Peran Ibu Bekerja Dalam Mendidik Anak

Peran Ibu Bekerja Dalam Mendidik Anak


Sudah lebih dari 15 tahun saya bekerja di kantor, mulai masih berstatus single, menikah hingga punya anak. Sejak awal pernikahan, suami tidak melarang saya berkegiatan dan bekerja di luar rumah. Namun pesannya, agar saya dapat  mengatur waktu dengan tepat.


Tidak mudah menjadi ibu yang multi peran. Sebagai ibu, harus cermat membagi-bagi waktu antara karir, keluarga dan untuk diri sendiri. Seorang ibu bekerja, kerap kali mengalami berbagai masalah. Salah satunya adalah soal pembagian waktu dalam mendidik anak. Ibu bekerja sudah pasti memiliki waktu yang kurang bersama anak di rumah. Saya pernah menghadapi anak saya menangis, disaat saya akan pergi ke kantor. Saya pun pernah ada dalam keadaan fisik yang capeknya luar biasa, tetapi harus menenemani anak belajar dan mengerjakan PR di malam hari. Semua ibu yang bekerja pasti pernah mengalami hal yang sama, yang akan membuatnya menghadapi pilihan yang sulit, yakni memilih bekerja atau keluarga? Walau sesungguhnya kedua pilihan itu sah-sah aja untuk dijalani secara bersamaan. 


Peran Ibu bekerja dalam mendidik anak, memang membutuhkan support system, yakni dengan melibatkan keluarga yang ada di rumah. Suami dapat berbagi peran dan tugas di rumah, keduanya harus menjalin komunikasi dengan baik khususnya dalam mendidik anak.


Usia anak saya saat ini 11 tahun, dia duduk bangku sekolah dasar kelas 6. Pelajaran sekolah yang semakin rumit, membuat saya kadang merasa kesulitan dalam mengajarkan dan menemani dia belajar di rumah. Ini pun dialami oleh suami saya. Kami berdua, mengalami kesulitan menguasai pelajaran sekolah anak, sehingga terkadang memarahi anak. Dampaknya anak pun jadi cemas, stress,  sedih, bosan, dan jenuh. Yah! Namanya juga bukan ibu dan guru, jadi wajarlah belajar mengajar di rumah ala kadarnya, hehehe.


Anak saya sering mengalami kesulitan dengan mata pelajaran matematika, hingga akhirnya mendapatkan remedial di sekolah. Hal ini membuat saya makin pusing. Setelah berdiskusi dengan suami, kami memutuskan untuk mendaftarkan anak saya dalam bimbingan belajar (bimbel) online. Bimbel online jadi pilihan yang tepat, karena dapat dilakukan di rumah dengan waktu yang fleksibel. Keuntungan lainnya adalah praktis, fleksibel dan irit.


Peran Ibu Bekerja Dalam Mendidik Anak

Webinar Edukasi Sinotif, Anak Berprestasi Bisnis Tetap Lancar

Sejalan dengan hal di atas,  saya mengikuti webinar edukasi yang diselenggarakan oleh Sinotif di hari Sabtu, 18 November 2023 yang dimulai pada pukul 10.00 wib. Webinar kali ini menghadirkan narasumber Tari Agustin, founder Cemil Cimol & Sedott.in.


Webinar dari Sinotif makin membuka insight dan cara berpikir saya, bagaimana menjalani bisnis dan pekerjaan, namun tak lupa pula, mendidik anak untuk tetap berprestasi. Mba Tari pun membagi pengalamannya, bagaimana tips dan parenting dengan menjalani kehidupan beliau yang memiliki 3 orang anak. Kami pun diberikan kesempatan untuk melakukan tanya jawab. Ternyata mba Tari, mempercayakan dan mendaftarkan anaknya mengikuti bimbel online di Sinotif. Sama donk seperti saya! Ternyata memang pilihan saya gak salah, untuk memilih Sinotif sebagai bimbel anak semata wayang di rumah.


