TIPS MERAWAT MOTOR MATIC YANG DIGUNAKAN SETIAP HARI


TIPS MERAWAT MOTOR MATIC YANG DIGUNAKAN SETIAP HARI

Saya termasuk orang yang sering menggunakan motor, saya rutin menggunakannya untuk bepergian ke kantor pada hari senin sampai dengan jumat, serta aktivitas lainnya di akhir pekan. Motor yang saya miliki adalah motor matic, selain mudah untuk dijalankan dan dikendarai, motor matic juga hemat bbm. Jarak rumah dan kantor saya sekitar 4 kilometer, dengan menggunakan motor saya bisa menerobos kemacetan jalanan Bekasi.

Penggunaan motor matic setiap hari pasti rentan mengalami kerusakan. Kamu perlu tahu, bagaimana merawat motor matic dengan baik dan benar, salah satunya dengan rutin melakukan servis motor. Dengan begitu, meski motor matic digunakan setiap hari, tingkat risiko kerusakan akan semakin kecil. Beberapa tips merawat motor matic yang digunakan setiap hari, ini dia!

Oli Mesin

Oli mesin adalah pelumas, pendingin, dan pelindung mesin motor matic kamu. Mengganti oli motor matic dapat kamu lakukan berdasarkan jarak tempuh yang sudah dicapai motor. Rutin mengganti oli mesin dapat menjaga performa mesin motor, rata-rata pabrikan merekomendasikan penggantian oli di 2500 km. Biasanya, biaya yang perlu kamu bayar, meliputi biaya pembelian oli (harga tergantung merek) dan biaya jasa ganti olinya. Namun beberapa tahun terakhir sudah ada pabrikan/retailer otomotif yang sudah berani memberikan rekomendasi penggantian sampai 5000 km/ 2x lebih lama dari oli biasa. Ini dikarenakan oli yang dipasarkan sudah menggunakan teknologi ester. Menurut saya, wajar jika retailer bisa mengklaim 2x lebih lama dari oli biasa, karena memang ini adalah base oil tertinggi di kelas oli.


TIPS MERAWAT MOTOR MATIC YANG DIGUNAKAN SETIAP HARI

Oli Gardan

Pengguna motor matic wajib mengganti oli gardan. Oli gardan atau biasa disebut oli transmisi matic adala pelumas tambahan untuk melancarkan kinerja transmisi otomatis, hingga melancarkan kinerja gear ratio. Pentingnya mengganti oli gardan secara berkala, karena pada kendaraan matic, ada banyak komponen yang saling bergesekan, Jika tidak ada pelumasan yang cukup maka akan terdengar suara berisik pada bagian box Continuously Variable Transmission (CVT) di bagian belakang. Waktu penggantiannya menggunakan rumus 2x ganti oli mesin, kemudian baru dibarengi dengan 1x ganti oli gardan.

Busi

Busi merupakan salah satu komponen yang penting pada kendaraan bermotor. Busi berfungsi untuk mengubah aliran listrik koil menjadi percikan api sehingga mesin dapat menyala. Tanpa adanya busi, motor gak bisa digunakan. Busi harus dicek secara berkala, karena usia pakai busi tidak begitu lama. Saran saya sih, tiap dua kali ganti oli, dibarengi satu kali mengganti busi.


TIPS MERAWAT MOTOR MATIC YANG DIGUNAKAN SETIAP HARI

Kampas Rem

Rem melakukan salah satu komponen penting pada kendaraan bermotor, khususnya motor matic. Rem dapat berfungsi untuk menghentikan laju motor. Jika kampas rem motor telah melebihi batas usianya dan sudah tipis, remnya pun jadi kurang pakem, motor akan tak terkendali dan dapat menyebabkan kecelakaan.

Mengganti kampas rem, perlu memperhatikan jarak tempuh (32.000 km), usia pakai kendaraan (21 bulan), ketebalan kampas rem (kurang dari 2 mm), hingga terdengar bunyi aneh pada saat mengerem.


TIPS MERAWAT MOTOR MATIC YANG DIGUNAKAN SETIAP HARI


Filter Udara

Filter udara atau saringan udara menjadi komponen pada kendaraan bermotor, yang memiliki peranan penting. Fungsi filter udara pada motor matic adalah menyaring udara yang masuk ke mesin, menghindari karatan, menjaga performa motor, menjaga kebersihan ruang bahan bakar serta mencegah timbulnya kerak. Biasanya, pemeriksaan akan dilakukan terlebih dahulu, sebelum mekanik memutuskan, apakah filter udara masih bisa dibersihkan atau harus diganti.


