Bahaya Merkuri Pada Kosmetik



Bahaya Merkuri Pada Kosmetik


Seberapa bahaya merkuri pada kosmetik ? 

Dunia digital saat ini memberikan exposure bagi banyak orang. Perkembangan era digital yang pesat sangat membantu masyarakat dalam kemudahan layanan dan cakupan tanpa batas. Salah satunya adalah maraknya tayangan-tayangan dari negeri Korea, seperti Kdrama dan Kpop. 

Kamu bisa melihat bagaimana artis korea yang putih, mulus, kinclong tersaji dalam di internet dan media massa lainnya. Foto, video dan klip-klip korea wara wiri di mata orang Indonesia, mirip candu sih menurutku. 

Kulit putih dan mulus seolah nyamuk bisa kepleset adalah tampilan dari artis korea. Ini digemari lho oleh banyak orang indonesia. Stigma cantik, tampan dan menarik harus berkulit putih, terus menerus diimani banyak orang. Bagaimana dengan kamu? Hmm, padahal sih menurutku cantik itu gak harus putih, asal kulit bersih dan sehat itu udah cukup. 

Perempuan indonesia kadang gak pernah sadar atau mungkin gak tau bahwa tipe kulit gak cuma hitam atau putih saja, ada kuning langsat dan sawo matang. Mau warna kulit apapun seharusnya tetap cantik sih, so stop ngasih standar kecantikan untuk diri sendiri bahkan orang lain. 

Produk kosmetik seperti skin care digemari di negeri ini, dan hampir dalam sebuah produk kosmetik menjanjikan wajah putih dan bersinar kepada konsumennya. Benar bersinar atau Cuma bersinar dan kemudian menghitam? Who knows?! 

Produk kosmetik pemutih wajah marak dijual. Harganya variatif, tergantung kantong kamu, dari jutaan sampai puluhan ribu bisa ditemukan. Agak menyeramkan jika kulit wajah dijanjikan putih dalam sekejap. Saya penasaran bahan-bahan apa yang terkandung pada kosmetik tersebut ya? 



Bahaya Merkuri Pada Kosmetik


Apa itu Merkuri ?


Merkuri adalah golongan logam kimia yang sering dikenal dengan air raksa. Di jaman dulu merkuri sering digunakan sebagai pembuatan klorin, selain itu merkuri juga dimanfaatkan sebagai flouresen dalam lampu neon, merkuri juga sudah dimanfaatkan sebagai material pembuatan baterai. 

Sebagai bagian dari logam berat ternyata merkuri dapat menjadi polutan bagi lingkungan dan berpengaruh bagi kesehatan manusia. 

Karena berdampak tidak baik bagi proses kelangsungan hidup manusia serta lingkungan, pemakaian dan pemanfaatan merkuri mulai perlahan-lahan ditinggalkan. 



Bahaya Merkuri Pada Kosmetik

Kandungan Merkuri Pada Kosmetik Ilegal


Saya pernah punya pengalaman buruk setelah mencoba skin care dari pemberian teman. Setelah beberapa hari pemakaian, hmm wajah saya kok jadi jerawatan dan gatal-gatal ya? Kemungkinan saya lupa mengecek kandungan komposisi pada kosmetik tersebut atau memang kosmetiknya gak cocok untuk kulit wajah saya. Dengan adanya pengalaman buruk itu, saya stop untuk coba-coba lagi, udah kapok gaes. 

Banyaknya kosmetik ilegal yang telah berhasil disita oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan atau disingkat BPOM menandakan maraknya jual beli kosmetik ilegal. Kosmetik ilegal konon merambah dan dijual dimana-mana. Hal yang mudah kamu temui adalah di marketplace dan online shop. 

Produk kosmetik ilegal dijual murah meriah, iming-iming kulit putih dalam sekejap menjadi jurus ampuh kosmetik tersebut laris manis terjual. Kosmetik Ilegal jadi tambah ngetop, disaat dipromosikan oleh para artis dan selebgram, sang idola mengambil endorse kosmetik ilegal tanpa tau efek domino yang akan terjadi. 



