CARA MENGATASI RUAM POPOK PADA BAYI


CARA MENGATASI RUAM POPOK PADA BAYI


Memiliki keturunan adalah dambaan setiap keluarga. Melahirkan seorang anak, merupakan impian setiap perempuan. Segala persiapan akan dilakukan untuk menyambut anggota keluarga baru. Mempersiapkan segala kebutuhan bayi, persiapan mental hingga finansial pun harus dilakukan. Sebagai calon ibu, pasti akan dihadapi dengan pengalaman suka dan duka menuju proses persalinan. Segala macam kebutuhan pun harus segera dipenuhi. Mulai dari pakaian, peralatan, alat mandi hingga popok. Ibaratnya, fisik dan non fisik harus all out.


Saya pun memiliki pengalaman yang seru berkaitan dengan hal tersebut. Maklumlah, saya termasuk orang yang well prepare, segala sesuatu harus ready dari jauh-jauh hari. Mulai dari peralatan bayi, seperti; handuk, pakaian hingga popok harus dipilih dengan selektif. Yah, namanya juga anak pertama, jadi rada takut kalau si bayi gak cocok dengan bahan-bahan yang digunakannya. Kulit bayi kan lembut, alangkah baiknya kalau memakaikan bahan-bahan yang lembut, dan gak gampang iritasi.


Bayi yang mungil, bagaikan malaikat. Kulitnya lembut, dan memerah. Sungguh anugerah Tuhan yang tak ternilai. Namun, ternyata bayi bukan hanya sekedar lucu saja, bayi yang baru lahir masih memiliki keterbatasan dalam berkomunikasi. Bayi di usia 0-3 bulan, hanya dapat berkomunikasi dengan cara menangis. Jika bayi lapar, gak nyaman, atau sakit mereka pasti akan menangis. Dalam kondisi tersebut, tangisan bayi akan terus menerus dan terdengar sangat kencang. Untuk hal tersebut, berdasarkan pengalaman saya, penyebab bayi yang terus-terusan menangis adalah karena;


  • Lapar

Bayi baru lahir akan diberikan ASI setiap jam, jika melewati waktu tersebut, bayi akan merasa lapar dan terus menangis.

  • Kelelahan

Bayi mengalami kelelahan, jika waktu tidurnya kurang atau terganggu, bayi akan terus rewel hingga menangis.

  • Alergi

Yang diakibatkan mengkonsumsi ASI, bilamana ibu yang menyusui  memakan makanan tertentu seperti telur, makanan laut, kacang, gandum dan susu sapi dan membuat kulit bayi menjadi sensitif. Karena sistem imun bayi belum sebaik orang dewasa lho!

  • Refluks

Keadaan gak nyaman pada bagian perut atas si bayi. Refluks dapat terjadi karena lingkaran otot antara kerongkongan dan lambung tidak berfungsi maksimal. Ini ditandai dengan adanya gumoh pada bayi.

  • Ruam Popok

Adanya ruam popok pada bokong, lipatan paha dan sekitar alat kelamin. Ruam popok terjadi karena bayi menggunakan popok yang tidak tepat; memiliki permukaan yang kasar, atau popok tidak menyerap secara maksimal.


CARA MENGATASI RUAM POPOK PADA BAYI

CARA MENGATASI RUAM POPOK PADA BAYI


Mengenal Ruam Popok Pada Bayi

Ruam popok ditandai dengan ruam kemerahan yang mengkilap, biasanya muncul di area kulit yang tertutup popok. Ditandai dengan bintik-bintik merah muda yang samar dan menonjol. Sehingga membuat kulit bayi akan mengelupas. Kondisi iritasi tersebut sangat mengganggu kenyamanan, dan jam tidur bayi. Periode tidur bayi hingga 1 tahun yang ideal adalah 14-15 jam. Sementara itu, periode tidur bayi usia 1-3 tahun yang ideal adalah 12 jam. Sangat disayangkan, jika bayi sulit tidur dan mudah rewel hanya karena mengalami ruam popok. Untuk itu, saya menganjurkan 2 cara mudah untuk mengatasi ruam popok pada bayi :

  1. Rutin memeriksa dan mengganti popok

Dianjurkan untuk para orang tua, agar rutin memeriksa dan mengganti popok bayi, hal ini juga sejalan dengan penjelasan dr. S.T. Andreas Cristan Leyrolf, M.Ked (Ped), Sp.A, dokter spesialis anak, “Pada umumnya, bayi perlu mengganti popok setiap 3-4 jam sekali. Hal ini untuk menghindari kontak yang terlalu lama dengan urin dan feses yang dapat meningkatkan pH basa pada kulit. Namun, bayi sering merasa tidak nyaman ketika popok yang digunakan terasa penuh dan bocor sebelum waktu mengganti popok. Kondisi ini menyebabkan bayi lebih mudah rewel dan terbangun. Ketika bayi mengalami gangguan saat tidur, maka Ibu juga otomatis akan mengalami hal yang sama karena harus kembali menidurkan bayi.”

