JNE MENYATUKAN UMKM DI KOTA SORONG

JNE MENYATUKAN UMKM DI KOTA SORONG


Kita berada pada masa transisi, dimana nantinya Indonesia akan menuju endemi. Semoga benar, dan mari kita bersama berdoa untuk hal tersebut dapat terwujud dengan cepat, aaamin!


Seperti yang kita ketahui, bahwa pandemi Covid-19 begitu lama terasa, kurang lebih hampir 3 tahun kita mengalami keterbatasan mobilitas. Untungnya proses ini, akan kita lewati bersama dengan penuh harapan dan kebaikan. Walaupun banyak ketidaknyamanan hingga kerugian yang terjadi, namun ada semangat, harapan dan hal-hal yang baik, yang bisa kita ambil hikmahnya.


Sebelum pandemi mobilitas manusia begitu tinggi, namun sekarang menjadi berbeda. Hampir semua orang di dunia, telah nyaman berada di dalam rumah. Karena saat ini, semua kegiatan dan keinginan dapat terwujud hanya dari rumah. Contohnya nih, kerja dari rumah, menonton film hingga series favorit cukup berlangganan tv kabel, pengen makan hingga ngopi cukup pesan lewat online, dan berbelanja pun bisa dilakukan lewat marketplace.


Luar biasa bukan?! Perubahan pola hidup ini, membuat setiap manusia menjadi lebih mahir untuk go digital. Masyarakat yang tadinya gaptek, mau gak mau harus bisa beradaptasi dengan keadaan saat ini. Sekarang, mama, papa, om, tante, kakek dan nenek sudah memiliki smartphone dan mahir menggunakannya. Pesan barang hanya melalui online, hanya klik atau sentuh layar handphone, transfer melalui m-banking dan barang pun tiba di rumah. Lapar tengah malam, ke dapur tapi gak ada makanan atau kita kehabisan mie instan. Mudah saja! Tinggal ambil smartphone, pesan makan online!

Keadaan ini diibaratkan “Sengsara membawa nikmat..”. Keadaan yang serba sulit, namun menguntungkan bagi sebagian orang. Buktinya, ada banyak pelaku UMKM yang diuntungkan. Tentunya pelaku UMKM yang sudah melek digital lho ya! Karena dari situlah pundi-pundi rejeki mengalir.


Bagaimana dengan UMKM yang masih menggunakan cara manual? dengan berat hati pasti telah gulung tikar karena pembeli yang datang langsung semakin berkurang. Ini baru cerita di beberapa kota-kota besar di Indonesia lho, bagaimana dengan para pelaku UMKM di daerah? termasuk di wilayah Timur Indonesia. Kalau saja tidak memanfaatkan teknologi, dan menuju go digital tentunya akan berakhir dengan ketidakberuntungan, yakni usaha tutup dan bangkrut.


Melihat hal tersebut, JNE memiliki komitmen untuk menyatukan bersama pelaku UMKM untuk go digital. Kali ini, JNE menyatukan UMKM di Kota Sorong.


JNE MENYATUKAN UMKM DI KOTA SORONG


JNE DUKUNG UMKM SORONG GO DIGITAL

Kementerian Kementerian Koperasi dan UMKM menargetkan di tahun 2024,  30 juta UMKM di Indonesia harus go digital. Untuk mewujudkan hal tersebut, bukan hanya satu atau dua orang melainkan harus bersama seluruh elemen bangsa Indonesia. Diharapkan adanya kolaborasi dan kemitraan strategis antar pelaku usaha lintas sektoral. 


JNE sebagai perusahaan terbesar bidang logistik, telah mengambil peran sebagai penggerak distribusi sekaligus solusi bagi UMKM Indonesia untuk melek digital. Dengan berbagai kegiatan, JNE membuktikan komitmennya untuk membantu pemerintah mewujudkan digitalisasi para pelaku UMKM. Telah banyak kegiatan yang dilakukan JNE, seperti melakukan pelatihan-pelatihan bagi para pelaku UMKM. salah satunya di kota Sorong. JNE Sorong sebagai mitra UMKM mengadakan webinar bertemakan “JNE Ngajak Online – Goll...Aborasi Bisnis Online 2022 Kota Sorong. Acara yang edukatif ini, menghadirkan narasumber Fredi Luhukay selaku Branch Manager JNE Sorong, Ratna Sari selaku Owner Nami Craft, dan Teguh Hidayat Iskandar Alam selaku CMO Mooipapua, dan dihadiri  100 pelaku UMKM setempat.


