Belajar Sambil Bermain Bersama Play Curio

Belajar Sambil Bermain Bersama Play Curio



Di era revolusi industri 4.0, teknologi menjadi salah satu kebutuhan dalam kehidupan kita sehari-hari. Bahkan dalam dunia pendidikan pun, sekarang disrupsi teknologi sudah mulai terasa.

Anak-anak yang lahir diatas tahun 2010 disebut sebagai generasi alpha. Mereka ini sedari dini sudah akrab dengan teknologi. Sehingga ketika pandemi mengharuskan school from home, mereka pun tidak mengalami hambatan berarti.


Menurut Dokter Anak Amerika dan Perhimpunan Dokter Anak Kanada, anak usia 6-18 tahun memang sebaiknya dibatasi penggunaan gadget maksimal 2 jam per hari. Anak-anak harus diajari tanggung jawab dan diberitahu mengenai efek penggunaan gadget yang berlebihan.


Selama ini, kita selalu dibombardir oleh informasi efek gadget terhadap anak. Sehingga seringkali kita justru membatasi akses mereka terhadap teknologi. Bagaimana menurut pendapatmu, para mommy dan daddy?


Menurut CEO Beano Studios Emma Scott menyatakan, meski mereka adalah generasi pertama yang lahir di dunia serba digital, mereka tidak kecanduan pada teknologi. Mereka justru menikmati keseimbangan hidup dengan aktivitas fisik serta interaksi sosialnya.


Masa pandemi membuat anak-anak yang umumnya memiliki energi yang tinggi harus terbiasa belajar secara online dirumah. Hal ini tentunya akan menimbulkan kejenuhan. Solusinya adalah menerapkan metode belajar sambil bermain.


Metode belajar sambil bermain, cocok sekali diterapkan untuk generasi alpha ini. Dan salah satu teknologi yang dimanfaatkan salah satunya ada augmented reality (AR).


Menarik ya, coba kita bayangin kalo nantinya kelak anak-anak kita sekolah dengan teknologi AR. Pastinya sesi belajar mereka akan menjadi lebih seru ya. Bahkan menurut prediksi para pengamat teknologi, kelak teknologi augmented reality maupun virtual reality bisa diaplikasikan bahkan dalam pendidikan usia dini loh!

Belajar Sambil Bermain Bersama Play Curio



Play Curio hadir menawarkan sebuah produk kartu belajar observasi alam untuk permainan ayah dan anak-anak di rumah dengan memanfaatkan teknologi AR. Play Curio Safari ini merupakan produk asal Korea dengan 4 jenis fauna dan total 64 binatang.


Ini fiturnya yang paling menarik, kita bisa menyulap rumah menjadi kebun binatang virtual dengan menggunakan fitur AR Zoo. Wah, seru kan kita bisa mengajak anak mengenal fauna sambil belajar.


Dan, selain belajar tentang fauna dan observasi alam, kita juga bisa melatih keterampilan anak dalam berbahasa Inggris loh. Jadi, saat anak bermain Play Curio Safari, mereka bisa terbiasa dengan kosa kata bahasa Inggris.


Anak usia 3-7 tahun umumnya memiliki rasa ingin tahu yang besar. Mereka selalu bertanya tentang cara sesuatu bekerja, bagaimana hal itu terjadi dan banyak lagi hal yang ingin mereka ketahui.


Melalui metode observasi, kita bisa mengasah kreativitas anak. Biarkan anak-anak berpikir kritis dan bertanya tentang segala hal dari A sampai Z tentang dunia fauna melalui bermain Play Curio Safari. Kita juga bisa mengajaknya berdiskusi tentang hewan-hewan tersebut. Ini baru namanya quality time yang the best menurut saya!


Seru banget, hal ini tentunya bisa menjadi aktivitas seru karena mayoritas kegiatan kita umumnya masih harus dilakukan dari rumah saja. Bisa jadi pengobat rindu untuk anak-anak yang kangen jalan-jalan berpetualang di kebun binatang.