  1. Selektif dalam memilih popok

Memilih popok dengan bahan yang tepat, dengan daya tampung yang besar, anti gumpal, tipis hingga dapat mengunci cairan sehingga permukaan popok jadi lebih kering.

Ruam popok jika tidak segera diatasi akan memicu infeksi jamur dan bakteri pada kulit bayi. Oleh sebab itu, orang tua harus cerdas dan selektif dalam mengatasi masalah ruam popok, dengan memilih popok yang tepat serta melakukan konsultasi ke dokter.


CARA MENGATASI RUAM POPOK PADA BAYI



MAKUKU Bersama 10 Rumah Sakit Berikan Konsultasi Kesehatan

Nah! untuk menjawab hal tersebut di atas, untuk ibu-ibu yang kekurangan informasi perihal bayi dan anak, dapat melakukan tanya dokter gratis. Kegiatan ini diselenggarakan oleh Brand bernama MAKUKU, yang dikenal memiliki produk MAKUKU diapers. Bersama 10 Rumah Sakit, MAKUKU memberikan konsultasi dokter gratis, dan hanya ada di 10 kota yang telah dipilih yaitu Jakarta, Tangerang, Karawang, Bandung, Semarang, Surabaya, Medan, Palembang, Lampung, dan Makassar mulai tanggal 16 Desember hingga 18 Desember 2022. Program berupa edukasi, mengenai masalah ruam popok bayi yang didampingi langsung oleh dokter spesialis anak dan spesialis kulit. MAKUKU juga memberikan popok gratis kepada Ibu yang datang untuk melakukan konsultasi. Keren banget!


MAKUKU adalah brand yang sangat mendukung kesehatan bayi di masa pertumbuhan, dan berkomitmen untuk memberikan edukasi kepada para ibu-ibu perihal kekeliruan ataupun hoax mengenai kesehatan bayi.


CARA MENGATASI RUAM POPOK PADA BAYI


Cegah Ruam Popok dengan MAKUKU SAP Diapers Slim

Saya mengenal MAKUKU SAP Diapers Slim dari rekomendasi teman kantor. Meskipun sering mendengar banyak review positif tentang produk dari Makuku, secara true story ini adalah pengalaman pertama kali menggunakan MAKUKU diapers. Saya membeli MAKUKU diapers di salah satu marketplace langganan saya. Saya membeli MAKUKU SAP Diapers Slim dengan ukuran NB. Namun, untuk ukuran lain pun tersedia lho, mulai dari ukuran NB hingga XXL. Dari packaging nya, didominasi warna putih. Oke juga menurut saya, karena warnanya sangat soft dan ditaambah dengan font yang menonjol dan menarik pada setiap cover diapersnya. 


CARA MENGATASI RUAM POPOK PADA BAYI


MAKUKU SAP Diapers Slim ukuran NB, direkomendasikan untuk bayi yang baru lahir dengan berat < 5 kg. Popok dengan jenis perekat, anti gumpal, nyaman, tidak bocor, mengunci cairan dengan permukaan lebih kering, sangat tipis dengan ukuran 1.6mm, ringan, nyaman seharian, serta memiliki Desain “U” shape yang memiliki fungsi melindungi tali pusar. MAKUKU SAP Diapers Slim dengan ukuran NB isi 28 pieces, telah dijual di toko dan supermarket terdekat di kota kamu, serta pada marketplace seperti Shopee! dan Tokopedia dengan official store MAKUKU. Soal harga MAKUKU mampu bersaing dengan kompetitor, untuk MAKUKU SAP Diapers Slim ukuran NB dibanderol  seharga Rp 55.710 (free ongkir jika beli di marketplace).


