Cara Membuat Ayam Woku


Cara Membuat Ayam Woku

Saya menyukai memasak, suatu kegiatan yang saya lakukan disetiap akhir pekan. Menyukai memasak, diawali pada saat merantau ke Jakarta tepatnya 15 tahun yang lalu, maklum saya anak daerah, tepatnya berasal dari Manado, Sulawesi Utara.

Manado, selain dikenal dengan daerah yang memiliki pantai yang indah pun dikenal dengan makanan-makanan yang enak dan pedasnya termasuk sambal dabu-dabu. Kuliner dari Manado menjadi salah satu kuliner favorite nusantara.

Ayam Woku adalah makanan khas dari Sulawesi Utara. Makanan ini sangat familiar di keluarga saya yang berasal dari Manado. Resep turun temurun keluarga, berawal dari seringnya saya menemani mama memasak di dapur. Akhirnya saya pun bisa tahu Cara Membuat Ayam Woku.

Cara Membuat Ayam Woku


Apa itu woku?


Woku adalah bumbu makanan. Bumbu utama dari woku adalah bumbu halus yang terbuat dari : bawang merah, bawang putih, tomat, cabe rawit, jahe dan kunyit. Sedangkan bumbu pelengkap terdiri dari, daun kemangi, daun pandan, batang sereh yang digeprek, irisan daun bawang, daun kunyit, daun jeruk, gula dan garam. Sedangkan bahan utama dari woku adalah lauk (ikan atau ayam).

Di Manado, cara memasak Woku terbagi menjadi 2 (dua) cara, Woku balanga dan Woku daun. Woku balanga adalah cara masak dengan menggunakan belangga, panci, penggorengan atau wadah yang biasa digunakan untuk memasak. Sedangkan, Woku daun adalah cara memasak memakai daun woka (daun khas yang terdapat di Sulawesi, biasanya digunakan untuk membuat nasi bungkus). Memasak Woku daun, bisa dilakukan dengan mencampur lauk dan bumbu woku ke dalam daun woka kemudian dikukus atau dipanggang, hampir sama sih seperti pepes yah.

Cara Membuat Ayam Woku


Resep Membuat Ayam Woku


Resep membuat ayam woku khas dari keluarga saya, dengan bumbu yang sederhana.

  • Ayam potong 12 bagian, kemudian dicuci bersih
  • Minyak goreng

Bumbu halus :

  • 5 Siung bawang merah
  • 1 siung bawang putih
  • Cabe rawit (sesuai selera)
  • ½ tomat (dipotong dadu)
  • Irisan kecil kunyit
  • Irisan kecil jahe

Bumbu pelengkap :

  • 1 ikat daun kemangi
  • 1 lembar daun pandan (dipotong jadi dua)
  • 1 batang sereh (digeprek)
  • 1 batang daun bawang (diiris)
  • Daun jeruk secukupnya

Cara memasak :

Panaskan minyak pada wajan penggorengan, kemudian tumis bumbu halus. Aduk-aduk hingga rata, kemudian masukan ayam yang telah dipotong-potong. Aduk hingga tercampur rata dengan bumbu halusnya, lalu masukan bumbu pelengkap satu demi satu.

Aduk hingga rata, api kompor yang diatur tidak terlalu besar (untuk mencegah makanan gosong dan masak sempurna), kemudian masukan gula dan garam ditambahkan penyedap rasa juga boleh (sesuai selera). Kemudian, jika ingin Ayam Woku berkuah maka tuangkan 1 (satu) gelas air dan biarkan mendidih. Namun jika ingin Ayam Woku kering, cukup aduk-aduk merata hingga semua bumbu tercampur, masak hingga matang.

12 comments

  1. Salah satu makanan yang penasaran banget aku coba itu Bubur Manado. Terakhir pas ke Maluku Utara nyari bubur Manado gak nemu (padahal sesama Maluku gitu haha). Tapi mungkin saat itu belum rezekian aja. Nah, kalau makan bubur Manado bebarengan dengan ayam woku ini kayaknya double lagi nikmatnya. Slruppp.

    ReplyDelete
  2. Musti banyak-banyak main lebih jauh nih supaya tau kalo kuliner Indonesia itu beragam banget. Apalagi kuliner dari Manado ini. Masih banyak list kuliner yang musti dicoba.

    ReplyDelete
  3. aku suka nih masakan ayam yang dibuat kayak gini, menggoda selera. bisa nambah dua piring nasi kalo aku. indonesia punya ayamnya kaya banget rempah2an dan serat hihii

    ReplyDelete
  4. Wow, perpaduan aroma daun pandan, kemangi, daun jeruk, sereh ini bikin aku penasaran seperti apa rasanya. Apalagi ada pula jahe, kunyit semakin menambah rasa yang kaya dengan bumbu khas nusantara. Pasti lezat nian..

    ReplyDelete
  5. Nah ini ayam yang mamaku suka banget, selama ini aku bisanya beli. EH nemu artikel ini, kayaknya bikinnya cukup simple ya mba. AKu kapan2 mau beli bahannya dan mulai memasak :)

    ReplyDelete
  6. Mampir ke tulisan Kak Gina auto bikin lapar.

    Ternyata bumbunya mudah ya. Aku jadi penasaran sama ayam woku yang masaknya pakai daun woka deh.

    ReplyDelete
  7. Warnanya sangat menarik hati, si ayam woku ini.
    Bagi yang suka makan makanan pedas, asik banget menikmati ayam woku di kala musim penghujan begini..

    ReplyDelete
  8. wah saya belom pernah coba nih ayam woku. dan saya suka banget sama makanan berbumbu seperti ayam woku ini. duhh jadi ngiler. woku belanga sama woku daun tampak menggoda dua2nya. sluurp

    ReplyDelete
  9. Auto ngiler pas nyampe di keterangan tentang Woku daun.
    Rasanya pasti unik ya.
    Duh, semoga berjodoh ngerasain langsung Woku daun. Aamiin

    ReplyDelete
  10. sangat menimbulkan selera ini mba makanannya,apalagi kelihatan pedes gini jadi kangen mampir ke tempat makan yang jual ayam woku, soalnya aq gak bisa masak, cuma demen baca resep2 biar tahu rasa yang bikin enak tuh dari bumbu apa

    ReplyDelete
  11. Setelah lupa lagi mengeksekusi resep ayam kekinian ini, akhirnya ingat lagi setelah melihat blog ini. Baiklah sepertinya yang kali ini akan dieksekusi dengan memulai niat biar ga lupa lagi. Hahahaha

    ReplyDelete