Berani Berkreasi dan Gapai Mimpi Di Masa Pandemi Ala Erix Soekamti

Pandemi belum juga mereda, bahkan di beberapa kota diberlakukan kembali PSBB. Mati gaya? Oh jangan sampe dong ya! Justru di masa seperti ini kita dituntut untuk berpikir kreatif untuk mendapatkan income tambahan. 

Kreatif dan inovatif adalah kunci sukses bertahan di masa pandemi ini. Sudahlah tidak perlu menyalahkan siapa-siapa. Pemerintah sudah menjalankan bagiannya, kita sebagai masyarakat pun menjalankan bagian kita. Yaitu dengan tetap sehat, patuh menjalankan protokol kesehatan. 



Tips Meningkatkan Kreativitas di Masa Pandemi 


Tahu nggak sih, kreativitas itu nggak cuma dibutuhkan oleh pekerja seni saja loh. Tetapi, pada dasarnya setiap pekerjaan membutuhkan kreativitas. Terutama di masa pandemi seperti ini, dimana semua sektor merasakan dampaknya. 


Konon, orang akan cenderung lebih kreatif saat hidupnya dalam keadaan terdesak. Contohnya William Shakespeare dan Isaac Newton yang sukses menjadi kreatif di masa wabah yang terjadi pada abad ke-17. Belajar dari sejarah, berikut tips untuk menjadi lebih kreatif di masa pandemi: 


  • Memiliki semangat untuk menambah ilmu baru 
Orang kreatif itu merupakan orang yang memiliki banyak ide. Untuk mendapatkan banyak ide, maka diperlukan wawasan dan pengetahuan yang luas. Kita bisa belajar banyak hal selagi dirumah aja loh, bisa nonton video tutorial, baca e-book atau ikutan workshop/webinar yang gratisan maupun berbayar.

  • Jangan takut mencoba 
Catat nih ya, kreativitas dan inovasi tuh akan memunculkan peluang baru. Jadi, jangan takut untuk bereksperimen tapi dengan pertimbangan yang baik ya tentunya. Jeli melihat kebutuhan pasar di jaman sekarang dan kreasikan dengan ide yang beda dari kebanyakan (antimainstream).

  • Bergaul atau bergabung di komunitas orang kreatif 
Di jejaring sosial, banyak sekali kita bisa temukan komunitas orang-orang kreatif. Dengan bergabung disana, kita bisa mendapatkan ide atau bahkan peluang untuk berkolaborasi.
 
  • Peka terhadap lingkungan sekitar 
Tidak jarang loh, sebuah ide itu justru muncul dari keseharian di sekitar kita. Belajarlah peka terhadap lingkungan sekitar kita dan berani menjadi pionir untuk membuat perubahan.

  • Siapkan catatan kecil 
Biasakan untuk mencatat setiap ide yang suka tiba-tiba muncul entah dari mana, kamu yang suka menulis bisa mulai mencatatnya di buku jurnal kamu. Atau kamu yang anak gadget banget, bisa banget nulis ide-ide kamu di notes di handphone kamu. 

Berani Berkreasi dan Gapai Mimpi Di Masa Pandemi Ala Erix Soekamti


FUNTalk #AyoMajuBersama Erix Soekamti 


Pernah denger nggak sih lagunya Endank Soekamti yang berjudul Sampai Jumpa? Nah, lirik ini bagus banget sih karena mengingatkan kita akan keseimbangan hidup. “Yang ada kelak akan tiada. Yang bertemu suatu saat akan berpisah. Yang berawal suatu saat pun akan berakhir. Persis kaya pandemi ini yang gue percaya akan berakhir. 

Nah, kemarin gue ikut keseruan menonton IG Live FUNTalk #AyoMajuBersama Homecredit yang menghadirkan Erix Soekamti sebagai bintang tamunya. Untuk obrolan dengan musisi, maka FUNTalk kali ini spesial menghadirkan mas Bambang Susanto, Creative Lead Home Credit Indonesia yang juga merupakan ex personil Base Jam. 

Jadi, ternyata mas Erix Soekamti tuh sharing tentang bagaimana dia sebagai musisi tuh tetap berkreasi dan akhirnya punya pengalaman perdana yang unik di masa pandemi ini. Kalo biasanya rekaman musik tuh di studio, nah ini Endank Soekamti ngalamin rekaman musik di outdoor dong. Semata-mata untuk mencegah penularan Covid-19 lah ya pastinya. 

