GEJALA UMUM WANITA DENGAN PCOS

 


GEJALA UMUM WANITA DENGAN PCOS


Wanita adalah makhluk ciptaan Tuhan, yang banyak diberikan keistimewaan. Wanita pun layak untuk dicintai, memiliki pasangan dan menikah. Seorang wanita pun diberikan anugerah, untuk mengandung dan memberikan keturunan. Memiliki keturunan adalah salah satu tujuan dari sebuah pernikahan, dan juga sebuah proses alami sebagai seorang manusia. Kehadiran seorang anak, adalah dambaan dari setiap pasangan suami istri. Anak memberikan arti dan tujuan di tengah keluarga. Namun, proses memiliki anak di dalam sebuah keluarga, tentu memiliki banyak cerita. Gak sedikit pasangan suami istri yang sulit mendapatkan keturunan, ada yang menunggu satu tahun, bertahun-tahun dan ada yang gak pake lama nunggu, langsung hamil. Ada berbagai penyebab susah hamil, mulai dari masalah kesehatan hingga pola hidup yang tidak sehat. Salah satunya adalah wanita yang menderita gangguan hormon bernama PCOS.


GEJALA UMUM WANITA DENGAN PCOS


Apa itu PCOS?

PCOS atau Sindrom Ovarium Polikistik/ Stein-Leventhal Syndrome, adalah suatu kelainan pada wanita yang ditandai dengan adanya hiperandrogenisme dengan anovulasi kronik dan tidak disertai dengan kelainan pada kelenjar adrenal maupun kelenjar hipofisis. Meski hingga saat ini, penyebab pasti terjadinya PCOS belum diketahui. Namun PCOS, juga ditandai dengan adanya gangguan gangguan hormon sindrom ovarium polikistik.


Secara umum hormon, memiliki fungsi masing-masing pada tubuh manusia. Contohnya hormon androgen, yang dikenal sebagai “hormon laki-laki”. Hormon androgen ternyata ada di dalam tubuh wanita, walaupun jumlahnya tidak sebanyak pada laki-laki. Hormon ini mengatur segala sesuatu yang berhubungan dengan organ reproduksi atau organ seksual pria dan wanita. Dalam berbagai kasus, kondisi kadar hormon androgen yang terlalu banyak pada wanita, membuat wanita berisiko mengalami gangguan hormon sindrom ovarium polikistik atau polycystic ovary syndrome (PCOS), yang mengakibatkan ovarium atau indung telur memproduksi banyak kantong-kantong berisi cairan dalam tubuh sehingga sel telur tidak berkembang sempurna dan gagal dilepaskan secara teratur setiap bulannya. Jika tidak segera ditangani dengan tepat, PCOS bisa mengakibatkan penderitanya sulit untuk hamil karena sel telur tidak dapat dilepaskan (tidak ada ovulasi). Selain itu, penyebab PCOS terjadi karena kadar hormon insulin yang tinggi,  sehingga wanita lebih rentan terkena diabetes dan hipertensi.


GEJALA UMUM WANITA DENGAN PCOS


GEJALA UMUM WANITA DENGAN PCOS

Gejala umum wanita dengan PCOS, dapat ditandai dengan gejala-gejala di bawah ini : 

  • Siklus menstruasi tidak teratur, wanita dengan PCOS sering mengalami haid kurang, sedikit dan tidak teratur.

  • Gejala Hiperandrogenisme, yaitu tumbuh kumis tipis, jambang, dan bulu berlebih, berjerawat, serta penipisan rambut kepala.

  • Gambaran polikistik pada ovarium, yang dapat diketahui saat melakukan pemeriksaan USG.

