FWD INSURANCE DUKUNG UMKM MELALUI SME CONNECT


FWD INSURANCE DUKUNG UMKM MELALUI SME CONNECT

Di tahun 2020 tepatnya di bulan Maret, seluruh dunia dilanda pandemi Covid-19. Keadaan tersebut, jelas begitu sulit. Selain menghadapi virus yang menular, pandemi juga langsung mengancam kelangsungan hidup usaha-usaha diberbagai termasuk perekonomian nasional. Saya juga merasakan hal yang sama, karena selain bekerja di sebuah perusahaan swasta saya pun memiliki usaha jual beli barang bekas atau lebih familiar disebut jual beli barang Preloved di marketplace. Saya sudah menekuni usaha tersebut kurang lebih 5 tahun. Soal omset, sangat cukup untuk mencukupi kebutuhan saya hingga masih ada sedikit untuk disimpan sebagai tabungan. Namun, disaat pandemi, semua jadi berubah. Hal tersebut membuat usaha saya menjadi sepi, dan pada akhirnya berdampak pada pemasukan bulanan saya. Sedih banget kalau diceritakan, mungkin kendala yang saya rasakan, sama seperti pelaku usaha lainnya. Pandemi Covid-19, menjadi serba sulit khususnya bagi para pelaku UMKM.

FWD INSURANCE DUKUNG UMKM MELALUI SME CONNECT

FWD INSURANCE DUKUNG UMKM MELALUI SME CONNECT

Saya merangkum, ada 3 dampak besar bagi perekonomian nasional, antara lain melemahnya konsumsi rumah tangga atau daya beli, ketidakpastian investasi, serta harga komoditas turun. Yang menarik dari ketiga hal tersebut adalah, ketidakpastian terhadap iklim investasi. Pandemi membuat iklim investasi menjadi melemah, sehingga berimplikasi terhadap berhentinya usaha.

Para pelaku usaha mengalami penurunan omset, hingga mengalami bankrupt. Usaha-usaha seperti transportasi, pariwisata, entertainment menjadi seperti kata pepatah “hidup segan mati tak mau”. Kondisi tersebut, juga dialami oleh para pelaku Usaha Kecil, Mikro dan Menengah (UMKM).

UMKM di Indonesia merupakan pilar terpenting dalam perekonomian nasional. Dampak negatif dari pandemi sangat dirasakan penuh bagi para pelaku UMKM, antara lain sulitnya memperoleh bahan baku, permodalan, pelanggan menurun, distribusi menjadi terganggu dan produksi yang terhambat. Selain itu, ada kendala-kendala mayor yang juga dialami, yakni sulitnya membayar angsuran di bank, membayar tagihan listrik, gas dan gaji karyawan.

Dan tidak sedikit, yang melakukan Pemutusan Hubungan Kerja (PHK). Pemerintah Indonesia pun tak tinggal diam, berbagai strategi diciptakan untuk menghindari krisis ekonomi akibat pandemi. Hingga akhirnya, pemerintah pun mengeluarkan kebijakan stimulus perekonomian melalui restrukturisasi pinjaman, tambahan bantuan modal dan dukungan pembiayaan lainnya.

Perlahan-lahan dunia usaha menuju pemulihan dan kebangkitan. Kita bisa melihat keadaan saat ini, bagaimana perlahan-lahan para pelaku usaha bangkit dari mati suri. Geliat UMKM di tahun 2022 mulai menunjukan titik perbaikan, seiring pelonggaran protokol kesehatan. Tentunya kita semua berharap UMKM dapat berkembang secara inovatif, dan berkelanjutan untuk seterusnya.

FWD INSURANCE DUKUNG UMKM MELALUI SME CONNECT

Berdasarkan data dari Kemenkop UKM dan Kemenkeu, bahwa perkembangan UMKM tahun 2021 telah mencapai 64,2 juta unit usaha, dan tersebar di berbagai sektor. Potensi pasar pun menunjukan tanda yang baik, dimana 80.500 bisnis UMKM dengan jumlah karyawan 950.000. Tentunya kita semua berharap, tidak ingin jatuh kembali seperti tahun-tahun sebelumnya kan? Harus ada strategi dan perlindungan, sehingga bisa menjamin kelangsungan hidup usaha dan para karyawan. Butuh perlindungan atau proteksi untuk, agar sejahtera berkelanjutan. Para pelaku usaha UMKM, harus benar memahami soal cara mengembangkan usaha, bukan hanya mencari keuntungan saja tetapi juga mensejahterakan karyawannya. Memberikan employee benefit bagi para karyawan, dengan membayar premi yang terjangkau adalah salah satu jalan terbaik untuk maju bersama.