Dari segi harga, satu set kartu Play Curio Safari ini dibanderol dengan harga 9800 Won atau jika dirupiahkan sekitar 125 ribuan. Worth it banget kan? Nah, untuk para mommy or daddy yang mau tahu lebih lanjut, bisa kirim email ke contact@play-curio.com.

32 comments

  1. mantaaap, ini sih anak gue suka banget yang versi dinonya, kemarin aja gue liatin videonya udah request minta beliin nih MomGin

    ReplyDelete
  2. Wah, seru. Ini binatangnya foto betulan atau kartun, mbak?

    ReplyDelete
  3. Di masa depan memang sepertinya belajar secara digital akan semakin dibutuhkan. Meskipun tidak ada pandemi. Jadi asik juga kalau sekarang semakin terbiasa. Ini menarik juga cara belajarnya

    ReplyDelete
  4. Baca Era Revolusi 4.0 bunda jd inget sama mbak Alaika Abdullah deh. Inget aja bareng workshop tentang Blockchain yg nyinggungRevolusi 4.0. Jd kangen sm kumpul bareng temen2 lama nih. Iya, Era digital semakin terdepan dan si bunda renta ini hrs juga bnyk bljr sama cucu2nya. Mereka kbh pintar lho.

    ReplyDelete
  5. Mainan anak jaman sekarang aja udah pada canggih ya, bermain sambil belajar dengan teknologi AR.

    ReplyDelete
  6. Metode bermain sambil belajar ini menarik sekali ya mba.. TFS, pengen nyobain juga dg krucil kami

    ReplyDelete
  7. Bisa ini dicoba mbak...belajar sambil bermain sekaligus mengasah kecerdasan otak anak. Apalagi harga satu set play curio safari wort it banget, bisalah dipakai setiap hari sambil bermain dengan anak...supaya anakpun tidak jenuh saat harus lebih lama berada di rumah.

    ReplyDelete
  8. Keren banget. Nih buat keponakan pasti mau. Jadi bayar rp 125 ribu ya untuk bisa punya permainan ini? Mantap

    ReplyDelete
  9. Menggunakan Play Curio anak bisa belajar sambil bermain ya. Mereka akan merasa senang belajar tanpa merasa digurui

    ReplyDelete
  10. iya mbak, kita tidak bisa memisahkan anak anak dengan teknologi ya, seperti hape ini, karena kita juga ortunya memakai di depan mereka. harus dikontrol saja pemakaian hape untuk mereka sehingga mereka bisa aman dari dampak samping menggunakan hape terlalu lama.

    ReplyDelete
  11. Wah seru banget sepertinya cocok ya buat anak-anak balita dan SD soale mereka lagi suka berpetualang gt.

    ReplyDelete
  12. ini bagus sekali untuk anak2 jadi tidak hanya maen gadget tapi bisa sambil belajar juga. Harganya cukup worth it lah 125k, ka. Makasih ya infonya, jadi pengen beli juga untuk anak2

    ReplyDelete
  13. Serunyaa..
    Bermain bersama anak mmang perlu banget media permainan yang menyenangkan.
    Agar anak merasa belajarnya sambil bermain gembira bersama Play Curio.

    ReplyDelete
  14. Plya Curio ya mba... sekarang memang banyak platform yang bisa dipakai oleh anak - anak untuk bermain sambil belajar yaaa

    ReplyDelete
  15. Daripada anak main gawai dengan klik-klik sembarang lebih baik main menggunakan Play Curio ini. Sambil bermain bisa juga belajar.

    ReplyDelete
  16. Ini informasi baru untuk saya (soal Play Curio). Media belajar alternatif di tengah pandemi covid 19. rekomendasi terbaik untuk sahabat guru. Izin shere ya...

    ReplyDelete
  17. Kalau menurutku sih Mbak Gin, pembatasan teknologi pada anak sah-sah aja deh. Semua tergantung orang tua. Kalau aku memang agak kerepotan tanpa teknologi itu untuk kehidupan bersama anak-anakku, hahaha. Kalau dirasa anak sudah dalam batas kecanduan, saatnya orang tua beraksi untuk diet gadgdet. Kalau aku disuruh detox gadget untuk anak-anakku belum deh, LOL. Anyway playcurio, mama comes to youuu.........