Menurut mas Erix, walaupun di masa pandemi ini semuanya serba keterbatasan, tapi kita gak boleh menyerah. Inget yang tadi gue bilang kan, kuncinya tuh kreatif dan inovatif. Terbukti dong, tadi Endank Soekamti menolak untuk mati gaya di masa pandemi. Tetap berkreasi dan produktif. 

Memang diakui mas Erix, bahwa pandemi ini jelas terasa sekali untuk musisi karena tidak ada lagi konser yang diperbolehkan demi pencegahan virus. Tapi, mas Erix ternyata juga memiliki bisnis lain loh. Kalau kalian pernah mendengar DOES University, nah itu punyanya mas Erix Soekamti. 

Seru banget deh kalo udah ngobrolin dunia kreatif plus kemarin juga kita seseruan main tebak lirik lagu. Sekaligus ngetes wawasan kita nih soal dunia musik tanah air. Setiap minggunya tuh FUNTalk #AyoMajuBersama pasti akan hadir dengan topik-topik yang ringan. 


So, kamu harus kepoin deh akun instagramnya @homecreditid untuk info FUNTalk minggu depan. Jangan sampai kelewatan karena ada games seru berhadiah voucher belanja loh!

58 comments

  1. seru banget obrolannya ya kak, banyak sebenarnya hal yang bisa dikerjakan selama pandemi dan emang kalo ngomongin dunai kreatif ngga ada habisnya... banyak ideee

    ReplyDelete
  2. Inspiratif ya Mbak Gina. Saya menyimaknya sembari menghubung-hubungkan dengan dunia menulis dan ngeblog. Hal-hal prinsip yang disebutkan mas Erix memang bisa diterapkan.

    ReplyDelete
  3. Masa pandemi gini memang harus lebih kreatif ya. Kayak Erix gini yang masih bisa berkarya walau dengan sikon yang gak kayak biasanya.

    ReplyDelete
  4. Jadi semangat setelah lihat acara ini. Setuju aku tuh kita harus berkarya dari apa yang kita miliki. Semangat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dengan berusaha kreatif dan inovatif, bakal bisa menjawab tantangan zaman meskipun pandemi ya.

      Delete
  5. kereeeen euy si kaka, kemarin menang gamesnyaaaa, lumayan nih vouchernya ya kak Gin

    ReplyDelete
  6. Bener banget ka. Ini yang sekarang lagi berusaha aku lakukan. Untuk bergabung di komunitas yang sesuai dengan value yang ingin aku bangun.

    ReplyDelete
  7. dimasa pandemi ini, karena banyak tekanan juga, justru membuat kita jadi lebih kreatif mba. semacam untuk tetap bertahan di masa sekarang ini

    ReplyDelete
  8. Apapun yang terjadi, bagaimanapun keadaannya, kreatifitas tidak bisa dihalangi oleh semua itu ya Mba, keren banget deh Mas Erix ini, saya jadi ketularan semangatnya dong setelah nyimak Fun Talknya :)

    ReplyDelete
  9. Yup catatan itu penting. Soalnya sering ide lewat tapi gak ditangkap akhirnya menguap ga direalisasikan.

    ReplyDelete
  10. Selalu berani berkreasi dalam segala hal mbak, apalagi dalam keterbatasan saat pandemi ini. Btw aku suka banget fun talk kali ini mbak apalagi dengan mas Erix Soekamti.

    ReplyDelete
  11. Tiap minggu ada acara ini ya? Meluncur deh ke IGnya. Minggu ini siapa ya bintang tamunya.

    ReplyDelete
  12. 'Bergaul atau bergabung di komunitas orang kreatif '

    Ini memang jadi moodboooster banget. Makanya saya sering nongkrong dengan komunitas film, karena selalu saja ada hal-hal menarik yang bisa dilakukan dan dikolaborasikan

    ReplyDelete
  13. Benar adanya orang akan cenderung lebih kreatif saat hidupnya dalam keadaan terdesak....seperti saat pandemi, kreatifitas makin menjadi sehingga berani berkreasi gapai mimpi. Acara yang sungguh menginspirasi FunTalk ini, narsumnya keren-keren, termasuk Erix Soekamti ini

    ReplyDelete
  14. Aku kalau ada ide buat nulis biasanya langsung nyatet ke notes...Aku suka nungguin FunTalk juga mbak. Bagus2 materinya

    ReplyDelete
  15. Selama pandemi ini kita harus dituntut kreatif ya mbak, mengembangkan hobi lama mungkin bisa jadi pilihan untuk isi waktu luang siapa tau bisa menghasilkan cuan

    ReplyDelete
  16. wah aku baru tau nih soal does university, jadi kepo itu apa? apakah sekolah musik mba?

