Bahagia Punya Anak Hebat Dengan Gut-Brain Axis

Bahagia Punya Anak Hebat Dengan Gut-Brain Axis

Orang tua mana yang gak bahagia jika melihat anak bertumbuh dengan sehat dan hebat? Pasti semua orang tua di muka bumi ini mendambakannya.

Bahagia punya anak hebat, unggul dalam bidang akademis dan juga memiliki karakter yang baik. Bahagia punya anak hebat dengan Gut-Brain Axis.

Bahagia Punya Anak Hebat Dengan Gut-Brain Axis


Jadi Orang Tua Yang Bahagia Punya Anak Hebat 

Jadi orang tua yang bahagia diartikan berbeda, antara orang tua satu dengan yang lain. Bagi saya, bahagia punya anak hebat karena memiliki keunggulan. Bukan saja pintar di sekolah, tetapi anak tersebut memiliki karakter yang baik; memiliki empati, kemampuan untuk bersosialisasi bersama teman-temannya, berani dan memberi pengaruh yang baik untuk lingkungan sekitarnya. Itu lebih dari cukup bagi saja menjadi orang tua yang bahagia punya anak hebat. 

Mendukung anak satu-satunya yang gemesin, bukan perkara mudah bagi saya. Saya bersama suami dihadapi dengan banyak tantangan yang kata orang “gampang-gampang susah”. Sebagai orang tua sudah dibekali dengan segudang ilmu parenting, namun pas digunakan di lapangan ada aja tantangan yang bikin garuk-garuk kepala, hehe pernah ngerasain juga gak sih? 

Salah satu contoh adalah mempersiapkan dan menyajikan makanan dan minuman yang terbaik untuk tumbuh kembangnya, sering terhalang karena faktor eksternal atau kondisi badan anak yang gak oke. Anak jadi malas makan, karena sakit perut. Bingung jadinya, what shoul i do kalo udah begini? 

Contoh di atas adalah sebagian kecil dari banyak kejadian yang bikin pusing para orang tua. Wah, ternyata bukan perkara yang mudah yah, justru ke depannya tantangan bakal semakin banyak, mulai dari isu kesehatan, lingkungan, hingga sosial yang akan anak hadapi setiap hari.

Bahagia Punya Anak Hebat Dengan Gut-Brain Axis


Dengan Gut-Brain Axis, Orang Tua Gak Perlu Khawatir 

Istilah Gut-Brain Axis mungkin masih asing didengar dan dibaca oleh sebagian orang, termasuk para orang tua. Padahal dengan Gut-Brain Axis, kita sebagai orang tua gak perlu khawatir lho. 

Gut-Brain Axis adalah sebuah istilah kesehatan yang digunakan untuk menjelaskan bagaimana saluran pencernaan dan otak bisa saling mempengaruhi. Nah, Gut-Brain Axis inilah berhubungan dengan tumbuh kembang anak. Gut-Brain Axis merupakan interaksi dua arah antara pencernaan (gut) dengan otak (brain). Komunikasi dua arah terjadi melalui jalur syaraf, hormon dan sistem imun. Jadi pada dasarnya hubungan yang terjadi merupakan hubungan fisik dan hubungan kimia. 

Penjelasan simplenya adalah jika pencernaaan anak sehat, akan mempengaruhi perkembangan otak anak, sehingga dapat mengatur perilaku, emosi dan logika. Caranya bagaimana sehingga anak-anak kita memiliki Gut-Brain Axis? 


Bahagia Punya Anak Hebat Dengan Gut-Brain Axis

Bahagia Punya Anak Hebat Dengan Gut-Brain Axis



Talk Show Bebelac “Pentingnya Gut-Brain Axis untuk Menumbuhkan Anak Hebat” 


Jumat, 11 Desember 2020 saya mengikuti Talk Show Bebelac “Pentingnya Gut-Brain Axis untuk Menumbuhkan Anak Hebat.” 

