KOLABORASI JNE BERSAMA UMKM CILEGON

KOLABORASI JNE BERSAMA UMKM CILEGON

Jaman sekarang, udah gak jaman untuk bersaing. Jaman sekarang, jamannya untuk saling mendukung satu dengan yang lain, atau sering disebut collab atau kolaborasi.

Kita sering melihat, banyak artis atau orang populer yang melakukan collab di platform Youtube. Berbagi konten dan cerita, sesama youtuber.

Dengan kolaborasi, banyak manfaat yang didapat. Salah satu manfaat terbesar kolaborasi adalah kesempatan untuk mendapatkan banyak inspirasi dan belajar. Pada dunia bisnis pun kolaborasi dapat dilakukan. Karena sudah gak jaman lagi untuk saling berkompetisi, karena saat ini berkolaborasi bakal menguntungkan, termasuk bagi para pelaku UMKM.

KEUNTUNGAN BAGI PELAKU UMKM UNTUK BERKOLABORASI

Pelaku UMKM memang harus bisa mengambil peluang di masa pandemi seperti saat ini, termasuk peluang usaha hingga beradaptasi dengan dunia digital. Pelaku UMKM harus dapat memanfaatkan digital, sebagai contoh adalah menggunakan marketplace. Beberapa keuntungan bagi pelaku UMKM untuk berkolaborasi di dunia digital saat ini, antara lain :
  • Belajar Hal Baru
Pelaku UMKM harus bisa belajar hal baru, tidak monoton dan tidak kaku. Siap menerima hal baru, seperti perkembangan teknologi digital.
  • Membangun Jaringan
Memperluas pasar dengan membangun jaringan, akan lebih mudah menghadapi dengan kendala-kendala yang terjadi di lapangan.

  • Meningkatkan Reputasi Bisnis
Kolaborasi dengan banyak brand, termasuk brand ternama membuat reputasi bisnis semakin meningkat.

KOLABORASI JNE BERSAMA UMKM CILEGON

JNE NGAJAK ONLINE 2022, GOLL..ABORASI BISNIS ONLINE

Pandemi merubah banyak kebiasaan, pandemi pun membuat masyarakat di Indonesia semakin kompak dan saling mendukung. Dalam dunia usaha dan bagi para pelaku UMKM, sudah 17,5 juta UMKM di Indonesia memanfaatkan berbagai media sosial dan marketplace sebagai sarana jual beli. Tak terkecuali pelaku UMKM Cilegon, yang berupaya menghasilkan terobosan baru dengan melibatkan sektor ekspedisi, yaitu bersama JNE Express.

Acara bertajuk “JNE Ngajak Online 2022, Goll..Aborasi Bisnis Online”, menghadirkan dua pelaku UMKM, Farah Kartika Sari selaku Owner IKM Permata (Sandal Hotel Cilegon) dan juga Linda Yuli Yani selaku Owner ELYECRAFT. Ada banyak hal-hal positif yang didapat, dan bisa dibagikan dari dua orang entrepreneurship yang cantik tersebut.

Pertama, pada saat Farah bercerita soal suka duka bisnisnya disaat pandemi. Menurut Farah, karena pandemi menyebabkan produksi mereka jadi terhambat. Mereka menjadi lebih putar otak, bagaimana supaya dapat bertahan dan bisnis tetap berjalan. Akhirnya, berkolaborasi menjadi solusi yang tepat. Memanfaatkan sosial media, e-commerce hingga ekspedisi seperti JNE, membuat usaha yang tadinya krisis kembali menjadi stabil.

Sebagai sosok yang bergerak di industri perhotelan, Farah menilai pentingnya menjalin hubungan kepada para customer. “Kita percaya loyalitas ke customer itu penting, kita selalu menerima komplain lalu kita catat dan evaluasi untuk jadi lebih baik. Kita juga sering memberikan reward kepada pelanggan seperti kartu ucapan, sehingga pelanggan akan merasa dihargai dan terus repeat order.” ujarnya.

Kedua, giliran Linda yang berbagi cerita soal peran media sosial yang berhasil mendukung usaha UMKM di masa pandemi. “Hampir semua bisnis dari mikro dan makro terkena dampak dari pandemi, dulu sehari kita bisa mendapatkan order 40 hingga 80 paket. Saat pandemi produk kami hanya terjual 4 paket”. Menjawab persoalan tersebut, Linda menyatakan “Waktu itu masyarakat heboh mencari masker dan kita mencoba membuat konektor masker untuk wanita yang memakai hijab. Kita jual di marketplace, Instagram dan Facebook sehingga omzet-pun melejit.” Selain itu Linda juga memberikan tips and trik bagi para pelaku UMKM, agar sukses dalam bisnisnya. “Jangan malas untuk buat konten, kita harus memiliki diferensiasi dan tentunya harus original serta jangan menganggap kompetitor jadi lawan, tetapi jadikan motivasi bahkan teman kolaborasi”.

KOLABORASI JNE BERSAMA UMKM CILEGON

JNE selalu berkesan bagi saya, karena begitu banyak gerakan yang bermanfaat untuk masyarakat banyak termasuk di Indonesia. JNE merupakan perusahaan yang didirikan oleh anak bangsa, yang mengusung tagline Connecting Happiness.

