WASPADA SAAT BERSELANCAR DI DUNIA MAYA


WASPADA SAAT BERSELANCAR DI DUNIA MAYA


Cyberspace atau biasa disebut dengan dunia maya, menawarkan realitas secara virtual bersifat tidak langsung atau tidak nyata. Berselancar di dunia maya, dapat menggunakan media elektronik seperti komputer hingga smartphone. Dimana peralatan tersebut, telah terintegrasi dan terhubung dengan jaringan internet sehingga dapat menjangkau ke seluruh penjuru dunia.


Berinteraksi di dunia maya, sudah digunakan oleh masyarakat modern saat ini. Berbeda dengan jaman dulu, yang masih menggunakan peralatan yang manual. Saat ini, hampir semua kegiatan bisa dilakukan secara online dalam ruang digital.


Perkembangan teknologi berimbas pula dengan kegiatan yang dilakukan manusia di dunia maya. Digitalisasi yang semakin meluas, memudahkan manusia mendapatkan akses informasi publik di berbagai perangkat digital. Dan juga, menghubungkan orang-orang secara virtual.


Harus diakui, bahwa ada banyak manfaat berselancar di dunia maya, antara lain sebagai sistem pencari informasi, mempermudah pencarian referensi, sebagai sarana pembelajaran hingga dapat mengasah kreativitas juga kemandirian.


Ibarat pisau bermata dua, selain punya banyak manfaat ada juga kekurangan serta bahaya berselancar di dunia maya. Salah satunya, potensi rawan kejahatan siber. Ya! Pencurian data-data pribadi, hack hingga penggunaan identitas palsu seringkali dijumpai.


TIPS AMAN BERSELANCAR DI DUNIA MAYA

Tips berikut ini, dapat membantu kamu untuk lebih berhati-hati berselancar di dunia maya atau ruang digital.


Password

Gunakan password yang kuat, dengan karakter seperti mengkombinasikan huruf besar, angka, atau tanda baca. Selain itu, kamu disarankan untuk mengganti password secara berkala, misalkan sebulan sekali.


Kategorikan Email

Membuat akun email lebih dari satu, yang sesuai dengan kebutuhannya masing-masing. Contoh: bisnis, media sosial, transaksi keuangan dan lainnya. karena, dengan menggunakan satu email tentunya memberikan risiko lebih besar untuk terkena hack.


Aktifkan Two Factor Authentication (2FA)

2FA merupakan fitur pengaman ganda untuk akses aplikasi untuk mencegah akses login yang tidak diinginkan dari orang lain. Memonitor adanya aktivitas-aktivitas mencurigakan atau usaha masuk akun oleh pihak lain yang tidak kita kenal.


Aktifkan fitur Notifikasi

Mengaktifkan fitur notifikasi dapat mengetahui login atau aktivitas yang mencurigakan. Fitur notifikasi dapat digunakan untuk mengetahui jika ada pembobolan akun, atau transaksi yang tidak diketahui


Hati-hati membuka email, tautan dan mengunduh aplikasi mencurigakan

Ini yang sering lalai dilakukan oleh banyak orang. Karena sembarangan membuka tautan yang mencurigakan dalam pesan email, akan membuka gerbang serangan phising yang meretas informasi seperti data login. Yang kedua adalah, jangan mengunduh aplikasi/fitur yang bukan dari website resmi, karena biasa banyak website palsu yang memancing orang untuk mengunduh aplikasi/fitur yang dipalsukan, dan dari situ pelaku kejahatan siber dapat mencuri data pribadi kamu.


Hindari login dengan perangkat tidak dikenal

Hindari login dengan gadget orang lain atau komputer yang dipakai oleh umum. Sebisa mungkin menghindari memakai perangkat orang lain, untuk mengakses akun kamu.  Dan jika terpaksa, kamu perlu melakukan log out, jangan sampai lupa ya!


Menggunakan fitur-fitur pengaman aplikasi

Banyak fitur pengaman aplikasi yang telah tersedia pada gadget, dan dapat diaktifkan secara mudah seperti Touch ID / Face ID, 2FA, Setelan Privasi, Report & Block, Peringatan Masuk Akun, Pesan Sementara, dan lainnya.


WASPADA SAAT BERSELANCAR DI DUNIA MAYA


COMMUNITY WORKSHOP BERSAMA ITSEC

Dan kali ini, saya berkesempatan mengikuti Community Workshop bersama ITSEC dengan menghadirkan dua orang narasumber, yakni Presiden Direktur PT ITSEC Asia, Andri Hutama Putra dan Teh Ani Berta (Content Writer), pada hari Sabtu 21 Mei 2022 di Jakarta. Acara begitu menarik dan interaktif, dengan membedah perkembangan ruang digital di masa kini, kondisi dunia keamanan siber di tengah semakin meningkatnya aktivitas digital, serta tips-tips untuk tetap aman di ruang digital.


