Nonton Drakor Bikin Baper

Saya sering menggunakan KRL Commuter Line, tiap kali bepergian untuk urusan mendesak dari Bekasi ke Jakarta. Sebelum pandemi, situasi di dalam gerbong-gerbong KRL begitu penuh dan sesak, baik itu di gerbong khusus wanita dan gerbong campuran.

Pandemi melanda, aturan jaga jarak diberlakukan juga di dalam KRL. Sangat menguntungkan bagi saya pribadi dan mungkin juga untuk banyak orang, karena gak perlu berdesakan lagi berada KRL karena jumlah yang diangkut dalam satu gerbong menjadi berkurang. Lega rasanya...

Dalam perjalanan dengan KRL dari Stasiun Bekasi menuju Stasiun Manggarai waktu yang ditempuh sekitar 30 menit, ini kalau lancar yah..biasanya 45 menit karena agak terhambat jika KRL yang saya tumpangi ngalah ama kereta api cepat yang menggambil jalur KRL, ngantri gitu istilahnya.

Apa yang saya lakukan untuk mengusir kebosanan di dalam KRL? Kalau dapat tempat duduk sih biasanya saya sempatkan untuk tidur. Kalau pas gak dapat kursi, yah cuma diam saja sambil memperhatikan situasi di dalam gerbong KRL. Sebelum pandemi, lebih parah lagi..udah gak dapat kursi, kegencet ama penumpang lain di kiri dan kanan, udah mirip banget pepes ikan. Ada yang punya pengalaman seperti saya? 




Dalam KRL seringkali saya menjumpai orang asik menonton lewat ponsel, seakan gak peduli kondisi saat itu lagi penuh dan sesak dengan orang-orang. Saya menjumpai situasi yang mirip, tiap menggunakan KRL. Tentunya dengan situasi seperti sekarang, mereka yang hobi nonton di KRL merasa nyaman karena lebih leluasa menonton tanpa kuatir kegencet atau dihimpit ama badan bapak-bapak atau bokong ibu-ibu.

Pernah sekali saya berdiri di samping anak sekolah berseragam SMA, saya melihat dia begitu asik menonton lewat ponselnya. Rasa penasaran saya memacu, pelan-pelan melirik dan ngomong dalam hati “apa sih yang buat dia begitu menikmati seolah gak peduli dengan situasi disekitarnya..” ternyata anak itu menonton drama korea atau lebih populer disebut Drakor.



Drakor Tontonan Yang Bikin Baper


Cerita saya di atas adalah salah satu dari sekian banyak cerita soal drakor. Saya adalah bagian dari orang-orang yang hobi nonton drakor.

Tontonan drakor menjadi favorite saya sejak masih duduk di bangku SMA. Setuju sih, kalau banyak orang mengklaim nonton drakor itu bikin kita jadi baper. Serial dan Film Korea berhasil mengaduk emosi para penggemarnya. Sad atau happy ending dijamin ada part yang berurai air mata.

Gak hanya ceritanya yang bikin baper tetapi para pemainnya bikin kita jatuh hati. Tampilan ganteng dan cantik, kulit putih dan badan yang proposional adalah ciri aktor yang ada disetiap serial atau film drakor. Aktornya pun tak hanya mengandalkan tampang, akting mereka juga pas dan sangat natural. That’s why drakor menjadi tontonan favorite kalangan manapun terutama kaum milenial. 

Drakor Tontonan Yang Bikin Baper



Masih ingatkah kamu dengan serial drakor yang hits di tahun 2000-an yaitu Endless Love : Auntum In My Heart yang menguras air mata para penontonnya. Serial yang dibintangi oleh Song Hye-kyo dan Song Seung-heon gak hanya booming di Korsel saja, melainkan di seluruh Benua Asia bahkan hingga Amerika Latin. Endless Love adalah tetralogi, dimulai dengan Auntumn In My Heart, Winter Sonata, Summer Scent dan Spring Waltz. Saya sudah menonton serial ini lebih dari lima kali, lima kali pun selalu dibikin baper dan mata bengkak karena nangis.



