BERBAGI KEBAIKAN BERSAMA LIFEBUOY SHAMPOO

BERBAGI KEBAIKAN BERSAMA LIFEBUOY SHAMPOO


Berbagi diartikan memberi atau membagi sesuatu kepada orang lain. Berbagi bisa dalam bentuk barang, cerita, uang, bantuan, kebaikan dan lainnya. Kali ini, saya ingin berbagi cerita, dan Berbagi Kebaikan bersama Lifebuoy Shampoo. Karena berbagi bukan saja soal duit, tetapi bisa dengan kebaikan lewat sebuah empati.


Sebagai orang tua, sangat penting untuk memberikan pelajaran tentang berbagi kepada anak-anak, nilai-nilai kebaikan harus ditanam sejak dini pada anak. Walaupun keadaan saat ini, membuat anak-anak lebih sering berada di dalam rumah dan kurang berinteraksi dengan teman-teman di sekolah. Pandemi telah memberikan dampak yang besar pada perkembangan sosial mereka. Anak-anak menjadi kurang bersosialisasi dengan teman sebayanya.


Menurut seorang terapis keluarga di Amerika Serikat mengungkapkan, bahwa di saat pandemi, anak banyak kehilangan kesempatan dan momen untuk membangun keterampilan sosialnya, seperti kemampuan berinteraksi dengan teman sebaya, memecahkan masalah, hingga berlatih memiliki sikap empati. Penelitian dari Universitas Negeri Yogyakarta juga menemukan, bahwa selama pandemi 96% anak mengalami penurunan terkait pencapaian aspek perkembangan sosial emosi, terutama dalam segi perkembangan perilaku prososial, atau yang secara awam disebut perilaku tolong menolong. 


Tetapi ini belum terlambat kok, situasi pandemi menuju endemi membuat kita semua, termasuk anak-anak kembali berinteraksi dan bersosialisasi, walaupun tidak sama seperti dahulu. Karena kita, memasuki adaptasi kebiasaan baru, yang harus sama-sama kita jalani. Dan para orang tua, meski harus ekstra kerja keras dalam segi parenting, tetapi tidak boleh patah semangat. Karena dengan bersama berbagi, semua akan menjadi possible.



BERBAGI KEBAIKAN BERSAMA LIFEBUOY SHAMPOO

BERBAGI KEBAIKAN MELALUI DONASI RAMBUT BERSAMA LIFEBUOY SHAMPOO

Di awal bulan Juni, tepatnya 2 Juni 2022 di Jakarta. Saya menghadiri peluncuran kampanye “Berbagi Kebaikan”, sebuah acara yang dipersembahkan oleh Lifebuoy Shampoo bersama Yayasan Kanker Indonesia (YKI). Berikut pengalaman saya…


Berbicara soal Kanker, sungguh tak asing di telinga saya. Karena ibu pernah menderita sakit kanker payudara, dan ibu dikalahkan dengan sakitnya. Beliau meninggal dunia, 8 tahun yang lalu. Kanker memang begitu ganas, bukan hanya menyerang tubuh pasien, tetapi juga menyerang mentalitas. Seperti yang kita ketahui bersama, pasien kanker disarankan untuk melakukan pengobatan intensif seperti melakukan kemoterapi. Tentunya pengobatan kemoterapi yang memiliki durasi panjang hingga efek obat yang sangat keras membuat banyak perubahan pada fisik pasien kanker. Efek samping tersebut yaitu rambut rontok, mudah lelah, kulit menghitam dan lainnya, membuat banyak pasien kanker menjadi kurang percaya diri., apalagi bertemu dengan banyak orang.


Kita tahu bersama, Lifebuoy Shampoo sebagai brand perawatan rambut, begitu dekat dengan keseharian keluarga Indonesia. Saya mengenal brand Lifebuoy lebih dari 30 tahun. Saya ingat banget, ibu saya yang memperkenalkan brand Lifebuoy kepada ayah dan adik saya di rumah.


Rekam jejak, Lifebuoy bersama PT Unilever Indonesia, tak perlu diragukan lagi. Bukan hanya menjadi sebuah produsen brand saja, tetapi banyak mengedukasi, khususnya untuk setiap anggota keluarga di Indonesia ; ayah, ibu dan anak.