MENGENAL PT FWD INSURANCE INDONESIA (FWD INSURANCE)

PT FWD Insurance Indonesia (FWD Insurance), adalah perusahaan asuransi yang telah lama eksis di Indonesia. Perusahaan ini adalah bagian dari FWD Group, dimana FWD Group sendiri telah berdiri sejak tahun 2013, dan bisnisnya pun telah tersebar di wilayah Asia Pasifik dan menjangkau sekitar 10 juta nasabah.

FWD menciptakan pengalaman berasuransi yang berbeda dengan perusahaan-perusahaan asuransi lainnya, FWD berfokus menciptakan pengalaman berasuransi yang simpel, cepat, dan lancar. FWD punya produk asuransi yang inovatif, mudah dipahami serta telah didukung oleh teknologi digital. Untuk itu FWD sudah lebih unggul dibanding yang lain, karena berkomitmen mengubah cara pandang masyarakat tentang asuransi.

FWD Insurance, telah berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK), serta merupakan anggota dari Lembaga Alternatif Penyelesaian Sengketa Sektor Jasa Keuangan. FWD Insurance memiliki produk asuransi jiwa yang berkaitan dengan investasi, asuransi berjangka individu & kumpulan, asuransi kecelakaan diri individu & kumpulan, dan asuransi kesehatan kumpulan melalui jalur distribusi yang didukung teknologi terintegrasi termasuk keagenan, bancassurance, e-commerce dan korporasi.

FWD INSURANCE DUKUNG UMKM MELALUI SME CONNECT

FWD SME CONNECT PRESS LAUNCH

Pada Kamis, 22 September 2022 FWD Insurance mengadakan peluncuran Platform Digital bernama SME Connect. Press Launch bertempat di Lucy In The Sky, Jakarta Selatan dan langsung dihadiri oleh Anantharaman Sridharan, Direktur Utama FWD Insurance dan para karyawan, serta rekan-rekan Pers dan Blogger.

SME Connect merupakan platform digital, memiliki kemampuan teknologi terkini dengan banyak keunggulan dan kemudahan bagi user, khususnya bagi para pelaku UMKM dalam menyediakan employee benefit untuk karyawannya dengan premi yang terjangkau. SME Connect merupakan platform digital yang menawarkan asuransi kumpulan untuk karyawan UMKM, dan ada 3 jenis perlindungan yang dapat kamu pilih yang pastinya akan disesuaikan dengan calon nasabah (para pelaku UMKM). Premi yang ditawarkan sangat terjangkau, minimal premi sejumlah Rp5.000.000 per tahun. Produk-produk tersebut antara lain :
  1. Bebas Hidup : memberikan perlindungan jiwa untuk karyawan.
  2. Bebas Karya : memberikan perlindungan jiwa karena kecelakaan untuk karyawan.
  3. Bebas Sehat : memberikan perlindungan kesehatan untuk karyawan dan keluarga.
Dari 3 produk di atas, rasanya sudah cukup memenuhi kebutuhan para karyawan UMKM soal perlindungan jiwa. Hanya dengan mengunduh aplikasi FWD Max di smartphone, melalui fitur e-Friend semua kegiatan berasuransi dapat diakses dengan mudah, dimanapun dan kapanpun.

Pada press launch tersebut, Anantharaman Sridharan, Direktur Utama FWD Insurance mengatakan bahwa SME Connect merupakan inisiatif dari FWD Insurance, untuk meningkatkan inklusi keuangan sebagai solusi dari pesatnya pertumbuhan UMKM di Indonesia.

FWD INSURANCE DUKUNG UMKM MELALUI SME CONNECT

FWD INSURANCE DUKUNG UMKM MELALUI SME CONNECT

Peluncuran SME Connect, merupakan kepedulian dari FWD Insurance dalam berkomitmen soal memperluas akses jaringan asuransi jiwa dan kesehatan untuk masyarakat. Sejalan dengan tema #FWDUnstoppable30 tahun ini, FWD Insurance yang unstoppable dalam mengubah cara pandang masyarakat soal asuransi, dengan menghadirkan melalui produk dan pengalaman asuransi yang berbeda. Produk-produk dihadirkan dengan mudah dipahami, mudah dibeli, mudah proses klaimnya, mudah diakses, dan terlebih penting menyenangkan.