Kali ini kolaborasi JNE bersama UMKM Cilegon, yang menghadirkan beberapa program untuk para UMKM dan masyarakat sekitar. JNE Cilegon telah melakukan program CSR, seperti pembangunan rumah, wakaf Al Quran, memberikan bantuan saat ada bencana, bahkan yayasan asrama.

JNE Cilegon juga terus berupaya meningkatkan penjualan bagi para pelaku UMKM. “Ada kegiatan yang akan kita lakukan setelah Goll..Aborasi, yaitu trading house, digital marketing, serta lainnya yang akan berkolaborasi dengan para seller. Tentu kita selalu berinovasi dan melihat potensi yang ada.” ungkap Herry Herbowo selaku Branch Manager JNE Cilegon.

JNE Goll..Aborasi Bisnis Online Kota Cilegon adalah kota yang ke-9, dari 60 kota yang akan menggelar rangkaian gelaran webinar JNE Ngajak Online 2022 – Goll…Aborasi Bisnis Online di tahun 2022.

16 comments

  1. Wah, keren amat yaa komitmennya JNE dalam mendukung UMKM secara juga kan tulang punggung perekonomian kita ya

    ReplyDelete
  2. UMKM memang wajib banget berinovasi ya, belajar hal baru, kalau mau maju.
    banyak banget loh usaha-usaha yang dulu berjaya di zamannya, sekarang malah udah nggak terlihat lagi pamornya.
    Keren deh JNE bisa support UMKM selalu

    ReplyDelete
  3. Betul, kolaborasi bisa jadi saling menguntungkan. Meski produk sama, tapi pasti ada bedanya. Bisa di kualitas, kapasitas, style dsb. Jadi bisa punya pelanggan masing2. Dg kolaborasi, masalah pemasaran bisa diatasi bersama, misalnya sharing stan pameran. Jadi lebih murah. Keren ini JNE bisa memfasilitasi umkm utk menam ah pengetahuan.

    ReplyDelete
  4. Setuju. Sekarang zamannya kolaborasi bukan kompetisi, terutama antara pihka berbeda seperti JNE dan UMKM ini, ya

    ReplyDelete
  5. Sekarang memang zamannya kolaborasi sih, bukan saingan lagi. Malah bisa ada inovasi baru karena hal ini. Doaku semoga UMKM banyak yang bisa ambil langkah ini bersama JNE juga

    ReplyDelete
  6. Sekarang bersaing untuk saling menguatkan, saling memberikan kontribusi untuk sama2 maju, seperti yang kolaborasi yang dilakukan JNE dan UMKM. Keren banget.

    ReplyDelete
  7. Masih bisa kita ingat gimana pandemi berdampak besar ke bisnis UMKM ya Mba. Alhamdulillah banyak juga yang bertahan dan bangkit kembali. Apalagi disupport sama JNE gini. Jadi simbiosis mutualisme ya. Kalo UMKM rame, banyak juga paketan yang dikirim :)) UMKM juga terbantu banget paket2nya dikirim dengan aman.

    ReplyDelete
  8. Setujuuu, hari gini bukan saatnya saling bersaing tapi kolaborasi. Aku salut banget dengan JNE yang selalu mensupport UMKM bahkan membuat program-program untuk membantu meningkatkan penjualan.

    ReplyDelete
  9. keren nih kolaborasi antara jne dengan umkm.. moga pelaku umkm makin maju dan sukses ya mbaaa.. Amiinn..

    ReplyDelete
  10. Terima kasih JNE sudah mengajak UMKM utk berkolaborasi. Ini nih salah satu hal yg dibutuhkan oleh UMKM yakni dukungan seperti yg dilakukan JNE ini. Sukses utk JNE dan UMKM semuanya

    ReplyDelete
  11. kolaborasi seperti ini yang memang akan membawa banyak kebaikan ya mba.. karena ada banyak manfaat dan sukses yang bisa diraih bersama

    ReplyDelete
  12. Bangga banget sama JNE yang selalu mendukung para pelaku UMKM. Semoga dengan adanya JNE Goll..aborasi ini UMKM di Kota Cilegon bisa lebih meningkat lagi penjualannya 😍

    ReplyDelete
  13. Salah satu keunggulan kemudahan teknologi masa kini adalah kemudahan pula mencari inovasi. Dengan berkolaborasi, kita bisa saling mengisi kekurangan dan menjadikan usaha lebih maju.
    Kolaborasi keren diusung oleh acara JNE Goll..Aborasi Bisnis Online Kota Cilegon. Senang sekali melihat geliat UMKM masa kini.

    ReplyDelete
  14. Wow! 60 kota! Luar biasa emang sih JNE ini dedikasinya untuk mendukung UMKM Indonesia terus bertumbuh. Bukan baru-baru ini, tapi emang dari dulu saya lihat banget gimana JNE tuh ada di setiap gelaran UMKM, JNE selalu hadir.

    ReplyDelete
  15. pandemi ini membuat hampir semua sektor jadi online ya.. pasti juga temen2 umkm yang belum familiar ama sistem digital, jadi kagok. seneng kalau melihat banyak yang membantu dan mendukung, seperti aksi dari jne ini ya, mba

    ReplyDelete
  16. Pandemi mengubah banyak hal yaaa... Banyak yang drop dalam sisi ekonomi, lalu kemudian mulai bangkit dengan melakukan pengamatan pada potensi market yang ada. Para pemilik UMKM ini luar biasa banget, melewati krisis yang dihadapi dengan menggunakan cara online untuk mengembangkan usahanya.

    ReplyDelete