Indonesia Millennial and Gen-Z Summit 2022

Indonesia Millennial and Gen-Z Summit 2022

Millenial atau milenial sebuah kata yang sedang akrab terdengar. Dalam suatu tulisan pada situs kominfo, sebutan millennial diciptakan oleh dua orang pakar sejarah dan penulis Amerika, William Strauss dan Neil Howe dalam beberapa bukunya. Millennial adalah kelompok demografi yang lahir pada tahun 1980-1990. Kalau memang pembagian seperti itu, artinya saya termasuk generasi millennial karena lahir pada tahun 1985.

Sedangkan, Generasi Z atau Gen-Z adalah generasi yang lahir setelah millennial. Gen-Z lahir dan tumbuh bersama seiring perkembangan teknologi, generasi ini termasuk generasi yang update terhadap teknologi dan mahir menggunakan internet sebagai hiburan, belajar dan bekerja.

Menurut data yang dilansir dari Badan Pusat Statistik (BPS), bahwa penduduk Indonesia bertambah 32,05 juta dalam kurun 2010-2020. Dan dari hasil sensus penduduk tersebut, BPS mencatat mayoritas penduduk Indonesia didominasi oleh generasi Z (yang lahir pada kurun 1997--2012) dan generasi millennial. Proporsi generasi Z sebanyak 27,94 persen dari total populasi dan generasi milenial sebanyak 25,87 persen. Sebagian besar dari dua generasi ini masuk dalam kategori usia produktif yang dapat menjadi peluang mempercepat pertumbuhan ekonomi.

Indonesia patut bersyukur karena akan mengalami bonus demografi, kemungkinan puncaknya terjadi di tahun 2030. Bonus demografi pada suatu negara akan banyak berdampak positif, seperti jumlah penduduk usia kerja yang tinggi akan diserap oleh pasar kerja juga tersedianya sumber daya manusia dalam pembangunan ekonomi. Generasi millennial dan Gen-Z berpotensi berperan penting dalam pembangunan, yang akan menentukan masa depan di Indonesia.

Walaupun pandemi Covid-19 masih melanda dunia, ekonomi terus membaik termasuk ekonomi digital di Indonesia. Millennial dan Gen-Z mengisi ruang digital dengan konten-konten positif, hingga ruang digital ini untuk melakukan transaksi ekonomi. Ekonomi digital Indonesia pada tahun 2020 ternyata bertumbuh 11% dibanding tahun sebelumnya. Angka tersebut menjadikan Indonesia berada di peringkat 1 dibanding negara tetangga, seperti Malaysia, Singapura, Filipina, Thailand dan Vietnam.

Indonesia Millennial and Gen-Z Summit 2022 Inisiatif Tahunan dari IDN Media

Indonesia Millennial and Gen-Z Summit 2022 adalah pertemuan independen yang digagas oleh IDN Media. IDN Media adalah perusahaan yang memiliki platform media dengan lebih dari 80 juta Monthly Active Users (MAU).

Indonesia Millennial and Gen-Z Summit 2022, bertujuan untuk membentuk masa depan Indonesia dengan menyatukan para pemimpin dari seluruh penjuru nusantara dan lintas disiplin ilmu. Acara akan berlangsung pada bulan September 2022, dan melibatkan Akademisi, Atlet, Pejabat Pemerintah, Pemimpin Bisnis, Pemimpin LSM, Pengusaha, Artis, Pemimpin Agama, dan Media.

IDN Media yang merupakan inisiator dari Indonesia Millennial and Gen-Z Summit 2022, yang telah menggelar acara tersebut setiap tahun. Jika pada tahun-tahun sebelumnya acara Indonesia Millennial and Gen-Z Summit diselenggarakan dengan nama Indonesia Millennial Summit, namun di tahun ini IDN Media menambahkan Gen-Z. Alasan ditambahkan Gen-Z pada acara Millennial Summit 2022, karena Gen-Z menjadi salah satu kelompok demografi terbesar dengan banyak potensi.

