Melindungi Dana Pendidikan Anak Bersama PRUCerah

Melindungi Dana Pendidikan Anak Bersama PRUCerah

Hidup itu perjuangan. Dulu semasa kecil sampai remaja, mana ada saya mikirin tentang hidup. Yang ada jalan begitu aja gak ada beban. Sekarang, saat sudah menjadi orang tua baru tau deh rasanya tuh manis, asem, asin, rame rasanya.

Bersyukurlah buat kalian yang masih memiliki orang tua lengkap, saat saya merasa super duper lelah mencari uang untuk sekolah anak, saya suka jadi sedih inget dulu ortu saya banting tulang juga demi anak-anaknya.

Sekarang saat saya sudah punya anak, saya baru tahu perjuangan dan pengorbanan orang tua untuk anaknya. Hiks, sayangnya saya sudah tidak punya ibu lagi, Mama saya sudah tenang di sisi Tuhan. Kadang rasanya pengen curhat sama Mama, lelahnya mencari uang demi kasih pendidikan terbaik untuk anak. Apa daya ya Ma, kita curhatnya lewat doa dan bahasa kalbu. I missed you so much!

Kalo dulu ortu saya berhasil sekolahin saya sampai lulus S1, anak saya harus lebih baik dari saya. Itulah kenapa saya bela-belain kerja sana-sini banting tulang untuk bisa kasih sekolah terbaik untuk anak saya. Buat saya, itu prinsip hidup yang gak bisa ditawar-tawar!

Melindungi Dana Pendidikan Anak Bersama PRUCerah

Arti Penting Pendidikan Di Hidup Saya

Saya nemu quote bagus ini dan konon katanya sih dikutip dari Dian Sastrowardoyo. She said, “Entah akan berkarir atau menjadi ibu rumah tangga, seorang wanita wajib berpendidikan karena ia akan menjadi seorang Ibu. Dan Ibu yang cerdas akan melahirkan anak-anak yang cerdas.” Well, bagi saya ini filosofinya dalem banget loh!

Thanks untuk Papa dan Mama saya yang sudah berkorban dan berjuang memberikan pendidikan terbaik untuk anak-anaknya. Andai Mama bisa lihat Ma, karirku sekarang bagus, cucu Mama, Al, juga sekarang belajar di sekolah yang bagus di sini Ma. Lihat Ma, saya sekarang bisa menjadi wanita kuat yang tangguh, semua berkat doa dan usaha Papa Mama untuk memberikan pendidikan tertinggi dan terbaik untuk kami, anak-anak kalian.

Tapi, terkadang hidup itu memang misteri ya, selalu sukses bikin kita terkejut! Tidak pernah ada satu orang pun di dunia ini kayanya yang menyangka bahwa seluruh dunia saat ini tengah berjibaku berjuang untuk bertahan dan pulih dari pandemi global.

Pandemi ini banyak memberikan tantangan tersendiri, ditengah gempuran virus yang kian hari kian merajalela, berita duka terus berdatangan, banyak teman-teman juga mengeluhkan kehilangan pekerjaan. Oleh karena itu, penting sekali memiliki pendidikan tinggi dan tentunya kompetensi yang membuat perusahaan mau mempertahankan kita di situasi yang serba sulit ini.

Melindungi Dana Pendidikan Anak Bersama PRUCerah

Pentingnya Persiapan Pendidikan Anak Bagi Saya

Pendidikan sangat penting menurut saya, karena dapat membangun karakter anak, memberikan pengetahuan yang banyak, membantu pemecahan masalah serta bisa menunjang karier sehingga tujuan dan cita-cita anak dapat digapai.

Ketika kita menjadi orang tua, saat itu pula kita harus mempersiapkan dana untuk kebutuhan hidup anak termasuk pendidikan hingga kelak dia bisa mandiri. Hal itulah yang selalu menggema di benak pikiran saya yang terdalam.

Saat ini, saya adalah seorang bankers, mungkin untuk kebanyakan wanita lain, dengan jenjang karir dan income yang saya miliki saat ini sudahlah cukup. Tapi, tidak buat saya, karena saya ingin memberikan pendidikan terbaik untuk anak saya, maka sudah menjadi konsekuensinya jika saya harus mencari beraneka peluang tambahan untuk memastikan semua kebutuhan anak bisa tercukupi.