FWD Insurance dukung UMKM melalui SME Connect, inovasi ini wajib untuk kita support bersama, dengan terlibat langsung sehingga platform digital ini dapat berkembang, menjangkau dan membantu seluruh pelaku UMKM di Indonesia. Untuk informasi lebih lanjut, silakan kunjungi https://www.fwd.co.id/

34 comments

  1. Pandemi kemarin memang memberi dampak yang sangat dahsyat ya, Mbak. Termasuk bagi pelaku UMKM. Seperti terbelenggu dalam sebuah situasi, hidup segan, mati tak mau. Dan Alhamdulillah pendemi sudah semakin sirna, dan semoga keadaan terus membaik, pelaku UMKM terus semangat kembali, apalagi dengan banyak dukungan, termausk dari FWD.

    ReplyDelete
  2. FWD insurance kereen ikut mendukung upaya pemulihan ekonomi setelah pandemi. Semogaa Indonesia bangkit setelah terpuruk karena pandemi (gusti yeni)

    ReplyDelete
  3. UMKM selayaknya mendapat dukungan dari semua pihak agar terus berkembang dan maju sehingga menjadi salah satu penopang majunya perekonomian Indonesia.
    Glad to hear FWD Insurance dengan SME-nya menjadi bagian yang ikut andil untuk mendukung UMKM Indonesia

    ReplyDelete
  4. Platform Digital SME Connect ini sepertinya terobosan baru di dunia asuransi ya
    Jadi khusus menyasar para pekerja UMKM
    Keren deh, memikirkan perlindungan untuk para pekerja UMKM

    ReplyDelete
  5. FWD insurance ini unik ya, dan lebih kekinian. Inovasi dalam bidang asuransi yang memudahkan dalam banyak hal, seperti memgakses, membeli, hingga klaimnya.

    ReplyDelete
  6. Saya jg merasakan manfaatnya punya asuransi kesehatan saat aa masalah kesehatan. Maaf out of topic, sharing dong kak tentang bisnis jual barang preloved. Sy juga baru mwnggeluti bisnis ini

    ReplyDelete
  7. Keren ya FWD insurance merangkul UMKM dengan SME. Semoga kebutuhan masyarakat terhadap asuransi terpenuhi sesuai dengan manfaat dan fungsinya.

    ReplyDelete
  8. Asuransi pun ada platform digital ya sekarang... semoga UMKM tetap terbantu dengan adanya SME Connect ini..

    ReplyDelete
  9. jual barang preloved sekarang makin hits yaa, apalagi buat mendukung sustainability. SME Connect ini bakal bantu pengembangan bisnis-bisnis UMKM nih yaa, cakep!

    ReplyDelete
  10. Pelaku usaha memang perlu juga memiliki proteksi terutama buat para karyawannya, agar tetap nyaman dalam bekerja. Apalagi ini ada tiga varian produk yang bisa dijadikan pilihan

    ReplyDelete
  11. seneng kalau banyak yang ngedukung berkembangnya umkm di Indonesia ini. Semoga semakin maju ya para orang kreatif bisa disalurkan ide dan bakatnya jadi mandiri :)

    ReplyDelete
  12. Senang sekali melihat program SME Connect dari FWD ini ya mbak
    Ikut membantu pengusaha UMKM untuk terus berkembang

    ReplyDelete
  13. Wah produk asuransinya mantap banget mbak, jadi karyawan terlindungi dari musibah tak terduga ya sehingga mereka lebih fokus dan produktif saat bekerja

    ReplyDelete
  14. SME Connect ini bisa membantu UMKM untuk memberikan perlindungan kesehatan bagi karyawannya ya. Semoga semakin banyak UMKM yang peduli dengan kesehatan karyawannya..

    ReplyDelete
  15. Selalu senang dengan dukungan yang diberikan oleh UMKM dari berbagai pihak, termasuk FWD Insurance. Karena kini masa kebangkitan masa pandemi yang sangat berarti dalam bentuk sekecil apapun.