Peran Ibu Bekerja Dalam Mendidik Anak


Peran Ibu Bekerja Dalam Mendidik Anak


Sinotif merupakan spesialis Bimbel Matematika, Fisika dan Kimia. Meskipun belajar online, metode belajar Sinotif punya banyak keunggulan. Siswa dibimbing oleh tiga guru berbeda, untuk masing-masing mata pelajaran matematika, fisika, dan kimia. Bimbel di Sinotif, juga dilakukan secara live interaktif, tatap muka 2 arah secara online, di mana guru dan siswa aktif dalam proses belajar mengajar. Menggunakan Sinotif Learning Method, Sinotif mengembang cara pengajaran online yang disukai oleh siswa karena rasa dan kualitas pengajaran sama dengan belajar offline.


Guru-guru Sinotif memiliki standar yang tinggi karena telah menjalani rangkaian pelatihan dan sertifikasi dari pakar pendidikan dan psikologi, sehingga tidak hanya ahli di bidangnya, melainkan juga paham akan karakter peserta didiknya. Hal yang menarik bagi saya pribadi adalah, Sinotif menyesuaikan diri dengan karakter dan gaya belajar anak, pendekatan dilakukan secara personal untuk mendalami serta mengenal anak lebih dalam, sehingga anak dapat merasa nyaman dan dapat mengikuti sesi pembelajaran secara maksimal.


Sinotif telah lebih dari 20 tahun mengembangkan diri dalam memenuhi kebutuhan belajar anak-anak di Indonesia; mulai dari tingkat SD, SMA hingga tingkat Universitas. Sinotif didirikan secara resmi di tahun 2000, oleh Hindra Gunawan sebagai Founder dan Anthonyus Kuswanto, co-Founder.


Mengakhiri webinar edukasi Sinotif, Anak Berprestasi Bisnis Tetap Lancar, mba Tari memberikan pesan yang menarik, bahwa “Sebagai orang tua harus tahu keinginan anak, dan tidak perlu membandingkan anak sendiri dengan anak orang lain, hingga membuat mental anak jatuh. Karena sejatinya pondasi anak itu ada pada keluarga”.


Webinar Edukasi Sinotif, Anak Berprestasi Bisnis Tetap Lancar


19 comments

  1. wah oke banget nih mom ilmu parentingnya jadi nambah ya ikut webinarnya, yuk bisa yuk tetap sukses bekerja dan anak juga tetap bisa berprestasi aamiin ya wak

    ReplyDelete
  2. Walaupun bekerja, seorang ibu yang luar biasa pasti tetap memperhatikan proses pendidikan anak, ya, dan tetap pasti bisa anak berprestasi selagi kita mengikhtiarkan dengan maksimal dan Sinotif bisa banget membantu untuk menjadikannya terkabul

    ReplyDelete
  3. Seorang ibu yang dikatakan multitalenta pada dasarnya punya kekurangan juga ya. Gak mungkin bisa maksimal jika tidak fokus dan tidak memiliki skill mumpuni. Berbagi peran dalam mendidik anak dengan ahlinya, seperti menyerahkan urusan belajar anak terhadap sinotif yang sudah ahli dalam hal bimbingan belajar pelajaran eksakta tidak ada salahnya. Justru dengan kerja sama win win solution ini ana bisa berprestasi ibu atau bapak juga bisa tetap berperan lebih dalam tumbuh kembang nya

    ReplyDelete
  4. Bersama sinotif, nggak perduli seorang ibu sedang sibuk dengan bisnisnya. Anak tetap bisa berprestasi dengan baik ya, Kak.

    ReplyDelete
  5. Orangtua pastinya jadi terbantu dengan adanya bimbel ini karena si anak bis alebih fokus belajar eksakta, apalagi bisa via online juga ya

    ReplyDelete
  6. dengan kesibukan emak dalam mengejar karir tapi pendidikan anak jangan sampe lolos. emang perlu banget mencari bimbel yang bisa membantu dalam pembelajaran anak. Untung ketemu bimbel online yang praktis tapi hasil tetep kece ya

    ReplyDelete
  7. Jd org tua yg punya peran ganda baik urusan keluarga atau bisnis emg hrs bs bagi waktu ya kak. Setidaknya bs ngasih motivasi ke anak utk semangat belajar dan menemani sbntr di sela kesibukan bisnis.