Namun, terkadang saya sadar saya juga manusia, kadang rasanya lelah, sampai rasanya saya ingin menangis dan berteriak sekeras-kerasnya. Hidup ini memang keras ya?! Terkadang, sesampainya di rumah, saya tidak bisa langsung leyeh-leyeh tuh. Saya harus kembali bergumul dengan pekerjaan lainnya. Cape? Oh jangan ditanya!

Saya mau anak saya, Al, kelak menjadi lebih hebat dari Mommy dan Daddy-nya. Tahu sendiri kan biaya sekolah jaman now itu mahalnya luar biasa. Mungkin bisa dibilang biaya sekolah Al yang masih di tingkat SD saja bisa setara nilainya dengan biaya sekolah saya sewaktu kuliah! Selama mommy dan daddy masih ada, kami akan kasih yang terbaik untuk Al, sekolahlah setinggi-tingginya.

Makanya sedih sekali rasanya menyimak cerita teman tentang koleganya yang kehilangan pasangannya (suami/isterinya) sementara anak-anaknya masih kecil. Satu yang langsung terlintas di benak saya adalah bagaimana kelak kelanjutan pendidikan anak-anaknya.

Melindungi Dana Pendidikan Anak Bersama PRUCerah

Tips Menyiapkan Dana Pendidikan Anak

Saya sempat terpikir untuk membuatkan Al asuransi pendidikan. Tapi, ragu juga sih karena kayanya informasinya terlalu simpang siur. Akhirnya, setelah mencari berbagai referensi dan rekomendasi ada beberapa hal yang bisa saya simpulkan jika ingin menyiapkan dana pendidikan anak, yaitu;

Alokasikan dana pendidikan dengan investasi dan asuransi

Untuk persiapan dana pendidikan kita perlu mengalokasikan dana untuk investasi dan asuransi. Bisa gak sih pilih salah satu aja? Hmm, ternyata kita butuh keduanya loh! Investasi itu untuk memastikan dana pendidikan anak saat diperlukan itu sudah ada. Jadi, mulai lebih awal lebih baik.

Lalu, asuransi buat apa dong? Nah, asuransi ini fungsinya tuh sama seperti airbag di mobil, jika terjadi sesuatu pada orang tua, dana pendidikan anak tetap aman. Jadi, perlu konsultasi dengan agen asuransi ya, jadi bisa didapatkan hitungan yang tepat sesuai rencana kita.

Dan wajib diingat, bahwa investasi dan asuransi ini konsepnya tidak sama dengan menabung atau menyimpan uang di rekening tabungan biasa ya!

Tentukan sekolah/perguruan tinggi yang dituju

Untuk mendapatkan perhitungan yang tepat, kita perlu tahu sekolah atau kampus yang dituju, sehingga kita bisa membuat proyeksi masa depan dana yang dibutuhkan saat anak akan masuk ke sekolah atau kampus tersebut. Kita maunya dana pendidikan anak itu ada saat dibutuhkan bukan? Konsekuensinya ya sekarang kita harus menyisihkan uang sesuai proyeksi perhitungan tersebut.

Siapkan dana pendidikan sedini mungkin

Memang sih tidak ada kata terlambat dan gak ada gunanya juga menyesali keadaan. Tapi, andai saya bisa memutar waktu, saya akan menyiapkan dana pendidikan anak bahkan sejak saya baru menikah. Kok gitu ya? Logikanya, kalo kita mulai lebih awal, alokasi dana yang harus kita siapkan lebih ringan karena waktunya lebih panjang. Beda halnya kalau waktunya pendek, konsekuensinya kita pun harus mengalokasikan dana yang cukup besar agar bisa mengejar target dana terkumpul sesuai waktunya.

Melindungi Dana Pendidikan Anak Bersama PRUCerah

Solusi Menyiapkan Dana Pendidikan PRUCerah

Beberapa waktu yang lalu, saya sempat mengikuti seminar finansial dengan tema persiapan pendidikan anak. Ternyata, sekarang ada loh asuransi jiwa tradisional berbasis syariah pertama di industri asuransi jiwa Indonesia yang menawarkan manfaat dana pendidikan bulanan dan tambahan dana pendidikan. Solusi banget buat saya yang concern untuk menyiapkan dana pendidikan Al nih!