ITSEC adalah salah satu penyedia layanan, solusi, dan teknologi keamanan informasi terbesar di kawasan Asia Pasifik. ITSEC telah terakreditasi dan bersertifikasi penuh ISO 9001 untuk Manajemen Mutu dan sertifikasi ISO 27001 untuk Manajemen Keamanan Informasi. ITSEC merupakan penetration tester yang terdaftar pada CREST (Council for Registered Ethical Security Testers), yaitu suatu badan akreditasi yang menyediakan sertifikasi tingkat ahli bagi para tenaga profesional information security yang memberikan layanan penetration testing, response insiden, threat intelligence dan Security Operations Centre (SOC) kepada para pelanggan dan mitra.

17 comments

  1. Serem yaa ciiin, amit-amit deh akun diretas gitu yaaa, well noted tipsnya mau dipraktekkin ah

    ReplyDelete
  2. Nah nah, dapat masukan nih daku untuk bikin email lebih dari satu.
    Biar ada khusus juga ya kak, email buat bayar², email job, email belanja. Siip nih ilmunya

    ReplyDelete
  3. Kalau udah nyebur ke internet itu serasa nyebur ke lautan luas, bahaya bisa dari mana saja. Apa lagi sekarang data itu jadi barang berharga. Kita sendiri harus aware terhadap keamanan data yang kita sebar

    ReplyDelete
  4. dulu, karena kurangnya ilmu tentang dunia maya, Saya termasuk yang sudah pernah kebobolan beberepa akun di internet. Alhamdulillah, belajar dari kasus tersebut, sekarang mulai dibenahi akun-akunnya seperti tahapan-tahapan yang Kak Gina sebutkan, mulai dari mengubah password sampai authentifikasi 2 faktor

    ReplyDelete
  5. Betul sekali data pribadi itu pokoknya sebisa mungkin harus kita jaga deh ya. Kalau sudah bocor ke luar, wah mereka akan dengan mudah memanfaatkannya untuk aksi kejahatannya

    ReplyDelete
  6. Aku juga was was kalau pakai fasilitas umum mbak, apalagi pake WiFi umum, takut kebobol juga data data penting. Dan transaksi yang biasanya aku hindari adalah perbankan kalau menggunakan fasilitas umum

    ReplyDelete
    Replies
    1. Harus berhati2 sekali ya apakagi kalau menggunakan fasilitas umum karena emang rawan bocor

      Delete
  7. Hwaah ada Teh Ani juga. Btw iyaa bener banget ini kalo di ruang publik aku ga berani sih pakai wifinya hehe.. selalu tethering pakai paket data hp gituu

    ReplyDelete
  8. Terimakasih remindernya kak. mmang sekarang karena pengguna internet makin banyak jd peluang kejahatan jg makin banyak ya. Anak2 nih yg mesti diingetin terus ttg keamanan menggunakan internet

    ReplyDelete
  9. Wah tipsnya keren kak. Makasih ya ...bener banget kita kudu pakai email beda2 sesuai kebutuhan ya biar klu ada apa2 tidak kena hack. Tengkiu ...

    ReplyDelete
  10. Dengan menggunakan internet sebagai salah satu kemudahan yang ditawarkan di era digital, kita bisa memanfaatkan dengan maksimal untuk memperdalam skills dan masih banyak aktivitas positif lainnya. Namun sayangnya, ada juga yang berpikir untuk merugikan orang lain.

    Semoga dengan tips keamanan berselancar di dunia maya, kita semua bisa diberi perlindungan. Aamiin~

    ReplyDelete
  11. Harus hati hati ya saat ini
    Berselancar di dunia Maya harus selalu waspada
    Biar g jadi korban kejahatan digital

    ReplyDelete
  12. Dunia maya ini beneran seperti tata surya yang sangat luas dan besar, semua data dan informasi ada dimana mana dan kudu dijaga apalagi internet sudah jadi kebutuhan. Perlu dijaga dan berhati hati

    ReplyDelete
  13. tidak mudah tergoda dengan iming-iming hadiah bodong. wkwk. soalnya banyak yang tertipu dan memberikan password/pin karena tergoda dengan hadiah yang diberikan. harus hati-hati di zaman serba digital kayak sekarang tuh.

    ReplyDelete
  14. saya lumayan rajin ganti password, tapi sayangnya bukan karena emang terniat ganti secara berkala sih tapi karena suka lupa hihih. Naah yang 2FA belum semua saya terapkan di akun medsos padahal ini membantu banget ya agar aman dalam berselancar di dunia maya.

    ReplyDelete
  15. Bukan kejahatan di dunia nyata saja, di dunia maya juga patutdi waspadai ya. Apalagi belakangan ini semakin marak penipuan online jadi harus lebih berhati2 saat berselancar di dumay.

    ReplyDelete
  16. Kita tuh harus bener- bener melinsungi perangkat elektronkk agar tidak mudah diserang. Seperti menggunakna pasword yang kuat dan bisa juga menggunakan fitur pengaman aplikasi. Terpenting si kalau habis pakai perangkat orang lain, wajib log in.

    ReplyDelete