Indonesia Millennial and Gen-Z Summit 2022

Indonesia Millennial and Gen-Z Summit 2022

Indonesia Millennial and Gen-Z Summit 2022 Mengusung Tema “Indonesia Fast Forward”

Tahun ini, Indonesia Millennial and Gen-Z Summit (IMGS) 2022 akan dilakukan secara offline di Jakarta, tepatnya di tempat yang bernama The Tribrata, Dharmawangsa. Acara tersebut, diselenggarakan selama dua hari, pada tanggal 29-30 September 2022.

IMGS 2022 mengusung tema ‘Indonesia Fast Forward’, yang khusus diperuntukan bagi anak muda dengan tujuan untuk dapat saling menginspirasi melalui berbagai macam kontribusi positif yang akan diberikan bagi Indonesia. IMGS 2022, akan banyak kejutan, selain pertunjukan hiburan di Entertainment Stage bagi para pengunjung, IMGS 2022 juga akan menghadirkan beragam sesi panel yang diisi oleh lebih dari 50 pembicara inspiratif di tiga panggung, yaitu Visionary Leaders, Future is Female, dan Talent Trifecta.

Contekan yang bisa saya berikan adalah pada panggung Visionary Leaders, adalah akan menghadirkan para pemimpin dari sektor publik dan privat untuk membahas isu sosial, politik, serta ekonomi yang ada di Indonesia. Sedangkan panggung kedua yakni Future Is Female merupakan persembahan dari popbela.com, nantinya akan menghadirkan beberapa tokoh perempuan Indonesia inspiratif untuk bertukar cerita mengenai pentingnya peranan dan kepemimpinan perempuan saat ini. Dan pada panggung Talent Trifecta yang dipersembahkan oleh ICE, akan ada diskusi soal isu-isu terkini dan kontribusi mereka pada Indonesia. Diskusi tersebut, menghadirkan tokoh publik dan anak muda yang sukses di berbagai bidang.

Tanggapan CEO IDN Media, Winston Utomo tentang IMGS 2022

CEO IDN Media, Winston Utomo selaku CEO Media, memberikan pendapat perihal IMGS 2022. “Dalam sejarah pergerakan dan perjuangan bangsa Indonesia, generasi muda selalu mempunyai peran yang sangat strategis di setiap peristiwa penting yang terjadi. Kami di IDN Media percaya bahwa generasi muda merupakan tulang punggung dan cerminan suatu bangsa. Tahun ini, IDN Media dengan bangga menghadirkan acara IMGS 2022 yang diperuntukkan bagi para generasi Millennial dan Gen-Z di Indonesia. Acara ini merupakan wujud komitmen IDN Media untuk mendemokratisasi informasi serta mengangkat berbagai isu yang dapat menginspirasi generasi muda. One step at a time, for a better Indonesia.”

Makin penasaran kan guys tentang acara IMGS 2022?!! So, kepoin akun instagram @indonesia.summit

Yuk! Dukung IDN Media, untuk menyebarkan semangat positif dan kolaborasi antar generasi muda di Indonesia.

23 comments

  1. keren banget acaranya beb, acaranya milennial dan gen-z dong yaaa ini, sebagai generasi dengan potensi yang luar biasa yekaaaaaan beb?

    ReplyDelete
  2. Wah keren ya IDN media ini. Aku baru tau lho kalo IDN Media adalah inisiator dari Indonesia Millennial and Gen-Z Summit 2022. Semoga sukses acaranya

    ReplyDelete
  3. Saya sering membaca soal Indonesia akan mengalami demografi, saat usia produktif sangat banyak, sedangkan peluang terbatas. Makanya sangat perlu menciptakan peluang kerja sendiri, bahkan bisa menarik orang lain untuk bekerja. Makanya sangat bagus sekali acara ini.

    ReplyDelete
  4. Aku juga termasuk generasi millenial dong yang kalau kuperhatikan emang lebih melek sama teknologi sih.

    ReplyDelete
  5. IDN Media ini kayaknya emang salah satu media yang revolusioner banget ya kak. Suka aku sama event IMGS ini, semoga sukses dan menjadikan generasi muda sebagai penggerak yang inovatif

    ReplyDelete
  6. Wah iya
    Asli, IDN Media ini emang keren
    Selalu memberikan ruang bagi anak muda untuk bisa berekspresi

    ReplyDelete
  7. IDN acungin jempol 👍 memberi kesempatan generasi muda berkarya, memberi wadah buat generasi muda. Acaranya kereen 👌 (gusti yeni)

    ReplyDelete
  8. Wah pasti dong saya dukung IDN Media, untuk menyebarkan semangat positif dan kolaborasi antar generasi muda di Indonesia. Sukses ya acaranya...