TIPS MERAWAT MOTOR MATIC YANG DIGUNAKAN SETIAP HARI

Aki atau Accu

Aki atau accu merupakan perangkat kelistrikan pada kendaraan bermotor, termasuk motor matic. Akki dibutuhkan untuk menyalakan kendaraan, lampu, sein, klakson, dan daya pada mesin dan sensor. Tegangan pada aki, idealnya 12,3-12,6 Volt dalam kondisi mesin mati. Sementara jika mesin menyala, maka tegangan aki 13,7 - 14,2 Volt. Aki atau accu perlu diganti, jika umur aki sudah 2 tahun lebih, stater tidak berfungsi, klakson kurang nyaring, cahaya lampu redup, hingga lampu indikator aki berkedip. Aki dapat mengalami kebocoran, atau kondisi terminal berkarat. Kondisi aki yang sudah tidak layak harus segera diganti agar kamu tetap bisa menggunakan motor dengan nyaman.


TIPS MERAWAT MOTOR MATIC YANG DIGUNAKAN SETIAP HARI

Ban

Lakukan pemeriksaan ban juga secara berkala. Saat service motor, mekanik akan memfokuskan pemeriksaan pada tekanan udara di dalam ban, kondisi ban secara keseluruhan (bannya gundul atau tidak), dan sebagainya.

Tune Up Motor Rutin

Tune Up dapat menjaga performa kendaraan. Pada saat servis motor matic, kamu jangan sampai melewatkan tune up, lakukan pemeriksaan pada tekanan ban, kondisi lampu, membersihkan karburator (saringan udara), memeriksa tegangan rantai, rem, dan klakson. Dalam melakukan tune up motor matic, kamu sebaiknya memperhatikan seperti sektor mesin, chassis, hingga sektor transmisi.

Adakalanya tune up disertai dengan ganti oli mesin, ganti oli gardan, atau penggantian sparepart. Namun tenang saja, mekanik akan menginformasikannya terlebih dahulu kepadamu. Kalau kamu setuju, baru mekanik melakukan perbaikan.

Bengkel Servis Motor Terbaik

Ada banyak bengkel yang bertebaran dimana-mana, mulai dari bengkel resmi hingga bengkel biasa. Preferensi memilih bengkel servis motor, tergantung dari kebutuhan motor dan kesanggupan dompetmu. Namun, kamu perlu mempertimbangkan bahwa untuk hasil yang maksimal, motor matic kamu perlu dimanjakan dengan pergi ke bengkel servis motor terbaik, agar hasilnya pun baik.

Planet Ban adalah Bengkel servis motor terbaik di Indonesia. Kamu bisa mendapatkan servis motor rasa mesin baru, yang dikenal juga dengan sistem servis terpadu. Dimana motor akan dilakukan upgrade, meningkatkan performa dan ketahanan motor dengan cara yang cepat dan biaya lebih hemat. Fokus pemeriksaan dan perbaikannya, yaitu bagian vital yang letaknya tersembunyi dan jarang diservis, termasuk jarang dicek dan disetel rutin. Manfaat Melakukan Servis di Planet Ban, antara lain;

Menggunakan oli dan cairan khusus berteknologi tinggi, sehingga dapat meningkatkan performa motor dan memproteksi mesin jadi lebih awet (jarang rusak)

Menggunakan sparepart asli, hingga pemakaian menjadi lebih nyaman, tahan lama, mesin dingin, dan tarikan jadi lebih enteng

Ganti oli cukup setiap mencapai jarak tempuh 5000 km saja (antara 4-6 bulan sekali), sehingga kamu tidak perlu sering ke bengkel. Selain itu, biaya servis jadi lebih hemat.

Memelihara dan menjaga lingkungan hidup karena emisi dan polusi dari motor berkurang.


TIPS MERAWAT MOTOR MATIC YANG DIGUNAKAN SETIAP HARI

Bedanya Servis Motor di Planet Ban dengan di Tempat lain

Jika kamu servis di tempat lain, biasanya masih banyak kotoran, debu, dan sisa pembakaran yang tertinggal di beberapa bagian mesin motor. Bahkan sering pula ditemukan kotoran dan debu di blok CVT yang membuat motor jadi terasa berat.