Bahaya Merkuri Pada Kosmetik

Efek samping Kandungan Merkuri Pada Kosmetik


Kamu sebaiknya waspada jika ditawarkan krim pemutih dalam sekejap. Sudah pasti krim tersebut memiliki kandungan merkuri. Kandungan merkuri pada kosmetik sangat berbahaya. Merkuri dalam krim pemutih menyebabkan; 

  • Alergi pada kulit
  • Flek hitam dan berjerawat
  • Kanker kulit
  • Gagal ginjal yang parah
  • Gangguan saraf yang didiagnosis sebagai Alzheimer 

Efeknya pun akan menyebar pada bayi dan anak, jika orang tuanya memakai produk kosmetik mengandung merkuri. Keracunan merkuri pada anak disebut infantile acrodynia atau dikenal juga sebagai pink disease. Dapat dikenali dengan munculnya rasa sakit serta warna merah muda pada tangan dan kaki. 

Bahaya Merkuri Pada Kosmetik


Terhindar Dari Bahaya Merkuri, 4 Tips memilih Kosmetik Yang Aman


Punya Label BPOM


Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah melakukan cek langsung apakah kosmetik yang bakal kamu beli punya label BPOM. Mengapa harus punya label BPOM? Karena BPOM memiliki tugas menguji, memberikan izin serta memastikan yang akan dijual dan diedarkan aman digunakan oleh masyarakat Indonesia. Pastikan kosmetik yang kamu gunakan memiliki no registrasi BPOM yang terletak di bagian belakang atau di bawah kemasan produk kosmetik, urutan nomor terdiri dari 2 huruf dan 11 angka. Jika jumlah huruf dan angka kurang atau gak ada sama sekali, bisa dipastikan kosmetik ilegal. 

No registrasi BPOM pada kosmetik adalah tanda bahwa produk tersebut sudah lolos uji dan dipastikan aman untuk digunakan. Agar makin yakin dengan produk kosmetik yang kamu gunakan, cek no registrasi pada situs resmi BPOM https://cekbpom.pom.go.id/ 

Baca Komposisi Bahan Kosmetik


Sebaiknya teliti sebelum membeli dan sangat disarankan membaca komposisi bahan kosmetik. Sesuaikan dengan tipe kulit kamu atau bandingkan dengan kosmetik yang kamu gunakan sebelumnya. Penyesuaian tipe kulit dengan komposisi bahan kosmetik untuk menghindari alergi pada kulit kamu. Jangan beli kosmetik jika memiliki kandungan hidroquinon, merkuri, rhodamin, dan sejenisnya. 

Packaging atau Kemasan


Ini penting sih menurutku, karena packaging dan kemasan yang terlihat bersih dan rapi plus memiliki design dan tampilan yang baik adalah kosmetik yang layak dipercaya. Sering dijumpai kosmetik yang tidak memiliki merk (polosan) atau design merk hanya berupa sablonan, tampilannya pun jauh dari kesan wah dan bersih, sudah pasti itu kosmetik abal-abal. 

Walaupun banyak beredar kosmetik palsu dengan meniru kemasan dari merk ternama, kita harusnya lebih jeli dan teliti lagi yah. 

Kualitas dan Harga


Mahal atau murah sih relatif ya, dan juga harga yang ditawarkan untuk kosmetik sekarang sudah sangat beragam. Orang yang paham akan kosmetik pasti tau kalau cantik itu butuh budget yang gak murah, mau cantik? Yah harus bela-belain buat keluarin duit yang banyak. Atas dasar itu banyak orang tergiur dengan membeli kosmetik yang dijual dengan harga murah tanpa cari tau dulu kualitas atau manfaat di kulit wajahnya. 

