KEB 11 TAHUN BERJEJAK DAN BERBAGI

KEB 11 TAHUN BERJEJAK DAN BERBAGI

Yeay! Akhirnya saya bersama emak-emak blogger dapat menghadiri langsung acara syukuran 11 tahun Kumpulan Emak Blogger (KEB), yang diadakan pada hari Sabtu 28 Januari 2023 di Bali Notes Terrace.

KEB 11 TAHUN BERJEJAK DAN BERBAGI


Tahun ini adalah tahun ketiga saya ikut merayakan syukuran ulang tahun KEB, banyak pengalaman dan insight yang saya dapatkan di tiga tahun bersama KEB. Harap maklum ya mak, saya termasuk member baru dan bisa dikatakan “unyu-unyu” di antara emak-emak blogger yang lain.

KEB 11 TAHUN BERJEJAK DAN BERBAGI

New experience bagi saya pribadi, bisa bertemu langsung dengan emak-emak blogger, karena di dua tahun terakhir KEB merayakan acara syukuran melalui online meeting. Hal tersebut disebabkan karena pada saat itu, covid-19 lagi "ganas-ganasnya" sehingga membuat kita semua harus berada di rumah aja.

KEB 11 TAHUN BERJEJAK DAN BERBAGI

Singkat cerita, awalnya saya mengenal terlebih dahulu mak Elly Nurul Ketua Umum KEB, dan telah beberapa kali bertemu langsung dengannya. Kemudian, saya mengenal mak Chichie makmin KEB yang sangat aktif wara wiri di timeline sosmed saya, serta di banyak acara yang digagas oleh KEB.

KEB 11 TAHUN BERJEJAK DAN BERBAGI

KEB 11 TAHUN BERJEJAK DAN BERBAGI

Dan pada saat acara syukuran 11 tahun KEB di Bali Notes Terrace, akhirnya saya bertemu langsung dengan, mak Mira Sahid Founder KEB, mak Indah Julianti Sibarani Co-Founder KEB, mak Ranny Afandi Ketua KEB Solo, para pengurus KEB lainnya serta para anggota KEB yang berdomisili di wilayah Jabodetabek. Kami semua larut dalam kebersamaan, keakraban meramaikan 11 tahun KEB.

KEB 11 TAHUN BERJEJAK DAN BERBAGI

MENGENAL KUMPULAN EMAK BLOGGER

Kumpulan Emak Blogger merupakan komunitas perempuan di Indonesia yang berdiri pada tanggal 18 Januari 2012, oleh Mira Sahid bersama Indah Julianti Sibarani, Sary Melati dan Nike Rasyid. Dikutip pada laman resminya, KEB memiliki tagline “Kami Ada Untuk Berbagi”, KEB ingin mengajak perempuan Indonesia untuk terus belajar mengembangkan diri dalam segala aspek kehidupan, sehingga dapat mendidik generasi penerus bangsa menjadi sosok yang berkualitas, berguna bagi agama, nusa dan bangsa.

Usia 11 tahun KEB, secara kebetulan sama seperti usia anak semata wayang saya bernama AL. Jika KEB lahir bulan Januari, saya melahirkan AL di bulan Juli tahun 2012. "Bayangin aja ya mak, kontraksinya kompak di tahun 2012, saya melahirkan buah hati, bersamaan dengan mak Mira Sahid dan Mak Indah melahirkan KEB".

KEB 11 TAHUN BERJEJAK DAN BERBAGI


11 tahun KEB, telah menggoreskan banyak kisah inspiratif. Salah satunya, sejarah kepengurusan dimana mak Sumarti Saelan atau yang akrab disapa mak Icoel menjadi Ketua Umum KEB selama empat tahun, dimulai dari tahun 2015. Dan kini dilanjutkan oleh mak Elly Nurul, hingga sekarang.

Usia 11 tahun, tidaklah mudah bagi sebuah komunitas untuk menjaga eksistensi dan bertahan di tengah lahirnya banyaknya komunitas baru. Namun, bagi saya KEB memiliki banyak keunggulan, antara lain :

  1. Sebutan “emak”, bukan “bunda” atau “mom” untuk para pengurus dan anggotanya.
  2. Komunikasi dan diskusi di group KEB, sehat dan bermanfaat. No gosip!
  3. Saling berbagi ilmu dan inspirasi, melalui sarana online dan offline. Seperti kelas blogging, editing, SEO dan lainnya.
  4. Memiliki banyak kegiatan yang mengikutsertakan para anggota; lomba blog, menghadiri undangan acara, hingga kerjasama dengan brand/agency/perusahaan.
  5. Mendukung gerakan nasional literasi digital bersama SiBerkreasi.

KEB 11 TAHUN BERJEJAK DAN BERBAGI

Apa sih SiBerkreasi itu?