Dr. Rita Ramayulis DCN, M.Kes, Ahli Gizi, memaparkan bahwa “Secara umum, saluran cerna memengaruhi otak dalam hal mengatur perilaku, emosi, dan logika. Sedangkan otak memengaruhi saluran cerna dalam hal penyerapan nutrisi yang dikonsumsi. Keterkaitan antara keduanya ini dikenal dengan istilah gut-brain axis.” 

Saluran cerna anak yang sehat akan mempengaruhi otaknya, yang kemudian memproduksi neurotransmitter, senyawa neurokimia yang bertugas menyampaikan pesan antara satu sel saraf (neuron) ke sel saraf target. Neurotransmiter diibaratkan sebagai seorang kurir atau signal messenger. Ada 6 neurotransmiter utama bagi otak yang perannya penting dalam mengatur sistem kinerja tubuh, salah satunya hormon serotonin. Serotonin dikenal sebagai mood neurotransmitter yang menghasilkan perasaan senang dan nyaman. Ini pun akan berkaitan dengan kondisi sosial emosional anak, maka dari itu interaksi sehat antara sistem pencernaan dan otak tergolong krusial dalam mendukung kebaikan hati anak, seperti kecerdasan intelektual dan emosional anak.

Bahagia Punya Anak Hebat Dengan Gut-Brain Axis

Saya juga akhirnya tahu, bahwa salah satu nutrisi utama yang mendukung proses Gut-Brain Axis adalah prebiotik. Prebiotik merupakan bakteri baik yang dapat dikonsumsi oleh anak. Prebiotik banyak terdapat pada sayur, buah dan susu pertumbuhan. 

Bebelac adalah produk bernutrisi yang mengandung FOS GOS 1:9, Omega 3, Omega 6, vitamin dan mineral yang mendukung pencernaan dan pertumbuhan anak. 

Bebelac merupakan produk yang sangat berkualitas untuk memenuhi nutrisi saluran cerna pada anak, Bebelac sangat paham dengan kondisi dan kebutuhan nutrisi anak, karena anak hebat berawal dari happy tummy (pencernaan yang sehat), happy brain (kemampuan berpikir yang baik), dan happy heart (hati yang baik). Karena happy tummy dan happy brain akan berpengaruh pada happy heart yang akan menjadi penggerak anak melakukan kebaikan bagi sekitarnya. 

Untuk info lebih lanjut, yuk kepoin website https://bebeclub.co.id/ dan akun Instagram @bebeclub yang banyak memberikan informasi dan edukasi soal tumbuh kembang anak dan bagaimana peran serta orang tua dalam mendukung nutrisi yang terbaik untuk anak-anak hebat.





48 comments

  1. Jika pencernaan sehat, perkembangan otak juga baik, begitu ya mbak Gina?

    Jadi dalam susu Bebelac ini ada prebiotik yang baik dikonsumsi oleh anak supaya pencernaan anak sehat dan dapat membantu kecerdasan anak. Mantap banget kandungannya, sudah sarat gizi dan nutrizi, ada prebiotik nya juga.

    ReplyDelete
  2. Hmm, terdapat homestatik antara saluran cerna dan otak ya Kak Gina... Bebelac mengandung
    FOS GOS 1:9, Omega 3, Omega 6, vitamin dan mineral yang mendukung pencernaan dan pertumbuhan anak. Noted ini. Nice share yahh

    ReplyDelete
  3. Bebeclub ini susunya enaaakk, nutrisi dan gizinya mantaapp
    anak2 demen nih
    Btw, itu Putri Titian udah jadi buibu thooo
    Awet imutttnya yak

    ReplyDelete
  4. Aku setuju banget bahwa kesehatan pencernaan itu sangat berhubungan dengan kesehatan otak. Manfaat banget adanya webinar dari bebelac ini ya mbak. Kita jadi lebih banyak tahu tentang Gut-Brain Axis ini.