Sementara jika kamu melakukan service motor rutin di Planet Ban, maka seluruh bagian atau part mesin akan dibersihkan hingga seperti baru. Bahkan kepala silinder, blok CVT, klep mesin, piston, throttle body, semuanya bersih dari sisa-sisa pembakaran, debu dan kotoran sehingga terlihat seperti mesin baru.

Ya, service motor di Planet Ban bikin motor kamu seperti punya mesin baru lho. Hasilnya, tarikan jadi lebih enteng, emisi turun lebih dari 70%, lebih hemat BBM, dan mesin jadi bersih total.

Harga service motor di Planet Ban yang selengkap ini, terjangkau banget pula. Untuk service motor injeksi cuma Rp20.000,- service CVT sekaligus rantainya Rp19.500,- bahkan service throttle body juga cuma Rp20.000,-

Semoga tips merawat motor matic yang digunakan setiap hari, dapat dijadikan acuan kamu untuk rutin cek kondisi motor dan bagian apa yang perlu diservis. Ayo! ke Planet Ban, dapatkan kepuasan dengan layanan servis yang berkualitas dengan servis motor rasa baru.

31 comments

  1. wah tipsnya bener banget loh kak, bokap juga sebagai pengendara motor nyarain utk rutin servis motor biar tetap prima dan nyaman di jalan

    ReplyDelete
  2. terima kasih buat masukannya mba, aku yang awam jadi sedikit paham apa yang perlu diperiksa kalau punya motor matic

    ReplyDelete
  3. Keren deh kalau paham perawatan dasar sepeda motor. Biar performa selalu prima, ya

    ReplyDelete
  4. bener banget mba, saya kemarin baru aja cek itu ini dan alhasil harus merogoh kocek lumayan dalam karena banyak yang harus di ganti hahaaa

    ReplyDelete
  5. Aku belum pernah servis motor sendirian, Mbak. Kakakku yang biasanya servis motor di bengkel. Aku seringnya nemenin sepupuku kalau servis motor di bengkel. Di daerah tempat tinggalku udah ada PLANET BAN juga nih, Mbak.

    ReplyDelete
  6. Rutin menyervis motor memang harus dilakukan ya supaya motornya bisa awet. Apalagi jika dipercayakan di bengkel yang terpercaya seperti Planet Ban.

    ReplyDelete
  7. Tips yang sangat membantu banget ini kak, mengingatkan untuk merawat motor matic secara berkala, bukan nunggu ngadat dulu baru kelimpungan nyari bengkel. Tinggal servis rutin ke Planet Ban lebih terpercaya ya.

    ReplyDelete
  8. Dari poin2 yg disebutin Kak Gina di atas, yg rutin aku ganti cuma oli. Lainnya sering kelewat dan ada yg gk aku tahu juga. Hiks. Untungnya pas servis kemarin di planet ban dikasih tahu mana aja yg kudu segera diganti. Kebayang bakal abis banyak kan. Eee ternyata nggak. Malah kata suami termasuk murah

    ReplyDelete
  9. Kalau motor dah minta me time ke bengkel artinya dia udah lelah ya hehehe. Jadi inget beberapa waktu lalu juga motor adikku butuh treatment di bengkel. Planet ban ini ada di mana-mana dan deket rumahku juga ada. Wih asik, jadi makin mudah aja buat merawat motor biar performanya tetap optimal

    ReplyDelete
  10. Sebagai pengguna motor matic juga, aku setuju kalau perawatan mesin motor dengan rutin ganti oli bisa menghemat banyak biaya perbaikan lho. Tinggal rajin-rajin aja luangkan waktu untuk rutin service motor ke bengkel

    ReplyDelete
  11. kalau perawatan motornya tepat, maka mesinnya juga bisa terawat dengan baik.
    Jadi memang gak bisa sembarangan ya kak, kudu di tempat servis terpercaa

    ReplyDelete
  12. Waahh banyak juga yaa perawatan yang harus dilakukan secara rutin. Aku biasanya cuma pakai hehheehee... sering kelupaan untuk servis nih. Yuuk ah ke Planet Ban aja kalau gitu agar motor terawat dengan baik.

