CANVA MEMBANTU MEMBUAT KONTEN DIGITAL



CANVA MEMBANTU MEMBUAT KONTEN DIGITAL


Menjadi seorang blogger profesional sudah saya jalani kurang lebih 3 tahun lamanya. Walaupun bagi saya, waktu seperti itu terbilang masih sebagai blogger pemula. Padahal, rekan-rekan blogger yang saya kenal, mereka telah menjalani profesi blogger dan bekerja secara profesional kurang lebih 5 tahun hingga 20 tahun. Wow banget kan! Jadi blogger, bisa konsisten dan profesional.


Sebelum terjun menjadi seorang blogger profesional, saya memulai menulis blog disaat saya masih duduk di bangku SMA. Internet pada saat itu, lagi booming banget. Saya mencoba mulai menulis artikel pada halaman website yang menyediakan layanan blog online secara gratis, serta rutin menulis artikel, puisi dan cerita di beberapa platform media sosial. 


CANVA MEMBANTU MEMBUAT KONTEN DIGITAL


Tahun demi tahun berganti, saya pun masih setia menulis blog. Meskipun saya menjalaninya, penuh dengan suka dan duka namun semua itu saya syukuri. Karena menulis blog, adalah passion saya. Memang enak ya? Jika kita bekerja sesuai dengan passion dan hobi, sehingga gak merasakan bosan dan lelah. Tetapi namanya juga sebuah kehidupan, walaupun profesi yang disenangi sekalipun, pastilah tak luput dari tantangan atau duka. Salah satu contohnya adalah, sulitnya saya membagi waktu antara keluarga, pekerjaan utama dan menulis blog. Karna hingga sekarang, saya masih sebagai karyawan disebuah bank swasta. Saya sering menulis blog di sela-sela jam istirahat kantor. Saya juga terbiasa menulis pada akhir pekan, kegiatan tersebut biasa saya lakukan pada minggu siang. Untuk lebih optimal dalam mempersiapkan sebuah pekerjaan, dan atau mempersiapkan sebuah blog, kamu harus mengikuti langkah di bawah ini ;


CANVA MEMBANTU MEMBUAT KONTEN DIGITAL


Mencari inspirasi dan Ide

Tantangan yang satu ini, paling banyak dirasakan oleh para penulis, dan blogger. Agar tulisan diminati dan dinikmati pembaca tentunya saya harus mencari inspirasi dan memiliki ide-ide yang beda dan menarik. Hal tersebut, didapatkan dari macam-macam referensi, sumber, research dan lainnya.


Waktu

Hal tersebut yang menjadi tantangan buat saya pribadi, yang terkadang sulit membagi waktu antara keluarga, pekerjaan dan menulis blog. Saya mengatur waktu sedemikian mungkin, agar dapat menyelesaikan satu per satu deadline tulisan, tugas di kantor hingga pekerjaan rumah. Biasanya saya menulis blog di sela-sela jam istirahat di kantor atau pada siang hari, disaat akhir pekan.


Berfokus pada topik tertentu

Fokus menulis pada topik tertentu, atau para blogger menyebutnya dengan “niche”. Sebaiknya blogger memiliki niche, atau dapat membahas topik tertentu. Kalau saya, memiliki niche “lifestyle”, jadi saya pun dimudahkan untuk mencari ide atau konten dalam blog. Karena niche lifestyle, punya banyak hal-hal untuk dibahas seperti topik jalan-jalan, kecantikan, film, musik dan lainnya. Udah paling aman deh pokoknya, kalau memilih niche lifestyle.


Memiliki desain gambar dan video yang menarik

Sebuah tulisan yang akan dijadikan artikel dan tayang pada website pribadi atau website klien, tentunya harus memiliki desain gambar dan atau video yang menarik. Agar pembaca tidak bosan saat berkunjung pada laman blog kamu. Pembaca akan dimanjakan dengan tampilan desain grafis yang menarik, penuh warna dan up to date. Oleh sebab itu, kamu pun perlu mengetahui bagaimana cara membuat konten digital. Simak ulasannya di bawah ini :


CANVA MEMBANTU MEMBUAT KONTEN DIGITAL



CARA MEMBUAT KONTEN DIGITAL

Konten merupakan sebuah informasi yang didistribusikan melalui media sosial atau disebarkan dalam sebuah perangkat digital. Bagi saya, sebagai blogger profesional tentunya sangat akrab dengan konten digital, baik itu berasal dari konten kreator atau pun konten digital yang saya buat sendiri. Pada saat saya menulis blog, pastinya saya akan membuat konten digital, agar blog saya menjadi lebih menarik dan enak dibaca. Diantaranya saya membuat;


Banner Blog

Yaitu sebuah gambar atau grafis yang disisipkan pada kepala blog, atau di bagian headlinenya.


