kangen dengan band - band yang musikalitasnya tinggi, bukan hanya sensasi aja hehe

    ReplyDelete
  28. Fto paling atas kiri no.2 itu sya

    ReplyDelete
  29. Favorit aku SO7 sama potret. Dulu inget nyampe ngehapalin lirik2 lagu mereka. Hahahah.. Aduh pengen ketawa kalau inget dulu aku suka nyanyi bareng2 sama temen2 sambil jalan-jalan, kayak yang ngamen aja. 😂

    ReplyDelete
  30. SO7 dan Potret yang paling saya suka. Kalau lainnya biasa aja. Ada beberapa lagu yang memang saya suka. Tapi, gak banyak

    ReplyDelete
  31. Tahu mereka semua dan lagu-lagunya enak di kuping. Btw, waktu belum ngeh Sheila on 7. Aku itungan dong personilnya. Lha kok enggak ada 7. Yang 2 ke mana? Hahaha

    ReplyDelete
  32. Sheila on 7 yang paling aku sukaaa, lagunya easy listening banget. Lagu-lagu Padi juga bagus-bagus.

    ReplyDelete
  33. Favoritku semua itu.. Plus Dewa19 ama KLA. Sampe sekarang lagu-lagunya masih berjejer di playlist, dan masih selalu diputer

    ReplyDelete
  34. Semua lagu lagunya aku suka mbaa. Bahkan kalo nyanyi lagi skarang, aku hapal loh. Hhhahaha

    ReplyDelete
  35. Wah lihat ini langsung Auto nyanyi, semua kesukaan Dewi, hihihi...

    ReplyDelete
  36. Kebetulan Mpo mengalami masa group band. Seru banget ngejar-ngejar artis.potret. Aih maklum Mpo masih abg

    ReplyDelete
  37. Wah apa kabarnya Base Jam ya, lama gak update lagu baru kayaknya. Kalo Potret jadi ikutan nyanyi di awal paragraf, hahaa

    ReplyDelete
  38. SO7 itu alumni SMA yg sama dengan anakku. Duta nyumbang gitar fender utk sekolahnya, anakku seneng banget bisa mainin di sekolah karena belum punya yg sebagus itu

    ReplyDelete
  39. Waduh, angkatan 90 tuh aku banget hahaha
    Dulu SO7 nge-heits banget karena lagunya dijadikan OST Lupus, diputerin terus kalo lagi tayang di TV hehe.

    Mungkin karena dulu infotainment belum separah sekarang kali yah, jadi zaman dulu band-nya gak kebanyakan drama kayak sekarang hahaha

    ReplyDelete
  40. Hemmm Naif yg tak begitu saya familiar baik lagu maupun penyanyi personal group band-nya

    ReplyDelete
  41. Band Padi masih ada sampai sekarang tidak ya? Aku suka lagu-lagunya. Kalau Sheila on 7 kayaknya sampai sekarang masih banyak disukai deh lagunya sama anak-anak milenial. Nah Base Jam nih yang lama tak terdengar kabarnya. Tapi mereka semua memang pernah top ya pada masanya.

    ReplyDelete
  42. Dari 5 band 90-an di atas, paling suka sama Sheila on 7 sama Padi. Bahkan sampai sekarang kalo dengar radio terus muterin lagu mereka, volumenya digedein hahahaha. Karena lagu-lagu mereka menurutku gak lekang sama waktu gitu. bisa di denger kapan aja hehee

    ReplyDelete
  43. Duh baca ini jadi terkenang masa2 lalu...hehe..lagu2nya enak2 ya mba..��

    ReplyDelete
  44. Iya bener, selain Base Jam dan Potret, grup band lainnya msih sering keliatan di TV ya kyknya. Kalau dua Potret hmmm kyknya mereka lbh banyak aktif konser offline kali ya.
    Yg sayang banget emang Base Jam,apa kabar ya skrng para personelnya...

    ReplyDelete
  45. Duh saya suka semua kelima band itu, hihihi
    Kalau yang paling suka dengan lagu-lagunya, saya pilih Padi, dan Sheila On 7. Lagu-lagu mereka masih enak didengerin sampai sekarang

    ReplyDelete
  46. Duh...ada Padi... idola bangett nih. Coba ditambah 5 lagi heheh biar Gigi, Dewa, Radja, Rif bisa masuk... hehe

    ReplyDelete
  47. Hahaha, auto nyanyi pas di bagian ini"

    "... bagaikan langit di sore hari, berwarna biru sebiru hatiku. Menanti kabar yang aku tunggu, peluk dan cium hangatnya untukku

    Semuanya aku tahu, mba
    Soalnya aku blogger kolonial, bahahaha

    ReplyDelete
  48. Aku tetap Sheila on 7 sampe sekarang soale lagunya enak2 dan suara Duta tuh khas banget plus jarang ada gosip huru hara hehe.

    ReplyDelete
  49. Hahay, semuanya favoritku. Terutama Padi ama SO7. Masa-masa 90an, era SD n SMP. Bisa dibilang lagu-lagunya yang paling akrab buat nemenin masa masa puber menuju remaja. Biar masih kecil juga mah, seneng sama band band itu. Liriknya masih banyak yang inget ampe sekarang

    ReplyDelete
  50. Kangen banget sama Naif.
    Karena lagu-lagu mereka itu kritik sosial di masyarakat.
    Khas dengan gaya menyampaikannya yang retro dan kocak abiiss..

    ReplyDelete
  51. Aih, jadi kangen deh dengan mereka. Semua band favorite ku ituh, Mbaaa. Love them all. Legends! ������

    ReplyDelete
  52. Daku ampe ikut jadi sobat padi terus seneng aja gitu sama lagu dan lirik mereka

    ReplyDelete
  53. Saya tahu semua kecuali yang base jam. Dulu dengerin lagu lagu mereka nebeng di tape punya kakak.

    ReplyDelete
  54. duh emang SO7 paling greget di semua kalangan ya, seperti growing together them :D

    ReplyDelete
  55. Munculnya SO7 dengan lagu DAN bener bener booming, aku sampe hafal sampe sekarang
    Base jam aku juga suka. Band band ini hits hitsnya di tahun 90 - 2000an, memang top

    ReplyDelete
  56. SO7 still be my fave till now hahaha

    ReplyDelete

My Instagram

Made with by OddThemes | Distributed by Gooyaabi Templates