    ReplyDelete
  17. saya pernah ikut talkshow home credit dan baca beberapa review
    ternyata keren banget ya?
    Tamu-tamu yang diundang benar benar inspiratif
    sehingga kita tergugah untuk ngikutin, dapat ide, atau semakin yakin dengan ide kita

    ReplyDelete
  18. Saya setuju kalau orang kreatif memang banyak idenya. Makanya saya suka kagum dengan mereka yang kreatif. suka ada aja terobosan baru yang kemudian diikuti banyak orang

    ReplyDelete
  19. Aku suka banget dengan kalimat "tdk perlu menyalahkan siapa-sipa, pemerintah sudah menjalankan bagian mereka" Kadang terlalu banyak menyalahkan orang lain

    ReplyDelete
  20. Setuju ama tipsnya Mas Erix terutama yg selalu menyediakan buku catatan agar kl pas ada ide langsung dicatet biar gak hilang. Beda ama aplikasi pencatat di smartphone bisa lowbat atau kita tetiba teralihkan membaca pesan lain ya, kl dicatat di buku ikut mencatat di pikiran juga

    ReplyDelete
  21. Erix Soekamti sungguh WOW!!
    Mind-blowing banget nih pemikiran dan eksekusinya.
    Keren!
    Semoga bisa ditiru generasi (berjiwa) muda lainnya

    ReplyDelete
  22. Selagi hal yang positif sebenarnya memang jangan takut gagal dan nggak berani buat mencoba ya apalagi untuk menambah kreativitas, lakukan saja dengan SemangatCiee dan berdoa

    ReplyDelete
  23. Aku penasaran mau nonton terus IG live Fun Talk Homecredit. Biarpun fun tp sarat ilmu ya Gin 😍

    ReplyDelete
  24. Keadaan terdesak tuh bikin kita jadi kreatif, setuju. Soalnya kita jadi semacam ada tuntutan untuk bertahan

    ReplyDelete
  25. Wah tips dari mas Erix soekamti ini pas banget ya jadi menginspirasi untuk selalu berinovasi nih.

    ReplyDelete
  26. terkadang saat terdesak kita malah jadi makin kreatif ga sih mbak :) tp emang bener sih selama masih ada harapan kita harus terus berusaha

    ReplyDelete
  27. Event yang luar biasa. Berbagai tips yang disampaikan bagus-bagus banget. Bikin kita tak henti untuk terus berikhtiar

    ReplyDelete
  28. Keren nih acaranya. Setujuuu, harus berani mencoba ya di saat pandemi sekarang ini, dari kreativitas dan inovasi akan memunculkan peluang baru. Dan siapa tahu malah usaha baru ini yang nantinya makin sukses dan berkembang. Makasih sharing tips nya.

    ReplyDelete
  29. Ya acaranya betul-betul menginspirasi, cerita dia tentang kreativitas di masa pandemi meskipun serba keterbatasan. Suka banget

    ReplyDelete
  30. pandemi gak berarti kreativitas berhenti ya. selalu ada jalan untuk maju

    ReplyDelete
  31. Berkomunitas sama orang kreatif beneran bikin kira tertular kreatifnya loh. Jadi ikutan semangat yak.

    ReplyDelete
  32. Yes sepakat mbak,
    Klo mau tetap kreatif ya harus selaullu berani mencoba hal yang baru..

    ReplyDelete
  33. Superrrr inspiring dan sangat menyemangati bangeeettt nih\
    Mas Eriz Soekamti DAEBAAKKK!
    Semoga bisa jadi role model kita semua ya

    ReplyDelete
  34. Sangat menginspirasi ya materi bincang2 ini, meski temanya bisnis tapi penyampaiannya sepertinya ringan dan sangat mengena. Terima kasih sudah berbagi hal ini mba..

    ReplyDelete
  35. bener nih. yang paling penting jangan takut mencobaa. jika itu blm dilewatkan, luntur semuanyaa.. semangaattt..