Infografis

Konten digital yang menampilkan informasi dari blog tersebut. Kebanyakan infografis berisikan; cara, langkah hingga rangkuman tips yang disertai gambar dan huruf yang menarik dan enak dibaca.


Konten Promosi

Setelah blog selesai dipublish, pastinya kamu ingin mendapatkan feedback dari para pembaca. Selain membuat banner dan infografis, saya pun membuat konten digital untuk media sosial, sebagai sarana mempromosikan artikel terbaru pada blog saya. Adapun konten digital tersebut antara lain; reels, tiktok hingga video youtube. 


Konten digital tersebut di atas, bisa dieksekusi jika kamu mengetahui cara membuat konten digital. Cukup mudah sih, kamu hanya perlu memilih dan menguasai sebuah aplikasi desain grafis yang dapat memenuhi segala kebutuhan kamu. Aplikasi membuat konten digital, kini semakin marak dan tersedia. Aplikasi membuat desain grafis, kini dapat diunduh melalui smartphone hingga komputer. Ada banyak software yang tersedia, dari yang mudah hingga software yang diperuntukan untuk para profesional. Untuk hal tersebut, saya punya rekomendasi aplikasi yang dapat dijadikan pilihan, yaitu CANVA.

CANVA MEMBANTU MEMBUAT KONTEN DIGITAL

MENGENAL CANVA

Sebuah platform pembuatan konten digital, yang mudah dan praktis. Canva bisa digunakan secara online melalui browser desktop atau melalui smartphone. Canva terus berkembang dari waktu ke waktu, platform ini bisa memberikan kemudahan termasuk untuk para blogger. Kamu bisa membuat banyak hal dengan Canva, seperti :

  • Membuat presentasi, seperti PowerPoint.

  • Membuat konten media sosial, seperti feed, story, dan Ads untuk instagram, facebook, twitter, youtube, linkedin, tik tok hingga pinterest dengan pilihan animasi atau statik.

  • Membuat produk cetak, seperti kalender, kartu nama, sticker, kartu pos, poster, label, kop surat, dan lainnya.

  • Membantu menyusun format resume, CV, letterhead, proposal, sertifikat, serta berbagai kartu dan undangan.

  • Menyusun infografis, mind map, kolase foto, virtual background, format kalender, worksheet, planner, peta konsep, dan wallpaper/background layar gadget.


Fitur Canva

Fitur di Canva termasuk fitur yang paling mudah untuk digunakan semua orang, termasuk bagi kamu yang masih gaptek. Fitur-fitur di Canva begitu mudah dipahami, dan dapat digunakan dalam hitungan menit.

  • Canva memiliki lebih dari 750.000 template, yang dapat kamu pilih. Template yang tersedia pun dapat diubah, sesuai dengan kebutuhan dan keinginan kamu.

  • Canva memiliki 900 lebih ilustrasi dan ikon. Kamu bisa memilih sesuai tampilan, seperti ilustrasi 3D atau ilustrasi animasi GIF.

  • Canva dapat mengimport file pdf, dengan mengubah file tersebut menjadi elemen-elemen secara cepat.

  • Canva memiliki fitur Canva Live, dimana kamu dapat mengadakan presentasi secara online. Fitur ini juga sangat aman, karena jika ingin bergabung dalam Canva Live kamu harus memasukan 6 digit kode dari Canva.

  • Text Customization, kamu bisa membuat dokumen dan file tekstual. Hanya dengan, memilih menu Text di sebelah kiri halaman editor lalu pilih jenis font, warna, dan ukuran yang diinginkan. Teks yang disediakan dengan animasi, sehingga dokumen menjadi makin dinamis.

  • Canva Teams, fitur yang menarik ini memberikan kamu kesempatan untuk melakukan desain grafis berkelompok atau bersama teman dan rekan kerja. Kamu hanya perlu mengundang teman atau anggota tim, dengan mengikuti petunjuk di Canva.