Harga kosmetik murah memang paling aman di kantong, apalagi buat kantong anak kost dan anak kuliahan. Namun aman di kantong belum tentu aman untuk kesehatan. Mau pake kosmetik murah untuk hemat pengeluaran, tapi kantong jebol karena efek samping dari kosmetik murah tersebut yang bikin kamu harus ke dokter kulit buat bolak balik kontrol. 

Pastikan kualitas dan harga dari kosmetik yang kamu pilih, banyak cari referensi untuk tau bahwa banyak juga kok kosmetik yang kualitas oke, terdafatar BPOM, harga bersahabat dan pas di kantong anak kost/kuliah. 



Bahaya Merkuri Pada Kosmetik

Stop Kosmetik Bermerkuri, Petaka Dibalik Putih dalam Sekejap


Pada hari Rabu, 16 September 2020 saya mengikuti Cosme Talk Talkshow Webinar dengan tema Stop Kosmetik Bermerkuri, Petaka Dibalik Putih dalam Sekejap yang diselenggarakan oleh BPOM. 

Siang itu bersama emak-emak dari Kumpulan Emak Blogger (KEB), kami menikmati keseruan talkshow yang dihadiri juga oleh artis Dhini Aminarti dan Vidi Aldiano. Banyak manfaat dan informasi yang kami dapatkan tentang bahaya kosmetik bermerkuri yang dipaparkan oleh para ahli. 

Dra. Mayagustina Andarini, Apt, M,Sc selaku Deputi Bidang Pengawasan Obat Tradisional Suplemen Kesehatan dan Kosmetik memaparkan tentang bahaya merkuri, larangan kosmetik bermerkuri di Indonesia, upaya yang dilakukan BPOM dalam menangani peredaran kosmetik bermerkuri dan tips cerdas memilih kosmetik. 

Kemudian penjelasan klinis yang disampaikan oleh dr.Listya Paramita, SP.KK seorang Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin, yang memberikan penjelasan tentang gejala intoksikasi mercury, mekanisme efek putih instan serta bagaimana menyembuhkan dan memulihkan efek merkuri pada kulit. 

kehadiran Dr.Penny K Lukito, MCP selaku kepala BPOM RI dan Ankatama sebagai host acara semakin menambah keseruan.

Bahaya Merkuri Pada Kosmetik

Bahaya Merkuri Pada Kosmetik


39 comments

  1. ih sereeeeem banget ya Gin, dulu pernah tuh gue pake krim-krim buatan gitu yang ngaku-ngaku ada izin bpom, karena ade gue pake, tapi pas pake beberapa kali gatal terus ogah lanjut lagi

    ReplyDelete
  2. Ngeriii banget aselik klo udah kesambet merkuri di kosmetik
    Karena memang banyaaakkk produse kosmetik nakal ataupun abal2 yha

    ReplyDelete
  3. Nah, skincare yang bisa bikin wajah putih dalam waktu singkat itu malah mencurigakan ya, takut juga mau pakainya, jangan2 ada kandungan berbahaya buat kulit seperti merkuri. Memang harus hati-hati ya memilih kosmetik sekarang ini.

    ReplyDelete
  4. merkuri ternyata efeknya serem banget ya kak. Duh sampe ke gagal ginjal dan ganguan syaraf segala. Awalnya mau cantik malah bikin penyakit

    ReplyDelete
  5. Saya kayaknya pernah make, entah merkuri atau bukan, dulu teman saya jualan produk gitu, katanya racikan dokter, dia maksa mulu, saya beli deh, baru sekali pake kulit muka saya terkelupas dan perihnya minta ampun :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dan memang ya, salah satu yang menarik masyarakat dan mengabaikan bahaya merkuri adalah hasilnya instan dan harganya murah.
      Dengan iming-iming kulit putih dan lalat kepleset hihihihi

      Delete
  6. Kasian nyamuknya ya kalo hinggap di wajah trus kepeleset.. Hahah

    ReplyDelete
  7. Huhuuu, aku kemaren pas nonton Webinar sampe meringiis lihat efek dari bahaya merkurii, apalagi pas temen blogger sendiri mengalaminya. Ahh semoga kita makin bijak dan menjadi konsumen cerdas dalam memilih kosmetik yaa.