    ReplyDelete
  5. Baca tulisannya kak Gina ttg Gut-Brain Axis jadi dapat masukan buat daku, saat ini bisa ceki-ceko memperhatikan Ponakan dulu nih bagaimana kesehatan cernanya

    ReplyDelete
  6. Mantap punya generasi bermanfaat. Namun ini tidak lepas dari peran orang tua

    ReplyDelete
  7. Ternyata memang berhubungan ya antara tummy and brain, yuk mari kita bikin anak kita jadi generasi gut-brain axis yang hebat

    ReplyDelete
  8. Baru tau nih tentang Gut-Brain Axis
    Walau pernah baca tentang Kesehatan pencernaan yang sangat mempengaruhi brain
    Selaras dengan kampanye pemerintah "isi piringku" ya?

    ReplyDelete
  9. interaksi sehat antara sistem pencernaan dan otak tergolong penting dalam mendukung kebaikan dan tumbuh kembang anak pun demikian dalam perkembangan kecerdasan intelektual serta emosionalnya .

    ReplyDelete
  10. Oh gut brain axis itu istilah kesehatan. Aku sangka ini mu nulis tentang axis provider itu mba. Hihihi. Maafkan ingetnya malah ke sana. Bener mba aku setuju ada hubungannya antara saluran cerna dengan perkembangan otak . Kece ini ilmu dari bebelacnya. Jadi bkin kita sebagai orang tua tercerdaskan ya

    ReplyDelete
  11. Akupun baru dnger istilah Gut-Brain Axis ternyata istilah kesehatan yang digunakan untuk menjelaskan bagaimana saluran pencernaan dan otak bisa saling mempengaruh ....saluran cernakan yg membawa semua makanan hrs sehat

    ReplyDelete
  12. Kirain prebiotik bagus buat pencernaan aja seperti iklan sebelah. Ternyata buat mendukung pertumbuhan juga ya.

    ReplyDelete
  13. Wah jadi dapat pengetahuan baru nih. GUT-BRAIN AXIS. Kompilasi antara kesehatan pencernaan dan otak. Dua hal yang memiliki efek saling mempengaruhi dalam tumbuh kembang anak. Bahkan ternyata sudah ada prebiotik yang peduli akan hal ini.

    ReplyDelete
  14. Hehe udah salah sangka duluan akuuh, dikira gut brain axis berhubungan dengan masalah operator seluler ternyata tentang saluran pencernaan anak. Baidewei bener banget pemaparannya tentang Gut Brain Axis ini. Kita sebagai ortu juga kudu mengupayakan yang terbaik untuk mereka.

    ReplyDelete
  15. Betul, kita sebagai orangtua memang ingin memberikan yg terbaik utk anak ya, apalagi soal tumbuh kembang. Dgn memberikan Bebelac pada anak, ga kuatir lagi tentang Gut Brain Axis anak. Pencernaan sehat, brain jg berkembang baik.

    ReplyDelete
  16. Iya banget deh, buat anak-anak mah, apalagi yang dalam masa pertumbuhan, perut dan otak itu saling berhubungan. Ketika gizi dan mikrobiota di perut bagus, maka otak pun pasti bisa cemerlang. Pun sebaliknya. Dan ini makanya penting buat ortu untuk selektif milih makanan dan minuman untuk anak ya. Btw, Bebelac ini salah satu susu yang dikonsumsi anak aku. Anak kedua dan keempat.

    ReplyDelete
  17. Wah informasinya bermanfaat banget
    Bebelac itu kandungannya bagus banget ya untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan anak yang baik agar tumbuh jadi anak hebat
    Memang jadi orang tua harus pandai memilih asupan yang cocok dan bermanfaat untuk anak

    ReplyDelete
  18. Yes pencernaan memang berpengaruh sangat.Ini dulu aku dijelaskan oleh dokter alergi Ezio ketika awal2 mencari diagnosa tentang Ezio :)

    ReplyDelete
  19. Baru tahu nih Gut Brain Axis berhubungan dengan saluran pencernaan yah.. jadi penting banget nih buat anak. Moms udah ga khawatir lagi yah😍

    ReplyDelete
  20. Pencernaan yang baik dalam menyerap nutrisi memberi pengaruh yang baik juga ya bagi perkembangan si kecil.

