Astra Life Syariah, Pilihan Asuransi Dengan Segudang Kebaikan di Bulan Ramadan

Astra Life Syariah, Pilihan Asuransi Dengan Segudang Kebaikan di Bulan Ramadan

Di bulan Ramadan yang penuh berkah, sudah selayaknya kita melakukan kebaikan sesuai dengan ajaran syariah. Entah mengapa suasana Ramadan tuh seperti menghipnotis kita selama sebulan, untuk menjadi lebih adem dan kalem. Saya sendiri ikut merasakan dimana setiap orang berlomba-lomba untuk berbuat kebaikan.

Prinsip tolong-menolong menjadi lebih kental terasa saat Ramadan. Orang menjadi lebih tergerak untuk tolong-menolong sesama, mulai dari hal sederhana saja, salah satu adalah dengan membagikan takjil menjelang waktu berbuka puasa.

Tahukah kamu bahwa prinsip tolong-menolong adalah konsep dasar asuransi syariah loh! Mengutip dari laman OJK, konsep asuransi syariah ini ternyata sudah ada sejak zaman Rasulullah SAW melalui sistem Al-Aqilah, yaitu jika terjadi kematian maka warga secara bersama-sama atau pihak yang dinilai bertanggung jawab memberikan sejumlah uang kepada ahli waris, yang mana hal ini jika terjadi kasus seseorang mati karena terbunuh.

Praktik dasar asuransi syariah terus berkembang bahkan setelah zaman Rasulullah, diprakarsai dengan berdirinya perusahaan asuransi syariah di Sudan dan Arab Saudi pada tahun 1979. Lalu berlanjut, diikuti sejumlah negara seperti Swiss, Luxemburg, Bahama dan Bahrain pada tahun 1983. Perkembangan asuransi syariah di Asia pertama kali ada di Malaysia pada tahun 1985 dan di Indonesia pada tahun 1994.

Astra Life Syariah, Pilihan Asuransi Dengan Segudang Kebaikan di Bulan Ramadan

Mengenal Asuransi Syariah

Terus, kenapa sih harus pilih asuransi syariah? Karena dalam asuransi syariah tidak ada unsur ketidakpastian (gharar), alias prinsipnya asuransi syariah itu lebih transparan dibanding asuransi konvensional. Jadi, kalau mau kita kupas berikut ini perbedaan karakteristik asuransi syariah dengan asuransi konvensional, yaitu :
  1. Konsep asuransi syariah adalah berbagi risiko antar sesama peserta, sementara asuransi konvensional konsepnya mentransfer risiko ke perusahaan asuransi.
  2. Terdapat beberapa akad dalam asuransi syariah, diantaranya tabarru dan tijarah, sementara asuransi konvensional akadnya jual beli.
  3. Kepemilikan dana dalam asuransi syariah terbagi antara peserta dan perusahaan asuransi, sementara dalam asuransi konvensional dana milik perusahaan sepenuhnya.
  4. Pilihan investasi dalam asuransi syariah hanya yang sesuai syariah, sementara pada asuransi konvensional investasinya tak terbatas termasuk ke perusahaan rokok, minuman keras ataupun industry/produk non halal lainnya.
  5. Sumber dana pembayaran klaim pada asuransi syariah merupakan dana tabarru yang merupakan milik bersama antar peserta, sedangkan dana klaim pada asuransi konvensional merupakan dana dari perusahaan asuransi.
  6. Salah satu keunggulan asuransi syariah yang tidak dimiliki asuransi konvensional bahwa pelaksanaan asuransinya diawasi oleh Dewan Pengawas Syariah.
Oh ya, sudah tahu belum bahwa asuransi syariah ini berlaku universal loh, artinya siapa saja bisa memiliki asuransi syariah, gak hanya terbatas untuk umat muslim saja.

Astra Life Syariah, Pilihan Asuransi Dengan Segudang Kebaikan di Bulan Ramadan

Tips Memilih Asuransi Syariah

Memilih asuransi syariah tidak boleh asal pilih agar menjadi perlindungan yang amanah, dan berfaedah bagi diri sendiri maupun keluarga. Yuk! simak beberapa tips untuk memilih produk asuransi syariah yang tepat untuk #LengkapiCintadanKebaikan di bulan Ramadan, yaitu:

  1. Kenali kebutuhan kita. Pahami berbagai jenis asuransi dan tentukan asuransi apa yang kita butuhkan, apakah asuransi jiwa, asuransi kesehatan, atau asuransi Pendidikan.
  2. Cari referensi dan tentukan produknya. Ibarat belanja buah di pasar, tentunya kita akan teliti memilah dan memilih buah yang terbaik. Beberapa perusahaan asuransi menyediakan fasilitas kalkulator asuransi seperti #AstraLifeSyariah.
  3. Pastikan perusahaan asuransinya terdaftar dan diawasi oleh OJK dan Dewan Pengawas Syariah.
  4. Pelajari akad/kontrak asuransi sebelum menandatanganinya dan tanyakan jika ada klausul yang membingungkan. Pelajari juga ilustrasi yang diberikan oleh perusahaan asuransi,
  5. Pertimbangkan manfaat asuransi apakah sudah memenuhi kebutuhan kita. Misal yang kita butuhkan asuransi kesehatan, ya pastikan asuransinya mencakup perlindungan dan mengcover biaya rumah sakit.