SiBerkreasi merupakan gerakan nasional untuk menanggulangi ancaman potensi bahaya terbesar yang sedang dihadapi oleh Indonesia, yaitu penyebaran konten negatif melalui internet seperti hoax, cyberbullying dan online radicalism. Upaya penanggulangan dilakukan dengan cara mensosialisasikan literasi digital ke berbagai sektor terutama pendidikan. Di antaranya, dengan mendorong dimasukkannya materi literasi digital ke dalam kurikulum formal. Gerakan ini juga mendorong masyarakat untuk aktif berpartisipasi menyebarkan konten positif melalui internet dan lebih produktif di dunia digital.

Untuk hal tersebut, KEB telah berkontribusi secara aktif dalam mengedukasi para perempuan, khususnya blogger, agar bisa menggunakan internet secara positif. Gerakan SiBerkreasi bersama KEB, tentunya tak lepas dari dukungan penuh dari Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia (Kominfo RI).

KEB 11 TAHUN BERJEJAK DAN BERBAGI

SYUKURAN KEB 11 TAHUN DI BALI NOTES TERRACE

Hore! Lokasi acara syukuran KEB 11 tahun oke punya nih, berada daerah senopati tepatnya di Jl. Prof. Joko Sutono SH No.15, Petogogan, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Kesan pertama, adalah saya mendapatkan tempat parkir yang nyaman. Ternyata, Bali Notes Terrace punya valet parking lho! Meskipun kedatangan saya disambut gerimis hujan yang manjah, namun semakin bertambah manjah, disaat saya dipayungi oleh petugas parking, hingga berhasil masuk dengan tampilan prima, “rambutnya no lepek lepek club”. makasih ya pak!

Bali Notes Terrace, tempat nongkrong asik dengan vibes Bali yang kental. Banyak spot foto instagramable, dengan menyediakan outdoor dan indoor area. Tinggal pilih aja cuy, mau duduk dimana. Finally, saya langsung menuju meja registrasi, saya disambut oleh salah satu team volunteer KEB 11 tahun, yaitu mak Ria Andika.

Oke! Sebelum masuk, saya isi data diri dulu ya!

KEB 11 TAHUN BERJEJAK DAN BERBAGI


Acara utamanya diselenggarakan di indoor area. Tempatnya full ac, dengan meja makan dan kursi yang empuk, membuat saya makin betah untuk menikmati rundown acara dengan suguhan materi dari para narasumber, yakni Oktora Irahadi, INFINA dan Ali Muakhir Author, Content Creator & Influencer. Sebelum acara dimulai, kami dipersilahkan untuk menikmati makanan dan minuman, sajian dari Bali Notes Terrace. Ibaratnya, menyantap makanan jasmani dahulu, sebelum menyantap materi-materi yang auto bikin kenyang.

Oh ya! Spill soal makanannya nih, ternyata ada yang spesial lho! Ada Grilled and Fried Chicken dengan bumbu ala Dubai yang khas, punya tekstur yang juicy bikin ketagihan. Makin mantap bersama temannya, nasi mandi 100% authentic recipe kaya akan rempah-rempah. Acara makan-makan, saya tutup dengan menyantap dessert puding coklat yang manisnya mirip “janji-janji manis mantan, eaa”.

KEB 11 TAHUN BERJEJAK DAN BERBAGI


source : instagram KEB

Setelah usai acara makan-makannya, saya bersama emak blogger lainnya telah bersiap untuk masuk ke acara utama yakni mini workshop dengan para narasumber yang dipandu MC, Abi Satria. Tetapi, sepertinya ada surprised khususnya bagi saya pribadi sih, karena di acara tersebut telah dihadiri oleh Donny BU. Beliau adalah Ketua SiBerkreasi yang baru, periode 2023-2025. Jujurly, saya baru pertama kali melihat dan bertemu dengan beliau secara langsung. Beliau diberikan kesempatan untuk memberikan kata sambutan, dan ini pesannya untuk semua emak-emak blogger di Indonesia, “Salah satu titik tumpu untuk melawan hoax ada di perempuan. Perempuan kalau di keluarga adalah titik sentral informasi. Yuk melawan hoax, dan disinformasi”.

KEB 11 TAHUN BERJEJAK DAN BERBAGI

"Cara Cuan Masa Kini" Oktora Irahadi, INFINA

Oktora Irahadi merupakan pekerja kreatif, yang sudah malang melintang di dunia digital marketing. Beliau adalah CEO dari INFINA, yang adalah platform pemasaran UMKM satu pintu. Materi yang disampaikannya, bertajuk “Cara Cuan Masa Kini”, bahwa di era digital saat ini, ada banyak peluang pekerjaan. Banyak pekerjaan yang bisa dilakukan dari rumah, dan dengan pemasukan yang lebih dari cukup. Kamu bisa mencari cuan, bahkan disaat terjadi pandemi. Karena ternyata, disaat-saat itu, orang beralih menggeluti usaha digital yang ternyata menjanjikan. Kamu dapat menjadi freelancer, berbisnis e-commerce, dropshipper, digital marketing, trader saham dan investor, blogger, penerjemah, programmer, pialang saham, event planner, konten kreator, SEO specialist, gamer, konsultan, Social Media Specialist dan lainnya.