    Utk urusan pelajaran, serahkan aja ahlinya ke bimbel live interaktif kayak Sinotif ini. Aplagi mata pelajaran eksakta yg ga smua org tua bs. Mgkn udh lupa sih pelajaran momok itu. Hehe.

    ReplyDelete
  8. Sinotif bisa jadi pilihan ya untuk bimbel matematika dengan waktu fleksibel dari rumah aja

    ReplyDelete
  9. Alhamdulillah banget ya, ka..
    Selain didukung untuk tetap mengembangkan diri sendiri juga kebutuhan keluarga pun tidak terabaikan. Terima kasih banget untuk bimbel online sinotif yang memberikan solusi terbaik untuk anak di bidang akademik.

    ReplyDelete
  10. Bimbel Sinotif menjadi pilihan solutif bagi anak kita agar tetap berprestasi , meski orang tua nya punya karir dan kesibukan yang super padat ya mba. yang penting tetap diawasi dan dapat bimbingandari orang tua. Keren nih Sinotif.

    ReplyDelete
  11. tahu banget Mbak rasanya, kerja dan harus bisa membagi waktu untuk keluarga. harus strongggg... soal pendidikan, untung yah sekarang ada bimbel online kayak sinotif, jujur loh ngebantu banget daripada datang ke bimbel offline yang menurut aku ribet krena harus antar jemput juga.

    ReplyDelete
  12. Wah masternya matematika, kimia fisika. Wah banyak diincer nih sama anak2 putih abu2.

    Udah berkiprah 20 tahun ya masya allah mantap moga makinsukses sinotif

    ReplyDelete
  13. Wah menarik nih layanan yang ditawarkan Sinotif. Apalagi bagi ibu yang jam terbangnya cukup tinggi tentu tidak bisa fokus membersamai anak dalam belajar. Nah, bimbel Sinotif ini bisa jadi salah satu solusinya ya.

    ReplyDelete
  14. dilema ibu bekerja juga saya rasakan, meski gak di kantor yaaa tetep sih dilema itu dirasakan. karena kerja dirumah juga sama menyita waktunya. Untungnya udah ada sinotif yaaa, bisa bantu banget ibu membersamai anak belajar dirumah

    ReplyDelete
  15. dilema ibu bekerja juga saya rasakan, meski gak di kantor yaaa tetep sih dilema itu dirasakan. karena kerja dirumah juga sama menyita waktunya. Untungnya udah ada sinotif yaaa, bisa bantu banget ibu membersamai anak belajar dirumah

    ReplyDelete
  16. matematika menurutku bisa dijadikan dasar ilmu eksak yang lain, jadi harus benar2 matang di sini. untuk mematangkannya butuh latihan dengan pendampingan. sinotif bisa menjadi sarana untuk anak kita belajar.

    ReplyDelete
  17. Waaah keberadaan sinotif sebagai bimbel online interaktif beneran jadi angin segar buat para ibu bekerja supaya bisa membersamai anak agar tetap berprestasi di bidang eksakta ya kak. Misal matematika

    ReplyDelete
  18. lewat Sinotif ini, ibu juga jadi bisa belajar ya. soalnya kerasa banget waktu pandemi banyak ibu yang merasa stres karena kesulitan ngajarin sedangkan anak juga harus belajar di rumah :')

    ReplyDelete
  19. Bimbel online Sinotof ini bisa banget jadi solusi ya buat orang tua yang ingin anaknya berprestasi di sekolah tapi memiliki keterbatasan waktu untuk mendampingi anak belajar di rumah karena kesibukan pekerjaan atau bisnis yang digeluti

    ReplyDelete