Rekomendasi Game Online Seru Bertema Cooking Untuk Mengatasi Burnout

Rekomendasi Game Online Seru Bertema Cooking Untuk Mengatasi Burnout


Sebagai seorang ibu yang bekerja, setelah seharian bekerja di kantor seringkali saya tetap harus mengerjakan pekerjaan rumah tangga sepulangnya di rumah. Hal ini seringkali membuat saya kelelahan, yang istilah jaman nownya adalah burnout. Alhasil, lelahnya lahir batin.

Menurut kamus American Psychological Association melalui website Cleveland Clinic, burnout adalah kelelahan secara fisik, emosional atau mental yang disertai dengan penurunan motivasi, kinerja dan munculnya sikap negatif terhadap diri sendiri maupun orang lain. Wah, definisi tersebut tuh menurut saya valid banget karena tak jarang saya jadinya suka sering tertidur di kantor dan kehilangan mood untuk bekerja.

Fase Burnout

Kondisi burnout ternyata tidak terjadi begitu saja, tapi muncul secara bertahap dalam beberapa fase, yaitu:

  1. Fase Honeymoon. Biasanya kita merasa sangat optimis dan penuh energi untuk meningkatkan produktivitas dan menggali sisi kreatif kita.
  2. Fase Stres. Tahap ini ditandai dengan sulitnya kita untuk berkonsentrasi, sulit tidur dan kurang menikmati pekerjaan.
  3. Fase Stres Kronis. Di fase ini, saat tekanan/beban pekerjaan meningkat tak jarang muncul perasaan apatis, menunda pekerjaan dan rasa malas untuk datang ke kantor.
  4. Fase Burnout. Gejala fisik seperti sakit kepala berkepanjangan dan gangguan pencernaan mulai muncul. Tak jarang, kita malah meragukan kemampuan diri sendiri.
  5. Fase Burnout Berkepanjangan. Jika tidak ditangani, burnout yang berkepanjangan bisa menyebabkan depresi atau kecemasan. Selalu merasa lelah secara mental dan fisik sehingga produktivitas menurun drastis.

Cara Mengatasi Burnout

Sangat penting untuk menjaga work life balance agar kita terhindar dari kondisi burnout. Tapi, no worries ya karena kita bisa mengatasi burnout dengan beberapa cara berikut ini.

  1. Terapi dan konseling. Jangan pernah dipendam sendiri, segera cari bantuan profesional. Temui terapis atau konselor untuk membantu kita mengelola pikiran negatif dan emosi yang tidak terkontrol.
  2. Menentukan prioritas. Jangan terlalu ambisi lah jadi orang, yuk mulai buat skala prioritas yang harus dikerjakan. Kalau tips saya, biasanya saya berbagi tugas rumah tangga dengan suami untuk meringankan beban saya.
  3. Berlibur. Solusi yang satu ini menurut saya cukup jitu, karena biasanya saat berlibur pikiran dan hati akan menjadi lebih tenang dan kita bisa kembali ke kondisi yang lebih fresh untuk kembali ke rutinitas sebelumnya.
  4. Mengubah pola pikir. Agar terhindar dari pikiran negatif, kita harus berlatih untuk menghindari pemikiran yang berlebihan atau bahasa gaulnya overthinking tentang pekerjaan maupun kehidupan pribadi.
  5. Melakukan hobi atau aktivitas yang menyenangkan. Luangkan waktu untuk melakukan hobimu, misalnya membaca buku, menonton film, mendengarkan podcast atau bermain game.

Game Online Untuk Mengatasi Burnout

Salah satu yang sering dan mudah dilakukan untuk mengatasi burnout adalah dengan bermain game online. Saya paling suka main game online di laptop kantor saat jam istirahat dan yang paling penting gak perlu ribet-ribet download.

Jadi, saya tuh suka banget browsing resep dan tips memasak, lalu menemukan hidden gem website culinaryschools.org saat saya lagi cari-cari info sekolah chef untuk keluarga. Nah, disitulah saya menemukan game-game online seru untuk rehat sejenak di kantor.



Rekomendasi Game Online Seru Bertema Cooking Untuk Mengatasi Burnout

Game Pizza Cafe

Di laman website culinaryschools.org/kids-games/, saya menemukan banyak pilihan game seru. Diantaranya yang paling sering saya  mainkan yaitu Pizza Cafe, yaitu game seru dimana kita harus menerima dan melayani pesanan pizza para pengunjung kafe yang datang. Seru banget deh karena kita harus berburu dengan waktu agar pengunjung gak marah dan kafe kita tetap ramai. 


Rekomendasi Game Online Seru Bertema Cooking Untuk Mengatasi Burnout

Game Fruit Quiz

Nah, game yang satu ini juga favorit saya nih, yaitu game dimana kita bermain kuis menebak nama-nama buah. Simple tapi menyenangkan. Cobain deh, hati-hati ketagihan ya, karena main game ini tuh seru banget. Pas jam istirahat makan siang di kantor, saya biasanya main game ini sambil makan.

Rekomendasi Game Online Seru Bertema Cooking Untuk Mengatasi Burnout

Game Tap Supermarket

Buat yang hobi belanja, kamu mesti cobain deh main game tap supermarket ini. Jadi, ini tuh game simulator dimana kita seolah jadi manajer atau pemilik supermarket yang harus memastikan stok barang jangan sampai kehabisan agar pengunjung supermarket tetap ramai. Kita juga bisa memperluas dan memperbanyak jenis barang dagangan di supermarket kita loh.

Dan masih banyak lagi loh game online seru lainnya yang bisa kamu mainkan untuk mengatasi burnout. Tinggal buka halaman websitenya, pilih game yang kamu suka dan have fun deh. So, game seru apa aja nih yang sudah kamu cobain? Share di kolom komentar ya.

No comments