“Menulis Kisah Inspiratif Dengan Metode Emak” Ali Muakhir

Narasumber yang satu ini, sangat akrab di kalangan blogger. Ali Muakhir, adalah blogger senior yang juga seorang Author, Content Creator & Influencer. Beliau membagikan tips dan trik, bagaimana para blogger dapat menuliskan sebuah kisah inspiratif dengan ciri, struktur serta dengan “Metode Emak”.

E : Endapkan rasa dengan mencari ide dan meresapi lebih dalam

M : Mulailah membuat struktur kisah inspiratif yang ingin disampaikan untuk ditulis

A : Apa pesan yang ingin disampaikan? Cari pesan paling dalam, sebagai penutup tulisan

K : Kapan tulisan tuntas? Membuat jadwal menulis dan pastikan tulisan selesai.

source : instagram KEB

Dukungan KEB terhadap komunitas PPBN

Keseruan acara KEB 11 tahun menjadi lengkap karena turut dihadiri oleh Komunitas Perempuan Pelestari Budaya Nusantara (PPBN). Berawal dari keinginan untuk melestarikan kebudayaan Indonesia, Elisa Koraag yang merupakan inisiator dari PPBN juga pernah menjadi makmin di KEB, ternyata telah mulai mengenakan kebaya dan wastra sebagai busana sehari-harinya.

Komunitas PPBN beranggotakan perempuan lintas generasi, yang mempopulerkan kebaya dan kain nusantara untuk dipakai dalam aktivitas sehari-hari. Dan dukungan KEB terhadap komunitas PPBN begitu maksimal, karena sesuai dengan visi misi KEB yaitu mendukung perempuan Indonesia untuk terus belajar mengembangkan dirinya dalam segala aspek kehidupan. PPBN membuat acara syukuran KEB 11 tahun jadi makin meriah, karena berhasil menampilkan model-model kebaya, lengkap dengan fashion show ala model internasional.

KEB 11 TAHUN BERJEJAK DAN BERBAGI

KEB BERJEJAK DAN BERBAGI

KEB 11 tahun Berjejak dan Berbagi, tentunya memiliki makna yang mendalam. Berjejak adalah harapan bagi KEB, menjadi sebuah komunitas yang kokoh, berdiri menebar manfaat dalam memberdayakan perempuan di Indonesia khususnya dalam berkarya di ruang digital. KEB dapat meninggalkan jejak-jejak kebaikan di ruang digital, yang dapat diwariskan kepada generasi penerus bangsa. Berbagi kebaikan, adalah semangat serta menjadi wadah bagi perempuan di Indonesia dalam menuangkan kreativitas dan inovasi sehingga bermanfaat untuk diri sendiri, orang lain, serta nusa dan bangsa.

source : instagram KEB

KEB 11 tahun Berjejak dan Berbagi, memiliki banyak makna antara lain adanya kegiatan kampanye #KEBCharityRun11K dan juga dilakukan open donasi buat semua emak yang berlari ataupun tidak berlari. Hal tersebut, merupakan wujud rasa syukur untuk berbagi kepada saudara-saudara yang mengalami musibah. Berlari sejauh 11K secara langsung atau dicicil tiga kali, periode lari telah dilakukan pada tanggal 5 - 18 Januari 2023. Luar biasa! #KEBPeduli berhasil mengumpulkan donasi sebesar Rp 2.500.000 dan telah disalurkan secara simbolis kepada RA Miftahul Jannah Noborejo, Salatiga melalui mak Ranny Afandi Ketua KEB Solo, sebagai perwakilan dari KEB.

source : instagram KEB

Selain itu, disela-sela keseruan acara KEB 11 tahun. Adanya peluncuran e-book yang ditulis oleh para makmin Kumpulan Emak Blogger, dengan judul “Warna-warni Dunia Blogging dan Cerita di Balik Dapur Komunitas”. Jadi penasaran, membaca cerita yang based on story and experience, dari para senior handal di KEB yang jago nge-blog. “Gak sabar, pengen dapat buku e-booknya, semoga dapat gratisan ya mak!” Amiin.

Suksesnya acara KEB 11 tahun, tidak lepas dari dukungan banyak pihak, yaitu SiBerkreasi, Kominfo RI, INFINA dan Bali Notes Terrace.
Semoga kita semua diberikan kesehatan, dan kesempatan di tahun-tahun mendatang dalam melakukan berbagai kegiatan positif. Sampai bertemu lagi, di KEB 12 tahun, 2024.

2 comments

  1. seneng banget yaa bisa hadir di ultahnya KEB. semoga tahun depan bisa dateng lagi seru2an bareng :)

    ReplyDelete
  2. Seneng bangettt bisa ikutan hadir di sana ya mba. Agak nyesel sih aku ga bisa ikutan waktu itu Krn ada acara.

    Pengen banget padahal bisa ketemu temrn2 bloggers lain, yg selama ini cuma tukeran komen di blog 😄

    Acaranya juga daging banget yaaa, dan rame pastinya. Cuma Ama Ranny nih aku pernah ketemu pas ke solo, admin lainnya belum . Semoga aja masih bisa ikutan di tahun depan

    ReplyDelete