Wanita yang mengalami PCOS mengalami kondisi tidak subur, karena tidak ada sel telur yang matang, sehingga tidak terjadi pertemuan sperma dengan sel telur. Penanganan yang cepat dan tepat, merupakan solusi terbaik bagi kamu. berkonsultasilah kepada Dokter Spesialis Kandungan, khususnya dokter spesialis kebidanan dan kandungan konsultan fertilitas. Dokter akan melakukan rangkaian tindakan, seperti pemeriksaan fisik, tes laboratorium (tes darah, kadar kolesterol, tes toleransi terhadap gula darah, pemeriksaan kadar hormon androgen dan lainnya).



Health Talk Show “Penyebab Susah Hamil” di Mayapada Hospital Jakarta Selatan (MHJS)

Sabtu pagi tepatnya 3 Desember 2022, saya berkesempatan mengikuti rangkaian Health Talk Show yang diselenggarakan di Auditorium Tower 1, Mayapada Hospital Jakarta Selatan (MHJS). Acara Health Talk Show dengan judul “Penyebab Susah Hamil”, menghadirkan narasumber yang luar biasa berkompeten di bidangnya. Ada dr. Malvin Emeraldi, Sp.OG (K)FER Dokter Spesialis Kebidanan dan Kandungan, Konsultan Subspesialis Fertilitas & Hormon Reproduksi Mayapada Hospital Jakarta Selatan (MHJS). Seorang tokoh inspirasi yakni Grace Tahir, beliau adalah Direktur Mayapada Hospital dan Co-Founder Everest Media. Hadir juga memberikan sambutan yakni dr. Fiktorius Kuludong, MM, Hospital Director Mayapada Hospital Jakarta Selatan, dan Christian Eka, Sales and Marketing Director Danpac.


Pada sesi talk show, dr Malvin memaparkan perihal gangguan hormon PCOS. Menurut beliau, wanita yang mengalami PCOS akan mengalami kondisi tidak subur karena tidak ada sel telur yang matang, sehingga tidak terjadi pertemuan sperma dengan sel telur. Penjelasan yang lengkap, tentang edukasi penyebab PCOS, gejala-gejalanya dan strategi dalam penanganan PCOS berhasil kupas tuntas oleh dokter yang merupakan Dokter Spesialis Kebidanan dan Kandungan, Konsultan Subspesialis Fertilitas & Hormon Reproduksi Mayapada Hospital Jakarta Selatan (MHJS).


Saya sangat terkesan dengan testimonial ibu Grace Tahir, dimana beliau adalah penyintas PCOS. Beliau mengisahkan perjuangan untuk mendapatkan anak kedua. Ibu Grace sempat mengalami depresi, badannya sempat naik drastis. Beliau bercerita soal perjuangan yang dilakukan, hingga memberikan semangat bagi kami para peserta talk show, makasih ya ibu!


Acara health talk show, diakhiri dengan pemberian hadiah dan doorprize untuk para peserta, berupa goodie bag, free product from sponsor, saldo gopay, total Rp1.000.000, produk tes kesuburan untuk 3 penanya pertama, voucher MCU USG Lower Abdomen (Mayapada Hospital) dan lainnya.


Mayapada Hospital merupakan salah satu rumah sakit terbaik di Jakarta, Tangerang, Bogor, Surabaya dan Bandung. Mayapada Hospital memiliki dokter dan profesional kesehatan terbaik yang berkompeten dan memberikan pelayanan kesehatan berkualitas internasional untuk masyarakat, khususnya yang ada di Indonesia.


14 comments

  1. ternyata perempuan yang mengalami pcos bisa hamil alami yaa kak

    ReplyDelete
  2. Pengetahuan baru di dunia persalinan nih. Sebelumnya nggak tau mengenai PCOS, tapi setelah membaca artikel super keren ini, jadi tau sedikit soal PCOS atau gangguan hormonal pada wanita. Adik ipar saya juga sudah 3 tahun menikah belum dikaruniai keturunan. Kita doakan aja agar para ibu pejuang garis dua bisa segera dikaruniai momongan ya, aaamiiin 🤲

