Cara Nagih Hutang Langsung Dibayar

Cara Nagih Hutang Langsung  Dibayar

Kalau ngomongin hutang, rasanya nano-nano (manis, asem dan asin). Yang punya hutang galau, lebih galau lagi yang ngutangin. 

Hutang tidak mengenal status. Adik, kaka, saudara, teman bahkan rekan kerja bisa terlibat hutang piutang. Pernahkah kamu punya pengalaman soal hutang piutang? Pasti pernah, karena saya juga pernah. Betapa susahnya menagih hutang, padahal kamu gak pake lama untuk ngasih pinjaman ke yang bersangkutan. 

Di bawah ini adalah cara nagih hutang langsung dibayar, mungkin bisa membantu kamu yang lagi galau dan bingung.

Cara Nagih Hutang Langsung  Dibayar


Cara Nagih Hutang Yang Efektif

1. Menagih Hutang


Cara yang paling relate yang harus digunakan. Kamu harus menagih, kalau kamu hanya menggerutu tanpa menangih, maka sia-sia sudah (mirip penggalan lirik mbak Mayang Sari). Terkadang orang yang berhutang memilki penyakit musiman yaitu suka amnesia atau lupa ingat. Secara tiba-tiba lupa kalau punya kewajiban yang harus dibayarkan. Maka cara terbaik untuk nagih hutang yang paling efektif adalah dengan menagih. Kalau yang berhutang hubungannya sangat akrab (adik, kakak, saudara, sahabat atau temen deket) kamu bisa langsung chat ke yang bersangkutan, misalkan dengan kalimat “Bro, jangan lupa pas lo gajian langsung transfer ke gue ya..”. Chat bisa ke whatsapp, dm IG atau telepon aja klo kamu males ngetik. 

2. Curhat


Jika cara di atas gak mempan, kamu pakai cara kedua yaitu Curhat. Iya kamu cukup mencurahkan isi hati kepada yang bersangkutan tentang keadaan kamu yang lagi serba sulit, misalkan; “Sis, gaji gue dipotong 50% nih, karena gue wfh. Bener-bener yah kondisi sekarang lagi susah banget. Gue aja hemat-hemat nih. Nongkrong dikurangin, gak beli makanan di luar. Gue perlu uang banget, tolong yang kemarin lunasin sekarang yah..”. 

Kamu pun bisa Curhat soal urgensi kepada yang bersangkutan, seperti; “kak..aku mau bayar SPP anak nih, udah dua bulan nunggak..bisa dilunasin gak hutang kakak yang kemarin?” 


3. Meminta membayarkan tagihan


Disaat dua cara di atas masih gak ngaruh, coba dengan cara ini. Kamu meminta yang bersangkutan, membayarkan tagihan. Minta dia membayarkan tagihan telepon, tagihan kartu kredit, tagihan listrik atau air. Bisa juga dengan meminta dia membelikan token listrik, membeli kuota internet ponsel anda dan masih banyak cara untuk yang bersangkutan “pay your bills” 



Hutang Yang Langsung Dibayar, bikin tenang hidup dunia akhirat


Siapa sih yang gak mau bantu membantu, tolong menolong antara sesama dan saudara? Pasti jika kamu memiliki kelebihan dan rejeki, dengan ikhlas menolong mereka yang lagi ditimpa kesulitan kan? 

Tapi kamu juga harus sadar dan memiliki hikmat untuk memberi pertolongan atau meminjamkan uang kepada orang lain. Kamu harus memikirkan dampak baik buruknya memberi hutang, hutang dapat memutus silahturahmi lho dan bisa saja akan jadi masalah dan musibah dikemudian hari. 

Mending kamu membantu dengan cara lain, misalkan memberikan uang secara ikhlas, nominal sesuai kemampuan kamu. Atau kamu membantu dengan memberikan barang atau mengajak yang bersangkutan untuk ikut membantu usaha kamu. Jadi nantinya akan berdampak baik untuk semuanya. 

So kamu yang masih punya hutang atau terlilit hutang, bayar hutang itu wajib lho. Bahkan jelas tertulis disemua kitab suci agama apapun, bahwa hutang wajib dibayar. Hutang yang langsung dibayar bikin kamu tenang hidup dunia akhirat. 



24 comments

  1. Aku kalau ada yang pinjem uang biasanya ngasih yang sekira2 kalau dia gak bayar aku bisa ikhlasin. Makanya gak pernah kasih besar. Takut menghindari sakit hati putus hubungan karena uang. Keseringan kendala hutang karena bisnis, yang bikin rusak hubungan ya, karena uangnya gak sedikit.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jadi kalau ada rezeki, daripada meminjamkan tapi ga tahu kapan bisa dibayarnya, mending ngasih aja kita semampu nya ya. Mau dibayar atau enggak kita udah ngasih niatnya... Bikin hati lapang gak bikin jengkel ya

      Delete
  2. Jaman sekarang yg punya utang lebih galak dari yg ngasih utang. Saya nagih utang baik baik selalu ga dibayar. Banyak alasan ini itu... Selalu jadi saya yg malu. Sungguh!
    Ada yg sampai mau dua belas tahun lho, dia blm bayar juga... Ditagih pasti, tapi doinya cuek aja...

    ReplyDelete
  3. yang hutang lebih galak dan lebih sadis emang udah banyak buktinya, dari zaman dinosaurus selalu gitu. aku ga mau ngutangin orang makanya, hahaha

    ReplyDelete
  4. Dari dulu ngga pernah minjem uang sih kak dan ngga pernah mau minjemin uang apalagi ke temen karena hasil akhirnya bisa buruk. Kadang bisa bisa rusak pertemenan hehehe

    ReplyDelete
  5. “Bro, jangan lupa pas lo gajian langsung transfer ke gue ya..”

    wah asyik banget kalimatnya ... nyante ...