Jadi, ternyata produk PRUCerah ini tuh ditujukan bagi orang tua dengan usia 19-55 tahun yang sedang mempersiapkan pendidikan anak usia 1-18 tahun dengan pilihan masa pembayaran premi yang fleksibel loh. Kita bisa pilih masa pembayarannya hanya 5 tahun atau sampai dengan anak mencapai jenjang pendidikan tinggi.

Selain tentunya mendapatkan manfaat dana pendidikan, ada juga manfaat bebas premi ketika orang tua meninggal dunia, menderita kondisi cacat total dan tetap atau mengalami kondisi kesehatan kritis.

Prudential terinspirasi untuk melindungi perjalanan serta perjuangan panjang orang tua dalam menyiapkan pendidikan tinggi bagi anaknya agar mereka kelak dapat meraih masa depan yang lebih cerah.

Tentunya sudah tidak perlu diragukan lagi lah ya kinerjanya Prudential, buktinya bisa dibilang brand ini masih menjadi pemimpin pasar loh di industri asuransi jiwa. Oleh karena itu, penting sekali untuk memilah dan memilih agen asuransi yang berdedikasi dan profesional sehingga bisa mengakomodir kebutuhan finansial kita. So, moms and dads sudah siapin dana pendidikan buat si kecil belum nih?

24 comments

  1. Saya tersentuh saat membaca paragraf yang ke-6.

    ReplyDelete
  2. Beneran Teh dana sekolah anak itu harus betul2 dipersiapkan kalau engga bakal keteteran terlebih utk anaknya yg cukup banyak kyk aku.mengingat biaya sklh makin hari makin mahal. Untungnya anak pertama n kedua kuliahnya dapat beasiswa deh ..

    ReplyDelete
  3. Masa pembayaran premi PRUCerah yang fleksibel .. semoga di masa pandemi ini menyesuaikan dengan keadaan perekonomian kebanyakan orang ya, Mbak. Supaya orang tua yang pengen punya asuransi buat pendidikan anaknya terbantu.

    ReplyDelete
  4. Ad beberapa org tua yang lebih memilih anak dipekerjakan dari pada diperhatikan pendidikannya. Sy pribadi memandang pendidikan amat penting bukan hanya ntuk meraih gelar tapi lebih ke pendidikan karakter agar menjadi insan manusia seutuhnya. Sy baru tau ini program terbaru dari Prudential yah

    ReplyDelete
  5. Selama pandemi gempuran tantangan dan ujian rasanya luar biasa di kehidupan ya. Btw aku baru tahu Prudential mengeluarkan PRUCerah, banyak inovasi baru ya, bahkan ada PRu warisan juga

    ReplyDelete
  6. kakak saya paling suka ngajakin ngobrol mengenai biaya pendidikan anak, dan kalau dikalkulasi memang serem juga nilainya.
    Memang sebijaknya kita lindungi dana pendidikan anak dengan Asuransi, apalagi Prudential kan udah terkenal banget :)

    ReplyDelete
  7. Menyiapkan dana pendidikan memang PR berat masing2 ortu.
    semogaaa, kita semua dimampukan utk bisa mengatur alokasi keuangan dgn baik.
    Tidak mudah, tapi insyaALLAH bisaaaa

    ReplyDelete
  8. Jadi menyiapkan investasi untuk pendidikan dan asuransi pendidikan anak itu memang penting ya. Setiap orang tua pasti ingin yang terbaik untuk anaknya. Orang tua pun menginginkan pendidikan yang terbaik untuk anaknya.

    ReplyDelete
  9. spakat pakai banget kak, jadi ibu kudu cerdas dan berpendidikan tinggi ya ka. karena kita menjadi madrasah utama anak anak, sehingga tentu saja anak anak yang paling pertama ditanya itu emaknya. sepakat juga untuk mempersiapkan dana pendidikan untuk anak kelak, dari sekarang kudu udah dipersiapkan agar anak bisa sekolah tinggi

    ReplyDelete
  10. pendidikan anak memang butuh dana yang besar ya mbak...
    Sebagai orang tua harus bijak milih Instrumen untuk menyimpan dananya

    ReplyDelete
  11. Bener2 Makjleb quotes yang selalu kuingat juga..
    "Entah akan berkarir atau menjadi ibu rumah tangga, seorang wanita wajib berpendidikan karena ia akan menjadi seorang Ibu. Dan Ibu yang cerdas akan melahirkan anak-anak yang cerdas.”