Nonton Drakor Lalu Menangis, berlebihan gak sih?


Penggemar drakor mana suaranya? Kamu gak sendiri kok, saya pun bisa menangis kalau jalan ceritanya relate sama pengalaman saya pribadi (hihi..) atau skenario drakor yang membuat saya seolah-olah merasakan dan memposisikan diri saya ke dalam cerita.

Para wanita menjadi populasi terbanyak menonton drakor. Kemungkinan menjadi yang paling banyak menangis. Dilansir dari artikel Good Housekeeping, wanita cenderung mudah sensitif dibanding pria. Penyebabnya adalah fluktuasi hormon atau mengkonsumsi pil kontrasepsi.

No worries buat para wanita, karena secara ilmiah telah terjawab. Menangis itu wajar saja, baper itu pilihan.



Drakor yang bikin Baper dan Banjir Air Mata


Saya memulai menonton drakor kembali di pertengahan tahun 2020. Setelah rehat yang agak lama karena kesibukan pekerjaan. Saya mencari banyak referensi dari teman-teman penonton setia drakor.

Dan diberikan banyak referensi drakor yang bikin baper. Namun saya memilih memulai dengan menonton Itaewon Class dan kemudian Crash Landing On You, dua serial drakor yang lagi ngetop di Netflix.



Itaewon Class


Itaewon Class begitu populer dan banyak dibicarakan di lini masa. Saya jatuh cinta sama pemeran utamanya, aktor Park Seo Joon. Saking ngefansnya, saya mengikuti instagramnya dengan nama akun @bn_sj2013 , ganteng banget sodara-sodara...hihihi. 

Itaewon Class



Itaewon Class menceritakan kisah sekelompok anak muda yang mencoba bangkit dari dunia yang dianggap gak adil. Karakter Park Sae Roy (Park Seo Joon) yang menyimpan kemarahan karena kematian ayahnya yang ditabrak Jang Geun Won, anak laki-laki Jang Dae Hee, CEO di perusahaan tempat Park Sae Roy bekerja.

Pembalasan dendam yang bertahun-tahun disusun oleh Park Sae Roy banyak diwarnai intrik dan cerita yang romance dan bikin penasaran. Serial drakor ini sangat direkomendasikan untuk kamu tonton, dijamin bikin baper.

Crash Landing On You


Drakor yang membuat saya banjir air mata karena jalan cerita yang bikin baper plus pemain-pemain yang kece. Chemistry yang dibangun dari Hyun Bin dan Son Ye Jin dipastikan bakal bikin kamu senyum-senyum saat menonton, bikin nangis gak karuan karena ada scene yang romantis dan sedih. 

Crash Landing On You



Drama ini berkisah tentang pewaris kaya Korea Selatan bernama Yoon Ser Ri yang ketika melakukan Paragliding terjatuh di Korea Utara. Akhirnya Yoon Ser Ri (Son Ye Jin) ditemukan oleh prajurit perbatasan Korea Utara, Kapten Ri (Hyun Bin) yang akhirnya menyembunyikan dan melindunginya. Kisah cinta beda status sosial dan negara plus permasalahan yang kompleks, membuat tiap episode begitu menarik.

Dalam 16 episode, emosi penonton dibuat baper dan ambyar oleh drakor ini. Bahkan Nagita Slavina, melalui tayangan youtubenya berhasil menangis sesegukan saat nonton Crash Landing On You.

Bagaimana dengan saya? Ambyar, baper dan nangis yang membuat mata saya bengkak berhari-hari.



Itulah sekilas cerita saya nonton drakor bikin baper. Saat ini saya lagi menyelesaikan menonton drakor yang berjudul

It’s Okay, to Not Be Okay
. Ada yang sudah pernah menonton? Atau ceritakan pengalamanmu baper bersama drakor.