Narasumber yang hadir, seperti Teguh Hidayat Iskandar Alam yang merupakan CMO Mooipapua. Beliau berbagi pengalaman dalam berwirausaha. Mooipapua yang telah berdiri sejak 2018, merupakan perusahaan yang sukses memasarkan produk yang eco-friendly dan social conscious. Menurutnya, hal yang membedakan Mooipapua dengan kompetitor adalah memiliki produk yang eco-friendly karena bahan bakunya berasal dari alam, mulai dari buah merah, pala fakfak, dan hasil alam lainnya.


Selain itu, narasumber berikutnya yakni Ratna Sari selaku Owner Nami Craft. Beliau telah membangun bisnisnya di sektor kriya. Beliau merasakan perubahan yang baik disaat mengoptimalisasi media sosial untuk memasarkan produk. Berbagai tips dari beliau seperti memaksimalkan produksi konten yang menarik hingga menggunakan hashtag atau tagar pada copywriting yang digunakan. Ratna juga menambahkan, bahwa betapa pentingnya sebuah diferensiasi dalam memasarkan produknya “Diferensiasi sangat penting ditambah saat ini kompetitor kita tidak sedikit yang awalnya bisa dihitung jari. Kami berfokus pada cara pengemasan yang berbeda dan menyediakan banyak kategori pengemasan seperti Korean Wrapping yang banyak digemari konsumen”, ujarnya.


Selain kedua narasumber, ada Fredi Luhukay selaku Branch Manager JNE Sorong. Beliau merupakan bagian dari JNE, yang terus berupaya mendukung UMKM dengan berbagai program dan layanan. JNE siap membantu membantu dan memfasilitasi UMKM dari berbagai sisi, seperti penjualan logistik dalam kota hingga luar negeri.


Fredi juga menyampaikan, bahwa JNE Sorong bangga dengan adanya Goll..aborasi JNE yang mampu menyatukan UMKM untuk bertukar pendapat mengenai bisnis online. Karena saat ini, JNE secara rutin melaksanakan berbagai program layanan terkhususnya bagi UMKM. Adanya promo cashback, program apresiasi seperti JLC (JNE Loyalty Card), gratis jemput paket tanpa minimal berat, COD, dan e-fulfillment untuk menjadi solusi pengiriman dan kemudahan bertransaksi digital. Wow luar biasa kan!!!


Fyi, Sorong merupakan kota ke-28 dari gelaran webinar JNE Ngajak Online 2022 –

Goll...Aborasi Bisnis Online. Setelah Kota Sorong, gelaran roadshow seperti ini, telah hadir di Kota Manado pada 18 Juli 2022.


29 comments

  1. Alhamdulillah. Sorong pun sudah terjamah oleh kontribusi JNE, ya. Semoga sukses terus bersama UMKM.

    ReplyDelete
  2. Iya kalau pelaku usaha tidak mau mengimbangi perkembangan jaman, bukan hanya usahanya akan diam di tempat, tapi juga bakalan tertinggal. Jauh ...

    ReplyDelete
  3. Salut banget sama JNE yang selalu peduli dengan kemajuan UMKM dan membuat berbagai program pelatihan digital untuk mengembangkan potensi UMKM

    ReplyDelete
  4. Kalau kata orang bijak, selalu ada hikmah dibalik musibah ya Mbak, pandemi kemarin banyak yang ngeluh berat, yang gak ngeluh mereka tetap bersemangat mencari rejeki melalui berbagai inovasi misalnya jualan online, wajar jika jasa pengiriman kebanjiran order. Sukses untuk JNE yang tak lelah memberdayakan UMKM di kota Sorong

    ReplyDelete
  5. saya salut sama kiprah JNE dalam mendukung UMKM di seluruh Indonesia apalagi di masa pandemi seperti sekarang terasa banget banyak manfaat JNE

    ReplyDelete
  6. Memang betul, peran ekspedisi ini membantu UMKM. Senangnya di bumi Papua juga UMKM sudah berjalan, apalagi dengan adanya sokongan dari JNE

    ReplyDelete
  7. wah keren JNE sekarang ada sistem jemput paket gratis ya :D jadi lebih praktis

    ReplyDelete
  8. Semoga menyebar ke daerah lain ya, karena seneng banget para UMKM dimanapun bisa go digital

    ReplyDelete
  9. Keren sih JNE, makin berkembang sama pelayanannya dan ini yang bikin makin maju ya bisnisnya, mantap

    ReplyDelete
  10. JNE mulia banget dengan memberdayakan pengusaha UMKM dan mengedukasi mereka sehingga bisa go digital. Emang bener, kalau gak ngikuti jaman bisa gulung tikar.

    ReplyDelete
  11. Walau ada ekspedisi lain bermunculan, tapi ga dipungkiri sih yang paling oke pelayanannya itu JNE.