    ReplyDelete
  8. Beneran ini ... iming-iming kulit putih jadi racun bagi perempuan Indonesia. Padahal cantik itu gak harus cantik ya. Maka kalau ada kosmetik yang menawarkan kulit putih instan, langsung deh laris.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pernah baca bagaimana orang-orang yan telanjur pakai kosmetik bermerkuri .... duh, merusak kulit mereka. Kasihan. Sedih deh. Perlu memang mencari tahu ya kadar kosmetik yang dipergunakan.

      Delete
  9. Alhamdulillah aku belum pernah mengalami kerusakan kulit karena salah kosmetik apalagi merkuri. Gak berani coba macam-macam, apalagi yang buat memutihkan. Gak papa punya kulit coklat yang penting sehat

    ReplyDelete
  10. Saat ini kita memang harus sangat selektif dalam memilih kosmetik atau skincare yah, harus dipelajari bener2 semua ingredient jangan sampai ada bahan merkuri, serem siih.

    ReplyDelete
  11. lengkap banget pembahasannya mulai dari awal sampai akhir bener2 bergizi banget ilmunya.

    ReplyDelete
  12. Untuk jadi cantik tetap harus berhati-hati ya, jangan sampai memakai kosmetik yang bermerkuri. Bahaya, bukannya cantik malah merusak kulit

    ReplyDelete
  13. semoga dengan adanya sharing yang informatif kemaren makin banyak masyarakat yang terbuka akan bahayanya kosmetik bermerkuri yaaaa, jangan sampe tergoda sama janji manis putih sekejap

    ReplyDelete
  14. wah zaman sekarang masih banyak ya yang pake merkuri2 gitu? kayak ketinggalan zaman banget siih wkwk kayak waktu kosmetik2 zaman aku SMP SMA ajaah :D

    ReplyDelete
  15. Waduh bahaya banget ya berarti merkuri ini kalau di kosmetik, biasanya sih cuma pakai bedak bayi sama lip balm aja kalau keluar, jadi kalau beli cosmetic harus liat packaging nya dulu

    ReplyDelete
  16. Aku inget banget niih...temen SMA ku dulu baru 2 minggu uda berubah banget. Terlihat lebih putih.
    Tapi beda banget sama lengannya.

    Serem yaa...sama efek jangka panjang penggunaan merkuri ini.

    ReplyDelete
  17. Di masa lalu, aku pernah banget kena dengan kosmetik berbahan merkuri. Dulu kan kurang paham ya, lihat teman pake ya ikutan pake. Tak tahunya kosmetiknya berbahan merkuri, habislah waktu itu wajahku merah dan terkelupas gitu. Mesti waspada ya dan tiap pakai kosmetik mesti lihat bahan yang terkandung di dalamnya apa saja

    ReplyDelete
  18. Dulu itu sempat orang-orang heboh dengan kosmetik krim siang dan krim malam yang bisa mencerahkan secara cepat ternyata setelah ditelusuri banyak sekali kosmetik yang mengandung merkuri sehingga menyebabkan si penggunanya itu bisa cepat bersih wajahnya namun ketika pemakaiannya dihentikan akan parah efeknya apalagi dalam jangka waktu yang sangat lama.

    ReplyDelete
  19. Serem banget ya bahan merkuri ini.
    Kita sbg konsumen harus lebih ointer dibanding produsen skincare atau kosmetik yg nackal!

    ReplyDelete
  20. Hiiyy horor yaa kosmetik bermerkuri. Untung aja aku gak pernah tertarik dengan iming2 putih dengan cepat. Aku juga bukan penganut cantik itu putih dan putih itu cantik. Setuju sama Kak Gina, yang penting kulit bersih dan sehat.