    Baru pertama nih dengar istilah gut-brain axis ini. Keren ya webinar dari Bebelac ini.

    ReplyDelete
  21. baru tahu istilah Gut Brain Axis nih aku. tapi memang bener tentang pencernaan itu ngaruh banget sama perkembangan otak dan kegiatan sehari2 anak. kalau pencernaan sehat maka anak akan lebih fokus dan mudah mengingat hal2 yg dipelajari :)

    ReplyDelete
  22. Baru ngeh apa itu Gut Brain Axis, kirain tadi nama provider, hehehe.

    Saluran cerna itu memang selalu menjadi pusat dari sehatnya anak ya, karena dia berhubungan dengan segala hal, termasuk dengan otak anak.

    ReplyDelete
  23. anak hebat bukan hanya otaknya yang pintar tapi juga pencernaannya ya mbak, karena saluran cerna berhubungan dengan banyak hal

    ReplyDelete
  24. Anakku dulu masih kecil punya kendala di pencernaan, jadi effort banget nyari susu yang sesuai. Karena salah dikit diare. Nambah ilmu baru aku baca tulisan mbak Gina.

    ReplyDelete
  25. bener banget emang hubungannya antara pencernaan yang sehat dan otak ya. idem akupun nambah wawasan terkait kesehatan anak dari tulisan ini

    ReplyDelete
  26. Wah baru tahu nih istilah Gut Brain Axis nih, makasih banyak share-nya yah mbaak. Ternyata saluran pencernaan memiliki pengaruh besar ke otak yah, harus menjadi bahan perhatian para ibu nih

    ReplyDelete
  27. Bener banget ini. Happy tummy happy brain. Anak kl lapar atau gizinya kurang tuh beda sama yg full.

    Ga usah anak deh. Saya aja kl makannya ada yg kurang gitu bawaannya uring-uringan melulu.

    ReplyDelete
  28. Gut Brain Axis, masih awam banget aku sama istilahnya, mba.
    Selama ini mikirnya kalau susu anak tuh ya untuk membantu pertumbuhan biar pinter, gak pernah ngeh juga kalau pencernaan jadi faktor penting untuk kecerdasan anak. Ilmu baru nih mba dari Bebelac.

    ReplyDelete
  29. Pencernaan itu katanya otak kedua manusia ya, Mbak. Makanya, penting banget menjaga kesehatan pencernaan

    ReplyDelete
  30. Semenjak bergelut dengan dunia kesehatan, beneran pencernaan ini utama banget buat kesehatan tubuh, apalagi buat anak kecil Gut Brain Axis ini semoga lebih banyak edukasi dan sosialisasi lagi, betapa penting kesehatan pencernaan.

    ReplyDelete
  31. Pantes kalo kata orangtua jaman dulu, anaknya rungsing uring2an tuh belom makan.. Maksudnya tuh Gut Brain Axis ini kali ya. btw, anak keduaku cocok sama bebelac stlh drama gonta ganti sufor

    ReplyDelete
  32. Baru paham nih tentang istilah Gut Brain Axis. Makasii pencerahannya ya mb Gina.
    Gut-Brain Axis merupakan interaksi dua arah antara pencernaan (gut) dengan otak (brain). Komunikasi dua arah terjadi melalui jalur syaraf, hormon dan sistem imun. Jadi pada dasarnya hubungan yang terjadi merupakan hubungan fisik dan hubungan kimia.