    ReplyDelete
  13. nah bener, jangan dipake aja, dirawat juga xD tapi kadang aku suka kelupaan mau service motor, hehe.. padahal kalo ngadat tengah jalan, aku juga yg repot :D

    ReplyDelete
  14. Saya juga penggunan motor matic tapi tahunya cuma pakai doang. Sama sekali buta dengan komponen2 motor yang perlu dicek dan rutin dilakukan. Baca ulasan seperti ini bisa jadi nambah wawasan ya biar lebih pandai lagi dalam merawat motor

    ReplyDelete
  15. terima kasih remindernya mba, aku kemarin habis banyak nih karena jarang ngecek tau2 motornya perlu ganti ini itu hahaaa next harus rutin service dan ngecek aaah

    ReplyDelete
  16. Salah satu yang saya suka dari Planet Ban, selain karena pelayanan yang jempolan, harganya itu loh. Terjangkau banget. Jadi puas gitu kalau service motor di Planet Ban.

    ReplyDelete
  17. Dulu mah aku cuma tahu kalau kita kudu rutin ganti oli. Sampai-sampai nih aku akan ganti oli tiap 1.000km jarak tempuh aja. itupun aku ganti oli mesti barengan antara oli mesin dan oli gardan.
    Aku jadi merasa boros banget dah. hehehe

    ReplyDelete
  18. Rutin servis motor memang penting banget, ya, apalagi kalau dipakai tiap hari. Kalau abai, bisa-bisa pas diservis biayanya jadi bengkak saking banyaknya kerusakan. Dan yang pasti, kondisi motor yang terawat juga salah satu ikhtiar untuk selamat berkendara.

    ReplyDelete
  19. Lebih hemat service di Planet Ban ya, bisa sampai 4-6 bulan sekali ganti olinya. Lengkap banget lagi ya menyeluruh service-nya. Kalau sering dipakai setiap hari tentunya harus rajin di service. Biaya service-nya juga terjangkau lagi.

    ReplyDelete
  20. Suamiku sekarang juga beralih ke Planet Ban. Servicenya lebih profesional menurutku dan nggak asal minta ganti onderdil kalau masih bisa diperbaiki

    ReplyDelete
  21. Wah iya bener sihh tune up rutin itu penting bangett! Jangan sampe pas dipake dan dalam kondisi genting terus tibatiba mogok lah atau apalah huhu jadinya malah bikin rugi diri sendiri

    ReplyDelete
  22. Motor matic yang digunakan sehari-hari wajib rutin di servis ya kak
    Biar performnya tetap optimal

    ReplyDelete
  23. Tipsnya oke nih. Bs jd catatan para perempuan klo mo servis motor. Klo diriku semenjak pny suami, udah ga pernah servis motor lagi, soalnya suami yg ngurus hehehe...

    ReplyDelete
  24. dulu urusan servis motor saya yang handle, sekarang suami karena dia yang banyak pake, hahaha. tapi tetep sih yang ingetin saya, karena dia suka lupa. terutama ganti oli dan aki juga cek ban

    ReplyDelete
  25. dulu urusan servis motor saya yang handle, sekarang suami karena dia yang banyak pake, hahaha. tapi tetep sih yang ingetin saya, karena dia suka lupa. terutama ganti oli dan aki juga cek ban

    ReplyDelete
  26. Terasa banget betapa pentingnya merawat motor matic. Kalau nggak gitu, sekalinya rewel banyak banget masalah tambahan dibelakangnya. Untung sekarang ada planet ban ya, untuk urusan service tinggal ke planet ban kan.

    ReplyDelete
  27. Rencana mau beli motor matic
    Jadi belajar soal cara merawatnya di sini
    Biar enggak sekadar pake simpan
    Harus dirawat juga

    ReplyDelete
  28. Motor matic emg lbh kompleks sih masalahnya ya. Kalo kita ga ngerti urusan motor ya lbh baik serahkan ke ahlinya, PlanetBan. Aku prnh service oli dan mesin, emg cpt bener deh pengerjaannya. Plus harganya terjangkau lg.

    ReplyDelete
  29. Penting bannget ya serviss motor rutin, apalagi motor matic yg keknya cpt banget capeknya gitu, haha.. Untungnya ada Planet Ban nih, yg punya sparepart komplit plus harga terjangkau.

    ReplyDelete
  30. Planet Ban juga ada di deket rumah, kira kira 3Km an. Ga bingung lagi mencari bengkel yang bisa di percaya..

    ReplyDelete
  31. Tos dulu kak, sama ... saya juga suka service motor di planet ban. Soalnya ramah kantong tapi habis servis serasa pake mesin baru lagi motornya. Jadi enak bawanya

    ReplyDelete