    Memang susah nagih utang itu. Kadang malah berat di pihak penagihnya eh yang ditagih cuek bebek.

    ReplyDelete
  6. Nagih hutang itu gampang-gampang susah ya mbak. Bahkan yang hutang kadang lebih galak dari yang ngasih pinjaman. Pas ditagih bukannya minta maaf belum bisa bayar, tapi malah ngegas sambil marah2...kadang sengaja dilupakan hahaha....tapi ya begitulah namanya kehidupan, kadang niat baik kita belum tentu dibalas dengan kebaikan oleh sebagian orang hehehe...

    ReplyDelete
  7. Kalau aku kadang udah nggak tahu deh harus gimana buat orang yang utang ke aku. Hhehehe. Kalau mau curhat gagal duluan karna dia curhat duluan penderitaannya :D

    ReplyDelete
  8. artikel yang menarik, memberikan tips bagaimana cara menagih hutang agar segera dibayar langsung. wah semoga bisa diterapkan dengan lancar ya

    ReplyDelete
  9. Selama ini saya jarang nagih utang mbak. Saya biarin aja meskipun jatuh temponya sudah lewat. Tapi, kalau suatu saat saya tau dia harusnya mampu bayar, saya tagih. Tapi seringnya ketika ditagih bilang belum ada duit wkwk

    Baiklah, tips di atas coba saya lakukan, semoga bisa berhasil! Hehe

    ReplyDelete
  10. Mantaap nih tips dari banker handal, trik no 2 sama 3 boleh dicoba juga tuh hahahahha, ya ampuuuun orang kok tega yaa gak bayar hutang kesel deh gue ingetnya, Tuhan pasti kasih gantinya ke yang ngutangin, dan yang ngutang bae-bae deh suka nonton pilem azab kaaaaaaaaaaaaaan hihi

    ReplyDelete
  11. jadiinget berita minggu lalu, ditagih malah dihabisi orangnya secara sadis. Yang ngutang yang lebih galak. Aku malah gini mba, minimalisir ngutangin ke orang, males nagihnya. mending ngasih semampunya, daripada minjemin dalam jumlah besar kecuali ke keluarga. kapok soanya hehe

    ReplyDelete
  12. Yang namanya nagih utang paling susah deh. Aku salah satunya yang gak enakan.

    ReplyDelete
  13. Aku baru ngalamin nih mba masalah pinjam meminjam gini. Sekarang jauh lebih pintar orang saat mau dapet duit dari saudara ataupun teman, bilangnya minta dibantuin. Jadi bilangnya enggak pinjam. Malah makin bingung mau jawabnya, apalagi kalau si dia terkenal minta bantuan sana sini setiap waktu, enggak cuma sekali dua kali aja.
    Saudara jauh yang tidak pernah muncul, tiba-tiba menyapa, nah naahh langsung deh antena was-was mulai berdiri. :)

    ReplyDelete
  14. Beneer mbaa.. aku juga suka kepikiraan euy.. dan memang semua orang beda ya cara pandang tentang hutang piutaaang

    ReplyDelete
  15. Masalah hutang-hutangan ini memang banyak dramanya. Kalo aku pribadi udah lebih dari 10 tahun ini bebas dari yang namanya pinjaman (udah tak pakai kartu kredit lagi), dan memang hidup jauh lebih tenang. Nah kalau utangin orang ini yang kadang mikirnya panjang banget karena aku gak suka acara nagih-nagihnya. Cuma kalau terkait pekerjaan, lebih bergantung pada hitam di atas putih saja wis

    ReplyDelete
  16. Perkara hutang emang serba salah, kadang yang ngutang suka gak tau diri gak bayar. Makanya aku kadang paling malas ngutangin orang karena aku tipe yg ga enakan kalau nagih hehe

    ReplyDelete
  17. Gemassss emang sama yang berhutang tapi pas ditagih malah galakan dia. Etapi boleh juga nih minta dia bayar hutang dengan bayarin tagihan. Hihihi.

    ReplyDelete
  18. Semoga kita terhindar dari hal yang satu ini ya mba "Berhutang" ya walau gak bisa kita hindari juga.
    Tapi kalau menurut aku ya hutang tetap hutang, karena itu urusannya bakal ke akhirat.

    Dan sebisa mungkin kalau ada yang mau berhutang ke aku, ditolak secara halus kalau orang tersebut memiliki sifat amnesia kalau ditagih dari pada ntar ujung ujungnya makan hati.

    ReplyDelete
  19. Kadang memang susah ya Mbak kalau sudah minjam kan uang ke orang lain Jadinya kita harus lebih tegas

    ReplyDelete
  20. Sering nih kejadian sama aku, sering dimintain utang tapi yang ngutang pura-pura lupa. Nanti kalau kita gak nagih dia nya yang keenakan ngutang kemana2 haduuh dilema yaa

    ReplyDelete
  21. Sebagai orang yg pernah minjem dan pernah minjemin, kalau aku mau minjemin bener2 ke orang yg bisa bayar tepat waktu sih jadi pastinya selektif, daripada di akhir nanti jd nyesel. Terus kalau mau minjem juga pasti krn udah kepepet bgt barudeh minjem, krn idup dlm utang tuh gaenak haha

    ReplyDelete
  22. Trik nomer 3 kayaknya tokcer deh ... tapi kalo yang punya utang memang ga ada uang tetap aja ga dibayar

    ReplyDelete
  23. Aku segan nagih utang.. eh tp aku lg ngutang jg sih, tapi kata kawanku, gpp da, santai aja, kan cuma dikit. Dia jg gak sibuk teleponin 😁

    ReplyDelete