Selain ukuran NB, MAKUKU SAP Diapers Slim juga memiliki ragam ukuran dengan kriteria berat dan usia. MAKUKU SAP Diapers Slim memiliki 2 tipe :

  1. Tipe Perekat :

  • Ukuran NB : 0-5 kg, usia 0-1 bulan

  • Ukuran S : 4-8 kg, usia 1-3 bulan

  • Ukuran M : 6-11 kg, usia 4-6 bulan

  1. Tipe Celana : ukuran M, L, XL dan XXL

  • Ukuran M :  6-11 kg, usia 4-6 bulan

  • Ukuran L : 9-14 kg, usia 7-12 bulan

  • Ukuran XL : 12-17 kg, usia 12-15 bulan

  • Ukuran XXL : 15-25 kg, usia > 15 bulan


MAKUKU SAP Diapers Slim memiliki kemampuan menyerap yang tinggi, karena SAP (Super Absorbent Polymer) adalah polymer hydrophilic yang memiliki kemampuan dapat menyerap lebih maksimal. Meski popok yang lain menggunakan pulp yang mengabsorbsi cairan, namun SAP (Super Absorbent Polymer) masih lebih sakti karena strukturnya sejenis polimer yang ada di dalam popok, bentuknya seperti bubuk yang dapat meningkatkan penyebaran serta mengunci cairan. Menjaga pantat bayi tetap nyaman, lembut dan tipis di saat yang bersamaan. Untuk MAKUKU SAP Diapers Slim dengan ukuran NB, sudah mengandung SAP (Super Absorbent Polymer), anti gumpal, ringan dan tipis, penyerapan merata dan dapat mencegah terjadinya osmosis balik yaitu suatu keadaan di mana air yang telah diserap naik kembali ke permukaan.


MAKUKU SAP Diapers Slim, terdiri dari 3 lapisan :

  • Lapisan pertama, terdiri dari permukaan non woven, dengan permukaan 3D. Dengan keunikan berupa desain benjolan, mempunyai sirkulasi popok yang baik, mengurangi kontak langsung dengan kulit bayi, secara efektif melindungi kulit bayi.

  • Lapisan kedua, Lapisan inti struktur SAP (Super Absorbent Polymer), dengan keunikan 5 lapisan inti struktur, meningkatkan penyebaran serta mengunci cairan, menjaga pantat bayi tetap nyaman, lembut dan tipis di saat yang bersamaan.

  • Lapisan ketiga, lapisan bawah anti bocor dengan kain non-woven. Memiliki sirkulasi udara yang baik, serta lembut.



Kelebihan MAKUKU SAP Diapers Slim

  • Mengunci cairan, dengan penyerapan cepat, sehingga mempersingkat kontak urin dengan bokong bayi dan mencegah kebocoran.

  • Anti Gumpal, tidak menyebabkan popok menggumpal karena penyerapan yang cepat dan merata. Popok tidak bocor, bayi pun akan lebih nyaman.

  • Super Tipis 1.6mm, ini yang membedakan dengan popo lain karena MAKUKU SAP Diapers Slim tetap ringan meski sudah menampung banyak cairan. Bayi pun bergerak leluasa dan nyaman.

  • Memliki desain lembut seperti sentuhan ibu. Lapisan permukaan 3D mengurangi kontak dengan kulit dan mempercepat penyerapan, meningkatkan sirkulasi udara hingga 60%.

  • Wet Indicator, sehingga mempermudah parents untuk mengetahui apakah popok sudah penuh dan sebagai pengingat untuk mengganti popok. Ketika popok sudah penuh, garis kuning akan berubah warna menjadi warna biru. Khusus untuk ukuran NB terdapat bentuk “U” untuk melindungi tali pusar bayi.

  • Roll tape, untuk membuang popok (hanya ada di popok MAKUKU tipe celana).

  • Heat-press side (Khusus untuk tipe celana), sebagai penyambung dua sisi menggunakan alat ultrasonic atau tidak menggunakan lem biasa, sehingga permukaannya lembut. Mengurangi gesekan di pinggang, tidak membuat si kecil risih, lebih mudah dirobek pada saat mengganti popok. Karet elastis yang tidak terputus, sehingga membuat si kecil lebih nyaman dan mengurangi iritasi pada kulit bayi.



Lakukan pemesanan melalui toko, supermarket terdekat atau cukup melakukan pembelian secara online pada marketplace kesayangan kamu. Atau kamu bisa cek instagram dari MAKUKU atau langsung meluncur ke website MAKUKU

18 comments

  1. Waktu dulu anak masih bayi dan mengalami ruam, langsung dibawa ke dokter, ternyata bayinya disertai ada alergi sehingga ruamnya memang terlihat lebih parah dari umumnya. Jadi pelajaran dalam memilih popok untuk menjaga kesehatan bayi

    ReplyDelete
  2. Ruam popok memang sangat tidak nyaman untuk bayi. Anak bisa sangat rewel karena perih dan gatal. Pilihan diapers yang bagus seperti Makuku bisa mencegah itu terjadi.

