PESONA KEINDAHAN HUTAN HUJAN TROPIS DI INDONESIA


PESONA KEINDAHAN HUTAN HUJAN TROPIS DI INDONESIA


Gak pernah putus untuk terus merasa bangga karena telah lahir di Indonesia. Karena Indonesia punya banyak sekali pesona keindahan dan keberagamannya. Mulai dari letak geografis Indonesia, yang diapit oleh dua benua besar yakni benua Asia dan benua Australia. Indonesia juga diapit oleh dua Samudera hindia dan Samudera Pasifik.


Indonesia adalah salah satu negara yang memiliki keberagaman suku bangsa, dan ribuan kelompok suku bangsa yang tinggal dan menetap di Indonesia. Indonesia pun dikenal memiliki adat istiadat yang kental, hingga menjunjung toleransi antar umat beragama yang begitu tinggi. 


Selain itu, Indonesia menjadi negara terindah karena memiliki panorama alam indah nan eksotik. Hal tersebut, membuat Indonesia memiliki daya tarik bagi para turis mancanegara. Salah satu bagian dari pesona Indonesia, adalah pesona keindahan hutan Indonesia.


PESONA KEINDAHAN HUTAN HUJAN TROPIS DI INDONESIA


KEBERADAAN HUTAN DAN MANFAATNYA

Keberadaan hutan di seluruh belahan bumi begitu penting, dan membawa dampak positif yang sangat banyak bagi lingkungan, makhluk hidup termasuk manusia. Hutan ditumbuhi berbagai macam tanaman lebat, yang berfungsi menyerap karbondioksida yang ditimbulkan dan digunakan oleh manusia. Ada beberapa manfaat hutan bagi keberlangsungan hidup manusia dan lingkungan, antara lain :


  1. Paru-paru Dunia

Wilayah hutan yang begitu luas, dengan ditumbuhi banyaknya tanaman lebat akan bermanfaat dalam menyerap karbondioksida. Hutan merupakan pemasok oksigen paling besar di bumi, yang bermanfaat bagi manusia, hewan dan tumbuh-tumbuhan.

  1. Menjaga dan Mempertahankan Kesuburan Tanah

Tumbuh-tumbuhan yang ada hidup di dalam hutan, sangat berperan dalam menyuburkan tanah. Dengan proses alami, daun-daun berguguran kemudian membusuk hingga terurai di atas permukaan. Hal tersebut bermanfaat dalam menjaga dan mempertahankan kesuburan tanah.

  1. Tempat Tinggal Makhluk Hidup

Jutaan manusia, hewan hingga tumbuh-tumbuhan hidup di wilayah hutan. Berproses secara alami, sebagai sumbangsih kelestarian alam.

  1. Sumber Keanekaragaman Hayati

Makhluk hidup yang mendiami wilayah hutan, akan berkembang biak dan bermanfaat dan dimanfaatkan sebagai sumber makanan, dan juga obat-obatan.

  1. Cegah Terjadinya Bencana Alam

Hutan dapat mencegah erosi tanah, hingga banjir. Hutan pun dapat mengatur tata air hidrologis yang berfungsi dengan baik.


PESONA KEINDAHAN HUTAN HUJAN TROPIS DI INDONESIA


KEINDAHAN HUTAN HUJAN TROPIS INDONESIA

Indonesia memiliki hutan tropis yang begitu indah dan eksotik. Indonesia adalah negara dengan hutan hujan tropis terluas ketiga di dunia dan di seluruh wilayah Asia. Hutan hujan tropis adalah salah satu jenis hutan yang terletak pada garis ekuator pada 23,50 lintang utara dan 23,50 lintang selatan, sehingga memiliki temperatur yang hangat dan hampir terpapar sinar matahari sepanjang tahun.


Adapun ciri-ciri hutan hujan tropis, antara lain; mempunyai kelembaban udara tinggi, mengandung genangan air, memiliki pohon tinggi dan lebat, hingga cepat beregenerasi terhadap kerusakan yang alami.


Hutan hujan tropis tersebar di wilayah Sumatera, Kalimantan, Sulawesi hingga Papua. Hutan tropis di Indonesia menjadi rumah bagi para makhluk hidup, seperti tumbuhan dan hewan. Banyak spesies unik, yang ditemukan dan berasal dari hutan tropis di Indonesia. Beragam jenis anggrek, dan beberapa diantaranya adalah endemik dan hanya dapat ditemukan di Indonesia, salah satunya Anggrek Hitam (Coelogyne pandurata) yang hanya bisa tumbuh di Pulau Kalimantan. 


Bunga Rafflesia Arnoldi pun ada di hutan Indonesia, dan pertama kali ditemukan pada abad 18 di pedalaman Manna, Bengkulu Selatan oleh Joseph Arnold seorang dokter, pecinta alam, dan penjelajah. Bunga Rafflesia Arnoldi termasuk ke dalam tumbuhan endemik, langka dan terancam punah. Keberadaannya hanya terdapat pada beberapa lokasi hutan hujan tropis Asia Tenggara. Dari 17 spesies, 11 spesies hidup di hutan hujan tropis Sumatera, Jawa, dan Kalimantan.


PESONA KEINDAHAN HUTAN HUJAN TROPIS DI INDONESIA


FAKTA KEBAKARAN HUTAN DI INDONESIA

Keberadaan hutan di Indonesia, tak lepas dari berbagai ancaman. Salah satu ancamannya adalah kebakaran hutan. Penyebab kebakaran hutan di Indonesia, ada dua yaitu karena alam dan berasal dari ulah manusia. Kebakaran yang tidak direncanakan dan dipicu karena adanya cuaca yang buruk, kekeringan berkepanjangan, erupsi gunung berapi, petir, hingga perubahan iklim. Kebakaran hutan secara alami, yang sering terjadi di Indonesia diakibatkan oleh musim kemarau yang panjang dan angin yang kencang, memicu api yang meluas dan akhirnya kebakaran hutan dan lahan sulit untuk dikendalikan. 