47 comments :

  1. Ada ada...
    Rekor saya tahun 2020, menonton drakor 2 judul

    ReplyDelete
  2. Lumayan banget yak daripada bete di cml, ya nonton drakor solusinya.. Drakor yang aku tonton baru dua Crash Landing On You dan The World of Married Couple.. selebihnya belum nonton lagi.. ngga mau dibikin baper akutu dan ngga mau baperan juga sih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahah kirain saya doang yang baru kelar nonton dua judul drakor. Ternyata Teh Elly juga gitu. Bedanya, saya tuh nonton TWOTM dan It's Okay Not Be Okay..CLOYnya belum nih~

      Delete
  3. Hahhaaa,iya banget ni drakor identik dengan Baper.
    Meski aku ga pernah nonton drakor, tapi sahabat sekelilingku pada doyan drakor alhasil bapernya suka kebawa-bawa ke kehidupan sehari-hari. Buy story drakor deh , trus bikin die pusing sendiri hihii. Lucuuu...

    ReplyDelete
  4. waaaakssss ini drakor drakor yang emang bikin baper yaaaa...

    Aku kalo nonton drakor hobinya ulang-ulang scene baper yang aku suka hihihii

    ReplyDelete
  5. Gegara pandemi ini, walhasil daku menjelma jadi drakorian juga wkwkwkw
    Kalo drakor yg bikin aku hakdesshhh, judulnya GRACEFUL FRIENDS masih ongoing sih.
    Ada scene yg related bgt ama hidup aku wkwkwkw

    ReplyDelete
  6. Sekarang saya sedang beralih ke drama Cina karena drakor ngga segreget dulu

    Setelah it’s Okay, to Not Be Okay, belum muncul judul yang bikin saya pingin nonton :D :D

    Kalo diibaratkan makanan, drakor seperti rendang, kaya akan bumbu

    Sedangkan drama Cina mirip tiramisu, indah, cantik, lembut, legit dst

    hahahaha ....ada ada aja ya saya :D :D

    ReplyDelete
  7. Park Seo Joon Oppa..! Ini saya sedang nonton Fight My Way, Seo Joon jadi petaekwondo Dong Man. Unch unchhh suka dengan aktingnya yang serbabisa, berantem bisa, romantis juga oke hehe... saya nonton drakor kl udah selesai kerjaan biar lempeng.

    ReplyDelete
  8. Drama korea pertama yang saya tonton tuh The World of The Married, terus semalam baru kelar selesaikan It's Okay Not Be Okay. Pas nonton TWOTM sih biasa aja, apalagi saya gak sreg sama endingnya. Eh pas nonton IOTNBO ini, saya baper gaessssss~ pemeran utama prianya cakep amat..karakternya juga OK.

    ReplyDelete
  9. Udah beberapa waktu belakangan blm sempet ntn Netflix lagi nih, saatnya konsumsi suplemen vitamin DK, alias vitamin drama korea

    ReplyDelete
  10. Jadi pengen nonton drakor tapi saking banyaknya kadang bingung mau nnton yg mana

    ReplyDelete
  11. Eung...aku buka penggemar drakor, Kak. Entahlah, mungkin belum. Paling sesekali nonton trailer-nya. Tapi udah, nggak berusaha nonton lengkapnya. *malah curcol*

    ReplyDelete
  12. Saya bukan penggemar nonton drama Korea. Tapi kalau baca tulisan teman ttg drakor, pasti dibaca habis. Apa saya aja yg gak pernah ingat nama nama aktor Korea meski baca berulang-ulang? Hahaha

    ReplyDelete
  13. Hahaha saya juga salah satu orang yang kalau nonton drakor apalagi relate sama kehidupan bakalan baper dan bucin banget sama drakornya, seperti misalnya 49 days dulu itu Kak hihi. Sekarang banyak juga drakor keren kaya Itaweon Class, It's Okay Not to Be Okay, CLOY, dan yang lainnya

    ReplyDelete
  14. Menangis itu wajar saja, baper itu pilihan ... setuju. Gapapa kok menangis ya jangan sampai mempengaruhi kehidupan kita saja ya.