Astra Life Syariah, Pilihan Asuransi Dengan Segudang Kebaikan di Bulan Ramadan

Pilihan Asuransi Syariah Astra Life

Karena hidup ini indah, Astra Life memiliki filosofi #LoveLife yang bermakna bahwa kita harus bisa menikmati hidup dengan ketenangan pikiran karena memiliki perlindungan asuransi dari risiko yang dapat menggagalkan impian hidup kita. Filosofinya ibarat kita melompat tinggi di atas trampolin tanpa takut terjatuh. Asuransi #AstraLifeSyariah memiliki beberapa produk unggulan loh, yuk kita kupas satu persatu ya.

Flexi Life Syariah

Menurut saya, asuransi pertama yang wajib dimiliki seseorang terutama bagi yang sudah berkeluarga atau merupakan tulang punggung keluarga adalah asuransi jiwa. Kenapa? Karena ini bentuk tanggung jawab finansial kita untuk melindungi keluarga atau orang tercinta bahkan setelah kita tiada.

Asuransi Flexi Life Syariah merupakan asuransi jiwa murni dengan manfaat santunan tutup usia hingga Rp 2M tanpa cek medis. Selain itu, bonusnya tuh kita juga dapat loh 200% santunan tutup usia akibat kecelakaan dan juga perlindungan atas Covid-19.

Walaupun produk ini merupakan asuransi jiwa murni, tapi ini dia nih salah satu keunggulannya yang menurut saya oke, yaitu perlindungan asuransi ini otomatis diperpanjang setiap tahun jadi gak perlu repot daftar ulang. Sistem klaimnya juga sudah online jadi lebih praktis deh. Mau beli produknya? Mudah banget kok langsung aja buka laman https://ilovelife.co.id/products/product-life-syariah/6448.

Oh ya, satu hal lagi yang menurut saya penting jika kita memiliki asuransi, pastikan pasangan atau anggota keluarga kita tahu, sehingga jika terjadi kejadian tak terduga misalkan kita sakit atau kecelakaan maka keluarga bisa tetap membayarkan preminya sehingga perlindungannya tetap aktif. Nah, untuk pembayaran premi tahunan lebih hemat loh karena kita cukup bayar premi 10 bulan aja loh!

ASLI Asya Proteksi Syariah

Buat kamu yang suka asuransi yang dikaitkan dengan investasi, artinya kamu pasti suka produk asuransi jiwa unit link ASLI Asya Proteksi Syariah. Produk ini memberikan perlindungan menyeluruh loh mulai dari asuransi jiwa, terminal illness, cacat total dan tetap hingga manfaat mudik lebaran.

Satu yang menarik buat saya itu adalah manfaat mudik Lebaran, yaitu tambahan manfaat 50% jika peserta tutup usia akibat kecelakaan saat mudik lebaran. Gak heran, makanya Ramadan ini jadi saat yang tepat nih untuk memiliki produk ASLI Asya Proteksi Syariah.

Oh ya, untuk memiliki asuransi ini, peserta harus berusia minimal 30 hari sampai dengan maksimal 70 tahun. Untuk pemegang polisnya, syaratnya harus minimal berusia 18 tahun ya.

Gak cuma itu loh, kalau kamu punya asuransi ini kamu bisa mendapatkan Bonus loyalitas awal tahun polis ke-11 dan ke-16 masing-masing 25%. Serta tambahan booster investasi 3% mulai awal tahun polis ke-11 hingga berakhirnya polis. Belum lagi ada klausul manfaat nilai dana 100% di akhir masa polis. Informasi selengkapnya bisa dicek melalui laman https://www.astralife.co.id/produk-syariah-asuransi-dasar/asli-asya-syariah-protection/.

AVA iFamily Protection Syariah

Kamu mau asuransi yang terjangkau mulai dari Rp90.000,- per bulan? Produk asuransi jiwa berjangka AVA iFamily Protection Syariah memberikan perlindungan terhadap risiko meninggal dunia, meninggal dunia akibat kecelakaan, santunan dana kecelakaan, penggantian biaya rawat jalan darurat karena kecelakaan, serta santunan harian rawat inap dan rawat inap ICU.

Setelah Ramadan, kita akan menyambut masa ibadah haji, nah asuransi ini juga memberikan tambahan manfaat, berupa manfaat meninggal dunia saat menunaikan ibadah haji, umrah serta mudik lebaran.

Masih mau bonus lagi? Tenang, masih ada diskon kontribusi hingga 20% jika menambahkan keluarga inti sebagai Peserta Tambahan Yang Diasuransikan dalam satu polis. Mantul banget kan? Tunggu apalagi, kamu bisa dapetin produk ini di cabang PermataBank terdekat atau melalui laman https://www.astralife.co.id/produk-syariah-asuransi-dasar/ava-ifamily-protection-syariah/.

Mumpung masih di bulan yang penuh berkah, yuk #LengkapiCintadanKebaikan Ramadan dengan perlindungan terbaik dari produk-produk asuransi Astra Life yang sesuai dengan kebutuhan kamu. Untuk ketenangan dan keberlangsungan hidup kita bersama keluarga jangan ditunda ya. I Love Life!

untuk info lebih lanjut, kamu bisa klik, follow, dan mention Instagram @ilovelife.co.id @astralifeid



Sumber artikel :

https://sikapiuangmu.ojk.go.id/FrontEnd/CMS/Article/20595

https://www.cermati.com/artikel/9-tips-memilih-asuransi-syariah-berkualitas

No comments