Kebakaran hutan pun tak luput dari kesengajaan manusia. Mulai dari merokok di hutan, menyalakan api unggun, perburuan hewan liar dengan senjata api yang dapat memicu percikan api, pembukaan lahan perkebunan sawit, penebangan pohon secara besar-besaran, illegal logging, perambahan, hingga pakan ternak guna mendapatkan kualitas rumput yang bagus dan mempunyai tingkat palatabilitas tinggi, biasanya masyarakat membakar kawasan padang rumput yang sudah tidak produktif.


#BersamaBergerakBerdaya MENJAGA HUTAN INDONESIA

Kebakaran hutan dan lahan yang terus menerus terjadi di Indonesia dapat menimbulkan kerugian ekonomi, sosial budaya dan politik. Meskipun di dalam 3-4 tahun terakhir pemerintah Indonesia berhasil mencegah terulangnya bencana asap lintas batas (transboundary haze pollution), namun pencegahan kebakaran hutan di Indonesia menjadi poin penting serta sebagai langkah utama. Selain tugas pemerintah, kita sebagai warga negara Indonesia harus #BersamaBergerakBerdaya menjaga hutan Indonesia #UntukmuBumiku


Dalam menjaga kelestarian hutan, kita perlu melakukan hal-hal sederhana di bawah ini;

  1. Tidak menebang pohon sembarangan

  2. Menanam pohon

  3. Merawat dan menjaga hutan

  4. Melakukan tebang pilih

  5. Ikut mendukung konservasi sumber daya alam.


Selain itu, di setiap tahun pada tanggal 7 Agustus merupakan peringatan Hari Hutan Indonesia, yang mana dijadikan momentum untuk meningkatkan kesadaran dan kepedulian masyarakat Indonesia terhadap pelestarian hutan Indonesia. Tema tahun ini, mengusung “Jaga Hutan, Jaga Iklim”. 


PESONA KEINDAHAN HUTAN HUJAN TROPIS DI INDONESIA


Siapapun kita, apapun kondisi kita diharapkan kita dapat turut serta berperan aktif dalam menjaga dan melestarikan hutan bersama-sama.


Yuk #BersamaBergerakBerdaya menjaga hutan!”


13 comments

  1. Semoga kita semua bisa turut andil menjaga kelestarian hutan hujan walaupun dengan aksi kecil.

    ReplyDelete
  2. Alhamdulillah. Kita bisa jadi orang asli Indonesia yah, Mbak. Memang pesona alamnya nggak pernah gagal sih, termasuk hutan hujan tropisnya, yg punya buanyak manfaat buat kehidupan makhluk hidup.

    ReplyDelete
  3. hutan di indonesia emang bagus dan beragam.. harus banget kita jaga, terutama hutan yang ada di kalimantan. agak deg2an sih ya karena ibukota juga mau pindah ke sana mba

    ReplyDelete
  4. Indonesia ini sangat indah, Mbak. Sudah diakui di seluruh dunia. Keindahan alamnya terbentang dari sabang sampai merauke. makanya harus terus dijaga dan dilestarikan, pastinya terutama menjaga kelestarian hutan yang banyak memberi manfaat bagi kehidupan.

    ReplyDelete
  5. Hutan hujan tropis memang luas banget di negara kita. Dan sayangnya semakin lama semakin berkurang berganti untuk tanaman produksi.. semoga hutan kita tetap lestari ya

    ReplyDelete
  6. Kalau bicara hutan Indonesia, beneran deh bangga. Sebagai mantan guru di sekolah alam, Alhamdulillah saya sempat berkunjung ke beberapa hutan di Indonesia. Salah satunya di Ujung Kulon. Beneran, keren hutannya. Tapi sedih juga sih jika melihat berita kebakaran hutan. Semoga, kebakaran hutan ini tidak lagi terjadi.

    ReplyDelete
  7. Seandainya ada komunitas macam Pandawara yang berjuang menyuarakan pelestarian hutan. Kangen sama suasana alami.

    ReplyDelete
  8. Kalau bersama kita berkontribusi, bukan hal yang gak mungkin untuk menjadikan hutan kita tetap lestari. Yuk jaga bersama

    ReplyDelete
  9. Indonesia kaya dengan berbagai hutannya sehingga dikenal dengan paru-paru dunia. Maka jangan sampai paru-paru ini sakit karena sering dilakukan penebangan liar ya kak. Harus dijaga dan dilestarikan. Kalau mau tebang, ya pastikan dengan sistem tebang pilih biar hutan tetap terjaga

    ReplyDelete
  10. Dengan adanya keunikan hutan dan keadaannya, maka hutan ini menjadi sebuah harapan bagi keseimbangan dunia. Sedihnya, ada banyak ulah usil manusia sehingga membuat hutan jadi rudak bahkan sampai gundul.
    Semoga dengan kita semua turut berperan aktif dalam menjaga dan melestarikan hutan bersama-sama, hutan Indonesia tetap terjaga dan lestari.

    ReplyDelete
  11. Wah iya Karhutla sampai saat kni jadi PR besar buat Indonesia. Terlebih lagi karena sekaranh lagi badai El Nino ya

    ReplyDelete
  12. Jaga Hutan Jaga Iklim
    Itu jasi jadi tanggung jawab bersama ya mbak
    Dan bisa kita lakukan dengan cara cara sederhana

    ReplyDelete
  13. Yuk, kita sama sama menjaga hutan
    Banyak sekali manfaatnya
    Bahkan sampai generasi mendatang

    ReplyDelete