    Bener banget Gin, berasa tuh setelah kita menjadi orang tua, jadi merasakan apa yg ortu lakukan dulu buat menyekolahkan sampai ke jenjang tertinggi ya. Semoga saja kita pun bisa memberikan pendidikan yg terbaik buat anak2. PRUCerah ini semoga bisa membantu kita mewujudkannya.

    ReplyDelete
  12. Dana pendidikan butuhnya besar banget dan memang harus dipersiapkan jauh-jauh hari. Kalau gak dipersiapkan dari kecil takutnya membebani belakang hari. Betul sih kalau dana pendidikan dibarengi dengan investasi yang tepat

    ReplyDelete
  13. Usia tidak ada yang tahu kapan berakhir akan tetapi prucare akan membantu pendidikan masa depan anak terjamin.

    ReplyDelete
  14. Dulu ortu banting tulang untuk kita, sekarang saatnya kita yang bekerja keras untuk anak ya mbak demi masa depan mereka juga. Makanay penting banget punya proteksi untuk pendidikan mereka di masa depan, sekolah gak murah soalnya ya

    ReplyDelete
  15. Ah ini salah satu yg gw cari, utk pendidikan anak. Masuk checklist dulu mau baca2 ke situsnya n pelajari premi dst

    ReplyDelete
  16. Sebagai calon orangtua kudu pinter-pinter atur keuangan ya Mba Gin, makasih banget udah diingetin diriku mba. Asuransi asli penting banget, buat anak, ya masa depan. Pru cerah dari prudential memang program yang luar biasa

    ReplyDelete
  17. Setuju sekali, "Ibu yang cerdas akan melahirkan anak-anak yang cerdas".
    Karena pondasi dan masa depan bangsa terletak pada anak-anak yang kini kita didik. Semoga dengan perencanaan yang baik, anak-anak bisa sekolah yang tinggi dan ilmunya bermanfaat untuk memajukan bangsa.

    ReplyDelete
  18. Setuju banget, mbak. biaya pendidikan memang konon adalah biaya hidup paling tinggi yang dibutuhkan dalam rumah tangga. Sudah paling tinggi, tiap tahun naiknya gak kira-kira pula. Bahkan saat pandemi seperti ini pun biayanya masih termasuk yang paling tinggi. Karena itu dana pendidikan wajib dipersiapkan secara matang. Nabung saja gak bakal cukup. Harus dengan usaha lebih, usaha yang syariah tentu saja biar aman...

    ReplyDelete
  19. Pendidikan memang sangat penting. Pendidikanlah yang bisa mengubah seseorang. Saat ini biaya sekolah untuk yang di sekolah swasta yang bagus memang mahal sehingga perlu perencanaan yang baik sejak si anak lahir. Salam hangat.

    ReplyDelete
  20. Akupun udah kepengen buka buat biaya pendidikan anak.. saat ini biaya sekolah mahalll gimana nanti 10 th yg akan datang? Mending persiapan dah ah

    ReplyDelete
  21. oke, aku akan mempersiapkan dana tersebut mulai sekarang

    ReplyDelete
  22. apalagi ya biaya pendidikan buat anak jaman now ya lord mahal pisan, tapi tentu berbanding lurus dengan kualitas yang diberikan oleh institusi pendidikan tersebut. Makanya yuk buibu, all parents dan calon parents mulai nih mikirin dana pendidikan anak dari sekarang

    ReplyDelete
  23. Noted kak. Karena masih single jadi aku sama sekali belum kepikiran soal dana pendidikan anak. Dananya ternyata cukup besar ya, harus pandai investasi untuk masa depan nih aku

    ReplyDelete
  24. Sebagai orang tua tentunya kita ingin yang terbaik untuk anak,termasuk menyiapkan masa depannya dengan memberikan pendidikan terbaik

    Meskipun kelak dia punya kebebasan untuk menentukan pilihan tapi tugas kita sebagai orang tualah yang menyiapkan pendukungnya termasuk dana pendidikan

    Tabungan pendidikan sangat penting
    Agar tak kelabakan pada saatnya nanti

    ReplyDelete