Kampanye “Berbagi Kebaikan”, yang juga bertepatan pada momen peringatan Hari Anak Internasional 1 Juni 2022. Mengajak sebanyak mungkin keluarga Indonesia Berbagi Kebaikan, melalui donasi rambut. Kerjasama ini, memiliki tujuan mulia yaitu untuk meningkatkan kepedulian masyarakat terhadap kanker melalui donasi rambut, sehingga nantinya akan mendorong semangat dan kualitas hidup pasien kanker.


Acara dengan tema : Jadikan Rambut Sehat Sebagai Kekuatan untuk Berbagi Kebaikan., menghadirkan Anna Surti Ariani, S.PSi., M.Si., Psi., Psikolog Klinis Keluarga, Ketua Umum Yayasan Kanker Indonesia, Prof. DR. dr. Aru Wisaksono Sudoyo, SpPD, KHOM, FINASIM, FACP, Dr. Siti Annisa Nuhonni, Sp.KFR-K, Pengurus Bidang Pelayanan Sosial Yayasan Kanker Indonesia, Agus Nugraha, Head of Marketing Hair Care PT Unilever Indonesia, Tbk serta Mona Ratuliu selebritas sekaligus ibu dari lima orang anak. Saya dan teman-teman blogger dari Kumpulan Emak Blogger (KEB), diajak untuk menerapkan pola hidup sehat termasuk dengan melakukan deteksi dini kanker, dan sejalan dengan kampanye ini, menjaga kesehatan rambut adalah sumber kekuatan untuk berbagi kebaikan.


BERBAGI KEBAIKAN BERSAMA LIFEBUOY SHAMPOO

POTONG RAMBUT UNTUK DONASI BERSAMA LIFEBUOY SHAMPOO

Dan pada hari itu, saya memutuskan untuk melakukan donasi rambut, dengan memotong rambut di lokasi acara. Untungnya pihak Lifebuoy telah menyediakan hairstylist, lengkap dengan booth yang diatur seperti salon. Rambut sepundak saya, akhirnya dipotong dan di stylish. Potongan rambut sebahu, approved! Wuih, ini adalah pengalaman pertama sekaligus paling berharga, potong rambut untuk donasi rambut bersama Lifebuoy Shampoo.


Kamu pun bisa ikut berpartisipasi dalam kampanye “Berbagi Kebaikan”, dengan 3 cara berdonasi :


  1. Mengirimkan potongan rambut ke PO BOX LIFEBUOY BERBAGI KEBAIKAN JAKARTA 12000, dengan mencantumkan nama, alamat dan nomor ponsel pendonasi.

  2. Donasi melalui pembelian produk Lifebuoy Shampoo varian Kuat & Berkilau limited edition ukuran 340 ml, otomatis mereka akan berkontribusi dalam penggalangan dana yang akan didonasikan kepada YKI. 

  3. Donasi melalui website Kitabisa.com: Donasi juga dapat diberikan melalui platform crowdfunding Kitabisa.com, dimana seluruh dana yang terkumpul akan didonasikan kepada YKI. 


Tak lupa juga untuk memperhatikan, bahwa sebelum potongan rambut dikirimkan, terlebih dahulu mencuci rambut dengan bersih dan mengeringkannya, kemudian kuncir dalam satu atau dua ikatan dengan kuat. Potong rambut di atas ikatan, pastikan potongan rambut tidak terurai berantakan. Idealnya, dibutuhkan minimal 25 cm untuk membuat wig dengan rambut asli.


Jika rambut kamu belum memenuhi persyaratan, misalnya rambut kamu yang sering diwarnai, donasi bisa tetap diberikan. Dimana total gramasi dari rambut yang didonasikan, akan dikonversi menjadi wig rambut sintetis yang juga akan didistribusikan kepada para pejuang kanker.


“Selamat berbagi, selamat Berbagi Kebaikan.”


Untuk informasi lebih lanjut tentang kampanye ini, kunjungi : https://kitabisa.com/campaign/lifebuoy-berbagikebaikan atau akun Instagram @LifebuoyID.  