  • Grid Desain dan Foto, pada fitur ini kamu bisa mengedit foto dengan mempercantik menggunakan filter ataupun dengan grid yang memiliki fungsi mengatur layout foto dengan rapi. Fitur grid tersebut, tersedia dengan tata letak dan jumlah frame; 2-16 grid.

  • Desain Frame, Canva menyediakan berbagai macam bentuk frame, antara lain  frame standar, film foto, dan ada yang menyerupai foto polaroid.


CANVA MEMBANTU MEMBUAT KONTEN DIGITAL


Perbedaan Canva Free dan Canva Pro

Canva terdiri dari versi Free dan versi Pro. Versi Free, berupa versi yang standar, namun dengan versi Free kamu dapat menggunakan versi Pro hanya dengan melakukan uji coba gratis dengan melakukan penawaran terbaik dengan harga yang terjangkau. Canva Pro adalah aplikasi Canva versi premium, dimana semua fitur dapat digunakan. Beberapa perbedaan antara Canva Free dan Canva Pro, adalah :


Stok Foto, Video, Gambar dan Grafik

Canva versi Free pada ketersediaan foto, video, gambar dan grafik yang dibatasi. Sedangkan Canva versi Pro, dapat menggunakan seluruh akses foto, video, gambar dan grafik. Kamu akan menemukan 100 juta lebih gambar, video, ikon, diagram, dan elemen gratis lainnya.


Brand Kit Manager

Brand Kit adalah tool unggulan untuk membantu kamu mengembangkan konten digital menjadi lebih baik. Jika kamu menggunakan versi Pro, kamu mendapatkan akses untuk membuat 100 palet warna yang terdiri dari 100 warna serta dapat mengunggah logo dan font Anda. Sedangkan untuk versi free, kamu hanya bisa membuat satu palet warna yang terdiri dari 3 warna saja serta tidak bisa mengunggah file logo ataupun font.


Jumlah Template

Dengan memakai Canva Pro, kamu berhak menggunakan dan mengakses semua template di Canva. Berbeda dengan Canva Free, akses menggunakan template sangat terbatas.


Akses Tim

Jika menggunakan Canva Free, anggota tim akan diberi akses ke desain untuk melihat (view) dan mengedit (edit). Dan untuk versi Pro, tim kamu dapat melihat, mengedit, sekaligus menggunakan sebagai referensi (use as reference) karena kamu membagikan link sebagai template (share link as template).


Background Remover

Fitur ini hanya tersedia pada Canva Pro, kamu dapat menghapus background gambar apapun hanya dengan satu klik saja. 


Magic Resize

Satu lagi fitur yang hanya tersedia pada Canva Pro, yaitu Magic Resize. Fitur ini memungkinkan kamu mengubah ukuran satu desain ke dalam format ukuran platform media sosial tertentu. Magic Resize akan mengubah ukuran desain ke dalam ukuran default masing-masing platform.

Kapasitas Penyimpanan

Canva Free menyediakan kapasitas penyimpanan cloud hanya 5 GB, sedangkan versi Pro bisa mencapai 100 GB.

CANVA MEMBANTU MEMBUAT KONTEN DIGITAL

CARA MENGGUNAKAN CANVA

Ikuti langkah di bawah ini :

  1. Sign in up 

  2. Akan muncul tampilan ; sign up with email

  3. Isilah data-data dengan benar

  4. Setelah itu tekan tombol “get started”

  5. Kamu akan diwajibkan memasuki kode yang dikirimkan melalui email

  6. Masukan kode

  7. Kamu telah berhasil masuk ke Beranda akun Canva kamu.

CANVA MEMBANTU MEMBUAT KONTEN DIGITAL

Berbagai desain grafis yang menarik dan enak dipandang mata, telah saya hasilkan dengan menggunakan Canva. Canva membantu membuat konten digital, beragam konten digital yang telah berhasil saya buat seperti feed di instagram, ig story hingga konten reels.

Saya pernah memakai banyak aplikasi dan software desain grafis, namun Canva adalah yang terbaik. Aplikasi yang sangat user friendly, petunjuk pembuatan pada aplikasi begitu mudah. Dan pilihan tipe file, sesuai dengan kebutuhan pun tersedia.


No comments