    ReplyDelete
  16. FWD ini banyak banget program keluarnya untuk kasih literasi ke masyarakat soal keuangan yaa kak, termasuk ke UMKM. Suka bangeettt, jadi edukasinya menyeluruh gituu

    ReplyDelete
  17. Asuransi penting ya jaman sekarang, apalagi untuk proteksi dimasa mendatang dimana kita tidak tahu apa yg terjadi. FWD insurance dukung UMKM cocok banget nih supaya ekonomi kita tumbuh setelah pandemi (gusti yeni)

    ReplyDelete
  18. Aku mendukung banget terhadap semua perusahaan asuransi yang mendukung kemajuan UMKM kita. Seperti FWD Insurance ini. Moga terus maju ya dan makin banyak berkontribusi untuk kemajuan UMKM di Indonesia.

    ReplyDelete
  19. pandemi mmg sangat berdampak di semua sektor, termasuk umkm ya mba.. terima kasih sharingnya, bisa menjadi masukan utk kita semua..

    ReplyDelete
  20. Semoga pelaku UMKM di Indonesia terus berkembang dengan digitalisasi di jaman sekarang. Alhamdulillah didukung juga nih sama program FWD insurance, terlebih kegiatan berasuransi sekarang dapat diakses dengan mudah, dimana aja dan kapan aja.

    ReplyDelete
  21. keren banget produk asuransi FWD ini. mendukung UMKM untuk bangkit pasca pandemi dengan asuransi perusahaan yg keren. sukses terus FWD!

    ReplyDelete
  22. banyak banget yang terkena imbas dari pandemi termasuk aku juga. Setelah kena baru deh sadar betapa pentingnya kita punya proteksi atau asuransi yang bisa melindungi kita ketika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan di masa depan nanti. Keren banget sih FWD Insurance ini karena fokus pada UMKM yang saat ini sudah mulai menggeliat kembali yaah

    ReplyDelete
  23. Btw fwd insurance ini bagus banget ya mendukung umkm dengan peluncuran SME Connect jadi meluaskan jaringan asuransi jiwa dan kesehatn untuk masyarakat. Selamat FWD Insurance!

    ReplyDelete
  24. UMKM memang berperan penting banget nih untuk perekonomian negara kita jadi memang semua pihak harus bahu membahu mendukung UMKM ini ya Mba....

    ReplyDelete
  25. aku senneg nih mba kalau banyak yang dukung umkm. soalnya bagaimanapun juga, umkm itu sangat berpengaruh ke perekonomian kita. kalo kita butuh barang2 dan makanan juga cari di ukm terdekat kan

    ReplyDelete
  26. Banyak yang terdampak akibat pandemi ya mbak...bahkan saat ini meski banyak yang mulai berbenah namun masih dirasakan dampaknya. Banyak yang kehilangan pekerjaan. FWD Insurance dukung UMKM melalui SME Connect, inovasi ini wajib untuk kita support bersama, dengan terlibat langsung sehingga platform digital ini dapat berkembang, menjangkau dan membantu seluruh pelaku UMKM di Indonesia.

    ReplyDelete
  27. Idenya bagus nih mbak. Jangankan UMKM, kadang perusahaan yg keliatan besar pun agak gmn gtu mau kasi asuransi ke karyawan, alasannya banyak. Kalau ada program kyk produk FWD khusus buat UMKM nih kan makin bikin karyawan UMKM pun lbh baik ya kesejahteraannya. Kalau sakit atau knp gtu jg gak bikin beban kantor gmn2. Thanks infonya.

    ReplyDelete
  28. FWD keren .. memperhatikan UMKM. Semoga dengan ini, UMKM di Indonesia semakin berkembang.

    ReplyDelete
  29. UMKM memang cukup terimbas pandemi ya. Mudah mudahan bisa bangkit dan lebih maju dengan dukungan banyak pihak

    ReplyDelete
  30. banyak juga ya bantuan yang bisa diberikan lewat platform ini... rasanya boleh juga untuk eksplorasi lebih jauh tentang produk - produknya

    ReplyDelete
  31. Mantap sih buat FWD Insurance ikut membantu umkm 😁👍 kerasa bangen manfaatnya dan membuat rasa tenang

    ReplyDelete
  32. Good job fwd insurance.
    semoga jadi salah satu pendukung bangkitnya ekonomi indoensia

    ReplyDelete
  33. alhamdulillah yaa, semakin banyak yang mendukung UMKM. Semoga dengan banyaknya dukungan ini UMKM semakin maju hingga dapat menopang perekonomian negara kita

    ReplyDelete
  34. Wahh kerennya FWD yang ingin mengubah pandangan masyarakat pada asuransi. Selain itu dia di dukung teknologi digital, jadi segalanya bisa cepat dan praktis.

    ReplyDelete