    ReplyDelete
  12. Wah belum pernah ke Papua tapi suami pernah kesana. Kayak jauh banget gitu ya di timur. Alhamdulilllah JNE sampai disana & ikut membantu upgrade umkm disana. Semoga tarif kurir makin terjangkau supaya produk2 umkm disana bisa melintas ke seluruh negeri.

    ReplyDelete
  13. Keren banget ya JNE mereka mendukung UMKM banget untuk maju, semoga JNE makin menebarkan kebaikan untuk pelaku UMKM di seluruh Indonesia ya biar mereka juga bisa bersaing dengan pasar global, Aamiin.

    ReplyDelete
  14. Sebaiknya memang UMKM mulai melek dunia digital. Supaya lebih bisa bersaing. Apalagi sekarang jasa ekspedisi seperti JNE jangkauannya semakin luas. Sebagai konsumen juga senang bisa belanja dari manapun tanpa harus datang ke lokasi

    ReplyDelete
  15. Bagi UMKM, bertahan dengan sekuat tenaga saat pandemi memang effort banget.
    Dan bersyukur sekali kalau bertemu dengan lingkungan yang memberikan full support untuk para UMKM ini tetap berkolaborasi dalam JNE Ngajak Online – Goll...Aborasi Bisnis Online 2022.

    ReplyDelete
  16. JNE selalu bisa memberikan dukungan untuk para UMKM ya mbak. Salah satunya mengajak para UMKM utk bisa go digital 😍
    Sukses terus untuk JNE ❤️

    ReplyDelete
  17. Sisi positif pandemi yang memaksa kita untuk serba online. Nggak mau ketinggalan ah dari temen-temen di Sorong, mau bangkit berusaha online juga :)

    ReplyDelete
  18. wahaha iya sengsara membawa nikmat yaa. karena lewat pandemi malah orang2 makin bergeliat mengembangkan bisnisnya dengan pendekatan yang lebih mengutamakan jaringan internet

    ReplyDelete
  19. Bersama JNE, rasanya nggak ada kota yang nggak terjangkau pengiriman paket. Pengirimannya nggak pernah mengecewakan.

    ReplyDelete
  20. kegiatan seperti ini jadi jalan bagi para UMKM untuk belajar lebih banyak lagi ya, sharing pengalaman dan juga berbagi ilmu untuk Go Digital.
    selalu salut dengan kegiatan-kegiatan JNE yang punya komitmen tinggi pada masyarakat, UMKM untuk berbagi, benar-benar Connecting Happiness ya seperti tagline mereka :)

    ReplyDelete
  21. Kolaborasi yang hebat JNE dg UMKM sorong, kerjasama saling menguntungkan karena JNE bergerak di bidang ekspedisi sedangkan UMKM menghasilkan produk.
    Produk bisa di antar JNE ke pembeli di pelosok negeri. Semoga sukses selalu JNE dan UMKM kembali bangkit (gusti yeni)

    ReplyDelete
  22. usaha yang baik dari JNE untuk memajukan UMKM di Indonesia nih

    ReplyDelete
  23. Wah keren banget sih JNE ini
    Selalu berusaha untuk ikut serta memajukan dan mengembangkan UMKM ini.
    Termasuk UMKM yang ada di Sorong

    ReplyDelete
  24. bagus nih yaa.. ngga cuma umkm di jawa dan sekitarnya aja, tapi juga sampai di kota sorong. semoga lebih bisa menjangkau banyak pelanggan2 baruu

    ReplyDelete
  25. MasyaAllah inget Sorong jadi inget dosenku, yg udah jadi guru besar dan sampai skrg masih kereeen aja, beliau dari Sorong dan jadi dosen unggulan malahan di Jawa

    ReplyDelete
  26. Terimakasih JNE. Programnya selalu menginspirasi dan berbagi kebaikan dengan mengajak berkolaborasi di zaman digital. Terbiasa dengan hal-hal digitalisasi sehingga memudahkan branding dan memperluas jaringan.

    ReplyDelete
  27. Keren ya JNE ini mengajak para UMKM untuk lebih melek digitalisasi. Emang penting banget sih memberikan pemahaman tentang digitalisasi. Apalagi jika memang para pelaku usaha UMKM itu banyak yang bukan anak muda ya maka penting banget untuk memberikan pemahaman tentang digitalisasi.

    ReplyDelete
  28. wah aku nonton relay di YouTube JNE waktu talkshow dengan UMKM di Sorong. Salut dengan Mooipapua yang menggunakan kekayaan flora lokal untuk jadi bahan skincare ramah lingkungan!

    ReplyDelete
  29. Sebagai penjual daster online, aku ngerasa terbantu banget dengan kehadiran JNE. Trus kadang di hari-hari tertentu ada promo2 gitu. Seneng deh. Sukses ya JNE.

    ReplyDelete