    ReplyDelete
  18. Kami, para anak yang tinggal di daerah, mungkin pengecualian untuk itu. Soalnya jangankan di rumah yang kebanyakan maaf, menengah ke bawah. Di sekolah saja, itu tidak ada internet, tidak ada gadget lengkap. Laptop hanya dimiliki berapa guru saja. PJJ saat ini tidak ada di kampung kami. Tetap harus tatap muka, daripada tidak belajar sama sekali.
    Kurikulum terbaru pun di kampung kami ini tidak tepat sasaran...

    ReplyDelete
  19. Terasa sangat interaktif sekali belajarnya. Suka deh inovasi-inovasi yang dihadirkan untuk menunjang sistem pembelajaran anak.

    ReplyDelete
  20. Play curio menarik banget nih buat anak-anak. Belajar sambil bermain. Metode gini emang lebih efektif sih menurut aku.

    ReplyDelete
  21. Play Curio ini keren banget inovasinya, menghadirkan produk kartu belajar sehingga anak anak tetep asik dan ngga bosan belajarnya. Ortu nyaman juga nemenenin belajar

    ReplyDelete
  22. Wah keren, game artificial intelligence .... menarik sekali.

    Saya tadi sempat terpaku di bagian ini
    Menurut CEO Beano Studios Emma Scott menyatakan, meski mereka adalah generasi pertama yang lahir di dunia serba digital, mereka tidak kecanduan pada teknologi. Nah.... kita2 ini yang harus pinter membatasi iri juga sih ya biar tidak sampai taraf kecanduan.

    ReplyDelete
  23. Maina untuk generasi alpha. Hihi...anaka-anakku masih masih generasi Z. Sama, tetap dengan tantangan "kecanduan teknologi digital" :D

    ReplyDelete
  24. Belajar dengan metode observasi pasti mengasyikkan untuk anak-anak karena akan meningkatkan kreativitas

    ReplyDelete
  25. Teknologi AR ini memang menarik banget aku dulu sempat jualan juga kartu2 seperti ini anak2 suka banget ternyata...Belajar sambil bermain memang solusi untuk anak anak ya...

    ReplyDelete
  26. Wah baru tau nih tentang Play Curio Safari. Salah satu edukasi with games pasti bikin anak-anak pada betah lama. Nice info Mak :)

    ReplyDelete
  27. Play Curio Safari ini ternyata harganya terjangkau ya dan pastinya lumayan nih buat isi waktu bermain selama WFH di rumah bersama anak-anak.

    ReplyDelete
  28. makasih bgt infonya nih, aku juga lagi nyari mainan yg edukatif buat anakku. aku bakal caritau lbh jelas lg ttg si playcurio safari hehehehe

    ReplyDelete
  29. Pandemi ini memang bikin orang tua berpikir kritis dengan mencari berbagai mainan edukasi untuk anaknya. Nah, permainan yang seru seperti Play Curio Safari bikin anak nggak bosan di rumah rumah.

    ReplyDelete
  30. Wiw.. aku kira ini mainan mahal.. ternayat di akhir blog, harganya ga gitu mahal2 banget, ya worth it lahh :)

    ReplyDelete
  31. Menarikkk banget ya kartu dgn teknologi AR ini. Btw pemesanannya baru bisa via email ya kak? Blm dijual secara bebas di marketplace gitu? Pgn beli buat anakku ehehe

    ReplyDelete
  32. Worth it banget. Harganya nggak sampe 200 ribu bisa main sambil mengenal dunia fauna dengan Play Curio Safari.

    Saya juga termasuk yang suka mainan kartu AR sih. Selama ini baru nemu yang versi dino di toys festival tapi harganya lumayan jadi belum sempat terbeli. Itu pun pas saya masih single sekitar 3 tahunan lalu.

    ReplyDelete