Tips Menata Ruangan Belajar Ideal Agar Prestasi Anak Semakin Optimal

 Tips Menata Ruangan Belajar Ideal Agar Prestasi Anak Semakin Optimal


Setelah belajar di sekolah, orang tua seringkali meminta anaknya untuk kembali mengulang pelajaran yang tadi dipelajari di sekolah ataupun sekedar membaca pelajaran untuk keesokan harinya. Namun, tak jarang kita mendapati anak tampak tak bersemangat.


Lalu, bagaimana ya caranya membuat anak agar semangat belajar di rumah dan faktor apa yang harus kita perhatikan? Berikut ini, ada beberapa cara membuat anak semangat belajar di rumah.


Tips Menata Ruangan Belajar Ideal Agar Prestasi Anak Semakin Optimal


Cara Membuat Anak Semangat Belajar di Rumah

Yuk, coba kita terapkan sejumlah cara sederhana berikut untuk menjaga dan meningkatkan mood anak belajar di rumah.


  1. Jauhkan benda yang mengganggu fokusnya. Saat waktunya belajar, kita perlu memastikan fokusnya tertuju pada pelajaran. Matikan televisi dan sita sementara game konsolnya agar anak bisa fokus belajar.

  2. Ajarkan untuk membuat ringkasan materi belajar. Melihat buku teks pelajaran yang tebal dan penuh tulisan yang panjang tentunya sudah membuat mood anak hilang. Berikan spidol stabilo warna-warni untuk menandai inti-inti materi pelajaran untuk dibaca. 

  3. Tentukan waktu belajar yang tidak terlalu lama. Buatlah jadwal belajar di rumah cukup sekitar 30 hingga 60 menit agar alokasi waktunya lebih efektif. Anak pun tidak akan merasa bosan dengan waktu belajar yang cukup.

  4. Siapkan minuman dan cemilan favorit anak. Untuk mendukung mood dan kebutuhan nutrisi anak saat belajar, kita bisa menyiapkan minuman dan cemilan sehat seperti susu dan buah, puding, pasta, dan sebagainya.

  5. Berikan fasilitas pembelajaran online. Saat ini, anak-anak sudah terbiasa menggunakan gadget untuk belajar terutama sejak masa pandemi yang lalu. Kita bisa memilihkan berbagai aplikasi pembelajaran yang biasanya disediakan oleh sejumlah bimbel online.

  6. Ciptakan ruang belajar yang nyaman. Ajak anak untuk menata ruangan, mulai dari merapikan meja belajarnya, pencahayaan yang terang serta dekor dengan gambar karakter favoritnya akan membuat anak lebih semangat untuk belajar.


Tips Menata Ruangan Belajar Ideal Agar Prestasi Anak Semakin Optimal


Ide Dekorasi Ruang Belajar Anak Yang Seru

Beberapa waktu yang lalu, saya berkesempatan untuk mengikuti webinar bersama Sinotif dengan tema Membuat Ruang Belajar Ideal Untuk Memaksimalkan Prestasi Anak, dengan narasumber Valerie Hartanto yang merupakan Aristek, Desainer Interior dan Founder dari Creata. 


Webinar dikemas sangat menarik, lengkap dengan tips desain ideal untuk kamar anak, agar betah belajar dengan memperhatikan :

  • Room Layout

  • Furniture

  • Cahaya

  • Udara

  • Warna


Ternyata, desain ruang belajar memiliki peranan yang signifikan ya dalam menciptakan suasana yang nyaman dan meningkatkan semangat belajar anak. Berikut ada sejumlah ide dekorasi ruang belajar anak yang bisa ditiru untuk diterapkan di rumah loh!

Ruang Belajar Anak Bergaya Minimalis

Jika rumah memiliki gaya desain minimalis, maka ruang belajar juga bisa diberikan nuansa senada. Pilih warna cat yang teduh untuk menciptakan rasa nyaman dan menyenangkan. Gunakan juga furniture minimalis dengan sentuhan dekorasi hiasan karakter favorit anak.

Ruang Belajar Anak Bergaya Skandinavia

Penggunaan warna dominan putih dengan perpaduan warna kayu merupakan ciri khas desain khas Skandinavia. Pilihlah sejumlah furniture berbahan kayu serta gunakan ornamen karpet berwarna pastel. 

Ruang Belajar Anak Bergaya Kontemporer

Gaya dekorasi kontemporer ini sepertinya lebih cocok untuk anak dengan rentang usia 10-15 tahunan ke atas. Terdapat banyak area penyimpanan untuk buku pelajaran dan berbagai koleksi buku lainnya. 

Ruang Belajar Anak Bergaya Industrial

Ternyata, gaya desain industrial pun bisa diterapkan pada ruang belajar anak dengan penggunaan ornamen batu bata serta pipa-pipa besi yang estetik. Gunakan ubin berwarna gelap untuk menambah kesan industrial.

Ruang Belajar Anak Bergaya Karakter Favoritnya

Tak jarang, kita memilih dekorasi ruang belajar dengan nuansa karakter favorit si kecil. Misalnya kamar bernuansa tema astronot/superhero untuk anak laki-laki, atau kamar bertema princess untuk anak perempuan.


Tips Menata Ruangan Belajar Ideal Agar Prestasi Anak Semakin OptimalTips Menata Ruangan Belajar Ideal Agar Prestasi Anak Semakin OptimalTips Menata Ruangan Belajar Ideal Agar Prestasi Anak Semakin Optimal


Belajar di Rumah dengan Bimbel Virtual Sinotif

Selain desain ruang belajar yang seru dan nyaman, orang tua juga bisa memaksimalkan prestasi anak dengan memberikan fasilitas bimbel online untuk membantu anak belajar di rumah. 


Sinotif merupakan bimbel tatap muka virtual, live dan interaktif yang sudah terpercaya membantu siswa-siswa dari berbagai sekolah ternama seperti PIS (Penabur International School), Jubile, Kinderfield, Highfield, Al Azhar, Don Bosco dan masih banyak lagi.


Setidaknya ada 6 keunggulan Sinotif dibandingkan bimbel online lainnya, diantaranya guru-gurunya memiliki spesialisasi matematika, fisika dan kimia, program belajarnya disesuaikan dengan kebutuhan siswa, modul belajarnya lengkap dan sistematis, menggunakan pendekatan personal pada setiap siswanya, laporan belajar secara berkala, ada fasilitas tanya pr 24 jam nonstop dan garansi uang kembali.


Wah, benar-benar terpercaya ya Sinotif ini untuk menjadi pilihan orang tua yang ingin mengoptimalkan prestasi anak. Yuk, segera daftarkan anak kita ke cabang Sinotif terdekat!




No comments