    ReplyDelete
  3. Pengetahuan baru di dunia persalinan nih. Sebelumnya nggak tau mengenai PCOS, tapi setelah membaca artikel super keren ini, jadi tau sedikit soal PCOS atau gangguan hormonal pada wanita. Adik ipar saya juga sudah 3 tahun menikah belum dikaruniai keturunan. Kita doakan aja agar para ibu pejuang garis dua bisa segera dikaruniai momongan ya, aaamiiin 🤲

    ReplyDelete
  4. Wanita dengan kondisi PCOS ternyata bisa hamil ya mbak bila ditangani oleh dokter kandungan dengan baik. Kadang banyak diluaran sama yang suka mencibir wanita karena susah hamil, tidak kunjung menambah momongan dan sebagainya. Padahal apa yang mereka sampaikan itu bisa jafi mentinggung perasaan. Tidak semua yang para wanita perjuangkan disampaikan ke publik, bisa jadi itu rahasia pribadi mereka. Karena sesungguhnya anak itu adalah rezeki dari Allah dan menjadi rahasia ketetapan Allah.

    ReplyDelete
  5. Informasi baru nih. Aku pernah punya teman cewek. Dia udah lama menikah dan belum juga dikaruniai keturunan. Aku menduganya sih memang PCOS ini sih. Cuma memang dia nggak cerita banyak. Hanya tahu kalau dia dan suaminya rutin konsultasi ke dokter.

    ReplyDelete
  6. Positif thinking dan optimis bahwa wanita PCOS bisa hamil alami. Maka pentingnya dalam memberikan dukungan baik dari kesayangan maupun keluarga ya. Semangat..semangat

    ReplyDelete
  7. aku pernah beberapa kali telat haid, tapi gak sampai 1 minggu lebih. Syukurnya kalau haid pun flownya light - medium - heavy. Pernah khawatir kena gejala PCOS karena beberapa kali telat haid, untungnya setelah cek ke dokter tidak ada masalah.

    Semoga yang lagi berjuang melawan PCOS bisa segera sembuh

    ReplyDelete
  8. Wanita dengan PCOS tetep punya kesempatan hamil jika ditangani dengan baik oleh dokter yang tepat. Paling berat dengan tekanan psikologis biasanya. Harus ada dukungan dari orang orang terdekat ya

    ReplyDelete
  9. Meski terlihat mustahil untuk hamil, selama tak putus ada harapan selalu ada, meskipun terdeteksi adanya PCOS

    Untuk urusan hamil memang Hak prerogatif Tuhan. Tapi ya kitanya wajib untuk tetap usaha

    ReplyDelete
  10. makasih kak infonya. penting banget nih ilmu tentang PCOS ini. tapi semoga kita semua dihindarkan dari segala penyakit ya, apa pun itu

    ReplyDelete
  11. terima kasih banyak kak atas infonya. aku jadi belajar tentang PCOS, padahal tadinya gak ngerti apa. semoga kita semua dihindarkan dari segala jenis penyakit ya.

    ReplyDelete
  12. Gejala PCOS ini masih tampak seperti gejala umum ya, jadi mungkin lebih sering diabaikan penderitanya. Soalnya kalau penipisan rambut contohnya, ini bisa ada banyak faktor. Begitu pun saat haid tidak teratur dan sedikit. Better sih kalau ada gejala seperti ini, sesamar apa pun, memang sebaiknya segera memeriksakan diri saja kali ya, Kak?

    ReplyDelete
  13. Sejujurnya, aku baru memahami PCOS dari artikel-artikel yang dituliskan seperti kak Gina ini. Karena informasi baru, sehingga bisa dijadikan pengetahuan bagiku yang memiliki anak-anak perempuan. Pahami alarm tubuh dan segera dilakukan pengobatan ketika sudah ada tanda-tanda yang tidak sesuai..

    ReplyDelete
  14. Haid tidak teratur. Nah gejala ini emang penting banget kita waspadai. Bukan hanya PCOS, tapi penyakit lain pun bisa jadi kalau udah ada gejala satu ini. Misalnya miom.

    ReplyDelete