    ReplyDelete
  21. Aku ngeri juga sama bahaya merkuri ini, huhuu.
    Bukan saja produsen, pengguna tapi klinik2 kecantikan pun kadang suka pada jahil yaa, bener2 tugas BPOM yang mesti teliti .
    Yuk ahh kita bantu dengan menjadi Agent of chnage, saling reminder bahkan melaporkan kalo disekitar kita ada yang produksi ato menggunakan kosmetik bermerkuri.

    ReplyDelete
  22. Wah ngeri ya.. aku juga suka takut nih kalau ada efek memutihkan tapi kalau dari dokter2 mah meski memutihkan tapi sudah pasti dijamin aman ya.. hehe... Berarti kalau yg dijual bebas di pasaran yg harus ekstra hati hati...

    ReplyDelete
  23. Serem banget bahaya merkuri. Tapi sayangnya penjual kosmetik yang tidak berBPOM masih banyak bertebaran terutama di media sosial

    ReplyDelete
  24. Harapanku semoga semua lini yang bergerak di bidang kecantikan, menjauhkan bahan-bahan berbahaya kan kasihan pemakai ya dan nanti juga nggak berkah. Patut waspada banget, maaksih sharingnya mba Gin

    ReplyDelete
  25. Yess,, jaman sekarang pake kosmetik harus bener2 teliti, jangan main hantam aja karena promosi, harus di lihat bibit bebet dan bobot nya

    ReplyDelete
  26. Umumnya kosmetik bermerkuri ga nyantumin komposisi ya di kemasan. Jadi konsumen sering tertipu, apalagi yang dijual polosan.

    ReplyDelete
  27. Ngomongin kosmetik bermerkuri itu serem banget. Mamaku pernah tertipu deh. Beli day cream sama night cream whitening gitu. Eh pas besoknya wajahnya bengkak kayak abis dipukulin orang sekampung. Jahat banget ya produsen yang nakal begini. Semoga sekarang mah para konsumen bisa lebih cerdas terhadap kosmetik semacam ini. Bahaya banget

    ReplyDelete
  28. Sekarang makin banyak merek kosmetik, kitanya juga mesti makin cerdas dan teliti ya. Ngeri banget itu efek pemakaian merkuri. Apalagi kalo dipakai ibu hamil....>.<

    ReplyDelete
  29. Biasanya kosmetik ilegal itu banyak dijual di pasar2. Sekarang malah gampang ya ada di online.

    ReplyDelete
  30. Ngeri banget ya kosmetik bermerkuri yang menjanjikan putih dalam sekejap begini. Bahkan bisa memicu risiko alzheimer dong. Ngeri banget.

    ReplyDelete
  31. Ngeri banget ya kosmetik bermerkuri yang menjanjikan putih dalam sekejap begini. Bahkan bisa memicu risiko alzheimer dong. Ngeri banget.

    ReplyDelete
  32. Serem banget emang ya merkuri itu. Makanya kudu hati-hati banget memilih produk kosmetik. Cari yang aman ya. Makasih mba sharingnya

    ReplyDelete
  33. Penting bgt ini edukasinya bukan hanya untuk perempuan dewasa muda namun juga remaja yg skrg sudah mulai melek skincare, kalau salah pilih yg mengandung merkuri memang jd bs fatal ya

    ReplyDelete
  34. Serem banget kosmetik bermerkuri ini akibatnya ya, lebih baik beli yang udah pasti pasti aja merknya dan selalu cek labelnya , thanks infonya Kak

    ReplyDelete
  35. Masih banyak loh wanita yg abai soal mercury ini karena pengennya cantik dengan cepat

    ReplyDelete
  36. pokoknya sebagai konsumen harus lebih cerdas dalam memilih produk kosmetik ya

    ReplyDelete
  37. mom gin suka sm infografis nya bagus 😍 thanks dah sharing ya

    ReplyDelete