    ReplyDelete
  9. Kudet aku, baru tahu kalau IDN Media itu inisiator dari Indonesia Millennial and Gen-Z Summit 2022. Semoga acaranya berjalan lancar dan sukses.

    ReplyDelete
  10. Wah pasti keren banget ini acaranya. Untuk pra milenial dan gen z, untuk nambah wawasan di era 4.0 ini

    ReplyDelete
  11. Kereeennn ini kabar gembira nih buat Gen-Z seperti saya, senang deh ada program-program yang menarik dan produktif seperti ini.

    ReplyDelete
  12. Tentu harapannya setelah diadakan acara Indonesia Millennial and Gen-Z Summit 2022 akan semakin menginspirasi generasi muda agar mampu semakin kreatif dan bertumbuh sesuai dengan zamannya dalam industri kreatif.

    ReplyDelete
  13. Keren nih acaranya, banyak menghadirkan para tokoh yang bisa menginspirasi para peserta yang hadir. Apalagi kemajuan teknology sekarang, kita lebih banyak dituntut untuk terus berinovasi secara mandiri dan berbasis digital.
    Kedepannya pula, beberapa bidang akan digantikan oleh mesin-mesin yang serba otomatis, sehingga peluang kerja semakin sedikit ditengah makin meningkatnya jumlah masyarakat yang makin produktif.
    Nah, dengan adanya even ini, semoga bisa memberikan pencerahan kepada peserta untuk tetap berkontribusi positif di segala aspek.

    ReplyDelete
  14. look at that Summit! Pasti banyak hal penting dan menarik yang dibahas ya mba. Kita punya bonus demografi yang harus dimanfaatkan secara maksimal dan semoga generasi millennial Indonesia bisa selalu maju dan buat gebrakan baru

    ReplyDelete
  15. bagus memang nih program2nya IDN media, mereka fokus ke memberi pemberdayaan lewat berita2 ke gen z dan milenial.. sering ngadain semcam summit gini yaa

    ReplyDelete
  16. Semoga anak muda Indonesia semakin menebar manfaat terutama untuk negara dan selalu mengedepankan adab dan akhlak juga supaya tidak mudah ikut hal yang negatif.

    ReplyDelete
  17. Keren banget ya IDN Media memberikan wadah untuk generasi muda dan semoga event ini para generasi Millennial dan Gen-Z pada tahu juga nih karena banyak narsum yang inspiratif juga.

    ReplyDelete
  18. Beberapa waktu lalu aku juga lihat informasi IMGS di Instagram, Mbak. Acara yang sangat positif buat anak muda, nih. Pengin ikutan tapi jauh uyy di Jakarta.

    ReplyDelete
  19. Milenial skrg waktunya jadi pemimpin karena sudah berusia 30++ ya skrg, begitupun Z, udah mulai jadi kreator2, wajib ada forum untuk meningkatkan skill kepemimpinan, dll untuk generasi milenial dan z

    ReplyDelete
  20. IDN Media selalu punya gebrakan membagun dan terdepan ya Kak. Jadi termotivasi juga memberikan yang terbaik, dan belajar dari banyak hal melalui IDN media

    ReplyDelete
  21. Keren banget nih acaranya. Sangat memotivasi para milenial dan gen z untuk memberikan dampak yang baik untuk Indonesia 😍

    ReplyDelete
  22. Setuju banget nih, sejak dulu yang namany apemuda tuh kyk agne perubahan yaa. Ini rmang tantangan buat generasi Z khususnya yang sering dicap gk mau peduli ttg kondisi bangsa, tp sbnrnya kalau mereka digandeng utk berkegiatan ya mau aja dan hasilnya positif yaa.

    ReplyDelete
  23. bagus banget acara ini, baru tahu tiap tahun IDN Times mengadakan millenial summit, tahun ini plus Gen-Z yaa, semoga lancar dan sukses acaranya. siap mendukung banget karena pemuda memang harus jadi pelopor perubahan sehingga diperlukan bekal untuk menuju masa depan

    ReplyDelete