    ReplyDelete
  33. aku percaya banget deh kalau perut dan kesehatan pencernaan itu sangat mempengaruhi kesehatan dan tumbuh kembang anak mba.

    ReplyDelete
  34. Bener banget ini mah. Pencernaan dan mikrobiota di dalamnya memang berperan penting banget untuk perkembangan otak dan kestabilan emosi anak. Kerasa banget kalau kondisi pencernaannya sedang gak enak, anakku mood sama daya pikirnya juga pasti tiba tiba drop.

    ReplyDelete
  35. Baru kenal juga dengan isilah Gut-Brain Axis. Saluran cerna sehat, otak pun sehat, begitu ya? Jadi, pencernaan berpengaruh besar untuk tumbuh kembang.

    ReplyDelete
  36. Wah baru tau kalau saluran cerna memengaruhi otak dalam hal mengatur perilaku, emosi, dan logika. Jadi semua anggota badan kita saling berkait dan memengaruhi ya mba

    ReplyDelete
  37. Aku udah rekomendasikan akun instagram bebelac ke iparku juga supaya dia lebih banyak dapat info tumbuh kembang untuk anaknya :)

    ReplyDelete
  38. Gut-Brain axis ini sejak dulu memang sudah diperhatikan ya.. karena saluran cerna yang sehat akan membawa banyak pengaruh dan dampak baik ke tubuh

    ReplyDelete
  39. Dengan asupan yang berkualitas dan terbaik dari Bebelac, bisa menumbuhkan Gut-Brain Axis. Plus menjaga saluran pencernaannya agar tetap sehat.

    ReplyDelete
  40. Berarti bener ya yang dibilang banyak orang kalau kesehatan tuh bermula dari pencernaan. Pencernaan yang baik akan mendukung tumbuh kembang anak juga secara optimal.

    ReplyDelete
  41. Prebiotik emang bagus utk pencernaan anak ya mbak. Dan pencernaan ini emang kuncinya anak aehat atau gak krn yg bersentuhan langsung sama benda asing biasanya pencernaan.
    Kalau pencernaan sehat anak pun bisa diatimulasi dgn baik yaa

    ReplyDelete
  42. Susu anakku ini sekarang pakai Bebelac, tapi emang benar sih ini tuh aku pilih karena prebiotiknya. Tau sendirikan anak-anak kadang bermasalah dengan pencernaannya dan aku harus pilih yang terbaik.

    ReplyDelete
  43. Anak pada fase golden age, musti dipersiapkan banyak hal ya kak. Termasuk kesehatan tubuh dan asupan agar daya pikir berkembang dg baik.
    .
    Sehat selalu untuk ananda, smoga menjadi anak yg bermanfaat amin

    ReplyDelete
  44. Bebelac rekomen banget ya buat anak2, keponakanku juga minumnya susu bebelac. Kl pencernaan sehat, anak2 pun akan tumbuh menjadi anak yg sehat ya mbak

    ReplyDelete
  45. Nambah ilmu lagi nih, karena jujur saya baru tahu istilah Gut-Brain Axis ini, ternyata menjelaskan bagaimana saluran pencernaan dan otak saling berkaitan. Jadi jika pencernaan sehat, maka perkembangan otak juga akan bagus ya Mba.

    ReplyDelete
  46. Pencernaan itu adalah otak ke 2 bagi manusia. Kalau perut kosong, otak nggak bisa berpikir, karena neurotransmitternya belum ngasih sinyal yang baik. Belum ada asupan yang bisa membuat otak lebih tenang.

    ReplyDelete
  47. Bebelac sangat bagus sekali untuk anak-anak, dan juga sangat bermanfaat untuk pertumbuhan dan perkembangan si kecil

    ReplyDelete
  48. Wah setuju banget nih kesehatan saluran cerna mempengaruhi perkembangan otak. Makanya nutrisi harus terjaga juga ya mbak. Bebelac mantap euy

    ReplyDelete