    ReplyDelete
  15. Sepertinya kalau saya nonton pun akan mengalami hal yg sama. Secara saya orangnya memang sensitif. G Anisa lihat tayangan sedih, gak terasa air mata suka menetes aja. Mat nangis sendirinya. Hehehe

    ReplyDelete
  16. Saya bukan penggemar drakor. Tetapi, saya juga termasuk yang gampang baperan. Bisa banjir tangisan kalau ceritanya sedih :D

    ReplyDelete
  17. ya ampun parah sih emang klo genre drakor nya pas tuh bisa nangis bombay aku juga! aku 5x nonton goblin dan selalu nangis parah :(, it's okay not to be okay juga di eps eps akhir nangis mulu :(

    ReplyDelete
  18. Ya Allah, Endless Love, drakor awal yang bikin sedih dan terharu. Memang nggak sampai larut, tapi jelas ceritanya ngena sekali waktu itu.

    ReplyDelete
  19. Belum pernah nonton drakor hahahaha...cuma kalau baca info teman teman yang ampe nangis ya dalam kali ya ceritanya. Kayak hatimu kak

    ReplyDelete
  20. aku jarang nonton drakor si, mbak, cuma kalo itaewon class aku nonton. dan emang bagus bangeet menurutkuu jalan cerita dan plotnya

    ReplyDelete
  21. Aku lagi nonton It’s Okay, to Not Be Okay, baru episode 2. Mau lanjut nonton tertunda terus karena banyak kerjaan.

    ReplyDelete
  22. Drama Korea tuh suka bikin baper karena kadang perlakuan tokoh lelaki ke tokoh perempuannya terlalu romantis. Begitu takut kehilangan, hahaha ... Selama ini aku baru nonton beberapa drakor saja di VIU. Sepertinya di Netflix pilihan ceritanya lebih seru, ya. Nanti pas senggang boleh kali nih coba-coba langganan Netflix. Eh aduh tapi jadi ngeri ketagihan, hahaha ...

    ReplyDelete
  23. Kalau di list kak gina malah daku belum pernah nonton. Tapi ada satu drakor yang berkali daku nonton ulang bikin baper, yaitu The Great Queen Seondeok

    ReplyDelete
  24. Aku sebetulnya suka film tapi suka jadi addict jadinya aku ga memulai nonton drakor, film juga sekarang mulai aku tinggalin ..karena mana sempat keburu telat hahaha...sok sibuk banget :D

    ReplyDelete
  25. Jujur, belum pernah sekalipun nonton drakor. Baiklah list drakor ini aku simpan untuk referensi nonton nanti.

    ReplyDelete
  26. Hal yang perlu disyukuri dengan adanya pandemi ini, adalah transportasi massal jadi lebih lega dan manusiawi, ya. Tidak berdesakan. Tapi juga jangan sambil nonton drakor,lah. Seram juga bayangin kalau dia tidak lihat keadaan

    ReplyDelete
  27. Aku termasuk orang yang menghindari nonton yang bikin baper baper gitu mba. :) Makanya lebih suka nonton film action Hollywood. Udah lah bres bres selesai. :D

    Tapi aku juga tetap update kisah-kisah di drakor berkat postingan teman-teman bloger. Jadi ga ketinggalan jaman gitu.

    ReplyDelete
  28. Aku Juga lagi otw nonton itaewon class nie mba tapi belum selesai baru ep 5 jadi belum nangis2 hehehehe

    ReplyDelete
  29. endless love memang kisah yg endless beneran. gk pernah muak mau nonton lagi dan lagi film itu .seneng aku nntonnya.

    ReplyDelete
  30. nonton film apaapun termasuk drakor biasanya aku suka terbawa emosinya, bisa ikut nangis, bisa ikutan marah hahaha

    ReplyDelete
  31. Endless love itu emang never ending banget ya, kayaknnya ini Drakor awal-awal yang ngehits banget ya Mbak. Meskipun sudah lama tapi masih banyak peminatnya ya.