    ReplyDelete
  36. acara Funtalknya seru banget yaaa dapet insight keren juga pastinya. Ngomongin catatan kecil dulu guru sekolah saya juga mengajaran cara ini

    ReplyDelete
  37. Aku sudah ikutan acara ini, acaranya memang bagus menginspirasi banget untuk berkreasi meski serba terbatas di masa pandemi ini

    ReplyDelete
  38. aku ngikutin juga niiih pas willgoz jadi pembicara buat sharing juga hehehe, seru dan banya banget insight baru yang di dapet nih heheheh

    ReplyDelete
  39. Tidak berputus asa, menghadapi masa pandemi seperti sekarang bisa dipetik hikmah positifnya dan menjadi tantangan baru untuk lebih kreatif dan menggali segala inovasi

    ReplyDelete
  40. Keren banget program fun talknya home kredit. Setiap minggunya selalu ada narsum baru dari kalangan seleb.

    ReplyDelete
  41. Wah bagus ya pematerinya dan temanya keren2 banyak memberi inspirasi dan bermanfaat di masa pandemi ini....

    ReplyDelete
  42. Iya mbak, kita harus berani dan berkreasi ya. apalagi di masa pandemi ini, justru hanya orang yang kreaif yang mampu bertahan di masa sulit

    ReplyDelete
  43. Kadang kalau mikir pandemi ini, jadi kurang bersemangat. Hiks. Tapi aku sepakat bahwa kita harus tetap semangat dan produktif ya

    ReplyDelete
  44. Terbukti manusia itu makhluk kuat dan kreatif ya Kak Gin. Semakin di sadarkan di tengah pandemi ini. Kita bisa aslinya. Kadang butuh untuk diberi batasan.

    ReplyDelete
  45. Yeayy..pokoknya jangan sampai keterbatasan bikin kita jadi gagal berkreativitas ya mbak. Tetap semangat, tetap kreatif! Samasama kuat yukk

    ReplyDelete
  46. kalau di acara seperti ini biasanya memang banyak yang bisa kita pelajari dalam ambience yang santai yaa mba

    ReplyDelete
  47. Inget banget zaman Endank Soekamti nge-hiitts...aliran musiknya unik dan liriknya sangat berbeda dari grup musik lain.
    Ternyata di balik itu, personilnya memang kreatif begini yaa..

    ReplyDelete
  48. Kreatif dan inovatif, dua hal yang menjadi kunci kesuksesan seseorang dalam berusaha apalagi di tengah masa pandemi kaya gini. Meskipun lebih banyak di rumah kita memang harus terus berkreasi dan berinovasi biar tidak mati gaya heheheh

    ReplyDelete
  49. Salut untuk mas Erix Soekamnti, semoga makin sukses dengan Does University-nya, dan membawa lebih banyak orang menjadi sukses.

    ReplyDelete
  50. Berani berkreasi dan bermimpi adalah hal utama yg harus dilakukan di masa pandemi. Senang banget bisa banyak dapat ilmu kalau keterbatasan membuat manusia semakin kreatif.

    ReplyDelete
  51. gak boleh kendor ya semangatnya di masa pandemi, harus tetap berkreasi dan menjadi kreatif

    ReplyDelete
  52. Pandemi gak jadi halangan untuk tetap berkreasi ya mbak. Kita tetap bisa berkarya meskipun hanya di rumah aja.

    ReplyDelete
  53. seru banget ya fun talk ini, aku sudah nonton dan dengan narasumber yang berbeda dan selalu mengikuti menyiapkan catatan

    ReplyDelete
  54. Musisi aja ga mau mati gaya berkreasi ya. Tetep cari ide menciptakan musiknya. Pandemi ga menyuruti passion.

    ReplyDelete
  55. Setuju nih kak, justru semakin banyak hal yang bisa kita lakukan selama pandemi gini di rumah, bisa juga kok produktif kaya kak erix nih hehe

    ReplyDelete
  56. Di kala pandemi gini memang wkatu yang pas untuk upgrade diri dan banyak belajar ya mbak. Funtalknya seru banget jadi memotivasi biar nggak rebahan saja selama di rumah aja

    ReplyDelete
  57. Seru seru seru talkshow online begini, jadi tidak merasa sendirian di tengah pandemi. Motivasi bisa didapat darimana saja, dan Funtalk begini bikin termotivasi.

    ReplyDelete