    ReplyDelete
  3. Salah satu solusi cegah ruam popok memang harus diganti dengan diapers yg sesuai ya, mbak. Apalagi produknya banyak manfaat termasuk konsultasi dokter gratis mengenai ruam popok jd salah satu keunggulan dari produk ini juga.

    ReplyDelete
  4. nambah lagi ilmu parenting saya terima kasih banyak mba untuk tipsnya menangani ruam pada si kecil. kebetulan saudara pakai ini juga di rumah untuk babynya dan aman bebas dari ruam

    ReplyDelete
  5. Kudu memahami ya ruam popok ini yang seperti apa, sehingga bisa lekas diketahui cara penanganannya yang tepat.

    ReplyDelete
  6. Ruam popok sangat mengganggu banget buat si kecil. Tidur menjadi tidak nyaman dan anak menjadi rewel. Perlu memilih popok yang tepat untuk si kecil, agar ruam popok bisa terhindari

    ReplyDelete
  7. Sering sering ngecek popok anak ini sebenarnya pelajaran dasar buat para orang tua ya. Bukan hanya supaya anak terhindar dari ruam, tapi juga kenyamanan anak saja. Najis kan itu air kencing atau tinja dibawa anak meski dalam popok
    Jadi memang sudah seharusnya segera dibersihkan

    ReplyDelete
  8. Wah pake MAKUKU juga nih Kak si kecil? Bayi kami di rumah juga oake MAKUKU SPA Diapers slim ini. Nyaman banget pada si kecil. Teris lebih bebas juga bergeraknya

    ReplyDelete
  9. Produk pempers makuku emang bagus buat kulit bayi karena kering ketika baby pipis di pempers.
    (Gusti yeni)

    ReplyDelete
  10. Makuku memang paling pas buat ngatasi ruam popok pada bayi. Teknologinya udah canggih. Bayi pun aman dan nyaman. Bebas ruam popok. Kenapa gak dari dulu ya tahu ada makuku ini

    ReplyDelete
  11. Makuku ini juga ternyata slim ya. Bagus nih karena nggak ganggu aktivitas dan gerak anak. Apalagi kan usia segitu banyak geraknya juga, atau pas mau usia setahun udah mulai jalan.

    ReplyDelete
  12. Sebelumnya kan aku pake merk lain yaa kak, terus beberapa waktu lalu pakai Makuku yang SAP ini, udahlah harganya terjangkau (ngga semahal yang aku beli sebelumnya untuk jenis dan ukuran yang sama), daaaan ternyata kualitasnya sama ajaa. jadi mending pakai Makuku sihh hihi.. alhamdulillah bisa ngirit buat uang belanja

    ReplyDelete
  13. Ruam popok itu penting untuk segera diatasi ya mbak
    Memilih popok terbaik adalah salah satu kunci penting dalam mengatasi ruam popok

    ReplyDelete
  14. Kalau anak terkena ruam popok rasanya hati kita ikutan sedih karena dia jadi gak nyaman dan bisa rewel. Karena itu memilih popok yang tepat adalah kewajiban orang tua agar anak terhindar dari ruam popok. Makuku bisa jadi pilihan

    ReplyDelete
  15. Ada wet indicator MAKUKU begini jadi ngebantu banget ya..
    Kalau masih baru jadi Ibu, kaya masih meraba-raba sebaiknya bagaimana.. Karena kalau terlalu lama anak menggunakan popok yang gak nyaman, bisa jadi malah ruam popok.

    ReplyDelete
  16. Wet indikator ini lho nggak semua popok ada. Kalau udah ada padahal membantu banget buat ortu ngecek ya mbak udah penuh apa belum tanpa harus megang-megang popoknya.

    ReplyDelete
  17. Aku baru coba MAKUKU juga nih dan emang popoknya nyaman banget ya. Gak panas dan gak bikin gerah. Bayi pun bebas ruam popok.

    ReplyDelete
  18. Popok andalan saya juga nih untuk si kecil, bahannya lembut, anti gumpal, ringan juga jadi anti bocor dan bebas ruam ya Mbak

    ReplyDelete