    ReplyDelete
  32. Hehe iya banget, drakor itu memang bikin baper. Bikin kita sesenggukan di depan layar. Mungkin buat orang yang lihat, yang gak suka, atau yang belom pernah nonton drakor, kita terlihat lebay. Mereka bisa melongo keheranan. Kayak suamiku dan anak-anakku. tapi buat yang suka mah, oada-pada ngerti deh. Aku kalo lagi PMS, sengaja nonton drakor. Biar bawaan kepengen nangisnya tersalurkan. kwkwkwk....

    ReplyDelete
  33. Kalau sambil di jalan, aku prefer baca.
    Kalau nonton, jadi pusing kepala yaa...
    Dan kurang menghayati.

    Paling favorit nonton di waktu malam, makin baper dan bisa nangis tersedu-sedu.
    Besokannya, mata bengkak.
    Hadjuuhh~
    Mamak cari kerjaan, memang.

    ReplyDelete
  34. Saya beberapa kali juga ikut baper waktu nonton drakor. Suka terhanyut aja gitu, dengan ceritanya.
    Kadang suka diledekin sama anak-anak kalau sampai nangis hihihi

    ReplyDelete

  35. It’s Okay, to Not Be Okay aku udah selesai nontn mbak, Itaewon Clas & CLOY juga. duh ajdi sama ya suka nangis juga kalau nonton drakor. Kalau aku di kereta gak pernah nonton drakor, sukanya di rumah sendiri

    ReplyDelete
  36. Aku juga Mbk suka banget nih Itawon Class. Penuh perjuangan hidup tokohnya bisa diambil pelajaran

    ReplyDelete
  37. Sayangnya aku nggak suka drakor mba, jadi nggak tahu mau ceritainnya gimana. Dulu saat sekolah memang pernah nonton drakor, biar gaul gitu bila teman2 ceritain tentang drakor. Tapi, sekarang nggak lagilah karena malas sedih2an gitu 😄

    ReplyDelete
  38. Wah, yang Endless Love itu legend banget si Mbak. Saya yang bukan penggemar drama korea aja ampe tahu, ngikutin dan terkenang kenang ampe sekarang bapernya....

    ReplyDelete
  39. Kebetulan nih sekarang Mpo tidak suka nonton drama Korea. Tapi jaman sekolah, jangan tanya deh . Favorit. Apalagi jaman le min ho main. Suka banget habis ganteng tidak ketulungan

    ReplyDelete
  40. Loh mba kok sama. Hahaa. Aku tuh nonton drakor kebanyakan ya di kereta mba. Lumayan banget biar nggak bosan

    ReplyDelete
  41. Aku sering liat orang naik KRL nonton drakor eh jadi ikutan hahaha... Btw emanb beneran nonton drakor bikin baper aku bisa banjir air mata kalo ceritanha sedih dan tau2 suami nanua kenapa hahaha jd malu...

    ReplyDelete
  42. Ya ampun itu Endless Love jaman aku masih muda belia, walau sekarang juga muda belia wakakakaaa... Itu dulu kerjaannya nangis mulu deh nonton si Endless Love, tapi nonton Crash Landing On You juga sama tapi gak sesering Endless Love. Cobain deh nonton drama China mbak, sama itu bikin baper.

    ReplyDelete
  43. Aku ngg suka nonton drakor mba hehehe tapi ya mwnikmati ajaa saat teman - teman mereviewnya. Enjoooy..

    ReplyDelete
  44. Alu belum pernah nonton drakor, gak bisa bertahan lama2 di depan layar sih. Labih milih nonton film lepas kayak train to busan

    ReplyDelete
  45. Crash Landing on You nih yang dikit-dikit bikin nangis huhuhu. Sama deg-degan! Tapi kita tau kan akhirannya seperti apa hihi

    ReplyDelete
  46. Drakor yang masih berkesan sampe sekarang itu Itaewon Class pas waktu itu trending di netflix.

    ReplyDelete

My Instagram

Made with by OddThemes | Distributed by Gooyaabi Templates