15 comments

  1. dengan potong rambut kita juga bisa berbagai kebaikan ya kak, kalau yg gak bisa lewat rambut bisa gunakan cara lain via kitabisa.com, semoga semakin banyak yg terbantu dengan adanya program keren ini

    ReplyDelete
  2. Btw aku juga pakai lifebuoy shampoo loh kak. Sabin mandi juga. Semuanya yang warna biru

    ReplyDelete
  3. Baca tentang lifebuoy jadi inget slogannya, Lifebuoy, berbagi sehat. hehehe.. semua skrng perusahaan gencar sekali membuat program sosial seperti ini yaa, karena memang skrng bisnis tidak hanya urusan cuan tetapi tanggung jawab kita terhadap sosial dan lingkungan juga harus ada

    ReplyDelete
  4. Lifebuoy Shampoo itu sudah wangi, inspiratif pula. Kegiatannya bisa menjadi teladan nyata buat anak-anak dan para orang tua supaya meningkatkan kepedulian terhadap sesama.

    ReplyDelete
  5. Bener deh kalo abis pandemi bikin anak-anak yang udah nyaman sendirian jadi adaptasi lagi. Malah anakku, 2 tahun kemarin ngga kenal sama temen se-PAUD nya sampai baru ketemu saat wisuda aja. Parah deh! Btw, Untung ya kita bisa berbagi kebaikan lewat program Lifebuoy ini, bisa berbagi semangat dengan temen2 survivor.

    ReplyDelete
  6. bentuk dukungan yang bisa menguatkan pejuang cancer, semoga banyak yang ikutan sehingga banyak yang bisa berdonasi rambut untuk wig ini. keren sih programnya

    ReplyDelete
  7. Donasi tidak hanya dalam bentuk uang saja ya, bisa juga berbagi kebaikan dengan potong rambut. Keren Lifebuoy, semoga program ini terus berkelanjutan

    ReplyDelete
  8. Saya dan keluarga juga sampai saat ini dekat dengan Lifeboy. Btw bagus nih campaig yang diadakan Lifeboy Shampoo. Mengajak kita untuk berbagi dengan tiga cara seperti yang disebutkan di atas. Artinya kita bisa pilih salah satu aja ya dari ketiga cara di atas.

    ReplyDelete
  9. Makjleb banget nih donasi yang digalangkan. Membuat wig bagi para penderita kanker. Ya, kebanyakan kita gak kepikiran bahwa pejuang kanker sebagian besar harus mencukur rambutnya hingga habis.

    ReplyDelete
  10. Makjleb banget nih donasi yang digalangkan. Membuat wig bagi para penderita kanker. Ya, kebanyakan kita gak kepikiran bahwa pejuang kanker sebagian besar harus mencukur rambutnya hingga habis.

    ReplyDelete
  11. Ya ampunn suka bangett aku sama wanginya shampoo ini. Udah sejak SMA juga pakai.. Hihi awet lagi meskipun kena sinar matahari rambutnya

    ReplyDelete
  12. Turut berduka cita ya, kak..atas kepergian sang Ibunda.
    Semoga dengan donasi rambut yang kita lakukan, langkah kecil yang bisa jadi sangat berarti untuk orang lain.

    Senangnya..
    Lifebuoy dengan kerjasamanya bersama YKI.

    ReplyDelete
  13. Keren banget sih programnya Lifebouy ini. Aku juga mau ikutan ah, mumpung mau potong rambut.

    ReplyDelete
  14. bagus banget ini agendanya kak.. semoga bisa membantu para pejuang kanker. jadi teringat juga sama blogger yang baru berpulang karena berjuang melawan sakit ini.. semoga beliau tenang di sisiNya

    ReplyDelete
  15. Acara-acara sosial kayak gini nih perlu banget digiatkan. Karena untuk berbagi semangat dengan sesama. Termasuk acara lifebuoy berbagi kebaikan dengan berbagi rambut. Sehingga kita juga bisa berbagi kebahagiaan dengan saudara kita yang terkena kanker dan rambutnya rontok.

    ReplyDelete